Esplanade Theatres by the Bay : Pusat Seni Dengan Bangunan Paling Unik di Singapura

Mendengar kata Singapura, pasti banyak dari kamu yang langsung melayangkan pikiran pada Marina Bay. Tak salah memang, karena area ini bisa dikatakan merupakan pusat kegiatan dari negara Singapura. Di sekitar kawasan ini juga terdapat beberapa destinasi wisata yang menjadi tujuan utama para pelancong yang datang ke negeri Merlion ini.

Salah satu destinasi wisata yang tampak sangat mencolok di kawasan Marina Bay adalah Esplanade Theatres by the Bay. Bagaimana tidak? Bentuknya yang menonjol dan sangat khas sungguh menarik bagi mata siapapun yang memandangnya. Esplanade Theatres by the Bay pun tak jarang dikatakan sebagai landmark Singapura baik oleh para wisatawan maupun para warga lokal.

Pamor Esplanade Theatres by the Bay tak kalah dengan destinasi lain di sekitar pusat kota Singapura seperti Gardens by the Bay maupun Orchard Road. Bukan hanya tampak luar bangunannya saja yang memesona, jika kamu masuk ke dalam pun kekaguman kamu akan bangunan ini justru akan semakin bertambah. Simak ulasan lengkap tentang Esplanade Theatres by the Bay di bawah ini.

Esplanade Theatres by the Bay : Bangunan Unik di Tengah Singapura

Kamu harus memeriksakan mata kamu jika kamu ke Singapura dan tak menengok bangunan besar di mulut Sungai Singapura yang tersohor itu. Ya, bangunan cantik itu berdiri kokoh menghiasi tepian Marina Bay. Apalagi kalau bukan bentuk bangunannya yang istimewa yang menarik ribuan pasang mata untuk menoleh ke arah bangunan tersebut.

Esplanade Theatres by the Bay merupakan bangunan hasil rancangan gabungan arsitek Singapura dan Inggris. DP Architects dan Michael Wilford & Partners bekerja sama memulai pembangunan bangunan ini pada 1992. Bangunan ini diperuntukkan bagi pusat seni di Singapura.

Baca Juga :  Kampong Glam alias Muslim Quarter : Wisata Budaya Melayu Islam di Singapura

Dibuka secara resmi pada 12 Oktober 2002, bangunan ini telah mampu menghisap ribuan pengunjung, baik warga lokal maupun wisatawan, untuk datang menengok kecantikannya dari jarak dekat. Lokasi bangunan yang strategis pun semakin menambah jumlah pengunjung yang datang setiap tahunnya. Kebanyakan dari mereka penasaran akan isi dari bangunan ini.

Esplanade Theatres by the Bay merupakan bangunan yang diperuntukkan bagi masyarakat umum dari segala kalangan. Jadi, siapapun boleh datang ke sini kapanpun mereka mau. Kamu dapat masuk ke bangunan ini dari pukul 10.00 pagi hingga 08.00 malam waktu setempat pada hari Senin hingga Jumat. Sedangkan pada hari Sabtu, bangunan ini dibuka sejak pukul 11.00 hingga 08.00 malam.

Bangunan Esplanade Theatres by the Bay terdiri dari 2 gedung utama. Kedua gedung tersebut didedikasikan secara total bagi segala jenis kegiatan seni, musik, dan teater. Atap kedua gedung inilah yang sudah mencuri perhatian ribuan orang.. Rangka atap yang berlapis glazur ganda membentuk langit-langit bangunan ini dengan sempurna. Dengan lebih dari 7000 keping aluminium penahan panas matahari di pasang di atas atapnya, bangunan ini tampak sempurna.

Ribuan keping aluminium tersebut membuat bangunan ini tampak seperti durian jika dilihat dari atas. Tak mengherankan, masyarakat Singapura menyebut Esplanade Theatres by the Bay sebagai ‘The Durian’. Namun, beberapa berpendapat bahwa bangunan ini mirip mata lalat. Selain memiliki nilai estetika tinggi, keping aluminium berbentuk segitiga itu juga memiliki nilai fungsional yang tak kalah hebat. Mereka lah yang menjadikan Esplanade Theatres by the Bay tetap dingin meskipun Singapura merupakan negara beriklim tropis.

Ada Apa di Esplanade Theatres by the Bay?

Esplanade Theatres by the Bay merupakan rumah bagi segala bentuk ekspresi seni yang ditampilkan di Singapura. 2 gedung utama Esplanade Theatres by the Bay sudah menjadi saksi bagi ratusan pertunjukkan kelas dunia yang diadakan di dalamnya. David Foster, Dream Theatre, hingga pertunjukkan sekelas Les Miserables pernah ditampilkan di sini.

Baca Juga :  Arab Street Singapura : Wisata Kuliner, Belanja, dan Religi Semua ada Disini

Fungsi gedung utama tersebut dibagi menjadi Concert Hall dan The Theatre. Gedung Concert Hall memiliki kapasitas sekitar 1600 penonton. Jumlah kursi penonton tersebut dibagi menjadi 4 tingkat. Berada di dalam Concert Hall, kamu akan merasa seperti sedang ada di dalam kapal. Bentuk bangunannya yang melengkung dan dipenuhi detail ornamen kayu lah yang memperkuat kesan tersebut. Gedung ini sudah menjadi tempat pertunjukan bagi berbagai genre musik dari musik klasik, pop, hingga yang beraliran rock.

The Theatre yang berlokasi berseberangan dengan Concert Hall memiliki desain interior yang berbeda. Meskipun masih memiliki nuansa kayu yang kental, bentuk kursi penonton di Concert Hall menyerupai tapal kuda. Warna emas dan merah mendominasi ruangan di gedung ini. Gedung yang telah sukses menggelar berbagai macam pertunjukkan ini berkapasitas 2000 penonton.

Jika kamu ingin menikmati berbagai pertunjukkan seni dan musik kelas dunia di gedung-gedung ini, ada tiket yang harus kamu beli sebelumnya. Harga tiketnya tentu saja bervariasi dan ditentukan oleh pihak panitia penyelenggara pertunjukkan. Untuk mengetahui pertunjukkan yang akan digelar berikut harga tiketnya, kamu dapat mengecek situs resmi Esplanade Theatres by the Bay.

Selain 2 gedung utama yang merupakan area indoor, Esplanade Theatres by the Bay pun memiliki area terbuka atau outdoor yang dapat kamu nikmati. Esplanade Outdoor Theater ini menghadap langsung Marina Bay. Jadi, kamu dapat menikmati sajian musik sambil menghirup udara bebas dan merasakan angin menerbangkan rambut kamu. Area outdoor ini berkapasitas 450 hingga 600 penonton. Satu hal yang menggembirakan tentang area ini adalah kamu dapat sepuasnya berada di sini tanpa ditarik biaya alias gratis.

Esplanade Theatres by the Bay bukan hanya fokus pada hal yang berbau seni. Bangunan ini juga memiliki mall yang terletak di tengah-tengah 2 gedung utama. Mall dengan 3 lantai ini memiliki banyak pilihan restoran dan tempat belanja yang dapat kamu singgahi. Mulai dari body lotion hingga biola, semuanya ada di Esplanade Mall.

Jika kamu ingin mengelilingi seluruh area Esplanade Theatres by the Bay lebih dalam, kamu dapat mengikuti tour yang diadakan di sini. Tur Esplanade Walk akan menyediakan pemandu yang selama kurang lebih 45 menit akan mengenalkan kamu dengan berbagai fasilitas yang ada. Sejarah bangunan ini pun akan diceritakan oleh sang pemandu.

Baca Juga :  Marina Bay Sands Singapore : Hotel dengan Infinity Pool yang Instagrammable Banget

Cara Menuju Esplanade Theatres by the Bay

Esplanade Theatres by the Bay berlokasi di jantung kota Singapura. Lebih tepatnya, bangunan unik ini beralamat di antara Jalan Raffles Avenue dan Esplanade Drive. Karena letaknya yang strategis, kamu tidak akan kesusahan untuk menuju ke sini.

Kamu bisa menaiki bis umum untuk menuju Esplanade Theatres by the Bay. Bis nomor 36, 56, 75, dan 106, misalnya, adalah beberapa contoh bis yang melewati lokasi ini. Kamu dapat turun di halte bis yang terletak persis di depan pintu masuk Esplanade Mall.

Kamu juga bisa menggunakan MRT untuk sampai ke sini. Turun di MRT City Hall dan berjalan sekitar 10 menit, kamu akan sudah sampai di Esplanade Theatres by the Bay. Jalan yang akan kamu tempuh merupakan jalan bawah tanah.

Opsi kendaraan umum lain yang bisa kamu gunakan adalah taksi, feri, dan kendaraan pribadi. Semuanya memiliki akses yang cukup mudah. Sesuaikan saja transportasi termudah dan tercepat dari lokasi awal dimana kamu berada untuk menuju Esplanade Theatres by the Bay.

Kesimpulan

Menarik bukan isi dari Esplanade Theatres by the Bay ini? Singapura memang tidak pernah main-main menangani berbagai hal yang berkaitan dengan arsitektur dan kebutuhan masyarakatnya. Luangkan sedikit waktu untuk mengunjungi destinasi yang satu ini sambil memandang Sungai Singapura dan Marina Bay.

Berita Menarik Lainnya
Makanan Malaysia : Akulturasi Budaya yang Diwujudkan dalam Ragam Wisata Kuliner