Menyelami Indahnya Kehidupan Laut di Aquaria KLCC Malaysia

Last updated:

Malaysia memiliki segudang destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi jika kamu liburan di sana. Jika Petronas Twin Tower dirasa terlalu biasa buat kamu, masih ada lokasi lain yang bisa kamu tuju di Negeri Jiran ini. Aquaria KLCC adalah salah satu tempat yang bisa kamu masukkan ke dalam daftar tujuan wisata kamu di Malaysia.

Melongok dari namanya saja kamu pasti sudah bisa menebak termasuk dalam wisata jenis apa Aquaria KLCC. Ya, air dan ikan merupakan dua hal yang mendominasi Aquaria KLCC. Tapi, destinasi wisata yang satu ini punya banyak hal menarik yang dapat kamu jelajahi. Apa sajakah itu? Simak ulasan tentang Aquaria KLCC di bawah ini.

Mengenal Aquaria KLCC

Logo Aquaria KLCC

Jika Indonesia memiliki Sea World di Jakarta, Malaysia mempunyai Aquaria KLCC di Kuala Lumpur. Konsep yang diusung keduanya hampir serupa. Aquaria KLCC merupakan aquarium mewah, canggih, dan modern yang dimiliki Malaysia. Memiliki lebih dari 5000 jenis fauna darat dan bawah laut, Aquaria KLCC menjadikan dirinya destinasi yang sangat sayang dilewatkan dalam kunjungan kamu ke Malaysia.

Berkunjung ke Aquaria KLCC, kamu akan merasa tenggelam dalam indahnya suasana bawah laut di sana. Koleksi ikan dan fauna di perairan tropis Asia hingga perairan dunia dapat kamu jumpai di aquarium megah ini. Kamu dapat menyaksikan tingkah laku unik mereka di balik kaca tanpa perlu menyelam atau membasahi diri kamu.

Pihak Aquaria KLCC menyediakan sarana yang sangat memadai bagi siapapun yang berniat melihat kekayaan bawah laut di sana. Ban berjalan sepanjang 90 meter akan mengantarkan kamu mengagumi berbagai hewan laut yang berenang di dalam aquarium yang terletak di atas kepala. Kamu akan langsung merasa seolah sedang berjalan di bawah laut.

Suasana Natal Aquaria KLCC

Ban berjalan tersebut tentunya membuat siapapun dapat dengan santainya menikmati panorama laut yang di sajikan di Aquaria KLCC. Selain itu, ban berjalan tersebut juga memudahkan para difabel untuk ikut menikmati tingkah para hewan laut. Selain ban berjalan, pihak Aquaria KLCC juga menyediakan jalur yang melandai dimana-mana yang tentunya sangat memudahkan difabel dalam kunjungannya ke Aquaria KLCC. 

Baca Juga :  Suria KLCC : Mall Keren di Bawah Menara Kembar Petronas

Berdiri seluas hampir 5600 meter persegi di jantung Kuala Lumpur, Aquaria KLCC tidak hanya mempertontonkan ribuan kekayaan bawah laut. Mereka juga mengajak pengunjung untuk menghargai air beserta ekosistemnya melalui gerakan konservasi. Sejak tahun 2007, Aquaria KLCC sudah melakukan beberapa gerakan demi mengedukasi masyarakat luas tentang pentingnya melestarikan hidup hewan air seperti kura-kura dan ikan hiu.

Data Fakta Aquaria KLCC

Negara : Malaysia

Kota : Kuala Lumpur

Alamat :  Kuala Lumpur Convention Centre, Jalan Pinang, Kuala Lumpur City Centre, 50088 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia

Nomor Telepon : +60 3-2333 1888

Jenis Wisata : Taman Hiburan Laut

Website : https://aquariaklcc.com/

Dibuka : Agustus 2005

Luas area : 5.600 meter persegi

Aquaria KLCC dan Ikan Hiu

Jika sekedar menikmati fauna laut dengan mata saja menurut kamu terlalu biasa, tunggu sampai kamu melihat berbagai program istimewa yang ditawarkan oleh Aquaria KLCC. Aquarium mewah Malaysia ini menawarkan pengunjung untuk dapat berinteraksi langsung dengan ikan hiu di dalam air. Apakah kamu merasa tertantang?

AQUARIA KLCC: Largest Public Aquarium in South East Asia [4K 50fps]

Aquaria KLCC memiliki koleksi total 5 jenis hiu dalam aquarium super luasnya. Ikan hiu dapat dikatakan merupakan hewan andalan dalam berbagai program yang diadakan Aquaria KLCC. Program-program bertema hiu tersebut antara lain Cage Rage, Dive with Shark, dan Sleep with Shark.

Cage Rage

Cage Rage merupakan cara tepat untuk menguji adrenalin kamu. Jika kamu ingin melihat ikan hiu langsung di perairan tanpa batas kaca aquarium, kamu harus mencoba program ini. Tidak masalah jika kamu belum memiliki sertifikat penyelam. Kamu tetap dapat berhadapan langsung dengan ikan hiu di Aquaria KLCC. Kamu akan ditempatkan dalam sangkar besi kokoh yang ditenggelamkan ke aquarium berisi ikan hiu dan fauna laut lainnya.

Dive with Shark

Jika kamu sudah memiliki sertifikat penyelam, kamu dapat mencoba program yang jauh lebih menantang. Dive with Shark, seperti namanya, adalah program dimana kamu bisa menyelam langsung di air tanpa batas apapun, tanpa sangkar besi. Kamu bisa berada di sisi ikan hiu, di kelilingi ikan hiu, atau mengagumi ikan tersebut dari dasar aquarium dengan air sebanyak 2.5 juta liter.

Sleep with Shark

Program terakhir yang berkaitan dengan hewan eksotis ini adalah Sleep with Shark. Program ini ditujukan khusus untuk anak-anak dengan rentang usia 6 hingga 13 tahun. Mereka akan digiring dalam pengalaman menyaksikan kegiatan ikan hiu dan hewan lainnya yang aktif di malam hari. Mereka pun akan merasakan bagaimana rasanya tidur di bawah aquarium dengan dikelilingi berbagai hewan mengagumkan.

Baca Juga :  Colmar Tropicale : Suasana Pedesaan Perancis di Pahang - Malaysia

Berbagai program-program tersebut di atas tentunya memiliki jadwal tersendiri. Pastikan kamu mengecek situs resmi Aquaria KLCC untuk mengecek jadwal terbaru untuk program yang kamu inginkan. Jangan sampai kamu datang ke Aquaria KLCC dan pulang dengan rasa kecewa, ya.

Hal Menarik di Aquaria KLCC

Di Aquaria KLCC, kamu dapat melihat berbagai hal menarik di luar variasi fauna darat dan laut yang mereka miliki. Kamu bisa menyaksikan saat para penyelam Aquaria KLCC memberi makan hewan laut dalam aquarium. Kamu akan melihat di depan mata ketika hiu macan membuka mulutnya lebar-lebar!

Memberi Makan Ikan

Jadwal pemberian makan hewan laut ini berbeda-beda. Belut laut, misalnya, jadwal makannya ada di hari senin, rabu, dan sabtu pada pukul 11 pagi waktu setempat. Sementara untuk hiu macan, pemberian makan di aquatheatre dilakukan di hari yang sama dengan belut laut namun pada pukul 3 sore. Ikan eksotis arapaima pun diberi makan di hari yang sama pada pukul 2.30 sore. Seluruh jadwal pemberian makan terdapat di situs resmi Aquaria KLCC.

Touch Pool

Selain aquatheatre yang menjadi markas ikan hiu, Aquaria KLCC juga memiliki touch pool atau kolam sentuh. Di kolam sentuh ini, kamu data menyentuh berbagai hewan cantik seperti bintang laut dan hiu bambu. Menarik bukan?

Lokasi Aquaria KLCC

Aquaria KLCC sangat mudah dijangkau. Letaknya yang hanya selemparan batu dari landmark Negeri Jiran, Petronas Twin Tower, membuatnya gampang diakses para turis lokal maupun mancanegara. Aquaria KLCC terletak di Kuala Lumpur Convention Centre, Jalan Pinang di komplek Kuala Lumpur City Center.

Dari Petronas Tower, kamu dapat berjalan kaki singkat untuk menuju Aquaria KLCC. Dari Suria KLCC yang terletak persis di bawah Petronas Tower, kamu hanya harus berjalan kaki 5 menit melewati terowongan. Sedangkan dari KLCC Park, kamu bisa jalan dahulu ke arah West Entrance dan lalu lanjut ke Aquaria KLCC.

Jam Operasional dan Tiket Aquaria KLCC

Aquaria KLCC dibuka untuk umum setiap hari. Hari minggu dan tanggal merah lainnya pun tidak menghalangi Aquaria KLCC untuk membuka pintunya lebar-lebar bagi pengunjung untuk menikmati suasana bawah laut di jantung Kuala Lumpur. Aquaria KLCC di buka dari pukul 10 pagi hingga 8 malam waktu Malaysia.

Pada dasarnya Aquaria KLCC memberlakukan harga yang berbeda terhadap penduduk malaysia dan wisatawan asing. Namun karena kita membahas harga tiket Aquaria KLCC untuk wisatawan Indonesia maka kami dari wisataliburan.com hanya akan merangkum harga tiket untuk wisatawan mancanegara yang mengunjungi Aquarium ini.

Baca Juga :  Wat Phra Kaew : Temple of Emerald Buddha Tempat Wisata Reliji di Bangkok

Berikut adalah harga detail tiket masuk Aquaria KLCC, di tabel di bawah tertera harga tiket reguler dan harga promo yang tentunya menarik sekali.

UsiaHarga TiketHarga Tiket Promo
DewasaRp 235,088Rp 149,911
Anak(3-12) Rp 201,017Rp 126,062
Batita (di bawah 3 tahun)GratisGratis
Paket Combo Keluarga 2 Dewasa + 1 Anak Rp 671,193 Rp 422,477

Harga tiket promo dapat anda dapatkan di link yang tersedia di atas.

Tanya Jawab

Apa boleh membawa makanan atau minuman ke dalam area Aquaria KLCC?

Tidak, kamu tidak diperbolehkan membawa makanan ataupun minuman dari luar. Hal ini disebabkan agar pengunjung dan pengelola dapat bersama-sama menjaga kebersihan sehingga air di dalam kolam dan aquarium tidak akan tercemar oleh benda-benda asing.

Apakah boleh membawa tas belanjaan ke dalam area aquarium?

Ya tentu saja kamu boleh membawa barang belanjaanmu ke dalam area aquarium, namun alangkah baiknya jika kamu menitipkannya di front office karena suasana di dalam bisa jadi cukup padat sehingga barang bawaanmu yang berlebih bisa mengakibatkan ketidaknyamanan dan mengganggu pengunjung lain.

Apakah di Aquaria KLCC terdapat kursi roda yang bisa dipinjam dan digunakan?

Ya, di sini terdapat kursi roda yang disewakan kepada pengunjung. Yang harus kamu lakukan adalah menghubungi counter ticketing dan menanyakan ketersediaan kursi roda tersebut. Lain halnya dengan akses kursi roda itu sendiri, karena di tempat ini terdapat beberapa titik yang memiliki tangga ataupun dengan permukaan landai sehingga sulit diakses oleh kursi roda. Namun jangan khawatir karena di tempat ini para staff akan membantu kamu mengarahkan ke lift terdekat sehingga perjalananmu akan tetap lancar walaupun dengan kursi roda.

Apa boleh membawa tripod atau monopod masuk ke dalam area aquarium?

Untuk monopod kamu boleh membawanya ke dalam, akan tetapi sayangnya tripod tidak diizinkan masuk ke dalam. Hal ini dikarenakan tripod yang memakan banyak tempat akan dapat mengganggu arus keluar masuk pengunjung lainnya sehingga sebaiknya kamu tidak membawa tripodmu.

Apakah Augmented Reality Show sudah termasuk di harga tiket Aquaria KLCC?

Untuk ARV (Augmented Reality) harganya tidak termasuk di dalam harga tiket masuk Aquaria KLCC. Ketika kamu ingin menonton ARV maka kamu harus membayar RM 20 untuk orang dewasa dan RM 10 untuk anak-anak.

Kesimpulan

Aquaria KLCC terletak di jantung kota Kuala Lumpur dan sangat mudah dicapai dengan menggunakan transportasi umum maupun taksi. Sangat sayang melewatkan hiburan ini jika anda melancong ke Kuala Lumpur bersama dengan keluarga. Semoga dengan membaca artikel ini anda dapat melewati hari yang menyenangkan di Aquaria KLCC bersama dengan keluarga tercinta.

Berita Menarik Lainnya
Kuil Sensoji (Asakusa Kannon Temple) : Kuil Paling Berwarna dan Ramai di Tokyo