Panduan Wisata Jepang : Paduan Budaya Tradisional dan Teknologi Modern yang Memanjakan Mata

Panduan Wisata Jepang : Paduan Budaya Tradisional dan Teknologi Modern yang Memanjakan Mata

Siapa yang tidak tahu Jepang? Negara di Asia Timur ini namanya sangat harum seantero jagat. Bukan hanya karena budayanya, namun negara satu ini juga dikenal karena keindahan sudut-sudut negaranya. Tokyo, Osaka, dan Kyoto adalah kota-kota yang sudah tak asing lagi ditelinga para pelancong sejati.

Negara ini juga terkenal di mata dunia sebagai negara yang memiliki teknologi mutakhir. Ya, label negara maju memang melekat kuat pada nama Jepang. Banyak produk-produk berteknologi canggih diproduksi di sini dan sudah menjadi konsumsi global. Jika di negara lain banyak terdapat café binatang, di Jepang café robot sudah bukan hal baru.

Terlepas dari hal tersebut, Jepang merupakan negara yang menjunjung tinggi warisan budaya leluhur. Para warganya tidak melupakan nilai-nilai tradisional dan budaya dalam kehidupan mereka. Kuil-kuil sangat dijaga dengan baik. Para generasi muda dengan bangga memakai yukata atau kimono mereka di acara atau festival tertentu.

Hal inilah yang justru menjadi daya tarik paripurna negara satu ini. Keseimbangan yang tercipta dari modernnya dunia teknologi Jepang dan mengakarnya kultur budaya yang kokoh menjadi aset berharga bagi negara matahari terbit ini. Negara mana lagi di dunia yang dapat memiliki 2 karakter kokoh sekaligus dalam 1 entitas?

Jika kamu menjadikan Jepang sebagai tujuan wisata liburan kamu, itu adalah keputusan yang sangat tepat. Namun, sebelum kamu mengemas kopermu, ada baiknya kamu menyimak ulasan tentang negara maju tersebut melalui informasi di bawah ini. Semoga panduan ini dapat menjadikan liburanmu lebih menarik ya.

Mengenal Jepang Lebih Dekat

Jepang merupakan salah satu negara di bagian timur Asia yang tidak terlalu luas. Jika dibandingkan dengan California di Amerika Serikat, luas Jepang secara total bahkan lebih kecil dari negara bagian tersebut. Namun, negara ini mengemas semuanya dalam paket lengkap. Kamu dapat melakukan dan melihat banyak sekali hal menarik di negara ini. Satu minggu kunjungan ke Jepang bahkan selalu kurang bagi para pelancong.

Jika kamu ingin berlibur ke negara ini menggunakan pesawat dan Tokyo menjadi destinasi pertamamu, maka kamu akan mendarat di Bandara Internasional Narita di Tokyo. Bandara ini merupakan bandara terbaik yang sangat direkomendasikan untuk kunjungan ke Jepang. Jaraknya hanya 60 menit dengan menggunakan kereta ekspres dari jantung kota Tokyo.

Banyak para wisatawan yang mengalami jet lag bahasa ketika pertama kali mendarat di negara ini. Ya, bahasa Inggris sebagai bahasa global bukan merupakan bahasa yang utama di sini. Bahasa Jepang adalah alat komunikasi nomor wahid di negeri sakura ini. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Di kota-kota besar tujuan wisata seperti Tokyo dan Kyoto, warganya sudah mengerti bahasa Inggris. Akan tetapi, sebagian dari mereka masih malu-malu berkomunikasi dalam bahasa tersebut.

Sama halnya dengan absennya bahasa Inggris sebagai bahasa utama, dolar juga tidak berlaku di sini. Jepang menggunakan Yen sebagai alat tukar resmi di negara ini. Jika kamu masih mengisi dompetmu dengan mata uang negara dimana kamu tinggal, tukar uang tersebut dengan Yen. Jika dikonversikan ke dalam dolar, 1 Yen kira-kira setara dengan 0.0092 USD.

Jepang merupakan negara yang masih menggunakan transaksi tunai dalam banyak aspek kehidupan. Transaksi non-tunai pun sebenarnya sudah banyak dilakukan. Namun, banyak toko kecil atau penjual kaki lima masih mengandalkan transaksi tunai. Jadi, pastikan kamu memegang uang tunai selama liburanmu di Jepang. 

Penukaran mata uang dapat dilakukan di bandara kedatangan. Terdapat booth untuk penukaran tersebut. Namun, biasanya harga yang dipatok cenderung mahal. Jika kamu ke Narita, lebih baik kamu melakukan penukaran di ATM yang ada di minimarket 7-Eleven. Biaya yang dipatok di sana termasuk ramah di kantong.

Jepang sebagai negara tujuan wisata memiliki segudang daftar destinasi yang wajib dikunjungi. Dari kuil, panorama alam, makanan kaki lima, sampai pusat perbelanjaan, semuanya akan mengesankan kamu dengan segala kekhasan elemen Jepang di lokasi-lokasi tersebut. Siapkan jadwal liburanmu dan susun destinasi wisata yang ingin kamu tuju selama di negara ini.

Namun sebelumnya, kamu juga perlu tahu mengenai peraturan visa atau ijin tinggal di negara ini. Jika kamu berencana berliburan panjang di Jepang dalam kurun waktu lebih dari 90 hari, maka kamu wajib mengurus visa turis. Tetapi, jika kunjungan kamu kurang dari 90 hari, kamu tidak harus mengurus visa turis tersebut.

Data Fakta Jepang

Nama Resmi : Japan

Ibukota : Tokyo

Mata Uang : Yen

Zona Waktu : GMT+9

Kode Telepon : +81

Alamat Kedutaan Indonesia di Jepang : 5 Chome-2-9 Higashigotanda, Shinagawa-ku, Tōkyō-to 141-0022, Japan

Nomor Telepon Kedutaan Indonesia di Jepang: +81-03-3441-4201

Nomor Telepon Darurat :

  • Polisi : 110
  • Ambulans : 118
  • Pemadam Kebakaran : 119

Akomodasi di Jepang

Berliburan di Jepang tidak melulu menghabiskan seluruh tabungan kamu. Jepang memiliki variasi akomodasi untuk liburan yang sesuai alokasi dana kamu. Kamu dapat memilih budget hotel seharga 2,160 hingga 3,270 Yen per malam. Dengan kisaran harga tersebut, beberapa hotel bahkan berada di lokasi yang cukup strategis. Harga tersebut juga biasanya sudah termasuk dapur bersama.

Jika alokasi dana liburan kamu berada di level menengah, kamu dapat mencicipi menginap di kamar hotel dengan fasilitas spa, tempat fitness, dan restoran di dalamnya. Dana yang harus kamu keluarkan adalah sekitar 5,000 hingga 14,000 Yen per malamnya. 

Atau, jika kamu ingin liburan yang sangat mewah, Jepang pun dapat mengakomodir keinginan tersebut. Sisihkan 20,000 hingga 50,000 Yen per malam dan kamu akan merasakan fasilitas nomor wahid di negeri ini. Pelayanan yang memuaskan pun tidak diragukan lagi akan kamu dapatkan.

Transportasi di Jepang

Seperti sudah awam diketahui banyak orang, Jepang merupakan negara yang terbilang sangat maju di Asia dan bahkan dunia. Oleh karena itu, tak aneh jika Jepang memiliki moda transportasi yang juga modern dan canggih. Shinkansen merupakan salah satu landmark transportasi di Jepang.

Baca Juga :  Disneyland Tokyo : Taman Bermain Keluarga Paling Hits di Jepang

Kereta cepat Shinkansen adalah salah satu anak emas transportasi di negara ini. Kecepatan kereta ini menjadi nilai jual utama yang diminati banyak orang. Melaju dengan kecepatan 321 kilometer per jam tentunya akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi kamu, kan? Namun, kamu harus menyiapkan dana sekitar USD 100 untuk sekali perjalanan dengan kereta ini.

Selain itu, terdapat pula kereta reguler yang dapat kamu manfaatkan selama kunjungan kamu di Jepang. Harganya tentu lebih murah dibandingkan Shinkansen. Namun, waktu yang ditempuh juga lebih lama.

Bis juga merupakan alternatif transportasi yang banyak diminati banyak warga lokal dan wisatawan. Efisiensi dan harga yang murah menjadi alasan utama para penikmat bis di Jepang. Sekali perjalanan dengan bis menghabiskan biaya kira-kira 200 Yen.

Taksi juga banyak terdapat di Jepang. Namun, harganya yang mahal membuatnya jarang jadi pilihan transportasi utama di negeri sakura ini. Untuk 2 kilometer pertama saja, kamu harus membayar seharga 400 sampai 700 Yen. Harga tersebut akan naik 80 sampai 90 Yen untuk setiap 300 hingga 400 meter perjalanan selanjutnya. Cukup menguras kantong, bukan?

JR Pass dan IC Card

Jika kamu berwisata ke Jepang dan memiliki destinasi wisata yang tersebar di berbagai kota, kamu mungkin akan membutuhkan JR Pass. JR Pass atau Japan Rail Pass merupakan kartu sekali bayar yang digunakan untuk memfasilitasi perjalanan kamu dengan kereta selama di Jepang. Jadi, cukup sekali mengisi JR Pass, kamu akan bisa keliling Jepang dengan kereta tanpa harus membayar lagi. Kamu dapat memilih JR Pass dengan durasi 7, 14, atau 21 hari.

Harga yang harus dibayar untuk JR Pass mungkin akan terasa mahal. Untuk durasi 7 hari, harga yang dipatok adalah sekitar $275. Untuk durasi yang lebih lama, harganya tentu lebih tinggi lagi. Namun, JR Pass akan menghemat biaya transportasi kamu selama di Jepang karena harga tiket kereta sekali perjalanan di sana cukup mahal.

Selain JR Pass, kamu juga dapat menggunakan IC Card selama berliburan di Jepang. IC Card merupakan dompet elektronik dalam bentuk kartu yang dapat digunakan untuk berbagai transaksi, seperti membayar tiket kereta atau membeli kebutuhan di toko yang cukup besar. Kamu dapat mendapatkan IC Card di stasiun atau mesin tiket otomatis di Jepang.

Jika wisata kamu di Jepang hanya terfokus di 1 area saja, kamu tentunya akan lebih berhemat dengan menggunakan IC Card dibandingkan dengan JR Pass. Pengguna IC Card juga biasanya akan mendapat diskon biaya transportasi. Selain itu, jika liburanmu di Jepang telah usai, sisa uang dalam IC Card dapat kamu ambil secara tunai.

Waktu Terbaik Mengunjungi Jepang

Jepang merupakan negara di Asia dengan 4 musim. Setiap musimnya memiliki nilai plus tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Oleh karena itu, waktu terbaik mengunjungi Jepang adalah kapanpun. Ya, setiap bulan adalah waktu terbaik. Namun, jika kamu sudah memiliki daftar lokasi yang ingin kamu tuju di Jepang, simak jadwal musim di Jepang berikut ini.

Musim semi di Jepang berlangsung dari bulan Maret hingga Juni. Ini adalah momen dimana sakura merekah cantik. Tak heran, biaya liburan biasanya meningkat pada musim ini. Sementara itu, musim panas terjadi selama bulan Juni hingga September. Pada musim ini, gunung Fuji dibuka untuk para wisatawan yang ingin mendaki.

Musim gugur di bulan September hingga Desember merupakan momen emas bagi kamu untuk pergi ke Kyoto. Pelangi yang cantik di sana akan menghipnotis mata kamu. Sementara, musim gugur di bulan Desember hingga Maret merupakan waktu terbaik untuk melihat monyet salju di Jigokudani.

Jadi, ada baiknya kamu menyusun daftar lokasi yang ingin kamu tuju dulu. Siapkan lokasi-lokasi terbaik dalam liburan kamu. Setelah itu, sesuaikan dengan waktu yang tepat untuk mewujudkan liburan impian kamu di Jepang. 

Hal yang Menarik Dilakukan di Jepang

Ada banyak sekali hal menarik yang wajib kamu lakukan di negeri matahari terbit ini. Dari wisata yang memacu adrenalin sampai menikmati kehidupan malam, semua dapat kamu lakukan di Jepang. Intip hal-hal menarik tersebut di bawah ini.

Mendaki Gunung Fuji

Jika jiwa petualang menggeliat, mendaki gunung Fuji merupakan salah satu kegiatan yang dapat kamu lakukan di Jepang. Persiapkan diri kamu mendaki gunung tertinggi di Jepang ini dan datanglah saat musim panas tiba dimana jalur pendakian dibuka untuk umum.

Kyoto Tour

Kyoto memiliki destinasi yang cukup lengkap untuk kamu sambangi. Sisihkan waktu kamu untuk menikmati hutan bambu di sini. Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi kuil Kiyomizu yang penuh nilai sejarah.

Menikmati Tokyo

Jika kamu penasaran dengan café robot di Jepang, Tokyo merupakan kota yang tepat untuk pengalaman tersebut. Selain itu, distrik Shibuya dan Shinjuku di kota ini pun tak boleh terlewatkan untuk kamu kunjungi.

Wisata Budaya di Nikko

Nikko merupakan area pegunungan di Jepang yang kaya akan nilai budaya. Shogun atau jenderal pertama Jepang disemayamkan di sini. Selain itu, kamu juga bisa melakukan berbagai aktifitas outdoor seperti mendaki atau berkayak. Pemandangan disini juga sangat indah.

Mengelilingi Osaka

Menikmati hingar bingar kehidupan malam di Jepang dapat dilakukan di Namba, salah satu area di Osaka. Namun, jika kamu ingin berbelanja, Osaka pun memiliki Umeda yang dapat kamu kunjungi. Umeda memiliki pusat perbelanjaan bawah tanah yang sangat luas. Jika tidak berhati-hati, kamu bisa tersesat di sana.

Bermalam di Ryokan

Tak lengkap rasanya pergi ke Jepang tanpa merasakan Ryokan. Ryokan merupakan tempat penginapan tradisional Jepang dengan tatami dan futon  di dalamnya. Nuansa Jepang yang sangat kental di dalam Ryokan tentunya akan memberikan pengalaman yang berkesan bagi kamu.

Berwisata Kuliner

Manjakan lidah kamu dengan berwisata kuliner di Jepang. Ramen, okonomiyaki, gyoza, takoyaki, soba, sushi, dan udon adalah sederet makanan yang harus kamu coba. Kedai-kedai kaki lima pun menjajakan makanan lezat ini. Pastikan kamu membuat daftar makanan Jepang paling enak ya sebelum kamu sampai di negara ini.

Baca Juga :  Pilihan Transportasi di Jepang untuk Kamu yang Doyan Traveling

Destinasi Wisata Jepang

Siapa yang tak kenal Jepang, ini adalah salah satu negara yang berhasil dan menjadi salah satu negara di Asia yang paling maju dan memiliki nama besar di dunia. Jepang bahkan memproduksi banyak sekali barang yang bisa digunakan oleh semua orang diseluruh dunia diantaranya adalah mobil, motor dan juga banyak sekali produk elektronik.

Selain maju dibidang teknologi dan ekonomi, Jepang juga terus menaikkan namanya di bidang pariwisata. Ada banyak sekali wisatawan asing yang memiliki Jepang sebagai tempat wisata tujuan mereka. Nah untuk anda yang juga memilih Jepang sebagai tujuan wisata. Berikut adalah rekomendasi Tempat Wisata yang bisa menjadi pilihan anda diantaranya adalah :

Tokyo Disneyland

Sebenarnya tidak berbeda dengan konsep Disneyland yang ada di negara lain, Tokyo Disneyland juga memberikan hiburan taman rekreasi dengan konsep Disney. Selain itu, anda juga bisa menyaksikan banyak wahana permainan dengan tema film yang diproduksi oleh Walt Disney. Disneyland adalah salah satu tempat wisata yang ada di Disneyland yang sama Family Friendly sehingga jika anda berencana membawa keluarga maka ini adalah salah satu pilihan yang tepat untuk anda. 

Tokyo Disneysea

Sebenarnya masih dibawah naungan yang sama dengan Tokyo Disneyland, salah satunya Disneysea adalah salah satu destinasi wisata atau taman wisata yang juga memiliki tema disney. Jika Disneyland sendiri mengungguli wahana wisata di daratannya, sedangkankan untuk Disneysea lebih mengusung konsep air.

Disneysea biasanya lebih menargetkan pengunjung untuk remaja hingga dewasa. Tapi hal ini bukan berarti anak kecil tidak boleh masak. Namun anda bisa mengunjunginya jika keluarga dan menikmati keseruan liburan ke tempat wisatanya. Karena ada banyak sekali destinasi yang bisa anda pilih. 

Hiroshima Peace Memorial

Ini adalah salah satu destinasi wisata yang merupakan lokasi khusus untuk anda yang ingin mengenang tragedi bom atom di kota Hiroshima. Sebenarnya sebelum terjadi bom atom ini, Hiroshima sendiri adalah salah satu kawasan pusat bisnis dan politik. Disini anda bisa melihat pemandangan yang sangat kontras di taman dengan seluas kurang lebih 120.000 m2.

Selain itu, taman luas ini dikelilingi gedung yang bertingkat dan menjadi salah satu objek wisata Jepang yang paling menarik untuk dikunjungi bukan hanya untuk warga sekitar namun juga wisatawan yang datang ke Jepang. Uniknya disini anda bisa melihat beberapa sisa – sisa dari bangunan yang masih berdiri walaupun pernah di bom atom kalah itu.

Fujiko F Fujio Museum

Jika anda adalah salah seorang penggemar dari tokoh kartun Doraemon, maka anda bisa ke Fujiko F Fujio Museum untuk melihat dan menyentuh Doraemon. Dimana dalam museum ini juga terdapat diorama dimana ada patung dari Doraemon dan teman – teman berpose di ruangan yang memang sudah sangat dikenal oleh pencetanya seperti kamar nobita, lapangan bermain dan pipa besar.

Di museum ini juga terdapat P Man yang juga merupakan salah satu karakter lain dari Fujiko F Fujio. Setelah anda puas berkeliling museum, anda juga bisa mencicipi khas di tempat wisata. Ada restoran di museum dengan tema Doraemon. Anda bisa memesan kue dorayaki dan makanan lainnya yang berwajahkan Doraemon. 

Yokohama Raumen Museum

Ada banyak sekali makanan di Jepang yang menjadi favorite anda, karena semua kuliner di Jepang super lezat. Dan salah satu kuliner yang paling banyak disukai adalah ramen. Di Jepang ada satu tempat ramen yang terlezat dan terenak namanya Yokohama Raumen Museum. Disini anda tidak hanya bisa menikmati ramen yang lezat dari olahan chef namun anda juga akan diajak untuk mengenal sejarah dari ramen yang ada di Jepang.

Yokohama Raumen Museum memiliki beberapa ruangan, ada ruangan khusus yang berisikan dengan informasi mengenai sejarah dan juga bagaimana perkembangan dari ramen itu sendiri. Ada juga ruangan yang berisikan replika kota Shitamachi yang  mana ini merupakan salah satu kota memulai sejarah ramen di Jepang. Selain itu, ada setidaknya 9 restoran yang tersedia di tempat ini yang merupakan restoran terbaik yang ada di Jepang. Untuk anda yang ingin mencicipi semua menu ramen di tempat ini dan takut kenyang. Anda tak perlu khawatir karena tersedia juga porsi mini ramen. Walaupun mini tapi ini tidak sama sekali mengurangi rasa nikmat dari ramen yang disajikan. 

Zoorasia

Ini adalah salah satu kebun binatang di Jepang yang menjadi salah satu tempat paling menarik karena merupakan salah satu kebun binatang yang terbesar dan terawat yang ada di Jepang. Di Kebun binatang ini juga terbagi menjadi beberapa zona sehingga saat anda akan ke Zooasia ada baiknya untuk melihat panduan wisata Jepang terlebih dahulu.

Setelah semua zona sudah anda masuki, maka anda bisa beristirahat di restoran yang tersedia di tempat ini. Disini tersedia beberapa jenis hidangan yang sangat lezat. Jika anda membawa anak tak perlu khawatir mereka menjadi bosan, karena di zooasia juga tersedia taman bermain dengan konsep satwa yang benar – benar sangat menarik untuk anda coba. 

Golden Pavilion

Golden pavilion merupakan salah satu kuil Buddha paling populer yang ada di Jepang. Ini adalah salah satu tempat wisata yang awalnya dikenal sebagai tempat peristirahatan. Namun dengan berkembangnya zaman saat ini kuil ini menjadi salah satu destinasi wisata Jepang yang paling banyak dikunjungi baik itu wisatawan domestik maupun asing.

Golden Pavilion memiliki bagian atap dengan warna emas. Selain itu, anda bisa melihat jika Golden Pavilion ini memiliki arsitektur kuni khas Jepang. Disini anda juga berkesempatan untuk bisa menikmati teh panas di Tea Garden yang lokasinya berada di kawasan wisata ini. Untuk anda yang ingin membeli souvenir anda akan menemukannya di toko souvenir yang tersedia. 

Baca Juga :  Panduan Wisata Singapura : Surga Belanja Dengan Atraksi Spektakuler

Jigokudani Monkey Park

Ada hal unik yang bisa anda temukan saat ke Jigokudani Monkey Park ini, disini anda akan melihat monyet liar berendam di sumber air panas. Kawasan sebenarnya adalah habitat asli dari monyet khas Jepang yang biasanya lebih dikenal dengan nama Snow Monkey.

Disini anda juga bisa melihat monyet secara dekat dan mereka tidak akan merasa terganggu dengan kehadiran anda. Walaupun anda bisa melihat monyet berendam setiap harinya, namun waktu yang paling pas jika anda ingin melihat lebih unik adalah pada museum salju, karena putih salju membuat kolam pemandian ini makin cantik. 

Gunung Fuji

Mungkin anda sudah sudah tidak asing lagi dengan Gunung fuji yang memiliki ketinggian 3.776 m ini. Ini adalah salah satu gunung yang populer di Jepang dan juga merupakan Gunung tertinggi. Pada saat cuaca cerah, anda bisa melihat Gunung fuji dari Tokyo dan Yokohama. Namun ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk menikmati keindahan dari gunung fuji ini yaitu anda bisa naik kereta dari Tokyo ke Osaka maka anda akan menikmati keindahan dari gunung fuji.

Tips dan Trik Berwisata di Jepang

Berwisata ke negara lain terkadang membutuhkan tips dan tricks tertentu demi tercapainya liburan yang menyenangkan. Nah, di bawah ini ada beberapa tips dan tricks yang dapat kamu terapkan dalam liburanmu di Jepang. Simak ulasannya berikut ini.

  • Jika kamu memiliki dana terbatas namun ingin menghadiahi seseorang dengan souvenir dari Jepang, cobalah berbelanja di toko serba 100 Yen di sana. Barang-barang yang dijual beragam dan cukup unik.
  • Mengunjungi izakaya atau bar ala Jepang mungkin akan menjadi pengalaman berkesan dalam liburanmu. Namun, pastikan kamu cukup dewasa dan bijak ya selama kamu meminum minuman beralkohol di izakaya ini.
  • Jepang memiliki budaya menunduk yang bertujuan untuk menghormati lawan bicara. Kamu dapat membiasakan diri kamu untuk berbaur dalam budaya tersebut lho.
  • Kota-kota di Jepang merupakan kota yang sibuk namun efektif. Jangan kaget jika orang-orang di sana berjalan sangat cepat. Ikuti arusnya dengan baik agar kamu tidak kebingungan.
  • Keamanan di Jepang terbilang sangat baik. Namun, kamu harus tetap menjaga barang-barang pribadi kamu dengan cekatan.
  • Toilet di Jepang sangat bersih dan dilengkapi berbagai tombol canggih untuk menyiram toilet. Ada baiknya kamu mempelajari tentang tempat umum ini sebelum kamu pergi ke Jepang.
  • Jangan membuang sampah dan merokok sembarangan di negara ini. Tindakan tersebut dilarang keras. Jika kamu belum menemukan tempat sampah, bawalah sampah tersebut sampai kamu menemukan tempat sampah. Selain itu, kamu harus merokok di tempat yang memang disediakan untuk itu.
  • Budaya makan sambil berjalan tidaklah umum di Jepang. Jika kamu ingin makan, kamu harus duduk di café atau restoran tempat kamu membeli makanan.
  • Memberi tip di Jepang bukanlah hal yang dapat kamu lakukan. Kamu bahkan dapat dianggap menghina jika kamu memberikan tip pada pelayan restoran atau petugas hotel di sana.
  • Melepas alas kaki merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum memasuki rumah orang di Jepang. Jangan sampai kamu membawa sepatu atau sandal kamu masuk ya.
  • Ada baiknya kamu membaca beberapa buku tentang wisata di Jepang sebelum kamu mendarat di Narita. Buku-buku seperti ‘Rice, Noodle, Fish’ karya Matt Goulding atau ‘Discover Japan’ oleh Lonely Planet merupakan buku yang direkomendasikan untuk panduan lengkap berwisata di negeri ini.

Tanya Jawab

Apakah kartu kredit diterima di semua tempat di Jepang?

Walaupun di banyak toko saat ini sudah menerima penggunakan kartu kredit yang diterbitkan oleh Visa, MasterCard dan American Express akan tetapi Jepang tetaplah sebuah negara yang memiliki budaya pembayaran tunai yang kuat. Tidak ada salahnya menyiapkan uang tunai karena hanya ini alat pembayaran yang tidak akan ditolak dibelahan tempat manapun di Jepang.

Kapan musim liburan atau peak season dimulai di Jepang?

Jepang memiliki beberapa musim liburan dengan rentang jarak yang jauh antara satu dan lainnya. Pertama terdapat liburan akhir tahun dan tahun baru dari 25 Desember hingga 4 Januari. Kedua ada Golden Week yang dimulai dari tanggal 29 April dan berakhir pada 5 Mei. Terakhir ada Summer Bon Holiday`atau festival liburan musim panas Obon yang ada di tanggal 15 Agustus.

Ada rekomendasi tempat yang harus dikunjungi untuk turis yang pertama kali ke Jepang?

Untuk kamu yang baru pertama kali datang ke Jepang kami merekomendasikan menjelajah Tokyo dan dua kota sekitarnya yaitu Nikko dan Hakone. Jika kamu sudah puas melihat semua tempat di 3 kota tersebut kamu dapat pergi ke kota berikutnya yaitu Kyoto dan Nara yang populer dengan wisata budayanya.

Apakah pergi ke Jepang kita harus mendapatkan vaksinasi dulu?

Tidak, kamu tidak perlu mendapatkan vaksinasi apapun untuk berangkat ke Jepang.

Apakah banyak orang bisa bahasa Inggris?

Walaupun bahasa Inggris masuk kurikulum pendidikan dasar di Jepang namun Bahasa Inggris orang Jepang akan cukup bikin kamu pusing. Mungkin karena aksennya atau cara pengucapannya namun pada intinya berkomunikasi dalam bahasa Inggris tidak akan mudah kecuali kamu berada di area turis.

Bagaimana cara berkomunikasi dengan penduduk setempat?

Karena bahasa Inggris tidak bisa menjadi pegangan kamu selama berwisata ke Jepang maka kamu hanya bisa mengandalkan pada aplikasi penerjemah seperti Google Translate. Google Translate akan menjadi penyelamat kamu ketika kesulitan mengartikan kata-kata atau menerangkan maksud kamu. Fitur photo translation aplikasi ini juga akan membantu kamu menerjemahkan tulisan secara live cukup arahkan kamera smartphone kamu ke tulisan Jepang yang terlihat.

Kesimpulan

Sekali dalam hidupmu jika ada kesempatan sebaiknya jangan lewatkan mengunjungi negara indah ini. Kekayaan budaya, kemajuan teknologi, dan penghargaan negeri ini terhadap sejarah negaranya akan menjadi sebuah pemandangan yang unik dan menarik dan akan membuatmu semakin menghargai perbedaan dan mencintai negerimu sendiri.

Berita Menarik Lainnya
Pasar Chatuchak : Berburu Barang Seni di Weekend Market Bangkok
Pasar Chatuchak : Berburu Barang Seni di Weekend Market Bangkok
error: Kontent dilindungi !!