Floating Market Pattaya : Pengalaman Jajan dan Belanja dari atas Kapal

Floating Market Pattaya : Pengalaman Jajan dan Belanja dari atas Kapal

Warga Indonesia mungkin sudah tidak asing dengan konsep pasar terapung. Beberapa daerah di Indonesia memang masih menjalankan kegiatan jual beli khas pasar dengan mengapung pada perahu-perahu di atas sungai-sungai besar. Namun rupanya bukan hanya Indonesia saja yang akrab dengan konsep ini. Thailand pun memiliki pasar terapungnya sendiri.

Meskipun sama-sama pasar terapung, tapi konsep pasar yang satu ini agak berbeda di Thailand. Sungai-sungai yang dijadikan tempat bertransaksi bukanlah sungai besar seperti di Indonesia. Pasar terapung di Thailand memanfaatkan sungai kecil atau di danau.

Pasar terapung Pattaya atau publik mengenalnya dengan Floating Market Pattaya merupakan salah satu pasar terapung terbesar di timur Thailand dan terkenal di negara gajah putih ini. Pasar ini masih aktif digunakan hingga hari ini. Bahkan, bisa dibilang transaksi yang lakukan di sini sangat ramai.

Jika kamu melancong ke Thailand, kamu bisa menjadikan Floating Market Pattaya ini salah satu tujuan wisata kamu. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di pasar ini. Apakah kamu penasaran? Simak ulasan tentang Floating Market Pattaya tersebut di bawah ini.

Floating Market Pattaya: Penggabungan Budaya Thailand

Floating Market Pattaya bukanlah pasar biasa. Pasar yang satu ini bukan hanya pasar dengan pedagang yang mengapung di atas perahu untuk menjajakan dagangannya. Lebih dari itu, Floating Market Pattaya merupakan wujud penyatuan budaya 4 daerah yang ada di Thailand.

Berdasarkan kondisi geografisnya, Thailand terbagi menjadi 4 bagian yaitu bagian utara, selatan, tengah, dan timur laut. Masing-masing daerah ini tentunya memiliki komoditas utama yang berbeda-beda. Mulai dari bahan pangan unggulan, kerajinan tangan, hingga produk-produk khas, keempatnya memiliki jenis yang berbeda.

Baca Juga :  Calypso Cabaret Show : Pertunjukan Kabaret ala Ladyboy Thailand

Floating Market Pattaya merupakan rumah yang menyatukan keempat daerah tersebut. Tak mengherankan, pasar terapung seluas 100.000 meter persegi ini pun terbagi menjadi 4 kawasan, sesuai jumlah daerah utama di Thailand. Terbagi dengan jelas, pengunjung tidak akan kebingungan untuk membeli barang-barang khas dari masing-masing daerah.

Terdapat lebih dari 114 pedagang yang berjualan di Floating Market Pattaya. Para pedagang tersebut tidak semuanya melakukan transaksi di atas perahu. Mereka memiliki kios yang dibangun di atas air tak jauh dari perahu-perahu yang mengapung tersebut. Jadi, kamu bisa memilih-milih barang yang ingin kamu beli dengan lebih leluasa.

Kios-kios ini lebih tepatnya berada di dermaga. Diantara kios-kios tersebut dibangun jembatan kayu yang dapat dengan mudah diakses oleh para pengunjung. Dengan kata lain, meskipun Floating Market Pattaya merupakan pasar terapung, namun transaksi di daratan tetap berlangsung.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Floating Market Pattaya?

Berkunjung ke Floating Market Pattaya, kamu dijamin tidak akan bosan. Kegiatan yang dapat dilakukan di sini bukan hanya sekedar berbelanja lalu kami langsung pulang seperti di pasar tradisional pada umumnya. Floating Market Pattaya memiliki berbagai kegiatan lain yang dapat kamu lakukan selama kunjungan kamu di pasar terapung ini.

Berbelanja

Kegiatan yang hampir pasti berlangsung di pasar adalah berbelanja. Bagi kamu yang memang hobi melakukannya, kamu akan merasa bahwa Floating Market Pattaya adalah surga belanja di Thailand. Bagaimana tidak? Terdapat 4 daerah di Thailand dengan berbagai produknya menjajakan barang-barang mereka di pasar ini.

Variasi barang yang dijual di sini sangat beragam. Buah, sayuran, dan berbagai bahan makanan tentunya ada di pasar ini. Tapi, bukan hanya itu saja. Di sini, kamu juga dapat menjumpai berbagai barang produk seni seperti ukiran kayu, anyaman topi, miniatur kapal, hingga tas yang dibuat sendiri melalui tangan pengrajin Thailand. Oleh karena itu, pasar ini merupakan tempat yang tepat untuk membeli cinderamata khas negeri 1000 pagoda.

Baca Juga :  Asiatique The Riverfront Bangkok : Open Air Mall yang keren di Pinggir Sungai Chao Phraya

Wisata Kuliner

Satu hal yang wajib kamu lakukan di Floating Market Pattaya adalah berwisata kuliner. Banyak sekali café-café dan restoran yang menjajakan makanan khas Thailand di sini. Tempat kuliner ini terdapat di dermaga-dermaga kayu tempat kios para pedagang berada.

Berbagai macam makanan otentik Thailand ada di pasar ini. Mulai dari makanan pembuka, inti, hingga penutup semua lengkap hadir di sini. Pad thai (mie beras), sup mie, dan kanom jean (bihun beras) yang disajikan dengan bermacam-macam kari dapat menjadi pilihan kamu. Kamu juga dapat mencuci mulut kamu dengan hidangan ka nom krok (pancake kelapa) atau thong yip yang merupakan kuning telur manis.

Menonton Pertunjukkan Seni

Floating Market Pattaya memang pasar yang penuh nilai budaya. Bukan hanya transaksi jual beli yang berlangsung di sini. Pertunjukkan seni pun dapat kamu saksikan di pasar terapung yang terkenal ini.

Ada beberapa pertunjukkan yang dipentaskan di Floating Market Pattaya setiap harinya. Pertunjukkan sea boxing dapat kamu saksikan pada pukul 13.00 dan 15.00. Sementara pertunjukkan tari ada pada pukul 14.00 dan 16.30 waktu setempat. Semua pertunjukkan ini dipentaskan di atas panggung yang mengapung di atas air.

Berwisata dengan Perahu

Melakukan tur dengan perahu mungkin salah satu ide brilian yang dapat kamu coba di Floating Market Pattaya. Kamu akan diajak berkeliling melihat-lihat pemandangan dan kekayaan bangunan berarsitektur Thailand di sekitar sungai dari atas perahu. Kehidupan di sekitar pinggiran sungai pun akan dapat kamu saksikan.

Perahu yang kamu naiki digerakkan secara manual menggunakan tenaga manusia. Kamu akan berkeliling selama kurang lebih 30 menit dengan biaya sewa yang cukup kecil. Satu perahu dapat menampung hingga 4 orang di atasnya.

Baca Juga :  Pertunjukan Kolosal Siam Niramit yang Spektakuler

Massage 

Jika kamu merasa lelah setelah berkeliling Floating Market Pattaya, kamu tidak perlu khawatir. Ada pertolongan pertama di pasar ini yang dapat kamu coba. Kamu dapat menyewa jasa warga Thailand untuk memijat kamu. Pijatan tradisional khas Thailand akan membuat badan kamu kembali segar. 

Lokasi dan Jam Operasional Floating Market Pattaya

Floating Market Pattaya terletak di jantung kota Pattaya. Pasar terapung ini berlokasi di Sukhumvit Road di distrik Bang Lamung, Chon Buri. Karena pasar ini merupakan pasar yang terkenal di Pattaya, kamu tidak akan kesulitan menemukan lokasinya. Penunjuk arah tersedia dengan baik. Atau, kamu dapat pula bertanya pada warga lokal mengenai petunjuk arah untuk ke pasar ini.

Pasar terapung ini dapat kamu kunjungi sejak pukul 10.00 pagi hingga pukul 11.00 malam waktu Thailand. Jika kamu ingin menyaksikan berbagai pertunjukan seni di Floating Market Pattaya, sesuaikan jadwal kunjungan kamu ke sini dengan jadwal pertunjukkan. Jika kamu kesini pada malam hari, kamu akan dapat menyaksikan lampu-lampu cantik penghias rumah dan kios kayu para pedagang di sini.

Kesimpulan

Floating Market Pattaya merupakan destinasi yang cocok untuk melepas penat kamu akan Pattaya. Di sini, kamu akan menemukan berbagai budaya Thailand yang bergabung dalam satu area. Tempat ini juga merupakan lokasi yang tepat untuk berbelanja dan membeli oleh-oleh untuk sanak saudara. 

Berita Menarik Lainnya
Floating Market Pattaya : Pengalaman Jajan dan Belanja dari atas Kapal
Sanrio Puroland Jepang: Rumah Hello Kitty Dengan Atraksi dan Wahana Seru
error: Kontent dilindungi !!