Panduan Wisata Indonesia dari Sabang Sampai Merauke, dari Miangas Sampai Pulau Rote

Panduan Wisata Indonesia dari Sabang Sampai Merauke, dari Miangas Sampai Pulau Rote

Negara Kesatuan Republik Indonesia, atau biasa dikenal dengan Indonesia, adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Lebih dari 17.000 pulau tersebar luas di negara ini. 6000 pulau diantaranya merupakan pulau kosong alias tidak berpenghuni. Diantara ribuan pulau tersebut, terdapat 7 pulau utama di negara ini, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Kepulauan Nusa Tenggara, serta Kepulauan Maluku.

Indonesia berada di bagian tenggara benua Asia. Negara ini diapit oleh 2 samudera besar yaitu Hindia dan Pasifik. Kondisi geografisnya sebagai negara kepulauan membuat Indonesia didominasi oleh wilayah perairan.

Bukan hanya kaya akan jumah pulau, Indonesia juga kaya akan keragaman suku budaya. Data sensus 2010 mengungkap bahwa 1.128 suku bangsa tinggal di Indonesia. Keberagaman tersebut tentunya berimbas pada kayanya seni dan budaya yang tercipta. Bisa kamu bayangkan berapa jumlah tarian dan baju tradisional yang dihasilkan dari ribuan suku bangsa tersebut?

Pikirkan Indonesia dan pariwisata, dan hal pertama yang terlintas dalam pikiran mungkin adalah Bali. Pikirkan liburan golf, dan kebanyakan orang akan memimpikan Skotlandia atau Irlandia. Tapi Indonesia menyimpan salah satu rahasia terbaik di dunia traveling : tempat ini adalah surga pegolf.

Raymond Bonners – Penulis Amerika

Tak akan ada habisnya rasanya membahas harta kekayaan dari negara bernama lain Nusantara ini. Tarian, musik, baju daerah, masakan tradisional, rumah tradisional semuanya sangatlah beragam. Namun, Indonesia masih memiliki kekayaan lainnya dalam bentuk keindahan alam.

Panorama alam surgawi yang terdapat di Indonesia sudah sangat kondang hingga ke mancanegara. Turis-turis Amerika, Inggris, dan negara Eropa lain sudah tak asing lagi dengan Indonesia. Mulai dari lanskap pegunungan, pantai, hingga hutan semuanya mampu menghipnotis siapapun yang memandang.

Apakah kamu merasa tertarik mencicipi sebagian dari kayanya wisata Indonesia? Atau bahkan kamu berencana menyisir Indonesia dari Sabang sampai Merauke? Simak ulasan lengkap di bawah ini mengenai dunia wisata di Indonesia. Beberapa tips dan tricks ketika berwisata di Indonesia juga ada lho di sini.

Sejarah Dunia Wisata Indonesia

Dunia wisata Indonesia bukanlah hal yang muncul baru-baru ini. Sudah sejak dulu kala pergerakan di sektor ini ada di Indonesia. Ya, kayanya negeri ini memang sudah harum sejak zaman penjajahan. Bagaimana sejarahnya? Berikut perkembangan dunia wisata Indonesia dari masa ke masa.

Masa Prakolonial

Berdasarkan cerita yang terpahat di panel relief Borobudur, sektor pariwisata di Indonesia sudah di mulai sejak abad ke 8. Beberapa relief tersebut menunjukkan gambar beberapa orang yang sedang berada di tempat seperti kedai atau warung sedang minum-minum atau bersenang-senang. Di pahatan lainnya juga terdapat adegan yang sama dengan latar tempat seperti sebuah penginapan.

Bukti lainnya bahwa sektor pariwisata sudah dimulai sejak masa prakolonial datang dari abad ke 15. Sebuah catatan perjalanan milik Bujangga Manik menceritakan bahwa seorang resi Hindu dari Pakuan Pajajaran mengelilingi pulau Jawa dan Bali. Perjalanannya memang bersifat ziarah. Namun di catatan tersebut ditulis bahwa sang resi menghabiskan waktunya bak pelancong di masa kini. Ia duduk-duduk, mengipasi badan, dan menikmati pemandangan di daerah Gunung Gede.

Masa Kolonial

Memasuki abad ke 17, bangsa Belanda datang ke Nusantara. Wanginya kekayaan rempah-rempah negara ini menjadi daya tarik Belanda untuk datang berkunjung lalu menetap hingga pada akhirnya menjajah selama 3,5 abad lamanya. Di masa awal penjajahan, Belanda masih tertutup akan sektor pariwisata. Tidak ingin perilakunya yang mengeksploitasi kekayaan dan warga lokal tercium pihak luar, dunia pariwisata ditutup rapat-rapat.

Pada masa kolonial ini, nama Indonesia belum ada. Negara ini dikenal dengan kawasan Hindia Belanda atau Kepulauan Hindia. Georger Windsor Earl, seorang ahli etnologi Bahasa Inggris asal Britania Raya, adalah orang yang pertama mencetuskan nama Indonesia. 

Pada tahun 1908 pergerakan di sektor wisata dimulai. Gubernur jenderal yang bertugas pada masa itu membentuk sebuah biro wisata yang dinamakan Vereeeging Toeristen Verker. Biro wisata ini menjadi pintu bagi pelancong untuk bebas bepergian di seluruh Jawa dan pulau-pulau lainnya. Pada awal abad ke 20, hotel-hotel pun mulai didirikan. Pada tahun 1913, biro wisata ini bahkan menerbitkan buku panduan wisata di Nusantara.

Masa Pascaproklamasi

Di masa pascaproklamasi, dunia pariwisata Indonesia mengalami pasang dan surut. Pada masa orde baru, program pemerintah yang bertajuk ‘Tahun Kunjungan Indonesia’ sukses menaikkan jumlah wisatawan asing ke negara ini. Namun, rentetan peristiwa pemboman yang dimulai sejak 2002 di Bali memukul mundur sektor wisata Indonesia.

Di tahun 2008 dan 2010, pemerintah bangkit kembali dengan program ‘Tahun Kunjungan Indonesia’. Perlahan namun pasti, angka wisatawan yang melancong ke Indonesia pun naik. Di tahun 2011, pemerintah menjadikan ‘Wonderful Indonesia’ sebagai tagline baru dunia pariwisata negara ini.

Data Fakta Indonesia

Nama Resmi : Negara Kesatuan Republik Indonesia

Ibukota : Jakarta

Mata Uang : Rupiah

Zona Waktu : Indonesia Barat GMT+7, Indonesia Tengah GMT+8, Indonesia Timur GMT+9

Kode Telepon : +62

Nomor Telepon Darurat :

  • Polisi: 110
  • Ambulans: 118 dan 119.
  • Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan: 115.
  • Posko bencana alam: 129.
  • Perusahaan Listrik Negara (PLN): 123.
  • Pemadam Kebakaran: 113 atau 1131.
  • Nomor darurat telpon seluler dan satelit: 112
  • Keracunan: (021) 4250767 atau (021) 4227875.
  • Pencegahan bunuh diri: (021)7256526, (021) 7257826, (021) 7221810.
  • Konseling masalah kejiwaan Direktorat Bina Pelayanan Kesehatan Jiwa Kemenkes RI: Hotline 500-454

Pulau dan Kepulauan Utama Indonesia

Meskipun pulau yang dimiliki Indonesia jumlahnya ribuan, namun tidak semua pulau memiliki akses dan fasilitas untuk dunia wisata. Tujuh pulau utama Indonesia dengan segala daya tarik yang dimilikinya adalah destinasi yang bisa dipilih oleh para turis baik lokal maupun mancanegara. Seperti sudah disebutkan di atas, pulau tersebut adalah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Kepulauan Maluku, dan Kepulauan Nusa Tenggara.

Baca Juga :  Panduan Wisata Jepang : Paduan Budaya Tradisional dan Teknologi Modern yang Memanjakan Mata

Ada banyak sekali destinasi wisata yang dapat dituju dari 7 pulau utama tersebut. Misalnya saja di pulau Sumatera terdapat provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pantainya yang indah dengan batu-batu besar yang seolah terdampar di bibir pantainya menjadikan Bangka Belitung sangat layak dikunjungi. Belum lagi provinsi-provinsi di pulau Jawa yang sangat kaya akan ragam seni dan budayanya. Satu minggu atau bahkan satu bulan penuh tidak akan cukup untuk menjelajahi 7 pulau utama tersebut secara mendalam. 

Jika kamu berencana mengunjungi pulau-pulau tersebut, kamu tidak perlu khawatir akan akses menuju pulau. Bandara internasional di masing-masing pulau sudah tersedia. Akses jalan darat pun sudah terhitung baik di setiap pulau. Jadi, apakah kamu siap mengunjungi 7 pulau utama Indonesia?

Iklim di Indonesia

Terletak di jalur khatulistiwa, Indonesia memiliki iklim yang tropis. Jangan mengharapkan turun salju di negara ini ya. Karena satu-satunya tempat di Indonesia dimana kamu bisa bertemu salju adalah di kawasan Puncak Jaya Wijaya, Papua. Di daerah lain di Indonesia, hanya terdapat 2 musim: musim kemarau dan penghujan.

Musim kemarau dimulai sekitar bulan April hingga Oktober. Sementara musim penghujan biasanya ada di sekitar bulan Oktober hingga April. Namun, terkadang musim tersebut tidak bisa diprediksi dengan tepat berkaitan dengan iklim global yang juga sulit ditebak.

Jika kamu berencana berwisata di Indonesia, pastikan kamu menyesuaikan jadwal liburan kamu dengan musim di negeri ini. Jangan sampai kamu mengunjungi Pantai Kuta saat Indonesia sedang berada di musim penghujan. Sunbathing kamu bisa dipastikan gagal atau tidak maksimal.

Bahasa yang Digunakan di Indonesia

Panduan Wisata Indonesia dari Sabang Sampai Merauke, dari Miangas Sampai Pulau Rote
Berbahasa Indonesia

Indonesia yang kaya akan suku bangsa sudah pasti kaya akan bahasa. Jika kamu berwisata ke Tana Toraja, kamu akan mendengar bahasa suku Toraja. Jika kamu ke Medan, besar kemungkinan kamu akan akrab dengan logat-logat Batak. Lain lagi halnya jika kamu berwisata ke Bandung. Telinga kamu mungkin akan sering mendengar kata-kata Sunda seperti damang, ceunah, atau wilujeng sumping.

Beberapa wisatawan mancanegara, bahkan wisatawan lokal sekalipun, mengalami jet lag bahasa ketika berwisata ke tempat-tempat yang khas akan bahasa daerahnya. Logat, kosakata, nada, serta kecepatan berbicara yang berbeda dari bahasa yang satu dengan bahasa yang lain menjadi penyebab utamanya.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Ada bahasa pamungkas yang bisa kamu gunakan saat kamu berwisata keliling Indonesia. Ya, gunakan saja Bahasa Indonesia yang merupakan bahasa pemersatu di negeri ini. Banyaknya bahasa dari suku bangsa di Indonesia dapat dijembatani dengan Bahasa Indonesia. “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya walaupun berbeda tapi tetap satu jua dapat direfleksikan dengan baik lewat penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa. 

Wisata Andalan di Indonesia

Berbicara tentang wisata di Indonesia, biasanya yang pertama kali terlintas di pikiran orang adalah kata ‘Bali’. Tak salah memang, mengingat keindahan Bali sudah terbukti mampu membuat mulut banyak wisatawan menganga dan selalu ingin kembali berkunjung ke Pulau Dewata. Namun, terdapat banyak sekali wisata andalan Indonesia lain yang bisa kamu sambangi. 

Wisata Alam

Indahnya panorama alam Indonesia merupakan anugerah Tuhan yang patut disyukuri. Wisata alam pegunungan dan perairan di Nusantara banyak tersebar dari ujung ke ujung negeri. Keindahan inilah yang membuat banyak para wisatawan jatuh cinta pada Indonesia.

Jika kamu penggemar nomor wahid wisata pegunungan, tentunya kamu sudah tidak aneh lagi dengan nama Gunung Bromo. Terletak di kawasan Taman Nasional Tengger Semeru, Jawa Timur, lokasi wisata satu ini menyuguhkan pemandangan matahari terbit yang sangat indah dari ketinggian. Selain itu, kamu juga bisa berkuda di pasir berbisik khas Bromo. Jawa Barat juga memiliki Gunung Tangkuban Perahu di Bandung yang bisa kamu kunjungi. Gunung vulkanik aktif ini menghasilkan mata air panas yang banyak dimanfaatkan untuk spa dan pengobatan.

Wisata alam Indonesia yang mendunia lainnya adalah wisata perairan. Raja Ampat di Papua sudah berhasil mencuri perhatian dunia. Lokasinya yang berada di pusat segitiga karang dunia menjadikan Raja Ampat kaya akan koleksi flora dan fauna bawah laut. Menjadi rumah bagi 1.300 spesies ikan, 600 jenis terumbu karang, dan 700 jenis kerang menjadikan Raja Ampat magnet pagi pecinta diving

Selain Raja Ampat, Indonesia juga memiliki Taman Bunaken di Sulawesi Utara. Memiliki 25 titik selam dengan kedalaman sekitar 1.500 meter menjadikan Bunaken surga bagi para penggemar diving. Bukan itu saja, Bunaken juga memiliki koleksi hampir 70% spesies ikan di Pasifik. Tak heran, banyak yang menyebut bahwa terumbu karang Bunaken 7 kali lebih variatif dibandingkan perairan Hawaii.

Selain pegunungan dan perairan, Indonesia juga memiliki taman nasional yang dapat dibanggakan. 6 dari 50 taman nasional di Indonesia dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Taman Nasional Lorentz di Papua, misalnya, merupakan tempat berlindung bagi 42 spesies mamalia yang sebagian besarnya merupakan spesies langka. Indonesia juga memiliki Taman Nasional Ujung Kulon yang terkenal akan badak bercula satunya. Selain itu, ada Taman Nasional Komodo yang dijadikan tempat pengamatan Komodo dan rusa, babi hutan, serta berbagai spesies burung.

Wisata Seni dan Budaya

Selain wisata alam, Indonesia juga dikenal sebagai negara dengan karakter budaya yang kuat. Kota-kota seperti Yogyakarta, Bali, dan Solo dituju para wisatawan karena daya tarik seni dan budayanya. Tana Toraja juga banyak dimasukkan ke dalam daftar tujuan wisata para pelancong.

Pagelaran Sendratari Ramayana, misalnya, merupakan pertunjukkan tari yang ditunggu banyak orang. Dipentaskan di komplek Candi Prambanan, Yogyakarta, pagelaran ini memiliki daya magis tersendiri bagi yang menyaksikannya secara langsung. Begitu pun dengan pertunjukkan tari di Desa Wisata Batubulan, Gianyar, Bali. Tari Barongan, tari Kecak, dan tari Legong merupakan pentas tari yang menghisap banyak penonton untuk hadir dan menyaksikan pertunjukkannya.

Selain pentas tari, orang juga mengunjungi Yogyakarta karena kentalnya kota tersebut dengan budaya Jawa. Kehidupan keraton yang berotasi di sekitar masyarakat Yogyakarta membuat banyak orang penasaran untuk mengetahui langsung budaya keraton dari jarak dekat. Keraton Yogyakarta yang dibuka untuk umum memfasilitasi rasa penasaran wisatawan dengan sangat baik.

Baca Juga :  Panduan Wisata Thailand : Serunya Liburan di Negeri Gajah Putih

Wisata Religi

Indonesia juga memiliki beberapa destinasi wisata religi yang bisa kamu tuju. Kuatnya pengaruh Hindu dan Buddha di masa lalu meninggalkan beberapa warisan religi berkarakter Hindu Buddha di negeri ini. Candi Borobudur di Magelang adalah salah satu contohnya. Selain sebagai objek wisata budaya, candi ini masih aktif digunakan dalam ritual keagamaan penganut Buddha.

Selain itu, Masjid Agung Demak dan Masjid Menara Kudus juga merefleksikan adanya akulturasi budaya di tanah Jawa. Pengaruh Hindu, Buddha, dan Jawa tercermin dengan jelas di bangunan masjid-masjid ini. Sama seperti Candi Borobudur, kedua masjid ini masih aktif digunakan oleh umat islam untuk beribadat. 

Transportasi Menuju Indonesia

Jika kamu berada di luar Indonesia dan ingin berwisata ke negeri ini, caranya sangat mudah. Indonesia merupakan negara kepulauan, sehingga ada beberapa cara untuk mengunjungi Nusantara ini. Yang pertama yaitu lewat jalur udara. Indonesia memiliki banyak bandara internasional yang memberi akses lebih dekat ke destinasi wisata yang ingin kamu tuju.

Selain itu, kamu juga bisa menempuh jalur laut untuk masuk ke Indonesia. Pelabuhan-pelabuhan besar di Indonesia dapat menjadi tempat singgah kapal laut yang kamu naiki. Hanya saja, waktu yang ditempuh dengan transportasi ini jauh lebih lama dibandingkan jalur udara.

Jika kamu sudah berada di Indonesia, ada banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan untuk menuju destinasi wisata. Kereta, feri, mobil, bis antarkota, dan transportasi online hadir untuk mengakomodir kebutuhan liburan kamu. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Semarang terdapat bis Trans. Atau, kamu juga bisa memanfaatkan commuter line jika kamu berwisata di sekitar Jakarta.

Akomodasi di Indonesia

Tak perlu khawatir akan tempat istirahat jika kamu berlibur di negeri ini. Indonesia memiliki banyak pilihan hotel yang dapat kamu tempati. Mulai dari hotel budget hingga hotel bintang lima, semua bertebaran di sekitar lokasi-lokasi wisata andalan Indonesia. Siapkan saja budget liburanmu dan kemas kopermu, karena lokasi wisata di Indonesia sudah siap menyambutmu.

Tips dan Tricks Wisata di Indonesia

Jika kamu berencana berwisata keliling Nusantara, pastikan kamu memerhatikan beberapa tips dan tricks berikut ini.

  • Pastikan kamu memilih tempat menginap yang dekat dengan lokasi wisata yang kamu tuju. Dengan begitu, kamu akan memangkas biaya transportasi dan bisa lebih menikmati liburanmu.
  • Jika kamu ingin membeli souvenir, oleh-oleh, atau cindera mata, belilah di pasar tradisional. Harga yang ditawarkan biasanya lebih murah dibanding harga di toko souvenir atau di pusat perbelanjaan. Dengan begitu, kamu juga mendukung ekonomi masyarakat sekitar lho.
  • Sebelum ke lokasi wisata, pastikan kamu sudah terlebih dahulu melakukan riset mini tentang budaya sekitar ya. Jangan sampai kamu terkena jet lag budaya di sana.
  • Kalau sempat, ada baiknya kamu pelajari sedikit Bahasa Indonesia dan bahasa lokal yang paling sering digunakan di destinasi wisata yang kamu tuju.
  • Jangan lupa atur dan susun jadwal liburanmu dengan menyesuaikan cuaca yang sedang berlangsung di Indonesia. 

Destinasi Wisata Indonesia yang Mendunia

Setiap tempat wisata Indonesia memiliki daya tarik dan keunggulan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang kaya akan keindahan alam, ragam budaya, suku, bahasa dan sumber daya alam yang beragam.  Destinasi wisata yang indah ini tentunya tidak kalah dengan yang ada di luar negeri, karena tentunya setiap negara memiliki wisata yang beragam dan berbeda. 

Ada begitu banyak tempat wisata yang berada di Indonesia, hampir di setiap daerah atau kota di Indonesia memiliki wisata yang unggul. Ada beberapa tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam yang menarik untuk didatangi bahkan terkenal hingga ke negara tetangga. Berikut ini merupakan sebagian dari objek wisata Indonesia yang sudah terkenal hingga ke berbagai penjuru. 

Kepulauan Raja Ampat

Panduan Wisata Indonesia dari Sabang Sampai Merauke, dari Miangas Sampai Pulau Rote
Raja Ampat

Nama yang satu ini tidak kalah terkenal dengan wisata lainnya yang dikenal hingga negara tetangga dan juga wilayah lainnya. Pulau ini masuk ke dalam salah satu tempat menyelam terbaik dari ke 10 tempat menyelam dan snorkeling terbaik dunia. Hal ini karena raja ampat mempunyai keindahan bawah laut yang sangat menawan yaitu 530 spesies karang yang berwarna-warni. Terdapat beragam spesies ikan yang indah menghiasi pulau ini, pulau ini telah tercatat memiliki kehidupan laut yang tertinggi. 

Selain itu Kepulauan Raja Ampat juga merupakan objek wisata Indonesia yang memiliki 4 gugusan pulau yaitu Pulau Batanta, Pulau Misool, Pulau Waigeo, dan juga Pulau Salawati. Tempat ini selalu menjadi sasaran para pecinta snorkeling atau menyelam, baik incaran para turis luar negeri, dan juga wisatawan lokal yang datang. Keindahan alam bawah laut, serta kehidupan bawah laut dari pulau inilah yang membuat para pengunjung tidak bosan untuk menyelam dan melihat keindahannya. 

Gunung Bromo

Panduan Wisata Indonesia dari Sabang Sampai Merauke, dari Miangas Sampai Pulau Rote
Gunung Bromo

Gunung ini merupakan salah satu gunung vulkanis yang masih aktif, namun menjadi salah satu tempat wisata yang menarik. Gunung Bromo banyak sekali dikunjungi oleh masyarakat lokal Indonesia dan turis mancanegara yang hendak mendaki di gunung ini. Hal ini karena Gunung Bromo memiliki keindahan yang menarik pada daerah sekitar Gunung Bromo. Terdapat kawah Gunung Bromo yang sangat indah serta hamparan padang pasir dan rumput yang ada di sekitar Gunung Bromo ini. 

Tidak hanya itu masih terdapat keindahan lainnya yang bisa Anda lihat dan kunjungi dari Gunung Bromo ini, yaitu Taman Edelweis Penanjakan. Taman ini merupakan sebuah taman yang indah dengan ragam bunga yang langka dan unik, dan juga sulit untuk ditemukan pada daerah lainnya. Gunung Bromo juga menjadi tempat yang cukup favorit di mana Anda dapat melihat pemandangan sunrise dari berbagai tempat atau spot seperti di taman bunga, dan di Gunung Bromo sendiri. 

Baca Juga :  Panduan Wisata Singapura : Surga Belanja Dengan Atraksi Spektakuler

Taman Laut Bunaken 

Panduan Wisata Indonesia dari Sabang Sampai Merauke, dari Miangas Sampai Pulau Rote
Indonesia Taman Laut Bunaken

Taman laut ini telah diresmikan sejak lama yaitu pada tahun 1991, dan menjadi taman laut pertama di Indonesia. Taman Laut Bunaken ini sendiri memiliki luas yang berkisar hingga 80.000ha, yang terdiri dari 97%lautan dan 3% daratan. Taman ini memiliki keindahan bawah laut yang sangat menarik dan indah untuk dilihat, karena terdapat beberapa spesies ikan, terumbu karang, mamalia laut dan lainnya. Taman laut ini juga dikenal dengan pulau-pulau sekitarnya yang eksotis dan juga  tampak indah untuk dipandang. 

Candi Borobudur

Panduan Wisata Indonesia dari Sabang Sampai Merauke, dari Miangas Sampai Pulau Rote
Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu Candi Budha terbesar dan terkenal di Indonesia, keindahan candi ini membuatnya ramai dikunjungi oleh wisatawan bahkan turis mancanegara. Candi ini adalah bangunan bersejarah yang menyimpan banyak cerita sejarah di dalamnya. Terdiri dari 504 archa Budha, candi ini dipahat dan disusun sedetail mungkin untuk setiap arcanya. Tempat ini telah dijadikan sebagai tempat bersejarah untuk Agama Budha. 

Tempat ini setiap harinya selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang tertarik untuk melihat dan mengetahui beberapa cerita yang terdapat pada candi ini. Selain itu tempat ini juga dijadikan sebagai kunjungan edukasi sekolah dan dijadikan sebagai spot foto yang menarik dan memiliki panduan wisata Indonesia yang memberi pelajaran khusus.  

Pantai Dreamland

Panduan Wisata Indonesia dari Sabang Sampai Merauke, dari Miangas Sampai Pulau Rote
Pantai Dreamland

Pada pantai ini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah dan sesuai sangat cocok dengan hamparan laut yang luas. Pantai ini sendiri merupakan salah satu pantai yang menjadi pantai unggulan, atau incaran dari para turis yang datang untuk menikmati pantai Indonesia. Hal ini karena keindahan pantainya dengan pemandangan yang menarik dan suasananya yang nyaman untuk bersantai bersama keluarga dan teman. 

Pantai ini memiliki perpaduan wisata alam dengan pemandangan laut dan hamparan pasir putihnya yang halus. Terdapat bebatuan dan tebing karang dan air laut yang jernih menambah keindahan pinggir pantai ini telah menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki pantai ini. Destinasi Wisata Indonesia seperti pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan memadai untuk para pengunjung pantai.

Kepulauan Karimun Jawa

Panduan Wisata Indonesia dari Sabang Sampai Merauke, dari Miangas Sampai Pulau Rote
Kepulauan Karimun Jawa

Pulau Karimunjawa merupakan sebuah pulau kecil yang membentuk kawasan konservasi dengan Hutan Mangrove Indonesia yang lebat. Pantai putih ini sangat mempesona dengan berbagai keindahan alam yang terdapat di bawah laut dan juga pemandangan sekitar pulau. Terdapat berbagai macam spesies hewan langka yang bisa Anda temukan pada tempat ini yang sangat unik.  Ada begitu banyak kegiatan atau aktivitas yang bisa dilakukan saat berada di kepulauan indah ini. 

Aktivitas tersebut bisa berupa menyelam, berfoto, menikmati pemandangan yang indah dengan berjalan di pinggir pantai, dan menyelam. Tidak hanya itu pengunjung yang datang pada pulau ini sering melakukan kegiatan menyelam untuk menikmati keindahan laut. Turis dan wisatawan juga bisa menikmati indahnya hutan bakau dengan berpetualang mengunjungi hutan bakau secara langsung. 

Pulau Derawan 

Panduan Wisata Indonesia dari Sabang Sampai Merauke, dari Miangas Sampai Pulau Rote
Derawan

Pantai Derawan atau yang biasa disebut sebagai surganya tropis ini memiliki berbagai macam keindahan alam yang masih alami dan terjaga. Pulau ini mempunyai tempat wisata alam bawah laut yang menarik dan indah, tidak heran jika banyak pengunjung yang ramai untuk menyelam. Tempat ini memiliki beberapa satwa langka yang unik dan dilindungi seperti penyu sisik dan penyu hijau, serta satwa lainnya. Pulau ini memberikan sajian atraksi alami dari hewan laut dan juga satwa yang berada di pulau ini seperti lumba-lumba, duyung, barakuda, kura-kura raksasa dan hewan lainnya. Keindahan dan atraksi alami yang dimiliki oleh pulau inilah yang menjadikannya sebagai daya tarik yang membuat para turis berdatangan dari luar negeri. Tempat ini juga selalu menjadi incaran para penyelam dunia, sehingga tidak heran jika namanya masuk ke dalam daftar wisata Indonesia yang mendunia. 

Tanya Jawab

Apakah berwisata di Indonesia itu mudah?

Pada dasarnya keliling Indonesia adalah lebih mudah dan lebih murah dibandingkan kalau kamu jalan-jalan ke luar negeri. Kenapa? karena pertama kamu ada di tanah air sendiri dengan bahasa yang sama dan kedua adalah kurs yang digunakan di sini tetap Rupiah. Namun patut kamu catat bahwa wisata Indonesia itu semakin ke timur semakin mahal, harga-harga di Bandung tentu berbeda dengan harga-harga di Jayapura tetapi semakin kamu berani menjelajah ke Indonesia Timur maka pemandangannya dan petualangannya akan semakin spektakuler.

Apakah keliling Indonesia aman untuk perempuan?

Indonesia termasuk salah satu negara teraman di dunia menurut riset dari The Gallup Law and Order report sebuah organisasi kemanan dan hukum yang berbasis di Singapura. Akan tetapi kalau kamu ingin keliling Indonesia sebaiknya ditemani oleh seseorang untuk menghindari kejadian yang tidak menyenangkan.

Pukul berapa biasanya waktu checkout di hotel-hotel Indonesia?

Waktu checkout biasanya ditetapkan pukul 12 siang. Beberapa guest house mungkin akan menagihkan 50% biaya apabila kamu ingin checkout lebih telat antara siang sampai pukul 8 malam, dan setelah pukul 8 biasanya kamu harus membayar penuh.

Dimana bisa menonton seni tradisional?

Tari-tarian dan pertunjukan tradisional biasanya disuguhkan di area turis dan pusat seni setempat.

Apa transportasi terbaik jika ingin keliling Indonesia?

Karena Indonesia adalah negara bahari maka menurut kami transportasi terbaik untuk menyeberang antar pulau adalah menggunakan kapal laut. Setelah kamu tiba di darat opsi termurah adalah menaikin transportasi publik seperti bis dan angkot.

Kesimpulan

Wisata Indonesia memang sudah dikenal banyak memiliki keindahan yang alami, dengan beragam wisata yang menakjubkan. Tidak heran jika banyak sekali turis yang memuji keelokan wisata yang tersedia di Indonesia. Pemandangan alam Indonesia yang terdiri dari pemandangan pantai Indonesia, deretan pegunungan, dan wisata buatan yang sama menariknya. Selain itu terdapat banyak wisata sejarah yang mempunyai keindahan serta cerita yang masih kenal hingga saat ini. Kalau kamu orang Indonesia, sesekali waktu dalam hidupmu harus coba keliling Indonesia dan menikmati keindahan alam dan budaya negeri tercinta ini.

Berita Menarik Lainnya
Harajuku : Pusat Perbelanjaan yang Serba Kawaii, Imut, Lucu, dan Menarik di Tokyo
Harajuku : Pusat Perbelanjaan yang Serba Kawaii, Imut, Lucu, dan Menarik di Tokyo
error: Kontent dilindungi !!