Kalender 2020 Indonesia : Libur Nasional, Long Weekend, dan Cuti Bersama

Kalender 2020 Indonesia : Libur Nasional, Long Weekend, dan Cuti Bersama

Memasuki bulan-bulan terakhir di tahun 2019, beberapa orang sudah tidak sabar untuk melihat kalender tahun mendatang, yakni tahun 2020. Mereka ingin segera mengetahui tanggal berapa saja pemerintah menetapkan tanggal merah di kalender baru tersebut. Hal ini dapat menjadi acuan untuk mengajukan cuti di tempat kerja demi berliburan bersama keluarga.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu juga menanti daftar tanggal merah di kalender tahun depan yang tinggal menghitung hari lagi? Simak ulasan tentang tanggal-tanggal favorit bagi seluruh warga Indonesia tersebut di bawah ini.

Kesepakatan Pemerintah Mengenai Kalender 2020

Bagi kamu yang menunggu-nunggu kepastian kalender 2020 dari pemerintah, tak perlu khawatir. Pemerintah kita sudah menentukan hari libur dan cuti bersama untuk tahun mendatang. Kesepakatan tersebut sudah ditetapkan melalui rapat yang diadakan pada tanggal 27 Agustus 2019 di gedung Kemenko PMK di Jakarta.

Rapat tersebut dihadiri oleh beberapa menteri. Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri datang dalam rapat tersebut. Syafruddin selaku Menteri PAN-RB turut pula hadir. Puan Maharani selaku pimpinan bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) sekaligus tuan rumah tentunya juga hadir dalam rapat penting tersebut.

Para Menteri di atas menetapkan akan ada libur nasional sebanyak 16 hari di tahun 2020 dan juga 4 hari cuti bersama. Keputusan tersebut ditetapkan berdasarkan beberapa aturan yang berlaku. Aturan tersebut diantaranya adalah Peraturan Pemerintah No. 24 tahun 1976 tentang cuti PNS, Keputusan Presiden No. 3 tahun 1983 tentang hari libur nasional, Peraturan Presiden No. 7 tahun 2015 tentang organisasi kementerian negara, dan Peraturan Pemerintah No. 11 tahun 2017 tentang manajemen pegawai sipil negara.

Baca Juga :  10 Oleh-oleh Malaysia, dari Dodol Malaysia hingga Kain Batik Lokal

Libur Nasional Tahun 2020

Libur nasional yang ditandai dengan warna merah pada angka tanggal merupakan hal yang dinantikan oleh banyak orang. Para pegawai kantor, guru, dan para pelajar di seluruh Indonesia sangat memfavoritkan tanggal tersebut. Untuk tahun 2020, libur nasional kebanyakan tersebar di hari senin hingga jumat.

Berikut daftar hari libur yang tersedia di tahun tersebut

TanggalHariKeterangan
1 JanuariRabuTahun Baru 2020 Masehi
25 JanuariSabtuTahun Baru Imlek 2571 Kongzili
22 MaretMingguIsra Mikraj Nabi Muhammad SAW
25 MaretRabuHari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1912
10 AprilJumatWafat Isa Al Masih
1 MeiJumatHari Buruh Internasional
7 MeiKamisHari Raya Waisak 2564
21 MeiKamisKenaikan Isa Al Masih
24-25 MeiMinggu-SeninHari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah
1 JuniSeninHari Lahir Pancasila
31 JuniJumatHari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah
17 AgustusSeninHari Kemerdekaan Republik Indonesia
20 AgustusKamisTahun Baru Islam 1442 Hijriyah
29 OktoberKamisMaulid Nabi Muhammad SAW
25 DesemberJumatHari Raya Natal

Dari total 16 hari libur nasional, hanya 3 hari yang berada di akhir pekan, baik sabtu ataupun minggu. 13 hari sisanya semua berada di hari kerja. Dengan kata lain, akan ada 13 hari dimana para pegawai, guru, maupun pelajar tidak perlu pergi ke tempat mereka kerja atau menuntut ilmu.

Di bulan Januari, terdapat 2 hari libur, yaitu tanggal 1 dan 25. Keduanya merupakan libur tahun baru masehi dan tahun baru imlek. Sayangnya, bulan Februari tidak ada libur nasional sama sekali. Tanggal merah baru akan ada lagi di bulan Maret sebanyak 2 hari, yaitu tanggal 22 dan 25. Tanggal 22 Maret yang merupakan Isra Mi’raj nabi Muhammad SAW jatuh pada hari minggu.

Baca Juga :  Monorail Kuala Lumpur : Moda Transportasi Massal Anti Macet di Malaysia

Bulan April hanya terdapat 1 libur nasional di tanggal 10. Hari ini merupakan penghormatan bagi wafatnya Isa Almasih. Pada bulan Mei, kamu patut berbahagia karena dalam sebulan ada 5 hari libur nasional. Di bulan inilah Idul Fitri 1441 Hijriah berlangsung.

Di bulan Juni, Juli, Oktober, dan Desember masing-masing hanya ada hari 1 libur. Sementara di bulan Agustus hari libur nasional berjumlah 2 hari untuk merayakan hari kemerdekaan serta tahun baru Islam. Sama seperti Februari, bulan September pun tidak terdapat tanggal merah.  

Long Weekend di Tahun 2020

Diantara sederet libur nasional tersebut, terdapat 5 kali long weekend dalam setahun (termasuk cuti bersama). Inilah momen yang biasanya dimanfaatkan para pekerja kantoran untuk dapat berlibur sedikit lebih lama bersama keluarga. Ya, menemukan tanggal merah di hari jumat memang seperti menemukan harta karun. Simak daftar long weekend yang bisa kamu manfaatkan di bawah ini:

TanggalHariKeterangan Libur
10 April – 12 AprilJumat – MingguWafat Isa Almasih
1 Mei – 3 MeiJumat – MingguHari Buruh Internasional
22 Mei – 27 MeiJumat – RabuCuti bersama Idul Fitri 1441 Hijriah
31 Juli – 2 AgustusJumat – MingguHari raya Idul Adha 1441 Hijriah
24 Desember – 27 DesemberKamis – MingguCuti Bersama Hari raya Natal

Cuti Bersama di Tahun 2020

Untuk cuti bersama di tahun 2020 mendatang, pemerintah menetapkan total 4 hari untuk libur. 4 hari tersebut dialokasikan bagi 2 hari raya besar, yaitu Idul Fitri dan juga Natal. 3 hari cuti bersama berada di bulan Mei dengan alokasi 1 hari sebelum dan 2 hari setelah lebaran. Sementara 1 hari cuti bersama berada di tanggal 24 Desember, sehari sebelum Natal.

Baca Juga :  11 Oleh-oleh Khas Jepang : Ragam Buah Tangan dari Tokyo Banana hingga Origami

Kesimpulan

Hari libur memang hari yang ditunggu-tunggu oleh siapapun. Total 20 hari libur di tahun 2020 bisa kamu manfaatkan untuk bersantai di rumah atau berliburan dengan keluarga. Gunakan informasi jadwal liburan 2020 ini sebaik-baiknya dan rencanakan jadwal cuti kamu mulai dari sekarang.

Berita Menarik Lainnya
Kuil Meiji : Kuil Shinto Tempat Pernikahan Pengantin di Jepang
Kuil Meiji : Kuil Shinto Tempat Pernikahan Pengantin di Jepang
error: Kontent dilindungi !!