Jewel Changi Airport : Taman Indoor Instagrammable di Bandara Singapura

Jewel Changi Airport : Taman Indoor Instagrammable di Bandara Singapura

Last updated:

Meskipun namanya merujuk pada sebuah bandara, namun Jewel Changi Airport lebih dari sebuah bandara dimana pesawat terbang datang dan pergi. Jewel Changi Airport adalah sebuah kompleks dengan luas area mencapai 135700 meter persegi.

Kompleksnya mencakup berbagai fasilitas airport, taman dalam ruangan yang luas, hotel dengan 130 kamar, dan juga sekitar 280 lapak berbagai macam barang serta makanan dan minuman. Sebuah ide yang luar biasa dengan menggabungkan bandara dengan berbagai hal pendukung kegiatan wisata yang tentunya akan meningkatkan daya tarik wisatawan untuk datang ke Singapura.

Sekilas Tentang Jewel Changi Airport

Secara umum sebutan Jewel itu sendiri mengacu pada kompleks yang dibangun mulai pada tahun 2014 tersebut. Changi Airport menjadi patokan pembangunan kompleks tersebut yang lokasinya juga memang berada di area yang dulunya adalah Terminal 1 dari Changi Airport. Proyek pembangunannya menghabiskan dana hingga 1,26 triliun Dolar Amerika yang ditangani oleh arsitek Moshe Safdie. Nama tersebut tentu sudah tidak asing lagi karena dia juga yang menggarap Marina Bay Sands Integrated Resort, Pearson International Airport Terminal 1 di Kanada, dan National Art Museum di Tiongkok.

Bermula dari adanya peningkatan yang signifikan dalam jumlah penumpang pada penerbangan – penerbangan yang melalui Changi Airport, berbagai proyek untuk menambah ruang agar kapasitas jumlah penumpang atau pengunjung bisa bertambah dilakukan. Pada akhirnya proyek Jewel dimulai dan diharapkan mampu menampung lebih banyak penumpang dan pengunjung yang memilih Singapura sebagai tujuan wisata mereka.

Fitur – Fitur Menarik di Jewel Changi Airport

Selain sebagai bandara dengan fungsi utamanya sebagai tempat pengunjung berdatangan, adanya Jewel di Changi Airport sangat memanjakan pengunjung dengan berbagai fiturnya. Tidak banyak kompleks seperti Jewel Changi Airport ini bisa ditemukan dengan banyak hal terintegrasi dengan rapi sehingga pengujung tidak perlu pusing mencari ini dan itu.

Pertokoan Trendy Jewel Changi Airport

Siapkan Uang Dollar Singapore milikmu karena di tempat ini salah satu fitur menariknya yang juga sudah disebutkan di awal adalah adanya sekitar 280 lapak berbagai barang dan juga makanan serta minuman. Mereka yang membuka toko di Jewel tidak hanya berupa pelapak kecil melainkan terdapat juga merk – merk internasional yang memang sudah mendunia.

Bahkan disana bisa ditemukan banyak toko dari merk terkenal di dunia yang baru pertama buka cabang di Singapura. Sebut saja nama – nama seperti Lavender, JW360, Emack & Bolio’s, Pokemon Center Singapore, serta OYSHO. Menariknya ada juga merk lokal Singapura yang buka toko disana seperti Supermama, In Good Company, serta Tiger Street Lab.

Pusat Jajanan Premium

Selain adanya toko yang menjual berbagai barang, banyak juga kios penjual makanan dan minuman. Nama Shake Shack tentu sudah sangat terkenal karena merupakan gerai makanan cepat saji pertama yang berasal dari New York, Amerika Serikat. Gerai Shake Shack bisa ditemukan di Jewel.

Selain itu Laderach dari Swiss yang menjajakan coklat premium serta Burger and Lobster dari London serta Pink Fish juga ada di Jewel. Pink Fish merupakan gerai seafood cepat saji yang pertama di dunia. Intinya, jewel menyediakan tempat bagi para penikmat makanan dan para pemburu barang yang tidak harus ke lokasi asal merk – merk dan nama – nama terkenalnya.

Baca Juga :  Gardens By The Bay Singapura Keajaiban Dunia Botani di Negeri Singa Putih

Restoran Halal

Bagi pengunjung yang muslim ada juga beberapa restoran yang memiliki sertifikasi halal. So Pho, Saap Saap Thai, Earle Swensens, Commons, dan El Fuego by Collin’s semua memiliki gerai di Jewel yang menjajakan makanan halal. Tentu gerai – gerai tersebut juga menambah pilihan makanan dan minuman yang akan sangat memanjakan para penikmat dan pecinta kuliner dari seluruh dunia.

Taman Indoor

Fitur menarik lainnya dari Jewel Changi Airport adalah adanya taman dalam ruangan yang paling luas di dunia beserta air terjun dalam ruangan yang tertinggi di dunia. Sekarang ini memang di beberapa wilayah sudah bisa ditemukan fasilitas – fasilitas atau atraksi – atraksi yang mulanya bergantung pada alam dan ada di luar ruangan namun dibuat di dalam ruangan. Salah satu contohnya yang juga terkenal adalah Ski Dubai yang merupakan fasilitas ski salju dalam ruangan seluas 22,500 meter persegi.

Suasana Jewel Changi Airport
Suasana Jewel Changi Airport

Nah, di Jewel ini dibuat sebuah taman dalam ruangan karena memang Singapura tidak memiliki banyak lahan hijau alami. Jadi sangat wajar fitur taman dalam ruangan dibuat disana seperti juga Gardens by the Bay di Marina Bay Sands. Total pepohonan yang ada di taman dalam ruangan di Jewel ini ada sekitar 2000 dengan total 120 spesies berbeda.

Tanaman dan pepohonan tersebut berasal dari berbagai negara di dunia termasuk Amerika Serikat, Thailand, Spanyol, Malaysia, Tiongkok, dan Australia. Berada di dalamnya sama sekali tidak terasa berada di sebuah taman dalam ruangan karena desain dan konstruksi yang sangat luar biasa.

HSBC Rain Vortex

Melengkapi taman yang sangat rindang di Jewel terdapatlah HSBC Rain Vortex yang merupakan air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia. Posisinya tepat berada di tengah kompleks Jewel dimana sekelilingnya adalah 2000 pepohonan yang sudah disebutkan tadi. Tingginya mencapai 40 meter dengan desain yang luar biasa indah.

Baca Juga :  Wings of Time : Pertunjukan Visual yang Memanjakan Mata
Rain Vortex di Jewel Changi Airport
Rain Vortex di Jewel Changi Airport

Sangat ironis rasanya ketika negara seperti Singapura yang luas wilayahnya kecil dan tidak banyak memiliki permukaan tanah alami justru membuat taman – taman dalam ruangan yang indah. Sementara ada negara lain yang masih memiliki banyak wilayah pepohonan justru semakin berkurang kawasan hijaunya karena pembukaan lahan untuk berbagai keperluan.

Hotel Transit

Satu lagi fitur menarik yang ditawarkan oleh Jewel Changi Airport adalah hotel dengan 130 kamar dengan pilihan tipe kamar yang berbeda. Tersedia pilihan Family, Accessible, dan Premium yang bisa disesuaikan dengan berbagai hal. Nah bagi yang sedang transit namun memang merasa sangat lelah dan butuh istirahat bisa memesan kamar di hotel ini. Durasi minimal pemesanan kamarnya adalah 4 jam saja yang berarti bisa sangat pas bagi yang penerbangannya harus transit di Changi.

Namun jika transitnya hanya sebentar cukup menghabiskan waktu di Changi Lounge saja. Changi Lounge menyediakan 150 kursi bagi penumpang transit yang hanya singkat saja berada di Changi atau yang memang tidak ingin kemana – mana selagi transit. Kamar mandi dan berbagai fasilitas tanpa batas seperti listrik dan akses internet bisa dipergunakan tanpa biaya sama sekali.

Kesimpulan

Transit biasanya menjadi hal yang membosankan dan dihindari oleh para penumpang pesawat terbang. Namun tidak demikian ketika transitnya di Changi Airport. Ketika waktu transitnya cukup lama tentu saja bisa menikmati wilayah Jewel dengan berbagai keunggulannya.

Menurut Hung Jean yang merupakan petinggi dari pengelola Jewel Changi Airport Development, Jewel akan menjadi tempat dimana Singapore Meets the World dan The World Meets Singapore. Setiap tahunnya diprediksi akan ada hingga 20 juta pengunjung asing dari seluruh dunia yang datang ke Jewel. Hal tersebut sangat mungkin karena memang dalam Jewel Changi Airport semuanya sudah disediakan bagi siapa saja dengan kebutuhan yang berbeda – beda.

Berita Menarik Lainnya
Mata Uang Malaysia Ringgit
Mata Uang Malaysia Ringgit dengan Kode MYR dan Simbol RM
error: Kontent dilindungi !!