Cloud Forest : Hutan Berkabut di Antara Belantara Beton Kota Singapore

Cloud Forest : Hutan Berkabut di Antara Belantara Beton Kota Singapore

Siapa yang tidak mengenal Gardens by the Bay? Bisa dibilang destinasi wisata yang satu ini merupakan landmark negara Singapura. Sangat populer di kalangan wisatawan, Gardens by the Bay menarik ribuan pelancong setiap tahunnya. Gardens by the Bay adalah sebuah taman alam raksasa yang ada di jantung Singapura. Taman ini terletak bersebelahan dengan Marina Reservoir. Terdapat beberapa bagian di dalam taman alam ini. Cloud Forest adalah salah satu bagian yang menjadi favorit para turis untuk dikunjungi.

Apa sih Cloud Forest itu?

Cloud Forest sebenarnya adalah hutan yang terletak di ketinggian. Biasanya hutan ini berada di tengah gunung dengan ketinggian sekitar 3,000 meter di atas permukaan laut. Karena letaknya yang berada di ketinggian, tak heran jika Cloud Forest biasanya terselimuti kabut.

cloud forest di garden by the bay
Cloud Forest di Gardens by the Bay

Amerika Tengah, Amerika Selatan, Kepulauan Karibia, dan Afrika merupakan beberapa negara yang memiliki Cloud Forest. Jika kamu ingin melihat hutan tersebut, kamu harus melewati akses yang sulit serta medan yang sangat menantang terlebih dahulu. Namun, Singapura memangkas segala kesulitan itu dan menciptakan Cloud Forest di dalam Gardens by the Bay.

Ya, Cloud Forest milik Singapura ini merupakan hutan tengah kota dengan berbagai tanaman asli yang tumbuh di daerah pegunungan. Berbagai jenis tanaman dari berbagai belahan dunia di tanam dan tumbuh di sini. Sangat hebat, bukan? Kamu tidak perlu bersusah payah menaiki gunung. Dengan datang ke Cloud Forest dalam Gardens by the Bay, kamu sudah bisa menjumpai tanaman-tanaman mengagumkan di sini.

Baca Juga :  Menyelami Indahnya Kehidupan Laut di Aquaria KLCC Malaysia

Cloud Forest merupakan rumah dari berbagai tanaman unik dunia. Di sana, kamu bisa menjumpai kantong semar. Tumbuhan karnivora ini dapat kamu temui di lokasi tertinggi Cloud Forest. Selain itu, terdapat juga tanaman lain khas daerah pegunungan seperti berbagai jenis pakis.

Cloud Mountain: Daya Tarik Utama Cloud Forest 

Selain koleksi jumlah dan variasi tumbuhan yang kaya, Cloud Forest memiliki daya tarik utama yang sangat mencuri perhatian pengunjung. Aktor utama tersebut adalah Cloud Mountain yang berdiri di tengah taman alam kebanggan Singapura. Cloud Mountain merupakan replika gunung dengan tinggi 42 meter. Diselimuti banyak tumbuhan hijau, replika ini sangat menguatkan atmosfer hutan tropis dalam Cloud Forest.

Kamu bisa melihat Cloud Mountain dari jarak sangat dekat. Tenang saja, kamu tidak perlu mendaki gunung buatan ini. Terdapat lift yang dapat membawa kamu naik ke lantai 6 gunung ini. Ada juga tangga melingkar yang dapat kamu pakai untuk turun dari gunung ini. Sangat modern dan canggih, bukan?

The Waterfall : Air Terjun Indoor tertinggi di Dunia

Replika gunung ini dilengkapi dengan The Waterfall atau beberapa menyebutnya sebagai The Fall. The Waterfall adalah air terjun buatan yang mengalir dari ketinggian 35 meter. Kamu akan sangat sulit memalingkan mata dari air terjun ini. The Waterfall ini merupakan air terjun indoor tertinggi di dunia lho.

Merasakan Kabut di Cloud Forest

Mengingat luasnya area Cloud Forest, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana staf di sana memastikan seluruh tanaman mendapatkan asupan air yang cukup. Tentunya bukan dengan menyirami tanaman tersebut satu per satu dengan cara manual ya. Singapura yang merupakan negara maju memiliki sistem yang canggih dalam segala hal, termasuk memfasilitasi pengairan bagi tanaman dalam Cloud Forest.

Cloud Forest diairi lewat kabut. Ya, kabut diciptakan di dalam kubah raksasa ini agar tanaman-tanaman di dalamnya tetap segar dan dapat tumbuh dengan baik. Kabut akan turun di jam-jam tertentu, yaitu pada pukul 10.00, 12.00, 14.00, 16.00, 18.00, dan pukul 20.00 waktu Singapura. Jika kamu ingin merasakan kabut di tengah hutan layaknya setting film Avatar atau Jurrasic Park, datanglah pada jam-jam tersebut.

Baca Juga :  Pilihan Transportasi Singapura Untuk Jalan-jalan Seru Keliling Singapore

Mempelajari Banyak Hal di Cloud Forest

Datang ke Cloud Forest kamu tidak akan melulu berhadapan dengan hal-hal yang berbau hutan. Kamu dapat pergi ke Lost World untuk melihat tanaman khas yang tumbuh di ketinggian. Atau, kamu juga dapat pergi ke Crystal Mountain untuk mempelajari stalaktit dan stalagmit. Kamu juga dapat mempelajari tentang efek perubahan suhu global di Earth Check & +5 Degrees.

Jam Operasional

Cloud Forest dibuka untuk umum setiap hari dari pukul 09.00 pagi hingga 20.30 waktu setempat. Jangan lupa membeli tiket masuknya terlebih dahulu ya. Tiket masuk Cloud Forest ini dijual satu paket dengan tiket Flower Dome, salah satu bagian lain dari Gardens by the Bay.

Berita Menarik Lainnya
Madame Tussauds Singapura : Bukan Museum Patung Lilin Biasa
Madame Tussauds Singapura : Bukan Museum Patung Lilin Biasa
error: Kontent dilindungi !!