Bandara Don Mueang : Bandara Alternatif di Bangkok Thailand

Bandara Don Mueang : Bandara Alternatif di Bangkok Thailand

Berlibur maupun menghadiri keperluan tertentu di negara dengan sebutan negeri gajah putih dan seribu pagoda ini pasti akan mendarat di Bandara Don Mueang. Negara Thailand memiliki banyak pesona wisata dan kuliner yang sudah terkenal di dunia. Pagoda yang dibangun dengan ukuran besar-besar hingga street food yang menjadi incaran para pemburu kuliner malam di pinggir jalan, tentu tidak boleh terlewatkan begitu saja ketika berada di Thailand khususnya di pusat Kota Bangkok.

Tidak heran jika banyak orang berbondong-bondong berencana untuk melakukan penerbangan ke Thailand. Bandara di Thailand sendiri, ada dua yaitu Bandara Don Mueang yang telah digunakan sejak tahun 1914 dan Bandara Suvarnabhumi yang menggantikan bandara sebelumnya selama proses renovasi dan Bandara Suvarnabhumi ditetapkan sebagai Bandara Internasional Kota Bangkok yang terkenal sangat megah

Letak Bandara Don Mueang

Bandara Don Mueang : Bandara Alternatif di Bangkok Thailand

Bandar udara Internasional yang beralamat di 222 Vibhavadi Rangsit Rd, Sanambin, Don Mueang, Bangkok 10210, Thailand ini resmi dibuka pada 27 Maret 1914 dengan memiliki satu terminal domestik dan dua terminal internasional.

Akses Menuju Bandara Don Mueang

Untuk sampai ke bandara ini, banyak transportasi umum yang dapat digunakan, sehingga mempermudah perjalanan. Beberapa transportasi umum yang dapat digunakan untuk pergi ke Bandara Don Mueang maupun untuk meninggalkan bandara adalah sebagai berikut:

Menggunakan Transportasi Kereta

Tidak jauh dari bandara, terdapat stasiun Kereta Don Mueang. Sehingga untuk sampai ke bandara dengan kereta, cukup mudah perjalananya, hanya dengan memperhatikan rute dan jadwal kereta yang menuju Stasiun Don Mueang. Namun untuk pergi dari bandara menuju Koa Bangkok, perlu memperhatikan jadwal keberangkatan kereta menuju stasiun Bang Sue Junction bagi yang tujuannya dekat dengan area daerah Khaosan serta menuju stasiun Hua Lamphong.

Baca Juga :  Pertunjukan Kolosal Siam Niramit yang Spektakuler

Beberapa sumber menyatakan bahwa kereta yang akan menuju Bangkok tidaklah banyak, hanya lewat 40-60 menit sekali. Sehingga untuk menghindari ketertinggalan kereta atau kehabisan tiket nantinya, anda perlu memperhatikan jadwal kedatangan kereta dan segera membeli tiket sesuai tujuan.

Menggunakan Transportasi MRT dan Bis

Alat transportasi menjadi favorit para backpacker yang berusaha meminimalkan pengeluaran selama di Bangkok dengan tetap dapat berlibur dan menikmati Kota Bangkok, Thailand. Dekat pintu keluar Bandara Don Mueang terdapat halte bis express nomor A1 dan A2 yang dapat mengantar hingga ke pusat kota hanya dengan mengeluarkan biaya 30 bath atau sekitar Rp 14.000.

Bukan hanya itu saja, meninggalkan bandara dengan tetap menggunakan bis, lalu turun di Mo Chit dan melanjutkan perjalanan dengan MRT Chatuchak Park untuk sampai di pusat kota Bangkok pun juga dapat menjadi pilihan untuk sekaligus mencoba MRT yang ada di Negara Thailand.

Menggunakan Transportasi Taksi

Jika tidak ingin repot dan ingin segera sampai ke tempat tujuan ketika sampai di Bandara Don Mueang, taksi dapat menjadi solusinya. Dengan menggunakan taksi, penumpang dapat langsung menuju ke tempat yang akan dituju. Meskipun biaya yang dikeluarkan memang lebih banyak ditambah jika melewati jalan tol, namun dengan menggunakan taksi, dapat mempersingkat waktu jarak tempuh.

Fasilitas Lengkap Bandara Don Mueang 

Bandara Don Mueang : Bandara Alternatif di Bangkok Thailand

Meskipun telah beroperasi sejak lama, namun Bandara Don Mueang memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Sebab sebelum Bandara Suvarnabhumi dibangun, Don Mueanglah yang menjadi bandara internasional di Bangkok dengan melayani lalu lintas udara terbanyak di Thailand dengan maskapai yang berjumlah lebih dari 80 dan 160.000 penerbangan setiap tahunnya.

Bandara Don Mueang bahkan pernah disebut-sebut sebagai bandara tersibuk di dunia di urutan 18. Sangat padat tentunya jika dibayangkan. Kini bandara yang masih beroperasi untuk penerbangan domestik ini, masih ramai pengunjung. Tidak heran jika banyak tempat makan yang tersedia di dalam bandara yang dikhususkan bagi pengunjung. Pesawat yang delay terlalu lama tentu akan membuat calon penumpang pesawat lelah dan lapar.

Baca Juga :  Krabi Thailand : Indahnya Gugus Kepulauan Wisata andalan Thailand

Berbagai gerai makanan di dalam bandara dapat menjadi penolong perut kosong sekaligus menjadi tempat beristirahat juga. Fasilitas umum, mulai dari toilet, tempat charger, hingga mushola, sangat terjaga kebersihan dan kondisinya. Terdapat keunikan dari bandara ini yang tidak dimiliki oleh bandara lain, yaitu adanya lapangan golf diantara dua landasan pacu. Bahkan tidak ada pembatas antara lapangan golf dengan landasan pacu di bandara.

Penerbangan dari Bandara Don Mueang

Bandara Don Mueang memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan Bandara Suvarnabhumi. Namun beberapa maskapai masih mendarat di bandara ini, misalnya jika penerbangan dari Jakarta, Indonesia menuju Bangkok, Thailand menggunakan maskapai Airasia, penumpang dipastikan turun di Bandara Don Mueang. Beberapa penerbangan dari bandara ini jug masih ada sekitar 52 tujuan dengan negara tujuan terpopuler, misalnya:

  1. Jakarta, Bandara Internasional Soekarno-Hatta
  2. Singapura, Bandara Changi
  3. Kuala Lumpur, Bandara Internasional Kuala Lumpur
  4. Chiang Mai, Bandara Internasional Chiang Mai
  5. Phuket, Bandara Internasional Phuket

Bandara-bandara tersebut menjadi tujuan yang paling sering dilalui oleh pesawat yang berangkat dari Bandara Don Mueang. Selain melayani penerbangan domestik, bandara ini juga digunakan sebagai pendaratan dan penerbangan oleh Divisi Tipe non-pesawat tempur. Maskapai penerbangan rendah yang sebelumnya beroperasi dari Bandara Suvarnabhumi juga pindah dengan maksud dipusatkan ke Bandara Don Mueang.

Saat Tiba di Bandara Don Mueang

Beberapa hal yang perlu dilakukan oleh penumpang setelah tiba di Bandara Don Mueang, hal ini bertujuan supaya lebih terarah dan tidak ada sesuatu yang tertinggal setelah keluar dari bandara. Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian adalah sebagai berikut ini:

  1. Mempersiapkan departure card setelah turun dari pesawat
  2. Menuju bagian imigrasi untuk menyerahkan paspor dan departure card kepada pihak imigrasi. Jangan lupa untuk mengisi data diri dengan lengkap.
  3. Setelah paspor telah dicek dan mendapatkan cap resmi, penumpang beralih ke bagian bagasi
  4. Bagi penumpang yang menggunakan bagasi pesawatnya, jangan sampai meninggalkan barangnya begitu saja. Perhatikan monitor, nomor pesawat, dan asal kedatangan pesawat, sehingga tidak salah mengambil bagasi orang lain.
  5. Jika memerlukan informasi lain misalnya mengenai penginapan, transportasi, dan lain sebagainya, penumpang dapat menuju ke bagian Visitors Center.
  6. Kembali memastikan seluruh barang bawaan sebelum meninggalkan Bandara Don Mueang.
Baca Juga :  Nanta Show Thailand : Teater Musikal Persembahan dari Crazy Chef

Merencanakan perjalanan ke Bangkok, Thailand tentu akan sangat menarik. Banyaknya tempat yang dapat dituju menjadi daya tarik tersendiri. Beberapa hal, misalnya cuaca, iklim, dan cara berkomunikasi yang tidak jauh beda dari Indonesia karena masih sama-sama negara asia tenggara akan semakin mempermudah warga Indonesia melakukan perjalanan wisata beberapa waktu di sana.

Bonus lain yang didapat, khususnya ketika menggunakan maskapai yang memiliki rute penerbangan ke Bangkok, Thailand melalui Bandara Don Mueang. Penumpang dapat sekaligus mengetahui secara langsung bandara yang pernah berjaya pada masanya sekaligus mempelajari asal-usul serta cerita menarik di dalamnya.

Berita Menarik Lainnya
Calypso Cabaret Show : Pertunjukan Kabaret ala Ladyboy Thailand
Calypso Cabaret Show : Pertunjukan Kabaret ala Ladyboy Thailand