Ipoh, Perak : Serba Serbi The Hidden Paradise Malaysia

Ipoh, Perak : Serba Serbi The Hidden Paradise Malaysia

Ipoh adalah ibukota negri Perak, Malaysia. Ada banyak destinasi wisata menarik di sini. Ipoh juga terkenal dengan kulinernya, tak hanya Penang saja. Ipoh dikenal sebagai the hidden paradise. Dari Kuala Lumpur untuk menuju Ipoh bisa dengan kereta api, selain itu terdapat juga bandara udara Sultan Azlan. Berikut ini beberapa destinasi wisata menarik yang hanya ada di kota Ipoh, Perak dan alasan mengapa Ipoh wajib untuk dikunjungi.

Pesona Kolonial Ipoh – Perak

Selama masa jayanya penambangan timah Perak, pengaruh budaya Inggris sangat kuat di Ipoh. Para wisatawan masih bisa menyaksikan sisa-sisa bekas peninggalan kolonial Inggris tersebut di Ipoh, dengan berbagai bangunannya yang cantik, seperti ada Stasiun Kereta Api, dan juga Menara Jam Birch, serta gedung Balai Kota Ipoh, dan juga Kantor Pos Lama. 

Kemegahan berbagai bangunan arsitektur kolonial tersebut menunjukkan kemakmuran kehidupan di masa lalu. Para wisatawan dapat mengikuti program Ipoh Heritage Walk yang akan menyusuri jalan sepanjang  6,5 kilometer atau 4 mil di sekitar kota, guna mengenang pesona kolonial Ipoh di masa lampau.

Mengunjungi Masjid Sultan Idris Shah II

Di Ipoh terdapat masjid kolosal yang letaknya di seberang Stasiun Kereta Api Ipoh. Terbentang dua lantai, serta memiliki menara setinggi 38 meter atau sekitar 125 kaki, juga ada 44 kubah yang berwarna oranye. Masjid Sultan Idris Shah II adalah namanya, resmi dibuka di sekitar tahun 1960. Masjid tersebut merupakan landmark negara dan juga simbol Ipoh. Ventilasi udaranya membentuk pola U dengan hiasan ubin mosaik yang berkilauan. Masjid ini sering menjadi tempat akad nikah dan juga sebagai pusat konferensi, serta terdapat perpustakaannya juga. 

Baca Juga :  Mata Uang Malaysia Ringgit dengan Kode MYR dan Simbol RM

Aktivitas bertualang memompa Adrenalin di Perak

Di Perak wisatawan dapat menjelajahi gua yang cukup luas atau melakukan aktivitas  arung jeram. Terdapat Gua Tempurung, yang merupakan rangkaian gua terluas di Malaysia barat. Wisatawan juga bisa mengunjungi Sungai Kampar dan lalu habiskan waktu untuk melakukan arung jeram yang mendebarkan jantung 

Mengunjungi Kastil Kellie yang Misterius

Berlokasi dengan jarak sekitar 21 kilometer atau 13 mil di selatan Ipoh  yakni tepatnya di Batu Gajah, terdapat Kastil Kellie yang merupakan bangunan paling misterius di Malaysia. Bangunan warisan kolonial Inggris ini dibangun oleh William Kellie Smith dengan dana dari hasil perkebunan karet.

Ipoh, Perak : Serba Serbi The Hidden Paradise Malaysia
Kellie Castle Ipoh Perak

Namun setelah kematiannya yang mendadak maka rumah tersebut menjadi sepi dan terbengkalai lalu baru dibuka kembali beberapa waktu lalu sebagai destinasi wisata. Konon banyak aktivitas supranatural di tempat itu.

Wisata Kuliner Ipoh

Lalu yang tak boleh dilewatkan adalah wisata kuliner hidangan otentik khas Ipoh, yang tak kalah lezatnya dengan kuliner Penang. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Ipoh sekedar penasaran dan ingin mencicipi hidangan kulinernya. Berikut beberapa tempat mencoba aneka kuliner khas Ipoh tersebut.

Nasi Ganja

Jangan kaget dengan namanya, hidangan ini disebut demikian karena saking lezatnya maka lantas membuat orang ketagihan seperti ganja, padahal sama sekali tak ada bahan ganja di dalamnya. Nasinya dimasak khusus dengan priok tembaga.

Nasi Ganja hanya bisa ditemui di Ipoh, bisa datang ke Jalan Yang Kalsom, Taman Jubilee, sekitar jam 9 pagi hingga jam 6 sore bukanya. Mirip seperti nasi Padang, pengunjung bisa memilih sendiri jenis lauknya, yang paling populer adalah ayam merah berkuah kari. Harganya juga terjangkau, yakni sekitar 5 RM per porsi.

Baca Juga :  Suria KLCC : Mall Keren di Bawah Menara Kembar Petronas

Big Mom Beancurd atau Kembang Tahu

Di lokasi jalan yang sama, jangan lewatkan juga hidangan dari kembang tahu, berupa soy bean puding, yang disajikan hangat. Ada banyak variasi rasa selain yang versi originalnya. Harganya RM 1.30 semangkuk besar.

Sayangnya tiap hari Kamis kedainya tutup, dan jam bukanya adalah mulai jam 12 siang sampai jam 6 sore. Ada juga yang di jalan Mustapa Al Bakri, Taman Jubilee. Kuah jahenya lebih lembut, dan sudah buka sejak pukul 10 pagi, dan baru tutup pada jam setengah delapan malam.

Ayam Tauge

Kemudian dengan harga RM 33 sudah bisa didapat separuh ayam tauge yang bisa dimakan untuk 3 orang. Lokasinya ada di jalan Yau Tet Shin, taman Jubilee. Jam bukanya mulai jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Ayamnya empuk dan taugenya masih crunchy, cocok menjadi lauk nasi hangat  yang bisa dibeli dengan harga RM 2.

Big Tree Mie

Ada juga di jalan King, taman Hoover, hidangan dari mie  yang bisa dipilih antara mie kuning atau kwetiau dengan aneka lauknya yang bisa dipilih seperti ketika ada di warung tegal, bedanya hidangan utamanya bukan dari nasi  tapi dari mie. Namanya big tree mie karena lokasi awal tempat makan ini adalah di bawah pohon.

White Coffee Ipoh

Lalu jangan lupa juga untuk mencicipi white coffee khas Ipoh. Ada kedai kopi perintis white coffee di Malaysia yang sudah berdiri sejak tahun 1937 berlokasi di Medan Bendahara 2, Taman Taiping. Kawasan kota lama. Mengenai nama-nama jalan di Ipoh ini sebagian penduduk lokal masih ada yang menyebutnya dengan nama lama, sedangkan beberapa jalan tersebut telah diberi nama yang baru.

Baca Juga :  Zoo Negara : Kebun Binatang Pertama di Malaysia

Nasi Ayam Halimah Bachik

Berlokasi di Regat Sri Cempaka, Taman Cempaka, ada hidangan unik disajikan di atas piring aluminium, yang sudah buka sejak jam 7 pagi hingga jam 4 sore. Ada roti canainya juga dan berbagai hidangan lainnya, namun yang terkenal adalah nasi ayamnya.

Museum Ipoh

Di Ipoh juga terdapat berbagai museum yang unik yang bisa dikunjungi dengan harga yang terjangkau, seperti ada museum untuk mengenang produser film terkenal di Malaysia, yang bernama Yasmin Ahman. Ada juga museum yang penuh dengan  patung-patung Cina berukuran mini dan juga  Museum Geologi di Ipoh, dan lain sebagainya. 

Kebun Teh Cameron Highland

Para wisatawan juga dapat mengunjungi kebun teh yang sejuk di Cameron Highland.

Belanja di Memori Lane dan Green Town Mall

Sedangkan untuk wisata belanjanya, maka bisa kunjungi Memori Lane di jalan Lim Bo Seng atau di Green Town Mall, yang tak hanya menjual baju khas melayu  malaysian dress dan semacamnya, berbagai pernak pernik khas lokal, tapi juga ada berbagai barang branded kelas dunia, yang juga dijual di tempat ini.

Cara Menuju ke Ipoh – Perak

Ipoh lokasinya berjarak sekitar 160 kilometer atau 99 mil di selatan Pulau Penang serta 200 kilometer atau 124 mil dari utara Kuala Lumpur. Jika dari George Town, maka bisa naik feri menuju ke Butterworth, daratan Penang lalu naik kereta atau bida juga dengan bis menuju Ipoh. Dari Kuala Lumpur, Ipoh juga bisa diakses dengan berbagai transportasi umum. Jadi jangan lewatkan, sempatkan untuk mampir Ipoh jika berkunjung ke Kuala Lumpur atau Penang.

Itulah beberapa kawasan menarik di Ipoh yang jangan sampai dilewatkan ketika berkunjung ke Malaysia, karena hanya ada di Ipoh, Perak.

Berita Menarik Lainnya
Siapa Bilang Mengganti Paspor Hilang Itu Ribet? Begini Caranya
Siapa Bilang Mengganti Paspor Hilang Itu Ribet? Begini Caranya
error: Kontent dilindungi !!