Jalan Alor Malaysia : Pusat Jajanan Kaki Lima Favorit Foodies

Jalan Alor Malaysia : Pusat Jajanan Kaki Lima Favorit Foodies

Last updated:

Malaysia merupakan negara di Asia Tenggara yang terkenal akan variasi destinasi wisatanya. Destinasi alam, seni budaya, belanja, hingga wisata kuliner khas Malaysia yang terkenal. Negeri Jiran memang memiliki paket lengkap bagi wisatawan yang ingin mencicipi berbagai jenis wisata di negeri ini. 

Genting Highland dan Petronas Twin Tower merupakan contoh destinasi yang sudah sangat populer di kalangan para pelancong. Namun, pernahkah kamu mendengar nama Jalan Alor di Malaysia? Jika kamu berencana pergi ke Kuala Lumpur, pastikan kamu memasukkan Jalan Alor ke dalam tujuan wisata kamu ya. Berikut ulasan tentang jalan terkenal tersebut.

Apakah Jalan Alor itu? 

Jalan Alor sebenarnya adalah jalan aspal lurus biasa di Kuala Lumpur. Jalan ini terletak dekat dengan Jalan Bukit Bintang. Namun, meskipun terletak bersebelahan, dua jalan ini memiliki suasana yang bisa dibilang cukup kontras.

Jalan Bukit Bintang terkenal sebagai jalan pusat perbelanjaan. Deretan toko lengkap dengan pendingin ruangan berjejer rapi di jalan ini. Jalan ini terlihat sangat modern. Di sisi lain Jalan Bukit Bintang, Jalan Alor terbentang dengan deretan kios kaki lima yang menjajakan berbagai macam makanan lezat. Kursi-kursi plastik ditaruh di depan kios dan menutup separuh jalan tersebut.

Jika Jalan Bukit Bintang disebut jalur belanja, maka Jalan Alor terkenal sebagai jalanan pusat wisata kuliner di Kuala Lumpur. Banyak sekali makanan yang dijual di sini. Siapkan kaki kamu untuk menyusuri sepanjang jalan ini dari ujung ke ujung ya. 

Baca Juga :  Cloud Forest : Hutan Berkabut di Antara Belantara Beton Kota Singapore

Apa yang Istimewa di Jalan Alor?

Lantas, apa yang istimewa dari Jalan Alor? Bukankah itu hanya jalan biasa? Bukankah Jalan Alor hanya jalan dimana kita bisa menemui sederet kios penjual makanan?

Ya, 2 pertanyaan terakhir di atas memang benar. Yang istimewa dari Jalan Alor ini sebenarnya adalah atmosfer, suasana yang berbeda dari restoran-restoran lain di Malaysia. Di jalan ini, kamu akan mencium aroma arang yang dibakar, harum masakan yang dimasak, mendengar denting suara panci yang bersentuhan dengan alat penggorengan, dan riuh orang yang mengobrol satu sama lain.

Wisata Kuliner Kaki Lima ala Malaysia

Atmosfer tersebut menjadikan Jalan Alor penuh dengan suasana kaki lima. Padahal, faktanya, kios-kios di sepanjang jalan ini merupakan kios permanen. Hanya saja mereka menjajakan kursi dan meja tambahan hingga hampir menutup jalan. Mereka juga menaruh lampu-lampu lampion di sepanjang jalan ini.

Jalan Alor juga bisa dibilang surga makanan di Kuala Lumpur. Sepanjang jalan, kamu bisa memilih menu yang kamu sukai. Masakan China, makanan laut, masakan Thailand, masakan lokal Malaysia semuanya dapat kamu temukan di sini.

Kamu hanya harus berjalan dan menemukan restoran yang memikat lidah dan perutmu. Jalan Alor ini seperti memiliki beberapa zona. Makanan khas negara tetangga berjejer secara berkelompok. Di ujung jalan Alor kamu akan menemukan jajaran masakan China. Namun, berjalan sedikit ke tengah, kios-kios makanan Thailand akan muncul.

Selain variasi makanan, nilai jual Jalan Alor terletak pada cita rasa masakannya. Makanan yang dijual di jalan ini beberapa memang ada dalam menu restoran yang lebih mewah. Namun soal rasa, makanan Jalan Alor tidak perlu diragukan lagi. Cita rasanya bahkan mengalahkan restoran yang menjual menu yang sama.

Baca Juga :  Beragam Transportasi Umum di Kuala Lumpur Malaysia untuk menjelajah kota

Jajanan Pinggir Jalan yang Hemat

Siapkan uang Ringgit Malaysia milikmu karena berwisata kuliner di jalan ini juga bisa menghemat uang dalam kantongmu. Sebagai perbandingan, dengan RM 13 di Jalan Alor, kamu akan mendapat 1 porsi sate berisi 10 tusuk, nasi putih, dan segelas es jeruk atau es sirup. Sedangkan dengan jumlah uang yang sama di KLCC, kamu hanya akan mendapatkan nasi lemak bungkus dan segelas es teh saja.

Berhati-hati dengan Daging Babi

Jika kamu seorang Muslim dan ingin berwisata kuliner di sini, kamu harus berhati-hati. Beberapa restoran menyajikan daging babi dalam menunya. Namun, tak perlu khawatir. Banyak juga restoran yang tidak memiliki daging babi dalam variasi masakannya. Kamu hanya perlu lebih teliti melihat menu yang ada. 

Bagaimana Cara Menuju Jalan Alor?

Cara termudah untuk berwisata kuliner di Jalan Alor adalah dengan menaiki monorail. Kamu dapat turun di stasiun Bukit Bintang. Lalu, jalan saja ke arah utara menuju Jalan Bukit Bintang. Jalan Alor berada di belakang jalan tersebut dan dapat ditempuh dengan 1 menit berjalan kaki.

Berita Menarik Lainnya
Dataran Merdeka : Ruang Terbuka Hijau Penuh Sejarah Kemerdekaan Malaysia
Dataran Merdeka : Ruang Terbuka Hijau Penuh Sejarah Kemerdekaan Malaysia
error: Kontent dilindungi !!