Art Science Museum Singapore : Museum Futuristik Dengan Gedung Ikonik

Art Science Museum Singapore : Museum Futuristik Dengan Gedung Ikonik

Sudah bukan rahasia lagi bila Singapura merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi warga Indonesia. Karena Singapura merupakan  salah satu  negara tetangga Indonesia yang terdekat dan juga mudah ditempuh. Selain itu, Singapura juga memiliki berbagai objek wisata yag menarik seperti Marina Bay Sand yang juga merupakan objek wisata populer di dunia, namun ada beberapa objek wisata lain yang wajib anda kunjungi ketika di Singapura. Salah satu nya adalah anda harus mengunjungi Art Science Museum Singapore.

Mengenal Art Science Museum Singapore

Sebenarnya Art Science Museum adalah sebuah bangunan yang menggabungkan antara seni dan juga ilmu pengetahuan yang pertama kali di bangun di Singapura dan juga merupakan yang pertama di dunia. Bangunan ini berbentuk seperti tangan yang terbuka, namun bangunan ini juga disebut memiliki betuk seperti sekumpulan buah pisang.

Lebih dari itu, bangunan ini memberikan pemandangan yang selalu berubah-ubah dari Dali hingga Harry Potter. Pada tahun 2011 museum ini resmi dibuka untuk pertama kalinya. Museum yang megah dan mewah ini merupakan hasil karya dari seorang arsitek terkenal dunia bernama Moshe Safdie.

Art Science Museum Singapore
Salah satu ruangan Art Science Museum Singapore

Seldon Adelson yang mana merupakan orang nomor satu dan juga merupakan pimpinan Las Vegas “Sands Corp” berpendapat bahwa bangunan museum ini terlihat seperti “The Welcome Hand of Singapore” yang mana artinya adalah lambang 10 jari tangan yang terbuka seakan-akan menyambut para wisatawan yang berkunjung ke museum ini pada khususnya dan ke Singapura pada umumnya.

Bangunan Art Science Museum Singapore ini menjadi salah satu ikon untuk negara Singapura. Terlebih lagi, bangunan museum ini di desain dengan menjadikan lingkungan sebagai salah satu bahan pertimbangan, dimana terdapat jendela-jendela di setiap ujung galeri yang memungkinkan untuk berbagai cahaya alami masuk ke dalam galeri. Dan ada juga kolam didasar bangunan yang dapat menampung air hujan yang kemudian akan di daur ulang menjadi air yang dapat digunakan untuk kebutuhan kamar mandi.

Baca Juga :  Festival Chingay Parade Singapura

Museum ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh orang dewasa dan juga anak-anak. Tidaj hanya untuk bersenang-senang, museum ini juga dapat dijadikan tempat untuk belajar. Karena anda dapat mengeksplorasi keterkaitan antara seni dan ilmu pengetahuan disini. Selain itu, letak museum ini sangat strategis dan anda tidak mungkin melupakan nya. Tepatnya museum ini terletak di sebelah Marina Bay Sands Hotel dan kira-kira 10 menit berjalan kaki dari stasiun MRT Bayfront.

Data Fakta Art Science Museum Singapore

Negara : Singapura

Kota : Singapore

Alamat :  6 Bayfront Ave, Singapore 018974

Nomor Telepon : +65 6688 8888

Jenis Wisata : Museum

Website : https://id.marinabaysands.com/museum.html/

Dibuka : 17 Februari 2011

Fasilitas Art Science Museum Singapore

Selain menawarkan kemegahan dan kemewahan bentuk bangunannya, museum ini juga menawarkan berbagai fasilitas yang keren dan menarik hloh. Nah, berbagai macam fasilitas yang dapat anda nikmati ketika berkunjung ke museum ini diantaranya:

Future World

Di Art Science Museum ini terdapat banyak galeri yang dapat digunakan untuk menampilkan berbagai macam exhibition atau pameran. Nah, pameran-pameran yang ada di sini dapat dilihat oleh siapapun yang berkunjung ke museum ini. Salah satu ruang atau galeri yang populer dan paling banyak diminati oleh pengunjung adalah Future World. Future World ini sendiri merupakan hasil karya dari TeamLab.

Future World ini merupakan salah satu galeri yang memadukan konsep antara penggunaan karya seni dan penggunaan teknologi yang sudah tentu canggih. Di galeri ini para pengunjung dapat merasakan sensasi kecanggihan teknologi sekaligus akan dibawa berimajinasi dalam pembuatan sebuah karya seni yang menarik dan menakjubkan. Di dalam Future world ini sendiri dibagi menjadi empat bagian yaitu nature, space, town dan park.

Baca Juga :  Floral Fantasy : Taman Bunga yang Membuat Fantasi Melanglang Buana di Singapura

Nature

Bagian pertama dari Future World adalah nature. Di sini para pengunjung akan dibawa ke ruangan dengan nuansa yang gelap kemudian dipadukan dengan ilustrasi-ilustrasi yang berasal dari lampu proyektor yang meyoroti seluruh ruangan. Selain itu, pada bagian ini akan ada sebuah ruangan yang menampilkan sebuah karya seni dengan judul “Black Waves”.

Karya seni ini mengilustrasikan ombak laut yang sudah lengkap dengan suaranya. Kemudian gambar-gambar ombak akan mengelingi seluruh ruangan tersebut. Di ruangan ini pengunjung akan dapat merasakan sensasi seperti sedang berada di tengah-tengah deburan ombak laut yang sangat dahsyat dan keras.

Space

Bagian selanjutnya yang dapat anda jelajahi di Future World adalah space. Di ruangan bertajuk space ini pengunjung dapat menikmati tampilan dari crystal universe, yang mana merupakan instalasi lampu-lampu kristal yang dapat berganti warna sesuai dengan musik yang tengah diputar.

Terdapat banyak sekali lampu yang di gunakan di ruangan ini. Kira-kira terdapat sekitar 170.000 lampu LED yang juga di gabungkan dengan teknologi interaktif 4D. Bagaimana menurut anda? Sangat artistik namun juga canggih bukan?

Town

Lanjut ke bagian selanjutnya yaitu Town. Di bagian ini para pengunjung dapat melihat hasil karya dari para pengunjung yang datang sebelumnya. Bagian ini sangat cocok bagi pengunjung yang membawa serta anak-anaknya. Karena ruangan ini, pihak museum sudah menyediakan sebuah kertas gambar lengkap dengan pewarna-nya yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk menumpahkan kreativitasnya.

Selain itu, di sini para pengunjung juga dapat memilih gambar lain yang ingin mereka warnai. Kemudian gambar akan dimasukkan ke dalam Sceen Sketch Town untuk di scan. Setelah itu gambar yang telah dipilih pengunjung akan ditampilkan ke layar interaktif. Sehingga anda dan para pengunjung dapat melihat hasil karya anda sendiri.

Baca Juga :  Marina Bay Sands Singapore : Hotel dengan Infinity Pool yang Instagrammable Banget

Park

Bagian ini juga memiliki konsep yang sama seperti pada bagian Town. Di sini para pengunjung akan dibawa ke alam bawah laut yang disebut dengan Sketch Aquarium, yang mana terdapat animasi air terjun beserta suara gemericik airnya.

Di sini pihak museum juga sudah memfasilitasi pengunjung dengan kertas dan pewarna, dimana para pengunjung bisa memilih sendiri gambar mana yang akan diwarnai dan kemudian di masukkan ke dalam scanner dan gambar mereka pun akan ditampilkan ke layar interaktif yang ada di ruangan tersebut.

Di lantai dua dari Art Science Museum Singapore ini para pengunjung dapat menemukan galeri Inspirasional, yang mana geleri ini berfokus kepada 6 objek yang telah membentuk bagaimana dunia ini sekarang, seperti mesin piring nya Davinci.

Selain itu, di titik tertinggi museum ini, para pengunjung dapat menemukan sebuah ungkapan yang merupakan titik pencapaian dari perpaduan antara kesenian dan ilmu pengetahuan seperti bangunan, penerbangan, robot, dan juga peta. Karena banyak nya pameran yang ada di museum ini, maka museum ini sangat cocok sekali sebagai tempat wisata dan juga belajar bagi anak-anak dan juga orang dewasa.

Jam Buka dan Harga Tiket

Jam buka dari Art Science Museum Singapore ini adalah dari pukul 10.00 pagi sampai dengan pukul 07.00 malam. Untuk harga tiket masuk nya bervariasi karena di museum ini terdapat berbagai macam galeri dan juga pameran. Untuk tiket masuk ke Future World dan Digital Live Canvas adalah S$ 19 untuk dewasa dan S$14 untuk anak-anak.

Berita Menarik Lainnya
Bandara Narita Tokyo : Panduan Lengkap Bandara dengan Kode NRT
Bandara Narita Tokyo : Panduan Lengkap Bandara dengan Kode NRT