Baju Tradisional Malaysia : Pakaian Wujud Keragaman Etnis dan Ras di Negeri Jiran

Baju Tradisional Malaysia : Pakaian Wujud Keragaman Etnis dan Ras di Negeri Jiran

Malaysia merupakan negara dengan ragam etnis yang kaya. Dengan hadirnya berbagai etnis di negara ini, baju tradisional Malaysia pun tidak terbatas hanya pada 1 baju tradisional saja. Sesuai dengan etnis mayoritas yang mendiami Negeri Jiran, baju tradisional Malaysia pun dikategorikan ke dalam baju Melayu, Cina, India, dan Orang Asli. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

baju tradisional malaysia
Ilustrasi Baju Tradisional Malaysia

Baju Tradisional Malaysia Melayu

Dulunya, sebelum abad ke 20, para warga etnis Melayu menggunakan kemben sebagai pakaian khas mereka. Kemben merupakan kain atau sarung yang dililit dan diikat di dada. Namun, sejak pengaruh Islam semakin menguat di negara ini, perlahan kebiasaan menggunakan kemben di depan umum pun mulai berubah.

Wanita Melayu kini menggunakan baju kurung sebagai identitas baju tradisional mereka. Yang dimaksud baju kurung adalah blus longgar dengan panjang hingga lutut. Blus ini dilengkapi dengan bawahan berupa rok panjang yang memiliki lipatan di bagian samping. Bawahan baju kurung biasanya terbuat dari bahan songket atau batik.

Sementara itu, para pria Melayu memiliki baju tradisional yang disebut baju Melayu. Baju tradisional mereka merupakan tunik yang longgar dan dikenakan bersama dengan celana panjang. Biasanya, baju tradisional ini juga dilengkapi dengan sarung pendek yang dililit di area pinggul. Sarung pendek ini disebut dengan sampin.

Baju Tradisional Malaysia Cina

Wanita keturunan Cina yang tinggal di Malaysia memiliki baju tradisional yang dinamakan cheongsam. Baju yang nyaman dan elegan ini merupakan gaun dengan panjang selutut atau sepanjang mata kaki. Terdapat kerah tinggi dan kancing khas Cina yang melintang secara diagonal di baju ini. Kancing tersebut terletak di dekat bahu hingga di sekitar panggul. Terdapat juga belahan di salah satu sisi atau di kedua sisi cheongsam.

Baca Juga :  Berjaya Hills Malaysia : Resor Keluarga Bernuasa Perancis dan Jepang yang Unik

Biasanya, cheongsam terbuat dari bahan sutra yang indah. Tak jarang, baju tradisional wanita Cina ini juga menggunakan kain satin yang memiliki sulaman di atasnya. Biasanya, motif bunga turut menghiasi kain cheongsam.

Baju tradisional pria Cina mirip dengan cheongsam, namun berbentuk kemeja. Lengan pada baju tradisional mereka bisa panjang dan pendek, sesuai yang mereka inginkan. Bahan yang digunakan pun sama dengan bahan pada cheongsam. Sebagai bawahan, celana panjang berbahan ringan dipilih untuk melengkapi baju tradisional pria Cina.

Baju Tradisional India

Baju tradisional wanita India sudah sangat terkenal hingga ke berbagai penjuru dunia. Sari pada dasarnya merupakan kain panjang yang dililitkan ke bagian atas tubuh wanita India. Kain sepanjang 5 hingga 6 meter tersebut menutup bagian dada dan perut dengan sisa kain yang memiliki sulaman disampirkan di atas bahu kiri. Sari terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi dengan desain yang sangat memukau.

Untuk bagian bawah, wanita India mengenakan rok dalam dengan corak yang sama atau kontras dengan kain. Rok ini dikenakan di bawah atau di atas pusar. Selain untuk menutup bagian bawah, rok ini juga berfungsi sebagai penahan sari.

Sementara itu, baju tradisional pria India adalah kurta. Baju ini berupa kemeja sepanjang lutut dengan sulaman yang sangat indah. Biasanya kurta terbuat dari bahan linen atau katun. Baju tradisional yang satu ini dikenakan pada acara-acara resmi.

Baju Tradisional Orang Asli

Orang Asli merupakan penduduk asli Malaysia yang tinggal di pedalaman dan jauh dari kecanggihan teknologi. Mereka memiliki baju tradisionalnya sendiri. Tinggal dekat dengan alam, baju tradisional mereka pun menggunakan bahan-bahan alami seperti kulit pohon dan rumput.

Baca Juga :  Langkawi Malaysia : Sepotong Surga di Negeri Jiran

Bagi Orang Asli wanita dan pria, baju tradisional mereka adalah kulit pohon, biasanya pohon terap, yang dipakai saling melintang dan membentuk seperti huruf ‘x’ di bagian depan dan juga dililitkan di bagian pinggang. Mereka mengenakan pakain dalam yang biasanya berupa kaos. Selain itu, mereka pun mengenakan ikat kepala dengan pola rumit yang terbuat dari daun palem dengan tenunan yang sangat indah.

Kesimpulan

Ragam etnis yang mendiami Malaysia telah membuat negara ini kaya akan budaya. Baju tradisional merupakan bukti termudah untuk melihat betapa beragamnya budaya di Negeri Jiran ini. Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satunya?

Berita Menarik Lainnya
Sewa Wifi Jepang : Tetap Terkoneksi Internet di Setiap Sudut Negeri Matahari Terbit
Sewa Wifi Jepang : Tetap Terkoneksi Internet di Setiap Sudut Negeri Matahari Terbit
error: Kontent dilindungi !!