Hakone : Wisata di Kapal Bajak Laut dengan Pemandangan Gunung Fuji

Hakone : Wisata di Kapal Bajak Laut dengan Pemandangan Gunung Fuji

Last updated:

Tokyo, Osaka, Kyoto, hingga Hokkaido terdengar biasa untuk wisatawan yang kerap atau pernah mengunjungi Jepang. Salah satu Negara maju di bagian Asia Timur itu memang menarik untuk dikunjungi. Kembali dalam destinasi kota-kota di Jepang sendiri, salah satu kota yang jarang terdengar namun seperti surga yang tersembunyi adalah kota Hakone Jepang. 

Mengenal Hakone

checkpoint Hakone Jepang
Hakone Checkpoint

Kota yang terletak di Prefektur Kanagawa ini masuk Jepang bagian timur, dan terkenal dengan wisata alamnya. Bentang pemandangan gunung Fuji, berbagai layanan onsen yang merupakan pemandian khas Jepang terkenal di Hakone, hingga tempat wisata seperti danau, kereta gantung di sepanjang gunung, atau alam terbuka lain, seakan menyajikan sensasi wisata tradisional dengan fasilitas modern karena di tengah peradaban yang maju.

Berikut kami akan sajikan hal-hal apa saja yang perlu kalian lakukan bila ingin mengunjungi Hakone. Terkait rute yang menyediakan perjalanan ke Hakone, hingga tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi di sana. 

Mengapa Hakone wajib dikunjungi?

Hakone memang terkenal dengan tempatnya yang penuh dengan wisata alam, namun siapa sangka kota kecil ini juga menyimpan banyak wisata seni. Beberapa wisatawan yang sudah datang dan kembali lagi ke Hakone mengaku bahwa kota ini pantas menyandang predikat kota seni dan wisata alam.

Hakone : Wisata di Kapal Bajak Laut dengan Pemandangan Gunung Fuji
Kuil Hakone

Contohnya, salah satu yang terkenal adalah Museum Hakone yang memamerkan karya seni dari seniman Jepang, yang terkenal di pelosok dunia. Museum ini bisa diakses melalui Hakone Tozan Railway dari Stasiun Chokoku No Mori. Selain itu, ada juga museum hutan kaca Hakone yang dirancang terinspirasi dari desain Venesia, Italia.

Baca Juga :  Jelajahi Keajaiban Dunia Bawah Laut di DisneySea Tokyo

Lengkungan kaca Kristal dan air mancur menjadi salah satu pemandangan yang memanjakan kita di sini. Kita akan dibuat takjub dengan seni kaca yang bisa dibuat dengan seksama dengan detail keindahannya. 

Tips Ketika Mengunjungi Hakone

Persiapkan waktu untuk diri sendiri

Di Jepang, salah satu tempat yang harus dikunjungi adalah onsen alias pemandian air panas. Nah, Hakone adalah tempat nomor wahid yang menyediakan fasilitas onsen. Banyak tempat yang menyediakan onsen dengan ragam fasilitas. Ada yang di dalam atau luar ruangan.

Onsen di Hakone Jepang
Onsen di Hakone Jepang

Salah satu sumber air panas yang terkenal adalah Hakone-Yumoto. Tempat ini terkenal karena mempunyai nilai sejarah yang sangat panjang. Konon, Hakone-Yumoto sudah ada sejak zaman Nara, yaitu pada abad ke-8. Di sini terkenal sebagai tempat yang menyediakan onsen berkualitas tinggi. Tak heran bila para wisatawan selalu singgah untuk menghabiskan waktu bersama diri sendiri dengan sekadar berendam di onsen tersebut.

Kapan lagi, merasakan salah satu  pemandian air panas tertua di dunia, dikelilingi oleh pemandangan gunung. Di sekitar area yang menyajikan onsen juga banyak menyediakan situs wisata alam dan toko-toko souvenir khas Hakone.

Menginap di Ryokan

Di sepanjang tempat wisata di Hokane kita biasanya dengan mudah menemukan tempat menginap wajib bagi para wisatawan di Jepang. Karena tidak semua orang paham terdapat rumah khas Jepang bernama Ryokan yang memberikan sensasi merasakan kehidupan ala warga local Jepang.

Memang, untuk sebagian wisatawan menilai sulit mencari Ryokan. Misalnya, salah satu Ryokan terkenal di Hokane terletak di dekat salah satu stasiun kereta Ohiradai, yang hanya 10 menit menggunakan kereta dari Yumoto.

Namun, pada umumnya kelebihan ryokan yakni memiliki private pemandian air panas alias onsen sendiri. Jadi kita punya kolam onsen sendiri untuk berendam. Uniknya, untuk berendam di onsen kita harus mengikuti peraturan yang ditetapkan, Jadi, ada caranya sendiri. 

Baca Juga :  Universal Studio Jepang : Menjelajah Keajaiban Dunia Sihir Harry Potter

Ada apa saja di Hakone

Owakudani

Selain onsennya yang terkenal, Hakone juga terkenal dengan Owakudani ini terbuat dari letusan gunung berapi sekitar 3000 tahun yang lalu. Masih ada asap putih mengepul di sekitar area ini. Kita masih bisa melihat aktivitas gunung berapi dengan bentang alam yang cukup unik, dan membuat Owakudani disebut sebagai Lembah Neraka. Untuk menuju tempat ini, kita tidak perlu repot-repot hiking.

Cukup dengan naik kereta gantung Hakone yang akan mengantarkan kita menuju aktivitas gunung berapi yang diakses dari tempat yang aman. Bila kita sedang beruntung, dan cuaca memungkinkan, kita bisa melihat gunung Fuji yang terkenal itu dari daerah gunung ini.

Salah satu kuliner unik yang wajib dicoba di gunung ini adalah telur rebus hitam. Jangan khawatir, warna hitamnya alami berasal dari gas vulkanik yang membuat kulit telur teroksidasi. Ada mitos yang mengatakan, telur ini merupakan telur panjang umur. Akan membuat siapa saja yang memakannya membuat usia menjadi lebih panjang umur tujuh tahun. Banyak yang menyediakan panganan ini di sekitar Owakudani. 

Danau Ashi dan Air terjun Chisuji

Danau ini terkenal dari letusan gunung berapi purba yang menjadi gunung berapi terbesar di prefektur Kanagawa. Salah satu cara yang sering digunakan untuk menikmati danau Ashi yaitu dengan menuju Hakone Sightseeing Cruise. Yakni sebuah kapal bajak laut yang memungkinkan semua wisatawan bisa melihat pemandangan di sekitar danau. Atau bila ingin merasakan heningnya danau, kita bisa langsung menuju danau dan menikmatinya dari tepian.

Wisata alam lain selain danau ada juga air terjun bernama Chisuji yang tidak jauh dari daerah Owakudani. Terletak di sebelah taman Jepang terkenal bernama Horaien. Yang membuat kita terpukau, jernihnya air terlihat seperti ribuan garis air yang mengalir diantara bebatuan. Yang membuat air terjun ini diberi nama seribu baris dalam bahasa Jepang yaitu namanya sendiri, Chisuji.

Baca Juga :  Nakamise Street Asakusa : Belanja di Pusat Pertokoan Tertua di Jepang

Tinggi air terjun ini mencapai 3 meter dengan lebar 25 meter, dan istimewanya di daerah ini punya koyo, yaitu daun berwarna indah yang bisa ditemui saat musim gugur. Menikmati pemandangan alam di sini, suara air terjun yang mengalir deras dan menggema di antara hutan akan memberikan pengalaman indera pendengaran kita sensasi yang jarang kita temui sebelumnya. 

Cara Menuju Hakone

Kereta menjadi akses transportasi yang paling mudah diakses di Jepang. Selain sudah menjadi kebiasaan bagi turis asing, naik kereta juga membawa petualangan baru selama di jalan. Melihat pemandangan kanan dan kiri yang baru.

Untuk menuju Hakone sendiri, ada kereta ekspres regular yang biasanya diakses dari rute Shinjuku yang melewati Tokyo untuk menuju Hakone. Waktu tempuhnya hanya 2 hingga 2,5 jam. Sangat mudah bukan? Karena cukup dekat dengan Tokyo, banyak wisatawan yang menjadikan Hakone sebagai one day trip.

Meski tidak sepenuhnya bisa menikmati Hakone hanya dalam waktu satu hari, karena memang tidak cukup menjelajahi wisata di sana dalam satu hari, namun tampaknya menjadi pilihan yang tepat untuk wisatawan yang tidak mempunyai banyak waktu. 

Berita Menarik Lainnya
Monorail Kuala Lumpur : Moda Transportasi Massal Anti Macet di Malaysia
Monorail Kuala Lumpur : Moda Transportasi Massal Anti Macet di Malaysia
error: Kontent dilindungi !!