Flower Dome : Taman Bunga Raksasa di Tengah Kota Terhijau di Dunia

Flower Dome : Taman Bunga Raksasa di Tengah Kota Terhijau di Dunia

Singapura dan Gardens by the Bay sudah seperti Indonesia dan Monas serta Perancis dan Eiffel-nya. Mereka merupakan satu kesatuan yang solid. Tak heran jika banyak orang mengaitkan negara Merlion ini dengan Gardens by the Bay. Keindahan taman alam di tengah kota itu memang menakjubkan.

Gardens by the Bay memiliki beberapa bagian yang kesemuanya indah. Jika kamu ke Singapura, akan sangat rugi rasanya jika kamu tidak menyempatkan untuk berkunjung ke sini. Di tempat tujuan wisata ini terdapat beberapa atraksi yang sangat menarik seperti Cloud Forest, Supertree Grove, dan Floral Fantasy. Flower Dome adalah salah satu bagian Gardens by the Bay yang wajib kamu kunjungi.

Mengenal Flower Dome Gardens by the Bay

Flower Dome merupakan taman bunga raksasa yang sangat cantik. Berdiri seluas 1.2 hektar. Taman ini merupakan rumah bagi 30,000 jenis bunga dari sekitar 150 spesies bunga yang ada di berbagai belahan dunia. Koleksi yang sangat kaya, bukan?

Flower Dome ini di bangun dengan 3,332 panel kaca dalam 42 bentuk yang berbeda. Singapura patut berbangga, karena Flower Dome ini dinobatkan sebagai rumah kaca terbesar di dunia. Bangunan yang membentang lebar ini bahkan mampu menampung 1,000 pengunjung dalam satu waktu.

Perkawinan antara alam dan teknologi sangat terlihat jelas di taman bunga ini. Warna-warna bunga yang cantik sangat memanjakan mata siapa pun yang datang ke sini. Indahnya bangunan taman ini juga semakin membuat betah para pelancong yang datang. Selain itu, pengaturan suhu taman yang sejuk demi menjaga kelangsungan hidup bunga-bunga di sini juga semakin membuat orang berdecak kagum atas keseriusan Singapura dalam mengurus sektor wisatanya.

Baca Juga :  Sanrio Puroland Jepang: Rumah Hello Kitty Dengan Atraksi dan Wahana Seru

Flower Dome seolah mengajarkan pada para pengunjung pentingnya menjaga alam. Taman bunga ini menunjukkan bahwa bunga-bunga yang tumbuh subur dan bermekaran dapat menghibur hati yang melihat. Flower Dome sendiri memang didirikan sebagai bentuk penghargaan pada flora yang ada di dunia atas peranannya dalam ekosistem.

Flower Dome: Taman dengan Tema yang Berganti

Jika kamu berkunjung ke Flower Dome, kamu akan melihat bunga-bunga sesuai tema yang sedang berlangsung di sana. Pergantian tema tersebut menyesuaikan festival yang sedang berlangsung di Singapura. Berkunjung beberapa kali ke sana pada bulan yang berbeda dijamin tidak akan membuat kamu bosan.

Kalau kamu datang ke Flower Dome di bulan-bulan awal tahun baru, besar kemungkinan kamu akan menyaksikan tema yang berkaitan dengan Tahun Baru China. Kamu akan melihat bunga matahari, krisan, dahlia, dan teratai tersusun dengan rapi di sini. Selain bunga, taman ini akan dihias juga dengan ornamen-ornamen khas Tahun Baru China seperti lampion merah.

Taman bunga terbesar di Singapura ini juga pernah mengadakan festival dengan tema bunga tulip. Tak perlu terbang jauh ke Belanda, kamu bisa menyaksikan lebih dari 100 jenis tulip di sini. Festival tulip tersebut melibatkan karya-karya seniman Belanda yang terkenal, Van Gogh. Pihak taman menanam tulip-tulip dalam bingkai raksasa yang dipadukan dengan lukisan Van Gogh.

Jam Operasional Flower Dome

Sama seperti Cloud Forest, Flower Dome ini terbuka untuk umum setiap hari sejak pukul 09.00 pagi hingga pukul 08.30 malam waktu Singapura. Namun, biasanya dalam 1 bulan terdapat 1 hari dimana taman bunga ini di tutup untuk umum. Penutupan tersebut dimaksudkan untuk perawatan rutin bagi bunga-bunga di Flower Dome.

Gardens By The Bay ~ Flower Dome, Singapore

Untuk masuk ke Flower Dome, kamu bisa membeli tiket seharga 28 SGD. Sementara untuk anak-anak, tiket tersebut dijual dengan harga 15 SGD. Kamu dapat membelinya secara online maupun langsung di loket penjualan.

Baca Juga :  Taman Burung Kuala Lumpur Bisa Jadi Alternatif Wisata Kamu di Malaysia

Tips Ketika Mengunjungi Flower Dome

Jika kamu berencana pergi ke Flower Dome, kamu bisa membaca beberapa ulasan tentang taman bunga tersebut sebelum membeli tiket masuknya. Dengan begitu, liburanmu akan terasa lebih menyenangkan. Atau, kamu juga bisa menyimak beberapa tips tentang kunjungan ke Flower Dome di bawah ini.

  • Cuaca di Flower Dome di atur khusus untuk perawatan bunga-bunga yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, cuacanya cenderung sejuk berbeda dengan cuaca di Singapura pada umumnya. Kamu bisa membawa sweater tipis untuk melindungi badan kamu dari perbedaan cuaca tersebut.
  • Pastikan kamu membawa lap khusus untuk lensa kamera kamu. Cuaca yang sejuk akan membuat lensa kamera berembun.
  • Membeli tiket secara online akan lebih menghemat waktu kamu. Kamu tidak perlu repot antri di loket.
  • Luangkan waktu setidaknya setengah hari di Flower Dome ini untuk mengagumi warna-warna cantik dari bunga di taman ini. 
Berita Menarik Lainnya
Flower Dome : Taman Bunga Raksasa di Tengah Kota Terhijau di Dunia
Menyaksikan Ladyboy Thailand dari dekat di Alcazar Show Pattaya
error: Kontent dilindungi !!