Arab Street Singapura : Wisata Kuliner, Belanja, dan Religi Semua ada Disini

Arab Street Singapura : Wisata Kuliner, Belanja, dan Religi Semua ada Disini

Last updated:

Nama Arab Street di Singapura sudah bukan merupakan hal asing bagi siapapun yang berada di Negara Merlion tersebut. Kawasan ini bahkan menjadi salah satu destinasi favorit di Singapura. Tak sedikit wisatawan yang menjadikan kawasan ini sebagai bukti bahwa mereka sudah meninggalkan jejak di negeri singa. 

Dari namanya, sudah bisa ditebak jika Arab Street merupakan sebuah kawasan yang ramah bagi warga muslim. Memiliki atmosfer yang cukup berbeda secara signifikan dengan pusat kota Singapura, Arab Street menonjolkan suasana hangat melalui kedai dan toko pinggir jalannya. Wisata kuliner, wisata belanja, hingga wisata religi semua ada disini. Jika kamu penasaran dengan Arab Street, berikut ini ulasannya.

Arab Street: Lebih dari Sekedar Jalan

Tak sedikit orang yang mengira bahwa Arab Street hanyalah nama sebuah jalan di Singapura. Memang tidak salah karena papan nama tersebut terpampang di sebuah ujung jalan. Namun, Arab Street lebih dari sekedar jalan. Nama ini disematkan bagi area yang lebih luas. Arab Street mencakup Bussorah Street, Bali Lane, Haji Lane, serta Muscat Street.

Arab Street terletak di Kampong Glam yang merupakan suatu kawasan dengan mayoritas penduduk muslim di dalamnya. Kawasan ini memang didedikasikan sebagai pusat kegiatan warga muslim dan Melayu yang ada di Singapura. Tak mengherankan, sangat mudah bagi siapapun menemukan makanan halal di sini.

Banyak yang mengatakan bahwa Arab Street merupakan wajah lain dari Singapura. Sudah bukan rahasia lagi jika pusat kota Singapura ditaburi berbagai kecanggihan teknologi masa kini. Namun, tidak demikian halnya dengan Arab Street. Area ini justru kaya akan mural-mural di sepanjang jalannya.

Baca Juga :  Japanese Garden Singapore : Taman Kota di Singapura Yang Memiliki Lansekap ala Jepang

Jika pusat kota Singapura dipenuhi gedung-gedung pencakar langit yang merupakan kawasan bisnis dan perkantoran, Arab Street kaya akan kedai makanan dan toko dengan aneka barang dagangan. Bangunan-bangunan yang berdiri di sini pun terkesan antik. Mural-mural di dindingnya juga semakin menambah kesan eksentrik. Tak ayal, berfoto di Arab Street merupakan hal yang wajib dilakukan. 

Tempat-tempat Ikonik di Arab Street

Arab Street merupakan destinasi wisata yang lengkap. Di sini, kamu bisa memanjakan lidah dan juga mata. Terdapat beberapa tempat ikonik yang menjadi primadona wisatawan yang datang ke sini untuk tujuan tersebut. Berikut ini daftarnya.

Masjid Sultan

Arab Street Singapura : Wisata Kuliner, Belanja, dan Religi Semua ada Disini
Masjid Sultan SIngapura, Sumber Shutterstock

Tidak sah rasanya wisata kamu ke Arab Street tanpa mampir ke Masjid Sultan. Masjid pertama dan terbesar di Singapura ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Sultan Hussain Shah yang merupakan sultan pertama di Singapura menginisiasi pembangunan masjid ini ketika Singapura berada di bawah pemerintahan Inggris. Jika kamu ingin datang ke masjid ini, jangan lupa mengenakan pakaian yang sopan ya.

Kampong Glam Café

Berdiri sejak 2004, café ini sudah berhasil merebut banyak perhatian wisatawan. Mengusung tema makanan Indonesia, Malaysia, dan Singapura, Kampong Glam Café memiliki ragam menu yang bervariasi dengan harga yang tidak menguras isi kantong. Dengan sekitar SGD 20, kamu sudah bisa mendapatkan 2 porsi makan malam lengkap dengan minumnya di sini.

A.R.C (Academy Roastery Café) Coffeeshop

Bagi kamu yang merupakan fans berat kopi, kamu wajib datang ke A.R.C Coffeeshop. Bukan hanya racikan kopinya saja yang lezat, café ini juga memiliki desain toko yang sangat cantik. Dinding-dindingnya kaya akan mural kreatif. 

The Fluff Bakery

Arab Street pun memiliki toko camilan nikmat bagi kamu penggemar roti. The Fluff Bakery menjual aneka cupcake yang bisa menemani liburan kamu di sini. Produk andalan toko ini adalah Salted Caramel cupcake. Di balik tempatnya yang mungil, terdapat banyak cupcake kaya rasa di sini.

Baca Juga :  Pilihan Transportasi Singapura Untuk Jalan-jalan Seru Keliling Singapore

Trippies/ Children Little Museum

Bukan hanya restoran dan toko-toko yang menjual aneka baju dan parfum, Arab Street pun memiliki museum lho. Trippies merupakan museum kecil yang didirikan oleh Patrick Neo. Pria yang dulunya berprofesi sebagai fotografer ini mengoleksi aneka barang-barang kuno dan antik yang dulu populer semasa dia kecil di era 1960an. Jika ada yang menarik hati, kamu pun bisa membeli barang yang ada di sini. 

Kesimpulan

Arab Street memang istimewa dengan segala kehangatan dan kekayaan budayanya. Bukan hanya lengkap, harga-harga yang dibanderol di kawasan Arab Street pun terkenal bersahabat. Jadi, rasanya tidak ada alasan lain bagi kamu untuk tidak mampir mengunjungi Arab Street dalam wisata kamu ke Singapura. 

Berita Menarik Lainnya
Kampong Glam alias Muslim Quarter : Wisata Budaya Melayu Islam di Singapura
Kampong Glam alias Muslim Quarter : Wisata Budaya Melayu Islam di Singapura
error: Kontent dilindungi !!