Kawaguchiko : Menyaksikan Pantulan Pemandangan Gunung Fuji di Danau Kawaguchi
Foto: www.shutterstock.com

Kawaguchiko : Menyaksikan Pantulan Pemandangan Gunung Fuji di Danau Kawaguchi

Jepang dan Gunung Fuji adalah dua entitas yang sangat tidak terpisahkan. Gunung tinggi ini bukan hanya dikenal oleh seluruh warga Jepang, tapi juga oleh warga dunia. Bahkan, Gunung Fuji pun seringkali menyaingi bunga sakura untuk menjadi ikon negeri ini.

Di sekitar kaki Gunung Fuji yang tersohor tersebut terdapat danau-danau indah yang menjadi destinasi warga lokal dan juga wisatawan mancanegara. Terdapat total 5 danau yang dapat dikunjungi masyarakat umum yang dikenal juga dengan sebutan Danau Fuji Five. Pemandangan alam di sekitar danau yang sangat indah menjadikan danau ini jarang sepi pengunjung.

Diantara kelima danau yang tersebar di kaki Gunung Fuji, danau Kawaguchiko dikenal sebagai danau yang tercantik. Danau ini memiliki air yang sebiru air laut. Berada di sekitar danau ini, kamu akan dapat menangkap lanskap Gunung Fuji dengan jelas.

Ada banyak sekali hal menarik yang dapat dilakukan di danau Kawaguchiko. Kamu tidak hanya dapat menikmati airnya yang biru dan jernih, tapi kamu juga dapat melakukan berbagai aktivitas lain di danau ini. Berikut rangkuman informasinya untuk kamu.

Danau Kawaguchiko: Danau Indah di Kaki Gunung Fuji

Danau Kawaguchiko merupakan sebuah danau yang secara geografis terletak di Prefektur Yamanashi, tepatnya di distrik Fuji-go-ko. Danau ini merupakan danau terluas ke dua diantara daftar Danau Fuji Five. Peringkat pertama danau terluas dipegang oleh danau Yamanakako. Meskipun demikian, danau Kawaguchiko memiliki garis pinggir danau paling panjang diantara 4 danau lainnya.

Walaupun terletak 800 meter di atas permukaan laut, danau Kawaguchiko memiliki akses yang sangat mudah bagi siapapun yang ingin datang ke sini. Tak mengherankan, karena mudahnya akses tersebut, danau ini merupakan danau yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Danau ini pun merupakan danau yang paling berkembang di kaki Gunung Fuji.

Baca Juga :  Hakone : Wisata di Kapal Bajak Laut dengan Pemandangan Gunung Fuji

Danau Kawaguchiko banyak dijadikan lokasi bagi pengunjung yang ingin memandang keindahan Gunung Fuji dari kejauhan. Ujung timur danau Kawaguchiko merupakan spot yang tepat untuk melakukan hal tersebut. Namun, tidak setiap hari gunung ini terlihat jelas dari danau Kawaguchiko. Jika kamu ingin melihat Gunung Fuji tanpa terhalang apapun, datanglah pagi hari ke danau ini sebelum pukul 9 atau pada sore hari. Pada siang hari, biasanya banyak awan yang menghalangi pandangan.

Danau Kawaguchiko pun memiliki daya tarik di air danaunya yang sebiru air laut dan jernih. Pada saat cuaca cerah dan tidak banyak awan, kamu akan dapat melihat pantulan Gunung Fuji dengan sempurna di air danau ini. Orang Jepang menyebutnya dengan Sakasa-Fuji atau Gunung Fuji terbalik.

Hal Menarik di Sekitar Danau Kawaguchiko

Selain akses yang sangat mudah, danau Kawaguchiko memiliki banyak penggemar dan pengunjung karena banyaknya hal menarik yang dapat dilakukan di sekitar danau. Apa saja hal yang dapat dilakukan di danau kaki gunung ini? Berikut ini 7 hal menarik yang dapat kamu lakukan di sekitar danau Kawaguchiko.

Mengunjungi Kawaguchiko Music Forest

Kawaguchiko Music Forest merupakan sebuah museum yang terletak di hutan tak jauh dari danau Kawaguchiko. Museum ini memiliki koleksi yang lengkap mulai dari kotak musik hingga berbagai alat musik. Bagi kamu pecinta musik, tempat ini akan menjelma menjadi surga di kaki gunung.

Kawaguchiko : Menyaksikan Pantulan Pemandangan Gunung Fuji di Danau Kawaguchi
Kawaguchiko Music Forest

Kawaguchiko Music Forest memiliki taman yang sangat rapi dengan tatanan ala taman-taman di Eropa. Pada musim semi, kamu dapat menikmati keindahan bunga sakura di taman ini. Di Jepang, kegiatan menikmati sakura sambil duduk-duduk di bawah pohon disebut dengan hanami. Museum ini dapat kamu kunjungi setiap hari dari pukul 09.30 hingga 17.30 waktu setempat. Tiket masuknya seharga 1500 Yen.

Baca Juga :  10 Makanan Khas Jepang yang Bisa Kamu Coba saat Jalan-jalan ke Negara Nippon

Melihat ‘Momiji Tunnel’ 

Kawaguchiko : Menyaksikan Pantulan Pemandangan Gunung Fuji di Danau Kawaguchi
Momiji Tunnel

Jika kamu pergi ke danau Kawaguchiko pada saat musim gugur, kamu tidak boleh melewatkan ‘momiji tunnel’ dalam kunjungan kamu. Momiji adalah daun-daun maple yang berubah warna menjadi kecoklatan dan berguguran di Jepang. Di Kawaguchiko, Koyo Tunnel adalah spot terbaik untuk menyaksikan keindahan warna Momiji. Di kawasan ini, Momiji biasanya dapat kamu nikmati dari tanggal 1 hingga 24 November.

Menikmati Festival Kembang Api

Kawaguchiko : Menyaksikan Pantulan Pemandangan Gunung Fuji di Danau Kawaguchi
Festival Kembang Api

Pergi ke danau Kawaguchiko pada musim dingin pun kamu masih tetap dapat menikmati hal menarik di kaki Gunung Fuji ini. Setiap akhir pekan di musim dingin, Oike Park di dekat danau Kawaguchiko mengadakan festival kembang api yang dapat dinikmati oleh siapapun. Udara musim dingin yang bersih menjadikan kembang api tampak lebih jelas dan cantik. Jangan lupa untuk membungkus badan kamu dengan pakaian tebal karena suhu di sekitar danau Kawaguchiko saat musim dingin dapat membuatmu menggigil. 

Mengelilingi Danau Kawaguchiko

Bagi kamu yang merasa kurang lengkap pergi ke danau Kawaguchiko tanpa mengelilinginya, terdapat 2 cara untuk melakukan hal tersebut. Yang pertama yaitu dengan berjalan kaki menyusuri pinggiran danau ini. Siapkan saja kaki kamu karena danau ini lumayan luas untuk kamu susuri dengan kaki.

Kawaguchiko : Menyaksikan Pantulan Pemandangan Gunung Fuji di Danau Kawaguchi
Danau Kawaguchiko

Cara kedua yaitu dengan berkeliling di atas danau menggunakan kapal. Kapal wisata En Soleil siap mengantar kamu menikmati pemandangan Gunung Fuji dari atas air danau Kawaguchiko. Kapal ini dapat kamu temui di pelabuhan yang terletak di 4034 Funatsu. Wisata selama 20 menit di atas kapal tersebut dihargai dengan 930 Yen untuk dewasa dan 470 Yen untuk anak-anak. 

Memancing di Danau Kawaguchiko

Bagi kamu yang hobi memancing, kamu dapat mencoba melakukan hobi tersebut di danau Kawaguchiko. Tidak perlu repot membawa perlengkapan memancing kamu karena semua sudah tersedia di sini. Kamu hanya perlu membayar 1000 Yen untuk pengalaman memancing di lokasi eksotis ini.

Menaiki Kereta Ropeway Kachi-Kachi Yama

Kawaguchiko : Menyaksikan Pantulan Pemandangan Gunung Fuji di Danau Kawaguchi
Ropeway Kachi-Kachi Yama

Jika melihat Gunung Fuji dari tepi danau atau di atas kapal En Soleil dirasa belum cukup dekat bagi kamu, maka kereta Ropeway Kachi-kachi Yama adalah jawabannya. Kamu akan dibawa ke ketinggian 1075 meter di atas permukaan laut. Gunung Fuji dan danau Kawaguchiko akan tampak sangat indah dari ketinggian ini. Layanan kereta ini dibuka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 17.20 dengan sedikit perbedaan waktu di musim tertentu. Harga tiketnya adalah 800 Yen untuk pulang pergi dan 450 Yen untuk sekali jalan. Stasiun kereta ini terletak di utara stasiun Kawaguchiko.

Baca Juga :  Kuil Meiji : Kuil Shinto Tempat Pernikahan Pengantin di Jepang

Berendam Air Panas

Lelah dalam melakukan wisata di sekitar danau Kawaguchiko dapat kamu hempaskan dengan berendam di air panas. Pemandian air panas atau onsen ini dapat kamu temukan di beberapa penginapan atau pemandian umum di sekitar danau. Harga yang harus kamu bayar untuk menikmati fasilitas ini kurang lebih 1.200 Yen.

Akses Menuju Danau Kawaguchiko

Danau Kawaguchiko dapat kamu tuju dengan menggunakan kereta ataupun bis. Dengan kereta, kamu dapat menaiki kereta ekspres dari Shinjuku Station menuju Kofu lalu turun di Otsuki Station. Di sini, kamu akan harus pindah kereta ke Fuji Express untuk sampai di stasiun Kawaguchiko. Perjalanan ini memakan waktu 2 jam 10 menit dan biaya 3.400 Yen.

Alternatif moda transportasi lain yang lebih hemat yaitu bis. Kamu dapat menaiki bis ekspres dari terminal bis ekspres yang ada di Shinjuku Station. Waktu perjalanannya sekitar 2 jam dengan kisaran biaya dari 1.750 Yen hingga 2.700 Yen tergantung jenis dan fasilitas bis yang kamu pilih.

Kesimpulan

Menikmati Gunung Fuji dari jarak dekat tentunya akan menjadi kenangan yang sangat tidak terlupakan. Danau Kawaguchiko memiliki banyak opsi menarik yang wajib kamu pertimbangkan untuk mengagumi gunung ikonik di Jepang tersebut. Mengunjungi danau ini pada musim apapun, kamu akan tetap dapat menyaksikan pemandangan cantik dan melakukan banyak hal menarik di sini.

Berita Menarik Lainnya
Kabukicho : Red Light District ala Jepang yang Mendunia
Kabukicho : Red Light District ala Jepang yang Mendunia