Bus Go KL : Bis Gratis Favorit Wisatawan di Kuala Lumpur

Bus Go KL : Bis Gratis Favorit Wisatawan di Kuala Lumpur

Seperti negara maju pada umumnya, Malaysia memiliki berbagai moda transportasi massal yang bisa digunakan untuk warganya dan juga wisatawan yang berkunjung ke sana. Moda transportasi berbasis rel biasanya menjadi favorit banyak wisatawan, termasuk di Malaysia. Namun, pamor kereta di negara ini memiliki saingan kuat, yaitu bis dan untuk wisatawan terdapat bis gratis yang bernama Bus Go KL.

Bis ini menjadi primadona para wisatawan karena sangat ramah kantong dan para wisatawan tidak harus mengeluarkan uang seringgit pun untuk bisa menikmati moda transportasi ini. Apakah kamu penasaran dengan bus yang satu ini? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Mengelilingi Kuala Lumpur dengan Bus Go KL

Sudah bukan rahasia jika berlibur ke luar negeri bisa menguras isi tabungan dan dompet kamu. Pemerintah Malaysia memahami hal tersebut dengan sangat baik. Karena itu, mereka berniat meringankan beban para wisatawan yang bertandang ke Negeri Jiran dengan menyediakan fasilitas transportasi gratis berupa Bis wisata.

Bus Go KL Kuala Lumpur
Bus Go KL Warna Ungu

Tidak ada syarat khusus bagi para wisatawan untuk menaiki bus ini. Mereka hanya harus berada di halte khusus Bus Go KL untuk dapat naik dan turun dari bis ini. Dengan duduk manis dalam bus ini, kamu akan bisa mengelilingi berbagai sudut ibu kota Malaysia tanpa harus membayar apapun.

Bus ini tentunya merupakan angin segar bagi para wisatawan. Berbagai destinasi wisata yang merupakan landmark negara ini masuk dalam rute perjalanan. Menara kembar Petronas dan KL Tower merupakan contohnya. Selain itu, bis gratis ini juga melewati berbagai lokasi wisata belanja seperti KLCC, Bukit Bintang, dan juga Petaling Street. Dataran Merdeka pun masuk dalam rute bus ini.

Baca Juga :  Dataran Merdeka : Ruang Terbuka Hijau Penuh Sejarah Kemerdekaan Malaysia

Meskipun merupakan fasilitas gratis, Bus Go KL memiliki fitur yang prima. Bus yang digunakan bukanlah bus tua, tapi bus baru dengan penyejuk ruangan. Interiornya pun modern. Para wisatawan akan dengan nyaman duduk dan menuju berbagai destinasi wisata di Kuala Lumpur.

Ragam Bus Go KL

Bus yang mulai beroperasi pada tahun 2012 ini secara total memiliki 4 jenis yang dibedakan berdasarkan warna busnya. Warna tersebut dibagi berdasarkan jenis kegiatan wisata yang dilakukan.

  • Go KL yang berwarna merah (Go Relax) kebanyakan rutenya melewati hotel.
  • Go KL biru (Go Work) mayoritas melewati wilayah perkantoran.
  • Bus hijau (Go Shop) melewati dua tempat belanja besar yaitu KLCC dan Bukit Bintang. Sementara
  • bus ungu (Go Sightseeing) melewati tempat-tempat wisata.

Pada prakteknya, berbagai jenis Bis tersebut jalurnya bersimpangan satu sama lain. Yang harus menjadi fokus kamu ketika menaiki kendaraan wisata gratis ini adalah destinasi wisata tujuan kamu dan rute bus yang melewatinya. Kamu bisa melihat rute bus Go KL tersebut di peta yang tersedia secara online maupun di halte bis.

Selain itu, yang tidak boleh luput dari perhatian yaitu rute bus yang berbentuk loop atau lingkaran. Dengan kata lain, jika kamu ingin kembali ke titik semula, kamu harus mengikuti bus tersebut berkeliling dahulu. Tentunya jika kamu sedang terburu-buru hal ini akan cukup mengganggu.

Tips Menaiki Bus Go KL

Sebelum kamu menaiki bis primadona wisatawan ini, ada beberapa tips yang bisa kamu simak terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa lebih nyaman menggunakan fasilitas gratis dari pemerintah Malaysia ini. Simak tipsnya berikut ini.

  1. Hindari menggunakan bus Go KL di jam-jam sibuk. Antrian bus ini akan sangat panjang dan besar kemungkinan kamu akan berdesak-desakan dengan penumpang lain di dalam bus. Jika kamu ingin berkeliling Kuala Lumpur pada peak hour, lebih baik menggunakan moda transportasi lainnya seperti MRT atau LRT.
  2. Jangan lupa untuk terlebih dahulu melihat peta jalur bis sebelum naik ke bis ini. Dengan begitu, kamu dapat dipastikan tiba di destinasi tujuan kamu.
  3. Sabar adalah kunci untuk menaiki bus Go KL. Terkadang bus lewat setiap 5 hingga 10 menit sekali. Tapi tak jarang kamu harus menunggu lebih lama dari itu.
Baca Juga :  Jalan Alor Malaysia : Pusat Jajanan Kaki Lima Favorit Foodies

Kesimpulan

Berlibur di Malaysia tidak harus selalu menguras dompet kamu. Memanfaatkan fasilitas gratis tentunya dapat menghemat pengeluaran kamu selama berada di Negeri Jiran. Bus Go KL adalah jawaban untuk akomodasi kamu di negara ini. 

Berita Menarik Lainnya
Calypso Cabaret Show : Pertunjukan Kabaret ala Ladyboy Thailand
Calypso Cabaret Show : Pertunjukan Kabaret ala Ladyboy Thailand