Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Bagasi Pesawat Terbang

Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Bagasi Pesawat Terbang

Last updated:

Tiket pesawat bukanlah satu-satunya hal yang menyita pikiran saat kamu memutuskan untuk melancong ke tempat tujuan kamu. Hal lain yang harus kamu pikirkan saat tiket sudah di tangan adalah ketentuan mengenai bagasi. Ya, bepergian dan bagasi pesawat merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan.

Koper maupun tas merupakan bawaan wajib jika kamu bepergian. Lamanya waktu yang dihabiskan di tempat tujuan biasanya menentukan seberapa banyak bawaan yang kamu bawa serta. Jika kamu berlibur ke luar negeri, biasanya koper yang dibawa semakin besar dan banyak. Mayoritas dari koper-koper yang kamu bawa tersebut tentunya akan masuk ke dalam bagasi pesawat.

Mengetahui aturan mengenai bagasi pesawat, kamu akan dapat berliburan dengan tenang tanpa harus mengkhawatirkan barang bawaan kamu. Kamu pun dapat lebih berhemat karena tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk bagasi pesawat. Jika kamu memiliki rencana untuk berlibur dengan menggunakan si burung besi, informasi tentang bagasi pesawat di bawah ini perlu kamu simak.

Bagasi Berbayar

Sebelum tahun 2019, para wisatawan yang hendak melancong ke dalam maupun luar negeri tidak perlu repot memikirkan mengenai timbangan koper serta barang bawaan mereka. Hampir seluruh maskapai memberikan fasilitas bagasi gratis sampai berat tertentu. Beberapa maskapai menggratiskan 15 kg bagasi pesawat bagi penumpangnya. Beberapa lainnya memberikan 20 kg bagasi secara cuma-cuma.

Sayangnya, hal tersebut tidak lagi berlaku. Kementrian Perhubungan telah menghapuskan layanan bagasi gratis. Permenhub Nomor 185 Tahun 2015 Pasal 22 memuat aturan tentang bagasi berbayar tersebut. Kemenhub menilai penghapusan layanan ini dapat dijadikan cara untuk mendisiplinkan penumpang dalam membawa barang bawaan secara lebih efektif dan efisien dalam bepergian.

Baca Juga :  Sewa Wifi Jepang : Tetap Terkoneksi Internet di Setiap Sudut Negeri Matahari Terbit

Kini, sekecil apapun timbangan koper kamu, pihak maskapai akan menetapkan tarif yang harus kamu bayar untuk bagasi pesawat. Harga bagasi dari tiap maskapai beragam sesuai dengan kebijakan masing-masing maskapai. Selain itu, jarak tempuh pesawat pun tentunya memengaruhi harga bagasi tersebut.

Aturan Umum Mengenai Bagasi Pesawat

Terdapat 2 jenis penyimpanan barang dalam pesawat, yaitu di kabin dan di bagasi pesawat. Kamu dapat membawa koper maupun barang-barang penting lainnya dalam kabin tanpa harus membayar biaya bagasi. Hanya saja, kamu tidak bisa sembarangan memasukkan segala barang di ruang penyimpanan yang terletak di atas kepala kamu ataupun di pangkuan.

Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Bagasi Pesawat Terbang
Ruang Penyimpanan Bagasi Pesawat

Beberapa maskapai menerapkan bobot maksimal tas atau koper yang bisa muat dalam kabin pesawat. Mayoritas maskapai yang ada di Indonesia seperti Air Asia menetapkan 7 kg sebagai bobot maksimal bawaan masing-masing penumpang dalam kabin. Jika memiliki bobot lebih dari itu, besar kemungkinan bawaan kamu tidak akan diijinkan ikut serta dalam kabin pesawat.

Bukan hanya bobot yang menjadi titik berat bagasi dalam kabin. Dimensi barang pun merupakan sesuatu yang sangat krusial untuk diperhatikan. Banyak maskapai yang menerapkan aturan berbeda mengenai dimensi maksimal barang bawaan. Garuda Indonesia, misalnya, menerapkan batas maksimal dimensi untuk barang dalam kabin sebesar 56 cm x 36 cm x 23 cm.

Jika bagasi di kabin merupakan layanan atau fasilitas dari maskapai alias gratis, tidak demikian halnya dengan bagasi pesawat. Seluruh koper dan tas kamu akan ditimbang terlebih dahulu sebelum masuk bagasi. Dengan begitu, akan terlihat bobot total dan jumlah biaya bagasi pesawat yang harus kamu bayar. Jika kamu sudah memesan bagasi pesawat jauh-jauh hari sebelum jadwal penerbangan, biaya yang harus dibayar akan jauh lebih hemat dibandingkan memesan bagasi pesawat secara mendadak. 

Aturan Bagasi Pesawat Mengenai LAG (Liquid, Aerosol, Gas)

Barang bawaan umum seperti pakaian biasanya bisa kamu bawa tanpa ada batasan aturan tertentu. Dalam era bagasi berbayar ini, pihak maskapai maupun Kementrian Perhubungan tidak membatasi banyaknya pakaian atau barang-barang umum yang ingin kamu bawa. Hal tersebut hanya akan berpengaruh pada bobot timbangan.

Baca Juga :  Jastip : Mendulang Rupiah dari Bisnis Jasa Titip Beli Barang Luar Negeri

Namun, jika kamu membawa cairan dalam penerbangan kamu, terdapat beberapa aturan khusus yang harus kamu perhatikan. Cairan dalam bentuk liquid, aerosol maupun gel mempunyai batasan tersendiri yang telah ditetapkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO). Jika jenis cairan yang kamu bawa melebihi batas maksimal ketentuan dari ICAO, maka cairan tersebut tidak dapat kamu bawa.

Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Bagasi Pesawat Terbang
Kantong plastik transparan untuk barang cair di pesawat

Yang dimaksud dengan liquid, aerosol, dan gel adalah minuman kaleng, air mineral, jus, hairspray, parfum, gel rambut, berbagai jenis krim mulai dari body lotion hingga balsam. Berbagai alat kosmetik seperti maskara dan lipgloss pun akan terkena aturan mengenai LAG dalam bagasi pesawat. Bukan hanya itu, pasta gigi, selai, maupun cairan lensa kontak pun termasuk ke dalam bagian LAG.

Jika kamu membawa barang-barang di atas, patuhi aturan resmi mengenai LAG dalam pesawat terbang berikut ini agar barang tersebut dapat tetap kamu bawa bepergian:

  • Untuk barang-barang seperti minuman, krim, parfum, pasta gigi, dan gel, semuanya harus berada dalam kemasannya. Untuk bisa dimasukkan dalam bagasi, barang-barang tersebut memiliki kapasitas maksimal sebesar 100 ml atau 100 mg. Jika kebetulan kamu membawa botol kemasan cairan berukuran lebih dari 100 ml, maka barang tersebut tidak diijinkan masuk dalam bagasi meskipun isi cairannya tidak mencapai 100 ml.
  • Jika kamu ingin membawa barang-barang yang termasuk ke dalam LAG di dalam kabin pesawat, maka barang-barang tersebut harus dimasukkan terlebih dahulu ke dalam kantung plastik transparan yang dapat dibuka-tutup. Masing-masing penumpang hanya boleh membawa 1 kantung plastik transparan saja. Selain itu, total volume barang-barang tersebut tidak boleh lebih dari 1 liter.

Tips Mengefektifkan Bagasi Pesawat

Meskipun bagasi pesawat kini sudah tidak gratis lagi, kamu tidak perlu patah arang. Ada beberapa tips yang dapat kamu ikuti agar timbangan bagasi kamu tidak membengkak. Berikut ini tipsnya untuk kamu.

Baca Juga :  Trips Berikutnya, Pilih Koper atau Ransel? Kami Bantu Kamu Memilih Yang Terbaik

Pilih Barang Bawaan yang Penting

Terkadang euforia bepergian membuat kamu ingin membawa semua barang favorit kamu. Namun, jika kamu ingin biaya bagasi kamu minimal, maka barang yang dibawa pun harus minimal. Pilih barang-barang terpenting saja untuk dibawa dalam perjalanan kamu. Jika ada barang-barang yang bisa kamu beli di tempat tujuan, maka tidak perlu membawanya dari rumah.

Gunakan Trik Packing

Kamu dapat memaksimalkan fasilitas dalam bagasi kabin dengan cara mengepak barang bawaan kamu seefisien mungkin. Gulunglah pakaian kamu agar dapat lebih menghemat tempat. Selain itu, bawalah perlengkapan kosmetik dalam ukuran travel size. Jika masih cukup, masukkan sandal atau sepatu dalam koper yang akan dibawa di kabin. Gunakan paper bag agar alas kaki tersebut tidak mengotori barang-barang lainnya.

Membeli Pakaian di Tempat Tujuan

Pakaian memang hal yang sangat penting dalam bepergian. Namun, jika kamu hendak bepergian ke daerah dingin dan membawa pakaian tebal dari rumah, tentunya hal tersebut akan memakan area koper kamu. Akan lebih menghemat bagasi jika kamu membawa pakaian dingin seperlunya saja dan membeli di tempat tujuan. Ketika kamu kembali, kamu bisa mendonasikan sebagian pakaian yang kamu bawa dari rumah pada warga di sekitar destinasi wisata kamu.

Memanfaatkan Jasa Ekspedisi

Oleh-oleh merupakan hal yang biasanya banyak memakan bobot bagasi. Kamu dapat mengakali hal tersebut dengan memanfaatkan jasa ekspedisi. Kirimkan barang-barang atau oleh-oleh tersebut beberapa hari sebelum jadwal pulang kamu agar barang sampai tidak jauh berbeda dengan kamu.

Kesimpulan

Memahami aturan mengenai barang bawaan dalam bepergian dengan pesawat dapat memangkas biaya bagasi kamu. Jangan lupa membaca dan mencari tahu sebelum kamu menikmati liburan kamu. Jika sudah membaca tuntas, kamu akan siap berliburan dengan tenang dan hemat. 

Berita Menarik Lainnya
Bus Go KL : Bis Gratis Favorit Wisatawan di Kuala Lumpur
Bus Go KL : Bis Gratis Favorit Wisatawan di Kuala Lumpur
error: Kontent dilindungi !!