Bunga Sakura Jepang : Mekar Setahun Sekali dan Diburu Wisatawan

Bunga Sakura Jepang : Mekar Setahun Sekali dan Diburu Wisatawan

Banyak hal yang bisa dibanggakan dari Jepang mulai dari kedisiplinan, kemajuan teknologi, kerja keras, kebudayaan, dan tak ketinggalan juga keindahan alamnya. Bicara soal keindahan alam, Jepang merupakan salah satu negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena keindahan alamnya, tak terkecuali wisatawan dari Indonesia. Hal tersebut karena begitu banyak hal menarik yang hanya bisa ditemukan di Jepang, salah satunya adalah keindahan bunga sakura.

Jepang disebut juga sebagai negeri sakura karena bunga sakura tumbuh sempurna di Jepang. Oleh karena itu bunga yang mekar setahun sekali ini menjadi primadona bukan hanya bagi masyarakat Jepang sendiri melainkan juga bagi seluruh wisatawan yang berkunjung ke Jepang. 

Mengenal Bunga Sakura Jepang

Bunga Sakura Jepang : Mekar Setahun Sekali dan Diburu Wisatawan

Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang yang hanya mekar pada musim semi (biasanya Maret sampai Juni). Bunga sakura memiliki arti penting bagi warga Jepang sehingga sering dikaitkan dengan kehidupan dan kematian.

Bunga yang tergolong kedalam famili Rosaceae ini, dimasukkan ke dalam subgenus sakura. Warna bunga sakura sendiri berbeda beda sesuai dengan spesiesnya. Berikut beberapa spesies bunga sakura yang paling populer dilihat. 

Somei Yoshino

Somei Yoshino merupakan bunga sakura yang paling umum dijumpai di Jepang. Jenis Someiyoshino ini juga sering kita lihat di berbagai gambar maupun video. Bunga yang satu ini memiliki warna merah muda pudar (campuran warna pink dan putih). Saat bunga ini mekar warna merah muda akan hilang sepenuhnya dan akan berubah menjadi warna putih total.

Baca Juga :  Tokyo Sky Tree : Menara Tertinggi Di Dunia 2011

Somei Yoshino merupakan jenis sakura berbunga tunggal yang hanya memiliki lima kelopak pada setiap bunganya. Bunga ini tumbuh di beberapa daerah di Jepang. Bunga ini akan berhenti mekar saat daun pada ranting pohon mulai bermunculan. 

Yaezakura

Yaezakura dikenal juga sebagai bunga sakura yang berkelopak ganda, karena kelopak yang terdapat pada bunga ini  bisa mencapai 10 sampai 50 kelopak. Warna dari kelopak bunga Yaezakura ini terdiri dari warna putih, merah jambu pekat, dan warna lainnya, Bunga ini biasanya mekar lebih lambat daripada sakura jenis lainnya. 

Yamazakura

Yamazakura merupakan bunga sakura liar dan salah satu bunga yang paling sering dinantikan. Bunga sakura jenis ini biasa tumbuh di daerah pegunungan dan perbukitan. Bunganya sendiri terdiri dari 5 kelopak seperti jenis Yoshino. Dan warna bunga didominasi warna merah muda yang cerah. 

Shidarezakura

Shidarezakura sering juga disebut sebagai bunga sakura yang menangis karena tangkai atau ranting pohonnya melengkung jatuh ke bawah dan bunganya tumbuh di seluruh ranting tersebut, sehingga terlihat seperti air yang terjatuh. Bunga ini dikenal sebagai bunga kota Kyoto.

Edohigan

Edohigan adalah bunga sakura yang biasanya mekar paling awal. Warna bunganya sendiri didominasi warna merah muda pucat, dan kelopak bunganya kecil kecil. Salah satu pohon Edohigan yang paling populer adalah Yamataka Jindai Sakura. Pohon yang satu ini merupakan Edohigan yang tertua di Jepang, dan diperkirakan umurnya 2000 tahun. Itulah beberapa jenis bunga sakura yang paling sering disaksikan oleh wisatawan. 

Mengapa Bunga Sakura Jepang Wajib Dikunjungi

Bunga Sakura Jepang : Mekar Setahun Sekali dan Diburu Wisatawan

Hanami merupakan istilah yang dibuat orang Jepang untuk kegiatan melihat bunga sakura. Momen ini sangat dinantikan karena mekarnya bunga sakura merupakan pertanda bahwa musim dingin yang panjang telah berakhir.

Jika ingin berkunjung ke Jepang, sebisa mungkin berkunjunglah saat bunga sakura sedang mekar, karena kamu akan menemukan berbagai keindahan yang tidak akan kamu temukan di tempat lain. Berikut beberapa alasan mengapa bunga sakura Jepang wajib dikunjungi. 

Baca Juga :  Kiyomizu Dera : Indahnya Kuil di Tengah Perbukitan Hijau Jepang

Bunga Sakura Mekar Setahun Sekali

Bunga sakura hanya mekar sekali dalam setahun, dan biasanya mekar pada bulan Maret hingga bulan Juni. Setiap bunga sakura hanya mekar selama seminggu. Oleh karena itu kesempatan untuk menyaksikan langsung keindahan bunga sakura tidak boleh diabaikan.

Orang Jepang sendiri saja selalu menantikan kehadiran bunga sakura setiap tahunnya. Jika kamu berkunjung ke Jepang saat bunga sakura mekar, moment tersebut pasti sangat istimewa dan tak terlupakan. 

 Bunga Sakura Tumbuh Sempurna di Jepang

Bunga Sakura Jepang : Mekar Setahun Sekali dan Diburu Wisatawan

Jenis jenis bunga sakura di Jepang sangat beragam, diperkirakan mencapai 600 spesies. Jadi kamu bisa menyaksikan dan melihat langsung keindahan dan perbedaan dari berbagai bunga sakura tersebut.

Bunga sakura hanya tumbuh sempurna di Jepang dan beberapa di Korea. Beberapa orang telah mencoba mengembangbiakkannya di negara lain namun tidak dapat tumbuh secara sempurna. Jadi kamu tak akan bisa melihat keindahan bunga sakura selain di Jepang. 

Bunga Sakura Bisa Dimakan dan Diminum

Bunga sakura ternyata bukan hanya indah dipandang mata saja, akan tetapi dapat juga dinikmati sebagai makanan. Orang Jepang pada umumnya mengolah bunga sakura menjadi makanan.

Agar bunga sakura dapat dikonsumsi sebagai makanan, bunga tersebut terlebih dahulu harus mengalami proses penggaraman yang disebut sebagai Shiozuke. Setelah mengalami proses penggaraman atau Shiozuke, bunga sakura tersebut akan berubah menjadi Sakurazuke.

Sakurazuke beraroma khas dan biasa digunakan pada roti dan sakura mochi. Makanan ini biasa dijadikan hidangan pada musim semi. Selain itu bunga sakura juga biasa dijadikan sebagai minuman.  Caranya bunga yang telah mengalami proses Shiozuke, diseduh ke dalam secangkir air panas. Hal ini disebut sebagai sakurayu.  

Bunga Sakura Simbol berbagai Makna

Bunga sakura sering dijadikan simbol berbagai hal dalam kehidupan. Karena keindahan, bunga sakura dijadikan simbol perempuan yang memiliki makna anggun dan cantik. Karena jangka hidupnya yang singkat, yakni mekar hanya dalam waktu satu minggu, bunga sakura sering disimbolkan sebagai kerapuhan dan kamatin.

Baca Juga :  Bandara Narita Tokyo : Panduan Lengkap Bandara dengan Kode NRT

Bunga sakura juga sering dimetaforakan sebagai kehidupan yang tidak kekal. Jadi saat melihat keindahan bunga sakura, kamu bisa menarik banyak makna dalam kehidupanmu. 

Tips Menikmati Keindahan Bunga Sakura Jepang

Agar kamu dapat menikmati keindahan bunga sakura secara langsung di Jepang, kamu perlu memperhatikan beberapa tips berikut.

  1. Berkunjunglah pada waktu pagi pagi buta, agar kamu masih dapat menikmati keindahan bunga sakura dengan bebas dan nyaman. Karena jika kamu kesiangan, taman akan terasa sesak dipenuhi oleh orang banyak.
  2. Bawa bekal yang simple dan secukupnya saja, agar kamu bisa melihat sakura sambil ngemil dan tidak kelaparan nantinya. 
  3. Bawa perlengkapan kamera seperlunya untuk mengabadikan keindahan bunga sakura dan mengabadikan moment berharga tersebut. 
  4. Patuhi peraturan yang diberlakukan pada taman sakura, agar keindahan bunga sakura tersebut tetap bisa dinikmati di kemudian hari 

Cara Menuju Taman Sakura

Jika kamu ingin memandang indahnya bunga sakura, ada beberapa taman sakura paling terkenal yang dapat kamu kunjungi diantaranya :

  • Shinjuku Gyoen National (memiliki 1100 pohon sakura),
  • Ueno Park ( memiliki 1200 pohon sakura),
  • Chidorigafuchi ( memiliki 200 pohon sakura),
  • Sumida Park (memiliki 600 pohon sakura),
  • Inokashira Park (memiliki 500 pohon sakura),
  • Megurogawa ( memiliki 800 pohon sakura),
  • Yoyogi Park( memiliki 730 pohon sakura),
  • Koishikawa Korakuen Garden,
  • Rikugien Gardens, dan
  • Asukayama Park( memiliki 650 pohon sakura).

Itulah beberapa taman yang dapat kamu kunjungi untuk melihat bunga sakura. 

Berita Menarik Lainnya
Nakamise Street Asakusa : Belanja di Pusat Pertokoan Tertua di Jepang
Nakamise Street Asakusa : Belanja di Pusat Pertokoan Tertua di Jepang