Kereta Gantung Langkawi : Naik Gondola Untuk Menikmati Langkawi dari Ketinggian

Kereta Gantung Langkawi : Naik Gondola Untuk Menikmati Langkawi dari Ketinggian

Malaysia merupakan negara dengan ragam destinasi wisata yang kaya. Negara ini tak henti-hentinya memberikan daya tarik yang mampu memesona para wisatawan. Selain Petronas Twin Tower dan kompleks Suria KLCC-nya yang menawan, rupanya Malaysia juga memiliki magnet cantik di sisi lain negeri ini. Langkawi Island atau Pulau Langkawi adalah destinasi yang akan membuat para pelancong semakin jatuh cinta pada Negeri Jiran.

Pulau Langkawi merupakan permata Malaysia yang terletak di perairan Selat Malaka. Pulau ini sangat terkenal akan pantai-pantainya yang cantik seperti Pantai Cenang, Pantai Tengah, dan Pantai Kok. Namun, ada satu daya tarik Langkawi yang tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke sini: kereta gantung. Simak informasi tentang wisata kereta gantung di Langkawi berikut ini.

Memanjakan Mata dengan Kereta Gantung Langkawi

Akan sangat rugi rasanya jika kamu meninggalkan Langkawi tanpa mencicipi kereta gantungnya. Kereta gantung ini akan membawamu sepanjang 2,2 kilometer penuh kesan dengan kemiringan 42 derajat. Total perjalanan 20 menit yang kamu tempuh bisa jadi merupakan pengalaman paling berharga selama kamu mengunjungi Negeri Jiran.

Yang istimewa dari kereta gantung di Langkawi adalah pemandangan yang dapat ditangkap mata Ketika berada di dalam kereta gantung. Ya, tak diragukan lagi, Langkawi adalah pulau dengan panorama alam yang sangat indah. Pantai yang cantik, hutan yang hijau dan rimbun, serta air terjun semua lengkap hadir di sini.

Terdapat 2 pemberhentian jika kamu menaiki kereta gantung ini. Dari pos awal dimana kamu menaiki gondola tersebut, kamu akan dibawa sejauh 1700 meter untuk sampai di pemberhentian pertama. Selama jarak tersebut ditempuh, kamu akan disuguhkan pemandangan hutan dan air terjun dari ketinggian. Semakin tinggi gondola tersebut membawa kamu, laut biru yang mengelilingi Langkawi akan semakin tertangkap mata.

Baca Juga :  Cara Menggunakan JR Pass di Jepang untuk Menghemat Ongkos Transportasi

Di pemberhentian pertama ini, kamu akan berada 650 meter di atas permukaan laut. Petugas akan membolehkan kamu untuk turun dan menikmati pemandangan di sana. Yang menjadi ikon dalam pemberhentian ini adalah formasi bebatuan purbakala yang berusia 500 juta tahun.

Berada di ketinggian 650 meter, angin akan menjadi teman setia kamu di sini. Pastikan kamu memakai pakaian yang agak tebal untuk melindungi badan kamu. Jangan lupa juga membawa kamera untuk mengabadikan momen kamu di sini.

Jarak dari pemberhentian pertama ke pemberhentian kedua adalah 450 meter. Pemberhentian kedua dan terakhir ini merupakan puncak Machincang, puncak gunung tertinggi kedua di Langkawi. Selama perjalanan, kamu akan melihat pemandangan alam yang semakin indah di setiap meter ketinggian yang kamu tempuh.

Puncak Gunung Machincang

Puncak Machincang merupakan pemberhentian akhir dan tertinggi dari kereta gantung yang membawa kamu dari pos terbawah. Berada di ketinggian 709 meter di atas permukaan laut tentunya akan menjadi pengalaman tak terlupakan dalam liburanmu ke Malaysia. Apalagi, selama perjalanan menuju puncak mata kamu sangat dimanjakan dengan panorama alam yang menakjubkan.

Namun, kejutan dalam perjalanan dengan kereta gantung di Langkawi tidak berhenti di situ. Justru di puncak Machincang inilah mata kamu akan semakin membelalak lebar karena keindahan alam yang kamu saksikan. Dari puncak ini, kamu akan dapat menangkap lanskap Langkawi secara keseluruhan. Kamu bahkan dapat melihat Thailand di sebelah utara dan Indonesia di sebelah barat daya.

Kejutan lainnya adalah seluruh pemandangan tersebut dapat kamu saksikan dari jembatan layang yang seolah mengelilingi puncak Machincang. Pastikan kamu mengenakan sepatu ternyaman yang kamu miliki. Jembatan layang tersebut memerlukan usaha yang lumayan untuk kamu tempuh karena terletak agak jauh dari pemberhentian kereta gantung.

Baca Juga :  Panduan Wisata Malaysia : Surga Pecinta Makanan dengan Budaya yang Unik

Harga Tiket dan Jam Operasional

Jika kamu ingin merasakan pengalaman menaiki kereta gantung Langkawi, kamu harus membayar sejumlah RM 30 per orangnya. Namun, jika kamu merupakan pemegang MyKad, kamu cukup membayar RM 15 saja dan RM 5 untuk anak-anak. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Kereta gantung Langkawi beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 19.00 waktu Malaysia. Namun, jam operasional tersebut tergantung pada cuaca yang berlangsung. Jika angin sedang kencang, besar kemungkinan kereta gantung ini tidak beroperasi. 

Cara Menuju Lokasi Kereta Gantung Langkawi

Kereta gantung Langkawi ini berada di Oriental Village yang terletak sekitar 30 kilometer dari Kota Kuah. Kamu dapat menempuh sekitar 15 menit dengan menggunakan mobil dari Bandara Internasional Langkawi. Kamu juga bisa menggunakan taksi untuk sampai ke sini. 

Berita Menarik Lainnya
Pulau Penang : Negara Bagian Terkecil Malaysia dengan Potensi Wisata yang Keren
Pulau Penang : Negara Bagian Terkecil Malaysia dengan Potensi Wisata yang Keren