Hua Hin Night Market : Pusatnya Pasar Malam di Thailand

Hua Hin Night Market : Pusatnya Pasar Malam di Thailand

Selain memiliki banyak sekali pagoda atau kuil, Thailand merupakan negara dengan jumlah pasar malam yang melimpah. Di satu daerah tertentu saja, bisa terdapat 3 hingga 4 pasar malam yang beroperasi dengan jadwal yang berbeda. Meskipun jumlahnya banyak, namun pasar malam di Thailand jarang sekali sepi pengunjung.

Di berbagai daerah di Thailand, jalan atau area yang berubah menjadi pasar malam saat matahari mulai tenggelam bukanlah hal aneh untuk disaksikan. Pada siang hari, lokasi-lokasi pasar malam ini difungsikan sebagai jalan raya biasa. Namun, ketika sore mulai datang, ratusan tenda-tenda didirikan. Banyak sekali warga lokal yang menjadikan pasar malam sebagai sumber mata pencaharian.

Di negeri gajah putih ini, pusat perbelanjaan modern memiliki saingan sangat kuat. Baik warga lokal maupun para wisatawan yang datang ke Thailand banyak yang lebih menyasar pasar malam sebagai tempat untuk berbelanja dan berwisata kuliner. Pengalaman baru yang dirasakan dengan berjalan di tengah lautan tenda tradisional tentunya jauh lebih berkesan daripada berjalan di mall dengan pendingin ruangan modern.

Hua Hin adalah salah satu daerah di Thailand yang terkenal akan pasar malamnya. Terdapat beberapa pasar malam di sini yang sudah tidak asing di telinga para wisatawan luar negeri. Simak ulasan tentang pasar malam Hua Hin di bawah ini.

Hua Hin Sebagai Surga Pasar Malam Thailand

Hua Hin merupakan suatu daerah yang terletak di selatan Thailand. Lokasinya yang berada di sekitar Teluk Thailand membuat mayoritas kegiatan penduduknya tak jauh dari hal yang berbau perairan. Tak mengherankan, daerah ini dikenal dengan sebutan Kampung Nelayan.

Seiring perkembangan zaman, Hua Hin menjelma menjadi daerah incaran para wisatawan yang datang ke Thailand. Wisata pantai lengkap dengan pasir putih dan pohon-pohon khas daerah tropisnya menjadi nilai jual kawasan ini. Akomodasi yang lengkap seperti villa, resor, dan lapangan golf pun hadir di sini. Tetapi bukan itu saja alasan wisatawan datang ke Hua Hin. Mereka juga melirik Hua Hin karena pasar malamnya yang terkenal.

Meskipun berbagai pembangunan modern sudah banyak dilakukan di Hua Hin, daerah ini tidak kehilangan nilai-nilai tradisionalnya. Pasar malam merupakan salah satu bentuk budaya yang dipertahankan di sini. Transaksi jual beli secara tradisional sangat kental terasa. Tawar menawar merupakan hal yang wajib ada dalam transaksi tersebut. Selain itu, barang-barang yang dijual di berbagai pasar malam di Hua Hin juga merupakan komoditas lokal.

Baca Juga :  Menyaksikan Ladyboy Thailand dari dekat di Alcazar Show Pattaya

Yang menjadikan Hua Hin sangat terkenal akan pasar malamnya adalah banyaknya variasi barang yang di jual di sini dengan harga yang juga bervariasi. Selain itu, lokasi Hua Hin yang sangat dekat dengan Teluk Thailand membuat daerah ini kaya akan makanan laut yang lezat. Tak mengherankan, belanja dan wisata kuliner menjadi dua kegiatan terfavorit para wisatawan di Hua Hin.

Pasar Malam Terkenal di Hua Hin

Hua Hin memiliki beberapa pasar malam yang banyak menjadi tujuan para wisatawan. Beberapa pasar malam memiliki barang-barang khas yang dijajakan para pedagang yang jarang ada di tempat lain. Berikut ini 5 pasar malam terkenal yang bisa kamu kunjungi jika kamu ke Hua Hin.

Hua Hin’s Night Market

Ketika warga lokal menyebut pasar malam di daerah ini, pasar malam yang mereka maksud tak lain adalah Hua Hin’s Night Market. Pasar malam yang satu ini merupakan yang paling terkenal seantero Hua Hin. Para warga lokal menyebutkan bahwa Hua Hin’s Night Market adalah pasar malam pertama yang dibangun di sini.

Lokasi Hua Hin’s Night Market sangat strategis. Pasar malam ini berada sangat dekat dengan pusat kota, tepatnya terletak di antara jalan Petchakasem dan Liap Thang Rotfai. Untuk menuju ke sini kamu dapat bertanya pada warga lokal atau kamu bisa menaiki tuk-tuk dan songthaew yang merupakan kendaraan tradisional Thailand. Kamu tidak akan tersesat karena hampir semua orang mengetahui Hua Hin’s Night Market. Pasar malam satu ini buka setiap hari dari pukul 6 sore hingga 11 malam.

Banyak sekali barang yang bisa kamu temukan di Hua Hin’s Night Market. Pakaian, jam tangan, perhiasan, pernak-pernik, hingga cover handphone pun dapat kamu temui di sini. Baju dan celana ala Thailand yang khas dengan gambar gajahnya pun banyak dijual di pasar malam ini. Harganya yang bersahabat menjadikan barang-barang di pasar malam ini cocok untuk kamu jadikan souvenir di kampung halaman.

Selain berbelanja, hal lain yang tidak boleh terlewat adalah mencicipi kuliner laut di Hua Hin’s Night Market. Lobster, kepiting, udang semuanya dimasak dalam keadaan segar di sini. Kamu juga dapat memakan makanan khas Thailand seperti pad thai, mango rice, dan berbagai makanan berkuah kari yang menggugah selera. Semua pedagang di sini menjajakan barang dagangannya dalam tenda-tenda standar. 

Baca Juga :  Chut Thai : Baju Tradisional Thailand yang di Disain oleh Ratu Sirikit

Grand Night Market

Pasar malam lain yang tak kalah terkenal adalah Grand Night Market. Dari segi ukuran, pasar malam yang satu ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan Hua Hin’s Night Market. Lokasinya pun tak jauh dari pasar malam pertama yang hadir di Hua Hin tersebut. Keduanya sama-sama terletak di jalan Petchakasem.

Barang-barang yang di jual di Grand Night Market bermacam-macam. Pakaian, aksesoris, DVD, hingga kedai buah ada di sini. Variasi jenis barang dan harga di pasar malam ini hampir mirip dengan Hua Hin’s Night Market. Begitu pun pilihan kuliner yang ada.

Yang membedakan Grand Night Market dengan Hua Hin’s Night Market adalah suasana pasarnya. Jika di Hua Hin para pedagang berjualan di tenda-tenda, para pedagang di Grand Night Market menjajakan dagangannya bukan hanya di tenda tapi juga di bangunan semi permanen. Hal ini membuat Grand Night Market memiliki beberapa area dengan pendingin ruangan. Dapat dikatakan, Grand Night Market memiliki atmosfer lebih modern dibanding Hua Hin’s Night Market.

Grand Night Market tidak buka setiap hari. Pasar malam satu ini hanya dapat kamu kunjungi dari hari Rabu hingga Sabtu. Jam operasional pasar malam ini dimulai pada pukul 6 sore hingga 11 malam waktu setempat.

Tamarind Night Market

Pasar malam ini dinamakan Tamarind Night Market karena banyaknya pohon asam yang tumbuh di sekitar area pasar malam. Pasar malam yang menjual berbagai macam jenis barang ini terletak di lokasi yang cukup strategis. Tuk-tuk dan songthaew dapat dengan mudah mengantarmu ke sini.

Yang terkenal dari Tamarind Night Market adalah berbagai restoran dengan sajian laut. Tempat makan di sini sangat nyaman karena tersedia spot khusus dimana terdapat banyak sekali meja dan bangku yang terbuat dari batu untuk para pengunjung. Jauh dari kata kumuh, pasar malam ini banyak dilirik wisatawan untuk bersantap. Selain sajian yang lezat, kamu juga akan diiringi pertunjukkan musik live di Tamarind Night Market.

Kamu dapat berbelanja dan makan malam di Tamarind Night Market hanya pada hari tertentu saja. Pasar malam ini buka pada hari Kamis hingga Minggu dari pukul 5 sore hingga 11 malam. Selain hari-hari tersebut, pasar ini tidak beroperasi.

Baca Juga :  Floating Market Pattaya : Pengalaman Jajan dan Belanja dari atas Kapal

Cicada Night Market

Tak jauh berbeda dengan pasar malam yang ada di Hua Hin, Cicada Night Market juga menjual berbagai jenis barang cantik khas Thailand. Namun, yang menjadi barang andalan di pasar malam ini adalah barang-barang handmade yang tidak akan kamu temukan di tempat lain. Tak aneh, harga barang-barang tersebut dipatok cukup mahal.

Cicada Night Market memang terkenal akan pasar malam dengan nilai seni yang tinggi. Bukan hanya dari barang yang dijual, tapi pasar malam satu ini memang merupakan rumah bagi berbagai karya seniman lokal. Hasil seni tersebut dijual di area tertentu yang ada di Cicada Night Market. Pasar malam ini juga sering mengadakan pertunjukkan seni di panggung terbukanya.

Sayangnya, Cicada Night Market tidak buka setiap hari. Kamu hanya berkesempatan mengunjungi pasar malam satu ini pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu saja. Aktivitas di Cicada Night Market sudah dimulai sejak pukul 4 sore hingga nanti ditutup pukul 10 malam.

Pae Mai Night Market

Pae Mai Night Market dikenal juga oleh warga lokal dengan sebutan Tuesday Market. Meskipun memiliki nama lain demikian, namun pasar malam ini tidak hanya buka di hari Selasa. Pae Mai Night Market dapat kamu datangi pada hari Selasa, Rabu, dan Minggu dari pukul 5 sore hingga 10 malam. Hari Selasa merupakan hari dimana jumlah pedagang di Pae Mai Night Market lengkap dan sangat banyak. Itulah mengapa pasar malam satu ini dinamakan demikian.

Komoditas barang yang dijual di Pae Mai Night Market bervariasi seperti halnya pasar malam lain di Hua Hin. Pakaian, barang elektronik, sayur, buah, hingga hewan peliharaan dijual di sini. Namun, khusus di hari Rabu, komoditas yang dijual hanya produk-produk segar saja.

Kesimpulan

Berwisata ke Thailand tak melulu pergi ke kuil atau pagoda. Kamu dapat merasakan pengalaman berinteraksi dengan warga dan budaya lokal lebih dalam lewat pasar malam di Hua Hin. Siapkan kaki kamu untuk menyusuri sepanjang jalan dimana pasar malam ini berada. Jangan lupa untuk menawar demi mendapatkan harga terbaik di sini. Satu hal lagi, perhatikan waktu operasional dari pasar malam yang ingin kamu kunjungi karena tidak semuanya buka setiap hari. 

Berita Menarik Lainnya
Cara Membuat SIM Internasional dan Paspor Kendaraan Agar bisa Nyetir di Luar Negeri
Cara Membuat SIM Internasional dan Paspor Kendaraan Agar bisa Nyetir di Luar Negeri
error: Kontent dilindungi !!