Botanic Garden Singapore : Hutan Kota Yang Megah dan Rindang di Singapura

Botanic Garden Singapore : Hutan Kota Yang Megah dan Rindang di Singapura

Gardens by the Bay merupakan salah satu destinasi yang paling hits di Singapura. Taman di lokasi strategis Singapura ini memang mampu menyihir jutaan pengunjung dengan kemegahan struktur bangunan yang dikombinasi dengan kecanggihan teknologi. Namun, lupakan sejenak taman buatan tersebut karena ada 1 lagi taman yang sangat sayang untuk dilewatkan di Singapura: Botanic Garden Singapura.

Berbeda dengan Gardens by the Bay, Botanic Garden Singapura merupakan taman natural atau asli yang ada di tengah jantung kota Singapura. Taman raksasa ini sebenarnya lebih tepat jika dikatakan sebagai hutan mengingat luas wilayah cakupannya. Botanic Garden merupakan rumah bagi banyak spesies tumbuhan dan juga hewan di Singapura. Akan rugi rasanya jika kamu melewatkan destinasi satu ini ketika mengunjungi Singapura.

Botanic Garden bukan hanya tempat luas dengan berbagai pohon serta tanaman hijau. Terdapat banyak hal yang bisa kamu lakukan dan lihat di taman ini. Simak ulasan lengkap tentang taman raksasa Singapura tersebut di bawah ini.

Mengenal Botanic Garden Singapura

Botanic Garden Singapura merupakan sebuah taman yang membentang seluas 74 hektar. Taman yang satu ini sudah ada di Singapura sejak lebih dari 150 tahun yang lalu. Ribuan jenis tanaman mulai dari anggrek, pepohonan, hingga tanaman-tanaman lainnya tumbuh subur di sini.

Botanic Garden Singapore : Hutan Kota Yang Megah dan Rindang di Singapura
Jalan Setapak Botanic Gaden Singapore

Kehadiran taman ini sangat mengimbangi kemajuan pembangunan di Singapura. Di tengah tingginya gedung-gedung pencakar langit yang menopang roda bisnis dan ekonomi Singapura, Botanic Garden memberi nafas segar bagi kota mini namun termaju di Asia Tenggara ini. Taman ini juga menghidupkan nama lain Singapura yang dikenal sebagai ‘The City in the Garden’.

Botanic Garden Singapura merupakan destinasi wisata alam yang sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Terdapat hutan hujan tropis mini, taman jahe, taman anggrek, dan banyak pepohonan tinggi di dalam taman ini. Pohon tertinggi yang ada di taman ini mencapai ukuran 40 meter.

Baca Juga :  SEA Aquarium Singapore : Akuarium Terbesar di Asia Tenggara Terletak di Sentosa Island

Karena rindang dan hijaunya taman ini, tak mengherankan jika beragam hewan pun betah berada di dalamnya. Bermacam-macam jenis serangga serta burung dengan ragam warna hidup dengan bebas di taman ini. Oriental pied hornbird (burung kangkareng perut putih), burung hantu kayu tutul, burung madu sepah raja, dan burung pekaka emas adalah beberapa hewan eksotis yang menjadikan Botanic Garden rumah mereka.

Botanic Garden Singapore : Hutan Kota Yang Megah dan Rindang di Singapura
Kolam buatan Botanic Gaden SIngapore

Kehadiran danau di dalam Botanic Garden Singapura lah yang berkontribusi pada variasi hewan yang kaya di taman raksasa ini. Burung-burung cantik tidak segan untuk datang dan minum dari danau tersebut. Danau di taman ini juga menjadi markas bagi angsa hitam yang menjadi landmark Botanic Garden.

Data Fakta Botanic Garden Singapore

Negara : Singapura

Kota : Singapore

Alamat : 1 Cluny Rd, Singapore 259569

Nomor Telepon : +65 6471 7138

Jenis Wisata : Alam

Website : https://www.nparks.gov.sg/SBG

Dibuka : 1985

Luas area : 82 Hektar

6 Spot yang Wajib Dikunjungi di Botanic Garden Singapura

Ada banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan di Botanic Garden Singapura. Selain menikmati pemandangan alam, kamu juga dapat piknik, jogging, atau sekedar berjalan-jalan di tengah hutan rindang dalam taman raksasa ini. Semua aktivitas tersebut dapat kamu lakukan di spot-spot favorit yang ada di dalam taman ini. Simak daftar spot yang wajib kamu kunjungi jika kamu ke Botanic Garden Singapura berikut ini.

National Orchid Garden

National Orchid Garden merupakan salah satu bagian dari Botanic Garden Singapura yang sangat terkenal. Apalagi kalau bukan karena koleksi anggrek di dalamnya. Ya, National Orchid Garden memiliki lebih dari 1.000 spesies dan 2.000 hibrida koleksi anggrek, mulai dari anggrek yang banyak ditemui hingga anggrek yang tergolong langka.

Botanic Garden Singapore : Hutan Kota Yang Megah dan Rindang di Singapura
Tempat Penanaman Anggrek di Orchid Gaden Singapura

Memasuki taman ini, kamu akan disambut dengan air terjun mini yang dikelilingi dengan anggrek bermacam jenis dengan susunan yang cantik. Di taman ini juga kamu akan dapat melihat instalasi megah yang dirambati anggrek dan tanaman indah lainnya. Kamu dijamin akan tergelitik untuk mengabadikan momen tersebut dalam kamera kamu.

Baca Juga :  Universal Studio Singapura : Taman Hiburan Bertema Film Paling Favorit di Asia Tenggara

Meskipun memasuki Botanic Garden Singapura tidak ditarik biaya sama sekali, namun untuk menikmati keindahan tanaman eksotis ini kamu akan dikenakan sedikit biaya tiket masuk. Untuk orang dewasa, per orangnya akan dibebani biaya SGD 5. Sementara untuk anak-anak, siswa sekolah, dan manula biaya masuknya hanya SGD 1 per orang.

Learning Forest

Learning Forest merupakan tempat dimana kamu dapat berkeliling hutan hujan tropis di tengah kota Singapura yang terkenal panas. Kamu tidak akan berjalan di tengah akar pohon yang besar. Pihak Botanic Garden Singapura telah menyediakan area khusus berjalan berupa jembatan panjang yang melayang di tengah hutan.

Dengan berjalan di atas jembatan yang membentang di sepanjang Learning Forest, kamu akan dapat melihat langsung pohon-pohon tinggi dan eksotis dari jarak dekat. Perjalanan kamu akan diiringi dengan kanopi hijau yang seolah menutupi langit Singapura. Learning Forest akan menjadi pengalaman tak terlupakan kamu di negara ini.

Keppel Discovery Wetlands adalah salah satu spot favorit dalam Learning Forest. Tempat ini merupakan rumah bagi bermacam spesies tanaman air tawar yang sangat langka. Di sini juga terdapat gazebo luas yang akan menaungi istirahat kamu.

Palm Valley

Ingin merasakan LA-nya Asia? Palm Valley di Botanic Garden Singapura lah tempatnya. Terdapat lebih dari 220 spesies pohon palem di lokasi ini. Tak ayal, terdapat beragam jenis daun pohon palem yang akan dapat kamu lihat mulai dari palem berdaun seperti bulu, kipas, hingga yang berdaun lentur.

Symphony Lake

Symphony Lake merupakan spot paling terkenal di seantero Botanic Garden Singapura. Terdapat The Shaw Foundation Symphony Stage yang dibangun di atas danau tersebut. Panggung ini biasa digunakan untuk pertunjukan musik orkestra. Biasanya orang-orang akan berkerumun di sekitar panggung, menggelar tikar piknik mereka, dan menikmati sajian musik dari para musisi di atas panggung tersebut.

Eco Lake

Eco Lake merupakan danau alami di tengah Botanic Garden Singapura. Danau ini membentang sangat luas. Tak mengherankan jika angsa hitam betah berada di sini. Jika kamu menemui angsa hitam sedang berjalan-jalan di Eco Lake, jangan beri makan dia dengan apapun. Angsa hitam di Botanic Garden memiliki diet ketat dan boleh diberi makan hanya oleh pihak taman.

Baca Juga :  Gardens By The Bay Singapura Keajaiban Dunia Botani di Negeri Singa Putih

Ginger Garden

Selain pepohonan tinggi dan hijau, Botanic Garden juga memiliki Ginger Garden atau Taman Jahe. Terdapat lebih dari 250 spesies jahe di taman ini yang berasal dari Asia, Afrika, Pasifik, dan juga Indochina. Mengunjungi taman ini jelas akan memperkaya pengetahuan kamu akan tanaman yang satu ini.

Berwisata Kuliner di Botanic Garden Singapura

Jika kamu lelah dan lapar setelah mengelilingi luasnya Botanic Garden, kamu tak perlu khawatir. Terdapat beberapa restoran di dalam taman ini yang bisa kamu kunjungi. Menu di tiap restoran ini sangat beragam. Yang pasti, hanya bahan berkualitas sempurna dan segar yang digunakan di semua restoran di sini.

The Halla, The Garage, Corner House, dan Casa Verde merupakan pilihan restoran yang ada di dalam taman raksasa ini. Masing-masing restoran memiliki signature nya sendiri seperti The Halla yang memfokuskan hidangannya pada makanan halal atau Casa Verde yang menyajikan berbagai menu Italia. Siapkan saja SGD kamu untuk menikmati sajian internasional di restoran-restoran ini.

Tiket Masuk dan Lokasi Botanic Garden Singapura

Taman kota megah dan rindang ini dapat kamu kunjungi setiap hari dari pukul 5 pagi hingga tengah malam. Berita baiknya adalah kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis untuk menikmati teduhnya taman ini. Biaya masuk hanya diberlakukan jika kamu masuk ke taman anggrek. Taman yang merupakan situs warisan UNESCO ini berlokasi di Cluny Road, Singapura. Kamu dapat pergi ke taman ini dengan menaiki MRT dan turun di pemberhentian MRT Orchard atau Botanic Garden. 

Kesimpulan

Mengelilingi taman raksasa ini tentunya dibutuhkan kondisi tubuh yang prima. Selain itu, akan lebih baik jika kamu datang pada pagi hari atau sore hari ke taman ini. Pada siang hari, terik matahari mungkin akan sangat terasa menyengat di kulit. Selain itu, untuk mengelilingi taman ini, kamu tidak boleh melewatkan botol air minum dan sepatu yang nyaman. 

Berita Menarik Lainnya
Wat Arun Bangkok : Komplek Kuil Terindah di Thailand
Wat Arun Bangkok : Komplek Kuil Terindah di Thailand
error: Kontent dilindungi !!