Bandara Haneda : Kerennya Bandara Alternatif Penerbangan ke Tokyo

Bandara Haneda : Kerennya Bandara Alternatif Penerbangan ke Tokyo

Bagi Anda yang merasa tertarik dengan Negara Jepang pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama Bandara Narita yang terletak di Provinsi Chiba yang letaknya berada di pinggiran Tokyo. Berbeda dengan Bandara Narita yang memang difungsikan sebagai bandara internasional sejak awal, maka Bandara Haneda ini baru difungsikan sebagai bandara internasional sejak tahun 2010 silam dan sebelumnya bandara haneda hanya menerima penerbangan domestik saja.

Penggunaan bandara haneda sebagai bandara internasional sepertinya menyusul dengan meningkatnya wisatawan yang datang ke Jepang setiap tahunnya sehingga dengan demikian bandara haneda akhirnya dibuka untuk membantu bandara Narita menerima penerbangan dari luar negeri. Bandara Narita nampaknya sudah sangat sering dibahas di berbagai media, kali ini akan dikupas berbagai hal yang menarik mengenai bandara Haneda. 

Mengenal Bandara Haneda

Ditandai dengan selesainya landasan pacu yang keempat di bandara haneda maka dibukalah bandara haneda sebagai bandara internasional pada tahun 2010 yang nantinya akan menerima banyak penerbangan internasional mendampingi bandara Narita. Apabila bandara Narita terletak di pinggiran kota Tokyo maka bandara haneda ini berada di pusat kota Tokyo sehingga dengan demikian akses menuju ke bandara haneda termasuk mudah.

interior bandara haneda jepang

Ada banyak transportasi yang bisa membawa Anda menuju bandara haneda atau dari bandara haneda menuju ke tempat lain. Pada tahun pertamanya dibuka sebagai bandara internasional, bandara ini menangani sebanyak 64.211.074 orang. Begitu dibuka bandara ini memang menjadi bandara yang sangat sibuk. Kini bandara haneda menempati peringkat kedua sebagai bandara yang paling sibuk di Asia dan menempati peringkat kelima sebagai bandara paling sibuk di dunia.

Baca Juga :  Kiyomizu Dera : Indahnya Kuil di Tengah Perbukitan Hijau Jepang

Nampaknya keputusan pemerintah Jepang membuka bandara haneda sebagai bandara internasional memang keputusan yang sangat tepat. Selain itu bandara haneda juga memiliki prestasi sebagai bandara yang jadwal penerbangannya paling tepat waktu pada tahun 2009 dan setelahnya. Jika Anda pernah datang ke bandara haneda maka Anda pasti sudah tahu bagaimana desain rancangan bangunan bandara haneda begitu unik, yaitu perpaduan arsitektur modern dan arsitektur tradisional Jepang. 

Apa Yang Menarik Dari Bandara Haneda?

Ketika berada di bandara haneda Anda tidak hanya akan sekedar numpang lewat atau transit saja, selama Anda berada di bandara haneda ada baiknya Anda melihat-lihat keadaan di sekitar bandara tersebut. Sebab seperti yang sudah disebutkan secara sekilas bahwa di bandara haneda ini arsitekturnya sangat menarik perpaduan antara modern dan tradisional, selain itu ada beberapa spot menarik yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Edo Marketplace.

Di dalam bandara ini terdapat spot atau lantai khusus yang didesain sedemikian rupa dengan bangunan-bangunan dari era zaman edo. Sebelum berubah nama menjadi kota Tokyo pada tahun 1868, nama ibu kota Jepang itu adalah Edo. Kota ini dibangun sekitar tahun 1603 oleh Shogun Tokugawa Ieyasu, Di bawah kekuasaan Tokugawa, Edo sangat identik dengan hegemoni politik dan kekuasaan politik Samurainya yang ada di bawah kekuasaan Dinasti Tokugawa selama lebih dari 250 tahun lamanya.

Bisa dikatakan juga bahwa Dinasti Tokugawa ini adalah Dinasti militer yang paling lama berkuasa dalam sejarah Jepang, maka dari itu Dinasti ini memberikan kesan yang mendalam sekaligus menjadi kebanggaan bagi masyarakat Jepang, tak heran jika kemudian diabadikan sebuah lantai khusus di bandara haneda yang diperuntukkan bagi zaman Edo untuk lebih mengenalkan budaya Jepang pada wisatawan yang datang ke bandara haneda. Di bagian Edo Marketplace itu Anda bisa berbelanja souvenir menarik dan bahkan berfoto ria. 

Baca Juga :  Hakone : Wisata di Kapal Bajak Laut dengan Pemandangan Gunung Fuji

Selain karena arsitektur dan spot menariknya, bandara haneda ini dikenal sebagai bandara yang ramah dengan wisatawan, bandara ini tidak mempermasalahkan wisatawan yang ingin bermalam dan beristirahat di dalam bandara. Maka dari itu jangan heran jika Anda melihat ada penumpang yang tidur di kursi bandara dan di beberapa spot di dalam bandara. Apabila Anda ingin bermalam di bandara haneda pastikan Anda tidak tidur di dekat tangga eskalatornya, karena tangga eskalator yang ada di bandara haneda termasuk berisik karena sering ada pengumuman dari speakernya.

Oleh-Oleh Paling Populer Di Bandara Haneda

bandara haneda jepang

Tentunya pada saat Anda datang ke bandara haneda, jangan lupa untuk mampir ke beberapa tempat yang menjual oleh-oleh di dalamnya. Berikut ini beberapa pilihan oleh-oleh yang paling populer yang ada di bandara haneda :

Luxury Selection Maple  Langue De Chat

Hidemasa Yamamoto adalah koki dibalik kue yang sangat lezat ini, Yamamoto merupakan koki yang pernah bertanggung jawab untuk jamuan makan malam pada saat pelantikan Presiden Amerika Serikat dan kala itu menjabat sebagai kepala koki. Di bagian luar dari kue ini adalah kue dengan aroma gula maple yang manis kemudian ditengahnya terdapat 3 macam coklat, yaitu coklat yoghurt dicampur biji adas, coklat putih dicampur dengan garam Maldon serta coklat matcha dicampur dengan  lada Jepang. Anda bisa membeli kue ini seharga 1080 yen dan mendapatkan 6 buah kue di dalamnya. 

Baked Chocolat

Produk berupa kue pie dengan isian coklat di tengahnya ini merupakan produk kue yang diproduksi oleh restoran terkenal yang ada di kawasan Shirokane, Tokyo, yang bernama restoran  La Maison Shirokane. Kue ini dijual dengan jumlah yang terbatas di bandara haneda.

Baca Juga :  Bandara Narita Tokyo : Panduan Lengkap Bandara dengan Kode NRT

Kue ini merupakan perpaduan coklat yang dimasak dengan cara dipanggang lalu dilapisi dengan kulit pai. Anda bisa mencicipi 3 macam rasa saat ingin membeli kue ini. Rasa yang tersedia yaitu coklat putih dengan kelapa, coklat putih dengan bubuk lemon dan coklat panggang dengan praline kacang almond. 

Haneda Airport Toys Sweet Can Arare

Cemilan berupa kue mochi yang dibakar dan diberikan varian rasa ini hanya bisa Anda dapatkan di bandara haneda, maka dari itu saat Anda sedang berada di bandara haneda jangan lupa untuk mampir membeli cemilan menarik satu ini. Hal yang membuatnya lebih menarik adalah kemasannya yang terbuat dari kaleng yang merupakan bentuk kolaborasi cemilan ini dengan Teruhisa Kitahara yang merupakan seorang kolektor mainan timah yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia.

Kaleng timah yang digunakan sebagai kemasan cemilan ini dibuat seperti kaleng mainan timah  koleksi Kitahara. Dalam satu kemasan di dalamnya ada 6 macam arare atau mocha yang dibakar dengan berbagai rasa. Produk ini dapat Anda beli dengan harga 540 yen per kaleng dan ada 3 pilihan warna kaleng yaitu pink, hijau dan kuning. 

Cara Menuju Bandara Haneda

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa bandara haneda berada di pusat kota Tokyo sehingga akses menuju ke bandara ini sangatlah mudah. Anda bisa mulai dengan kereta Yamanote, kemudian turunlah di stasiun Hamamatsu. Setelah itu Anda bisa berganti monorail yang langsung menuju ke bandara haneda. Dengan kemudahan akses inilah maka banyak wisatawan yang kemudian lebih memilih menuju ke bandara haneda daripada ke bandara Narita. 

Berita Menarik Lainnya
Bandara Narita Tokyo : Panduan Lengkap Bandara dengan Kode NRT
Bandara Narita Tokyo : Panduan Lengkap Bandara dengan Kode NRT