Helix Bridge : Jembatan Keren dengan Disain Menyerupai DNA Manusia di Singapura

Helix Bridge : Jembatan Keren dengan Disain Menyerupai DNA Manusia di Singapura

Singapura sebagai negara termaju di Asia Tenggara sudah tidak asing dengan berbagai akomodasi dan objek wisata yang cukup menguras dompet. Namun, kantong kamu tidak harus selalu kekeringan jika kamu bisa menemukan destinasi wisata gratis di Negara Merlion ini. Kamu bisa mengunjungi Helix Bridge sebagai salah satu tujuan wisata kamu di sini.

Sejarah Singkat Helix Bridge

Helix Bridge baru berdiri kokoh di tengah pusat kota Singapura pada 24 April 2010. Jembatan ini merupakan hasil karya desainer asal Australia, Cox Architecture, A61 Architect, dan Arup. Para jenius tersebut diberikan tanggung jawab untuk membangun sebuah jembatan di Singapura yang ikonik, unik, tapi juga dapat melindungi mereka yang melintas di atasnya.

Helix Bridge : Jembatan Keren dengan Disain Menyerupai DNA Manusia di Singapura
Helix Bridge pada siang hari, Sumber : Freepik

Para arsitektur ini akhirnya menjatuhkan pilihan pada desain futuristik modern dengan menjadikan struktur DNA manusia sebagai sumber idenya. DNA manusia sendiri terdiri dari 2 untaian helix. Kata ‘helix’ yang tersemat pada jembatan yang menghubungkan Marina Bay dan Marina Center ini sendiri berarti ‘melingkar’. Dikatakan demikian karena pada struktur DNA manusia terdapat 2 helix yang saling melingkari satu sama lain sehingga terbentuk struktur utuh DNA.

Helix Bridge mencontoh struktur DNA dengan sangat sempurna. 2 struktur baja spiral dijadikan tiruan struktur DNA yang saling melingkar berlawanan membentuk suatu fasad jembatan. Tak tanggung-tanggung, 17.000 ton baja spiral dilibatkan dalam proses pembuatan Helix Bridge ini.

Sesuai amanat, jembatan ini pun diberi kanopi di atasnya yang terbuat dari kaca dengan struktur halus. Dengan demikian, siapapun yang melintas di atas jembatan itu tak perlu khawatir akan sengatan langsung sinar matahari. Tetesan hujan pun tidak akan jatuh secara langsung tepat di atas kepala.

Baca Juga :  Menjelajahi Sentosa Island yang Penuh Dengan Beragam Atraksi

Untuk menikmati segala fasilitas wah jembatan ini, siapapun tak akan dikenakan biaya alias gratis. Kamu bisa melintasi jembatan ini sesuka hatimu. Jembatan ini dibuka sepanjang waktu bagi semua orang yang ingin menyebrang dari Marina Bay ke Marina Center dan sebaliknya.

Data Fakta Helix Bridge Singapore

Negara : Singapura

Kota : Singapore

Jenis Wisata : Landmark

Dibuka : 2007

Panjang Jembatan : 280 meter

Keunikan Helix Bridge

Keberadaan Helix Bridge ini sangat mencolok di tengah Singapura. Hal tersebut tak mengherankan karena jembatan ini sendiri melengkung sepanjang kurang lebih 280 meter. Panjang tersebut menjadikan Helix Bridge sebagai jembatan penyebrangan terpanjang di negara ini. Jembatan ini juga dapat memuat 10.000 pejalan kaki secara bersamaan dalam satu waktu.

Keunikan Helix Bridge bukan hanya dari panjang jembatannya saja, tentunya struktur jembatan yang satu ini pun sangat tidak mungkin terlewat dari sudut mata ketika kamu berada di Marina Bay atau Marina Center. Melewati jembatan ini, kamu akan merasa seolah-olah sedang berjalan-jalan dalam rangkaian DNA manusia.

Helix Bridge : Jembatan Keren dengan Disain Menyerupai DNA Manusia di Singapura
Interior Helix Bridge pada malam hari, Sumber : Freepik

Pesona Helix Bridge tidak berhenti pada rancang bangunannya saja yang memukau. Jembatan yang satu ini pun memiliki panorama lain jika kamu mengunjunginya pada malam hari. Lampu-lampu kecil menyala di sepanjang fasad jembatan ini. Bukan itu saja, kamu juga akan menemukan lampu-lampu yang membentuk huruf A, C, G, dan T di antara lengkungan Helix Bridge. Huruf-huruf tersebut mewakili Adenine, Cytosine, Guinine, dan Thymine sebagai 4 struktur dasar DNA.

Atas segala hal indah yang ada padanya, tak mengagetkan jika Helix Bridge meraih berbagai penghargaan. Sebagai LTA (Land Transport Authority), konsep dan desain jembatan ini menjadikannya jembatan fasilitas umum terunik pertama di dunia. Desain Helix Bridge sendiri sudah diakui sebagai ‘World Best Transportation Building Award’.

Cara Menuju Helix Bridge

Fasilitas gratis di pusat Singapura ini sangat mudah untuk kamu capai. Kamu hanya harus menaiki MRT dari Promenade dan turun di stasiun Esplanade. Dari sana, kamu tinggal berjalan mengikuti arah menuju Theatres on the Bay. Lalu, kamu dapat menyusuri Marina Bay menuju Marina Bay Sands. Mudah, bukan?

Kesimpulan

Menikmati objek wisata menarik dan indah tidak harus selalu melalui tiket masuk yang mahal. Helix Bridge merupakan contoh yang nyata. Pemerintah Singapura menyediakan fasilitas umum ini secara cuma-cuma dan kamu dapat memanfaatkan hal tersebut. Dengan begitu, kamu dapat menghemat biaya wisata kamu di negara ini, kan?

Berita Menarik Lainnya
Helix Bridge : Jembatan Keren dengan Disain Menyerupai DNA Manusia di Singapura
Nanta Show Thailand : Teater Musikal Persembahan dari Crazy Chef
error: Kontent dilindungi !!