Grand Palace Bangkok, Pesona Wisata Thailand Bertabur Sejarah Masa Lalu

Grand Palace Bangkok, Pesona Wisata Thailand Bertabur Sejarah Masa Lalu

Grand Palace Bangkok—Berkesempatan traveling wisata ke Bangkok Thailand adalah kesempatan emas untuk meng-eksplor indahnya tempat wisata yang ada di negara ini. Salah satunya adalah saat Anda berkesempatan mengunjungi Grand Palace Bangkok dengan berbagai kemegahan yang dimilikinya serta sentuhan sejarah masa lalunya yang kental.

Liburan ke Bangkok tidak akan lengkap kalau kamu tidak pernah menjejakkan kaki di lantai The Grand Palace yang megah

Ruben Teo – Fotografer Malaysia

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Grand Palace Bangkok namun tidak memiliki kapasitas untuk berbicara dalam bahasa setempat atau dalam bahasa inggris, tersedia tour guide gratis yang siap menemani Anda untuk mengeksplor indahnya Grand Palace Bangkok. Tour guide ready pada jam-jam tertentu yaitu pukul 10, 10.30, 13.30, dan 14.00.

Tentang Grand Palace Bangkok

Grand Palace Bangkok, Pesona Wisata Thailand Bertabur Sejarah Masa Lalu
Logo The Grand Palace Bangkok

Grand Palace Bangkok adalah bangunan yang sarat akan sejarah masa lalu. Bangunan ini didirikan oleh Raja Rama I dan menjadi tempat tinggal raja selama 150 tahun lamanya. Didirikan pada tahun 1728 silam yang fungsinya tidak hanya sebagai tempat tinggal raja, namun juga berguna untuk menampung segala hal yang berhubungan dengan administrasi pemerintahan.

Data Fakta Grand Palace Bangkok

Negara : Thailand

Kota : Bangkok

Alamat :  Na Phra Lan Rd, Khwaeng Phra Borom Maha Ratchawang, Khet Phra Nakhon, Krung Thep Maha Nakhon 10200, Thailand

Nomor Telepon : +66 2 623 5500

Jenis Wisata : Bangunan Bersejarah

Website : https://www.royalgrandpalace.th/en/home

Luas area : 213.674 meter persegi

Adapun Istana Grand Palace Bangkok berdiri di lahan seluas 500 x 300 meter dengan lebih kurang 35 bangunan yang ada di dalamnya. Secara desain arsitekturnya, Grand Palace Bangkok dibangun dengan tiga bagian, bagian tersebut adalah:

  • Bagian depan digunakan untuk kantor dari beberapa kementrian kala itu dimana  para mentri fokus menyelesaikan pekerjaan pemerintahannya saat itu di lokasi tersebut.
  • Bagian tengah dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas-tugas kenegaraan oleh Sang Raja.
  • Bagian belakang adalah lokasi tempat tinggal raja yang dahulu menjadi tempat tinggal raja, dan dihuni oleh perempuan serta anak-anak yang memasuki masa pubertas. Ini adalah bagian yang dibuka untuk pengunjung secara umum dengan desain bangunan yang menyerupai miniatur kota kecil. Ya, bagian ini cukup luas, yang oleh keluarga kerajaan saat ini lokasi ini tidak lagi ditinggali, namun menjadi tempat menjalankan seremonial keluarga kerajaan.
Baca Juga :  Wat Arun Bangkok : Komplek Kuil Terindah di Thailand

Tips dan Triks

  • Bawa botol air minum : Hindari dehidrasi dengan membawa botol air minum, karena di dalam istana tidak akan ada pedagang air minum seperti di Indonesia. Tapi di dalam terdapat pancuran air dengan air yang dapat diminum, jadi kamu bisa mengisi botol air kamu di situ.
  • Jangan bawa barang mencurigakan : Sebelum masuk komplek istana, tasmu akan diperiksa oleh pihak keamanan. Pastikan kamu tidak membawa barang-barang aneh selama berkunjung ke tempat ini.
  • Hindari antrian : Dengan datang sepagi mungkin, kamu dapat menghindari antrian dan menikmati suasana yang lebih lega. Selain itu cuaca pagi tidak sepanas kalau kamu datang siang, dan siang di Grand Palace bisa jadi sangat panas.
  • Berjalan searah jarum jam : Kalau kamu perhatikan denah istana akan membuatmu berjalan searah jarum jam. Temukan ritme yang membuat kamu bisa ada di depan turis lain, pastikan kamu berjalan lebih cepat.
  • Mengantisipasi cuaca : Karena Lokasi istana ini bisa jadi sangat panas. Agar tidak mengalami dehidrasi, cobalah untuk menyiapkan air dingin, topi berukuran lebar, atau payung, serta siapkan pula handuk. Pilih jenis pakaian yang dingin agar lebih nyaman saat dikenakan dan saat meng-eksplor kawasan Grand Palace Bangkok.

Temple of Emerald Budha

Berwisata ke Grand Palace Bangkok, Anda bisa menikmati indahnya kawasan wisata yang lain yaitu kuil dengan nama Temple of the Emerald Budha. Masyarakat Thailand beranggapan bahwa ini adalah kuil yang paling suci dengan dinding kuil yang dihiasi dengan mural yang bercerita tentang perjalanan Budha Gautama yang dimulai dari proses kelahiran, kematian, dan juga pencerahannya.

Grand Palace Bangkok, Pesona Wisata Thailand Bertabur Sejarah Masa Lalu
Pagoda Wat Phra Kaew

Hal menarik berkaitan dengan kuil suci ini adalah pakaian Sang Budha. Pakaian tersebut diganti oleh Raja atau Putra Mahkota sesuai dengan musimnya. Jubah tersebut terbuat dari bahan emas dan di buat langsung oleh Raja Rama I yang digunakan saat musim panas, hujan dan musim dingin. Dapat dikatan, kuil ini adalah daya pikat utama saat Anda berada di kompleks istana Grand Palace. Warna kuil yang identik dengan warna emasnya inilah yang sangat memikat mata yang memandang. 

Baca Juga :  Menjelajahi Sentosa Island yang Penuh Dengan Beragam Atraksi

Tata Cara mengunjungi grand palace Bangkok

Ada beberapa hal yang semestinya diperhatikan oleh para pengunjung di Grand Palace Bangkok. Diantaranya adalah:

Berpakaian yang pantas

Bagi pengunjung laki-laki sebaiknya mengenakan pakaian berlengan, memakai celana panjang. Atasan yang digunakan bukan dari jenis kaus. Bagi perempuan, hindari menggunakan pakaian dengan jenis tanktop, pakaian tembus pandang ataupun rok pendek, dan apalagi yang transparan.

Intinya, berkunjung ke Grand Palace Bangkok, kita selaku wisatawan sangat disarankan untuk mengenakan pakaian yang sopan karena kawasan ini adalah kawasan keluarga kerajaan dengan kuil suci umat Budha yang sangat dihargai oleh penduduk setempat.

Bagi wisatawan yang tidak mengenakan pakaian dengan kriteria seperti yang sudah disebutkan di atas, tersedia penyewaan pakaian di dekat stand pintu masuk. Anda bisa mengubah busana yang dikenakan terlebih dahulu agar lebih tertutup. 

Menahan diri untuk selfie

No Selfie Please, Tidak diperkenankan untuk berfoto ria di lokasi istana.  Bagi wisatawan yang hendak masuk ke kuil Wat Phra Kew, disarankan untuk mengenakan kaus kaki dan kostum yang sopan seperti tersebut di atas.

Membawa paspor

Tidak hanya masuk ke istana Grand Palace, sebagai turis asing di negara asing kamu harus selalu membawa paspor kamu kemanapun kamu pergi, apalagi ke tempat yang penting seperti Grand Palace Bangkok.

Tiket masuk grand palace Bangkok

Grand Palace Bangkok, Pesona Wisata Thailand Bertabur Sejarah Masa Lalu
Istana Grand Palace

Harga tiket masuk ke Grand Palace Bangkok tergolong ekonomis. Ya, Anda hanya perlu menyiapkan biaya tiket masuk sekitar 200ribu rupiah atau 500 baht. Biaya tersebut sudah termasuk tiket terusan yang Anda butuhkan selama berada di tempat wisata yang satu ini. Ekonomis sekali, bukan? Yuk, agendakan liburan Anda bersama keluarga dalam waktu dekat di Grand Palace Bangkok.

Hotel dekat grand palace Bangkok

Bagi Anda para wisatawan asing yang ingin berwisata di Bangkok dalam kurun waktu yang cukup lama, Anda bisa menginap di beberapa hotel yang super nyaman berikut ini, diantaranya adalah:

Bangkok Khaosan Viengtai

Hotel ini berlokasi lebih kurang 1,2 km dari lokasi Istana Kerajaan. Harga sewa per-malamnya adalah pada kisaran 650ribu rupiah. Hotel ini cocok bagi Anda yang ingin menginap di lokasi hotel dengan fasilitas yang cukup dan dengan penawaran harga yang bersahabat.

Navalai River Resort

adalah hotel yang menawarkan pemandangan alam yang menarik. Pemandangan alam di sekitarnya membuat lokasi penginapan ini cukup asri dan nyaman. Dengan biaya sewa sekitar 600ribuan semalam. Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas menarik seperti bed yang nyaman, wifi akses yang super cepat, gratis pembatalan, bisa booking terlebih dahulu dan pembayaran dilakukan di akhir.

Baca Juga :  Panduan Mengajukan Visa Thailand dan Syarat Lengkap Serta Biaya

Riva Surya Bangkok

Grand Palace Bangkok, Pesona Wisata Thailand Bertabur Sejarah Masa Lalu
Riva Surya Bangkok Hotel

Riva Surya Bangkok Hotel adalah lokasi penginapan dekat dengan Istana Kerajaan dengan fasilitas yang tergolong mumpuni. Harga sewa per malamnya adalah sekitar 1,4juta dengan beberapa fasilitas menarik seperti wifi gratis, booking terlebih dahulu dan bayar di akhir, gratis pembatalan, dan tentunya di lengkapi dengan akses wifi yang cepat.


Lokasi Grand Palace Bangkok

Grand Palace Bangkok terletak di lokasi yang sangat strategis. Istana yang dalam bahasa setempat disebut dengan Na Phra Hotel ini bisa Anda capai dengan naik boat dari spot BTS Saphan Taksin dengan tujuan Pier nomor 9 wilayah Ta Chang. Waktu yang Anda butuhkan untuk sampai di lokasi ini pun cukup singkat. Sembari naik Boat, Anda bisa menikmati pemandangan Bangkok yang indah sekali.

Grand Palace Bangkok terletak di lokasi yang sangat strategis. Istana yang dalam bahasa setempat disebut dengan Na Phra Hotel ini bisa Anda capai dengan naik boat dari spot BTS Saphan Taksin dengan tujuan Pier nomor 9 wilayah Ta Chang. Waktu yang Anda butuhkan untuk sampai di lokasi ini pun cukup singkat. Sembari naik Boat, Anda bisa menikmati pemandangan Bangkok yang indah sekali.

Tanya Jawab

Jam berapa Grand Palace dan Temple of Emerald Buddha dibuka untuk umum?

Grand Palace dibuka setiap hari mulai pukul 08:30 dan tutup pukul 15:30

Apakah anak-anak harus membayar tiket masuk?

Anak-anak dengan tinggi kurang dari 120 cm tidak perlu membayar tiket masuk.

Pakaian apa yang harus saya kenakan untuk mengunjungi istana Grand Palace?

Laki-laki harus mengenakan celana panjang dan kemeja berkerah (tidak boleh mengenakan tank top) Kalau kamu mengenakan sandal maka kamu harus memakai kaos kaki juga. Perempuan juga harus berpakaian sopan, tidak boleh mengenakan gaun tembus pandang ataupun dengan bahu terbuka.

Berapa panjang celana yang dibolehkan untuk masuk ke dalam?

Celana 3/4 atau dengan panjang di bawah lutut masih tergolong sopan dan diterima masuk.

Kesimpulan

Grand Palace Bangkok adalah kawasan wisata di Bangkok yang juga identik dengan sejarahnya yang kental. Tempat wisata ini memiliki tiga bagian yaitu bagian luar, tengah, dan dalam, yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Para wisatawan akan ditakjubkan dengan desain bangunan yang cantik dipadukan dengan beragam sentuhan emas di tubuh bangunan. Penginapan yang nyaman dan terjangkau pun tersendiri di kanan kiri tempat wisata Grand Palace Bangkok.

Berita Menarik Lainnya
Kereta Gantung Genting : Wahana Wisata Gondola di Ketinggian 6000 Kaki
Kereta Gantung Genting : Wahana Wisata Gondola di Ketinggian 6000 Kaki
error: Kontent dilindungi !!