Gardens By The Bay Singapura Keajaiban Dunia Botani di Negeri Singa Putih

Gardens By The Bay Singapura Keajaiban Dunia Botani di Negeri Singa Putih

Last updated:

Gardens By The Bay – Singapura sebenarnya merupakan sebuah negara kecil. Namun pesatnya perkembangan Singapura, mampu menjadikannya sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, Singapura juga merupakan tempat bertemunya berbagai macam agama dan budaya. Karena itulah, Singapura selalu memberikan magnet tersendiri kepada para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sebagai negara kecil dengan jumlah wisata alam yang terbatas, tak heran jika pemerintah lebih memfokuskan pada pembangunan wisata buatan, seperti wisata Garden By The Bay. Objek wisata ini adalah taman yang bertemakan hortikultura dan berada di Teluk Marina, Singapura. Tempat wisata ini sudah menjadi ikon negara tersebut dengan jumlah pengunjung yang cukup tinggi. Jika Anda ingin merasakan pengalaman mengeksplorasi sebuah taman besar seluas 101 Ha tersebut, tentu saja harus mengenal lebih dekat tentang Gardens By The Bay.

Tentang Garden By The Bay

Gardens By The Bay Singapura Keajaiban Dunia Botani di Negeri Singa Putih
Logo Gardens By The Bay

Tak hanya sekedar objek wisata saja, Garden By The Bay ini juga bisa dikatakan sebagai bukti jika infrastruktur dan teknologi di negara Singapura sendiri sudah begitu pesat. Tempat wisata ini berdiri sejak Juni 2012, dan taman ini hampir mempunyai sebanyak 1,5 juta jenis tanaman yang terdiri dari 158.000 lebih tanaman tumbuh di sebanyak 18 pohon baja yang ketinggiannya sekitar 25-50 meter. 

Data Fakta Gardens by The Bay

Negara : Singapura

Kota : Singapore

Alamat : 18 Marina Gardens Dr, Singapore 018953

Nomor Telepon : +65 6420 6848

Jenis Wisata : Alam

Website : https://www.gardensbythebay.com.sg/

Dibuka : 29 Juni 2012

Luas area : 101 hektar

Objek wisata ini juga sudah mendapatkan penghargaan yang sangat banyak, salah satu penghargaan paling bergengsi ialah Guinnes World Record sebagai Rumah Kaca Terbesar. Berikut ada beber tips yang perlu Anda tahu untuk mempermudah kunjungan anda di taman wisata di Singapura ini, diantaranya :

Baca Juga :  Menjelajahi Sentosa Island yang Penuh Dengan Beragam Atraksi

Tips dan Triks

  • Pakai Sepatu : Pastikan sepatu kamu nyaman dipakai untuk berjalan jauh karena area taman sangat luas dan mengenakan sepatu yang nyaman akan sangat membantu perjalananmu.
  • Beli nasi di luar : Di dalam area restoran Gardens by the Bay tidak ada yang menjual nasi, jadi kalau kamu tipe yang belum makan kalau belum makan nasi sebaiknya stok dulu sebelum masuk.
  • Bawa Botol Kosong : Tidak perlu beli air kemasan dari luar, cukup membawa botol kosong dan mengisi airnya di dalam area taman. Di sini airnya bisa langsung diminum dan sangat segar.

Objek Wisata di Gardens by The Bay

Gardens by the Bay sangat luas dan menawarkan berbagai macam tempat menarik yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Hampir semua lokasi yang ada di sini sangat instagrammable dan populer di kalangan turis. Berikut tempat yang harus kamu datangi di destinasi wisata keren ini :

Cloud Forest

Gardens By The Bay Singapura Keajaiban Dunia Botani di Negeri Singa Putih
Cloud Forest

Cloud Forest Gardens By The Bay Singapura ini menawarkan wisata air terjun buatan manusia yang sangat menjulang tinggi dan tentu saja membuat kita semakin terpesona. Air terjun ini pasalnya termasuk air terjun indoor tertinggi yang ada di dunia. Di sini juga terdapat Skyway, sebagai jembatan yang letaknya mengelilingi tiang berukuran besar. 

Dengan Skyway ini Anda dapat melihat pemandangan menakjubkan di luar taman maupun di dalam ruangannya. Sebenarnya sebagian besar taman ini bisa diakses gratis, tapi untuk berkunjung ke Cloud Forest dan Flower Dome sendiri dikenakan tarif. Adapun tarifnya dibedakan ke dalam 2 jenis, yaitu tarif wisata untuk luar Singapura dan tarif wisata lokal. Harga tiket Gardens Bay the Bay untuk turis di luar Singapura dikenakan biaya sebesar 28 dollar singapura atau kurang lebih sekitar  Rp. 274 ribuan.

OCBC Skywalk

OCBC Skywalk merupakan jembatan penghubung yang berasal dari supertree di taman Garden By The Bay. Jika dilihat dari atas jembatan, Anda bisa melihat pemandangan menakjubkan. DImana Anda seolah sedang berada di atas langit, sebab Skywalk ini terletak tepat ada di atas pohon buatan yang berukuran raksasa. Untuk mencoba sensasi berjalan di atas jembatan ini, Anda harus mengeluarkan budget sebesar Rp. 80 ribu atau SDG$ 8. Dengan membayar tarif tersebut, Anda bisa menikmati pemandangan wahana menakjubkan di atas ketinggian 22 meter dengan panjang sekitar 128 meter.

Menariknya, Anda bisa mengabadikan momen berada di atas jembatan dengan berfoto sambil menikmati indahnya pemandangan di sekitar wahana yang tepat menghadap ke arah Marina Bay, atau sekeliling taman Garden By The Bay. Belum lagi, jika cuaca sedang cerah Anda dapat menyaksikan lanskap kota yang tampak jelas, seperti bianglala raksasa, Singapore Flyer, dan Gedung-gedung. OCBC Skywalk sendiri dibuka dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam. BIla Anda merasa enggan dengan teriknya panas matahari, sangat dianjurkan datang sesudah pukul 6 sore hari. 

Baca Juga :  Tokyo Sky Tree : Menara Tertinggi Di Dunia 2011

Super Tree

Super tree sejatinya merupakan media tanaman merambat, dan didirikan dengan ketinggian sekitar 22-50 meter. Super Tree memiliki struktur yang terbuat dari bahan besi baja yang kokoh, memiliki desain yang menawan sehingga membuat tanaman tersebut membentuk pohon yang merambat dan berukuran raksasa. Super Tree mempunyai luas areal sekitar 101 hektar, dimana setengah lahannya telah dikelilingi taman botanical. 

Uniknya, taman botanical ini didesain dengan bentuk vertikal dan horizontal, serta dilengkapi dengan jutaan flora yang langka. Jadi, jika Anda berkesempatan untuk berlibur ke Singapura, tentu jangan lewatkan kunjungan Anda ke Super Tree yang ada di Garden By The Bay.

Flower Dome

Gardens By The Bay Singapura Keajaiban Dunia Botani di Negeri Singa Putih
Flower Dome

Flower Dome Gardens By The Bay ialah sebuah konservatori yang berada di dalam ruangan dengan beraneka macam bunga yang akan bermekaran indah pada musimnya. Taman seluas 1,2 hektar ini tentu bisa menjadi spot wajib yang harus Anda jelajahi. Di taman ini biasanya akan berlangsung berbagai event, mulai dari pameran bunga orchid, fotografi, dan event-event lainnya. Uniknya lagi, Flower Dome memiliki dekorasi yang berubah-ubah sesuai event yang tengah berlangsung, baik itu untuk acara lebaran, tahun baru, perayaan imlek, dan lainnya.

Harga Tiket

Sebenarnya untuk masuk ke Gardens by The Bay kamu tidak perlu membayar apa-apa alias gratis, namun di dalam area taman ini terdapat area di mana kamu harus membeli tiket dulu untuk masuk seperti Cloud Forest dan Flower Dome. Di sini Gardens by the Bay memberikan kemudahan untuk pengunjungnya dengan membuat paket dari admission fee tersebut yang di dalamnya terdapat beberapa fitur khusus untuk pengunjung berbayar. Berikut daftar harga paketnya :

PaketTiket DewasaTiket Anak
Floral Fantasy$20 SGD$12 SGD
Cloud Forest + Flower Dome$28 SGD $15 SGD
‘Of Seeds and Senses’ Outdoor walking tour series$10 SGD $10 SGD

Floral Fantasy : adalah wahana terbaru di taman ini. Perpaduan flora, sentuhan artistik dan teknologi akan menampilkan pengalaman fantastis untuk para pengunjung.

Cloud Forest + Flower Dome : Tiket terusan untuk 2 wahana paling populer di Gardens by The Bay

‘Of Seeds and Senses’ Outdoor walking tour series : Menikmati taman dengan panduan tour guide yang memiliki pengetahuan botani yang luas.

Baca Juga :  Skyline Luge Sentosa : Memacu Adrenalin dari Ketinggian 100 Meter di Singapura

Spot Gratis di Garden By The Bay

Selain Far East Organization Children’s Garden, ada lagi Light and Sound Show yang bisa Anda nikmati secara gratis saat di Garden By The Bay. Light & Sound Show sendiri adalah pertunjukan cahaya dan music yang ada di sekitar Supertree. Selain itu, di tempat ini ada banyak pohon raksasa di Supertree yang akan dilengkapi lampu-lampu dengan pemandangan yang menawan sebagai pertunjukan cahaya.

Ada beberapa wahana gratis yang bisa Anda nikmati saat berada di Garden By The Bay, seperti Far East Organization Childrens Garden, sebagai wahana dengan permainan seru khusus untuk usia anak-anak, seperti treehouse, suspension bridge, arena bermain air, dan spider nest. Wahana bermain air ini berbentuk pancuran yang terdiri dari berbagai bentuk, anak-anak di sana bisa saling berkejaran sembari basah-basahan.

Cara Mengunjungi Garden By The Bay

Bagi Anda yang penasaran ingin berkunjung ke Gardens By The Bay, tak ada salahnya meluangkan waktu liburan Anda untuk pergi ke Singapura mengunjungi taman ini. Ada beberapa pilihan cara berkunjung ke taman Garden by the bay, menggunakan transportasi umum diantaranya :

  1. Memakai MRT lewat jalur Circle Line atau Downtown Line, Anda bisa turun di lokasi stasiun Bayfront (CE1/DT16) kemudian ambil jalur Exit B dan ikuti saja underground link way. Selanjutnya keluar lalu sebrangi Dragonfly Bridge atau meadow Bridge, terakhir masuk ke taman Garden By The Bay.
  2. Menggunakan MRT lewat East – West Line lalu turun di arah stasiun Tanjong pagar (EW15) kemudian ambil jalur exit C, selanjutnya jalan kaki ke halte bus 03223 tepatnya berada di International Plaza, di Anson Road. Lalu naik bus nomor 400, kemudian turun di bus stop bernomor 03371 yang ada di Marina Gardens Drive.
  3. Jika dari arah Marina Bay Sands, berjalan kaki dengan menyebrangi Lions Bridge tepatnya di lantai 6, biasanya buka pada pukul 8 pagi dan tutup sampai pukul 11 malam. Rute tersebut langsung menyambung menuju Dragonfly Bridge, lalu Anda bisa masuk ke taman Gardens By The Bay. 

Tanya Jawab

Kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi Gardens by the Bay?

Menurut kami waktu yang paling pas adalah di pagi hari dan sebelum malam, karena di jam-jam tersebut tidak terlalu banyak orang di taman.

Pukul berapa pertunjukan musikal Supertrees?

Kalau kamu mau menonton pertunjukan Supertrees maka pertunjukan dimulai pukul 19:30 dan 20:30

Apakah masuk ke Gardens by The Bay bayar?

Masuk ke taman ini gratis, namun akan ada biaya tambahan kalau kamu mau masuk ke area konservatori Flower Dome, Cloud Forest.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjelajahi spot gratis di Garden by The Bays

Perkiraan kami kurang lebih 4 jam kalau jalan kamu lumayan cepat, tapi bisa lebih jika kamu berjalan lebih santai.

Apa Garden by the Bay mudah diakses jika menggunakan kursi roda?

Ya, pihak taman telah memikirkan hal tersebut dan menyediakan lift serta jalanan yang landai untuk mempermudah akses kursi roda.

Kesimpulan

Walaupun taman ini adalah buatan manusia namun keindahannya menggambarkan dunia modern di masa depan dan sangat sayang untuk dilewatkan. Kalau kamu ingin refreshing dari kebisingan kota metropolitan, maka taman ini sangat cocok untuk membuka wawasan baru dan bersantai menghirup udara segar.

Berita Menarik Lainnya
Gardens By The Bay Singapura Keajaiban Dunia Botani di Negeri Singa Putih
Panduan Wisata Singapura : Surga Belanja Dengan Atraksi Spektakuler