Memahami Tata Cara Naik Kereta di Jepang dan Jenis Kereta yang Tersedia

Memahami Tata Cara Naik Kereta di Jepang dan Jenis Kereta yang Tersedia

Jepang merupakan salah satu negara tujuan wisata utama di benua Asia. Budaya yang kuat dan kaya, panorama yang indah, serta kemajuan teknologinya sudah terbukti menyerap banyak wisatawan untuk datang. Jepang juga merupakan negara yang sangat rapi dan tertata dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam hal transportasi.

Transportasi di Jepang bisa menjadi momok menakutkan bagi pelancong yang pertama kali menginjakkan kaki di sana. Perbedaan sistem transportasi dengan negara asal merupakan salah satu penyebab utamanya. Apalagi, kereta sebagai sarana transportasi yang sangat populer di Negeri Sakura ini terkenal memiliki sistem dan jalur yang cukup rumit.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Kamu bisa mempelajari tentang seluk beluk kereta di Jepang sebelum kamu mengemas kopermu ke sana. Simak ulasannya di bawah ini.

Jenis Kereta di Jepang

Terdapat 5 jenis kereta di Jepang yang perlu kamu ketahui. Yang pertama yaitu kereta api lokal. Dalam Bahasa Jepang disebut juga dengan kakueki-teisha atau futsu-densha. Kereta api jenis ini akan berhenti di setiap stasiun.

Jenis yang kedua adalah Rapid Train atau nama lainnya adalah kaisoku. Rapid Train ini mirip dengan kereta lokal. Namun, tempat pemberhentiannya tidak di setiap stasiun. Harga tiket yang dijual hampir sama dengan kereta lokal.

Kereta yang ketiga yaitu Express Train. Warga Jepang menyebutnya dengan kyuko. Kereta jenis ini memiliki tempat pemberhentian yang lebih sedikit dibandingkan dengan Rapid Train. Dari segi harga tiket, Express Train tidak begitu berbeda baik dengan kereta lokal maupun Rapid Train.

Jenis kereta yang keempat adalah Limited Express Train atau tokkyu. Kereta ini hanya berhenti di stasiun besar. Harga tiket kereta ini lebih mahal dari ketiga kereta lainnya.

Baca Juga :  Tokyo Sky Tree : Menara Tertinggi Di Dunia 2011

Jenis kereta yang terakhir dan paling terkenal adalah Super Express Train atau shinkansen. Kereta yang dioperasikan oleh Japan Railway (JR) ini dibanderol paling mahal di antara jenis kereta lainnya. Wajar saja, karena kereta ini dapat melaju sangat cepat. Kereta ini pun melaju di jalur khusus.

Jenis Tiket Kereta di Jepang

Memahami Tata Cara Naik Kereta di Jepang dan Jenis Kereta yang Tersedia
Tiket Kereta Jepang

Bukan hanya jenis kereta yang bermacam-macam di Jepang, tiket kereta yang dijual pun bervariasi jenisnya. Sebelum kamu membeli tiket kereta di Negeri Matahari Terbit ini, kamu harus memperhatikan jenis tiket mana yang dapat secara efektif dan efisien memfasilitasi perjalanan kamu di Jepang. Berikut ulasannya.

Tiket Reguler

Tiket jenis ini berlaku untuk semua kereta reguler yang melaju dari stasiun A ke stasiun B. Harga tiket reguler tergantung dari jarak yang kamu tempuh. Untuk jarak dekat, harga per kilometernya adalah 20 Yen. Sementara untuk jarak jauh, per kilometernya kamu harus membayar 10 Yen. Tiket reguler ini bisa dibeli di loket atau mesin tiket otomatis di setiap stasiun. 

Seishun 18 Kippu

Tiket ini merupakan tiket musiman karena hanya ada 3 kali dalam setahun. Tiket jenis ini dijual saat musim liburan sekolah. Dengan tiket ini, kamu bisa keliling Jepang selama 5 hari dengan kereta lokal dan kereta cepat. Namun, kamu harus membayar seharga 11,850 Yen. Tiket ini bisa kamu dapatkan di stasiun JR di seantero Jepang.

Japan Rail Pass

JR Pass merupakan tiket tanpa batas yang hanya diperuntukkan bagi turis di Jepang. Kamu dapat membeli JR Pass dengan beberapa pilihan periode waktu: 7, 14, atau 21 hari. Semakin lama periode waktunya, maka harganya semakin tinggi. Dengan tiket ini, kamu dapat menggunakan semua jenis kereta, bis, hingga feri yang tergabung dalam Japan Rail. Kamu dapat membeli JR Pass secara online atau melalui agen tour dan travel.

Japan Rail Tokyo Wide Pass

JR Tokyo Wide Pass ini mirip dengan JR Pass. Namun, tiket jenis ini hanya berlaku selama 3 hari berturut-turut. Selain itu, tiket ini hanya berlaku di wilayah Kanto saja.

Baca Juga :  Taksi Jepang : Pilihan Transportasi Kota Besar di Negeri Matahari Terbit

Special Pass

Special Pass merupakan tiket terusan bagi orang yang sering bolak-balik di rute dan waktu yang sama. Dengan tiket ini, harga yang harus dibayarkan jauh lebih hemat daripada membeli tiket kereta secara normal.

Subway Pass

Tiket jenis ini khusus digunakan untuk kereta bawah tanah di Jepang. Jika kamu ingin menaiki subway, jangan membeli tiket JR biasa ya. 

Cara Naik Kereta di Jepang

Memahami Tata Cara Naik Kereta di Jepang dan Jenis Kereta yang Tersedia
Pintu masuk stasiun kereta di Jepang

Jika kamu akan berkeliling Jepang dengan menggunakan kereta, ada baiknya kamu perhatikan langkah-langkah di bawah ini.

Pastikan kamu membeli tiket yang tepat

Sebelum membeli tiket kereta, sebaiknya kamu mempelajari berbagai jenis tiket yang ada di Jepang. Setelah tahu jenis tiket yang tepat, kamu dapat membelinya di loket atau mesin tiket otomatis yang ada di stasiun. Jika kamu melakukan perjalanan jauh, tentukan jenis tempat duduk yang ingin kamu pesan: ordinary atau kelas utama (green).

Pembelian tiket di Jepang dapat dilakukan dengan transaksi tunai melalui loket, melalui mesin, atau menggunakan IC Card. IC Card merupakan dompet elektronik prabayar yang dapat digunakan untuk membayar tiket kereta dan bis di Jepang. Kartu ini bisa didapatkan di loket atau mesin tiket di stasiun.

Masuk ke area keberangkatan

Kamu wajib memasukkan tiket atau menempelkan IC Card kamu di pintu masuk. Jika kamu menggunakan JR Pass, terdapat pintu masuk khusus dengan penjaga yang akan mengecek kelengkapan kamu.

Patuhi aturan yang berlaku

Merokok di dalam kereta jarak dekat di Jepang dilarang keras. Namun, untuk kereta jarak jauh, kamu dapat merokok di ruangan yang memang disediakan.

Turun dari kereta

Sama seperti ketika memasuki area kedatangan, kamu juga wajib memasukkan tiket kereta atau menempelkan IC Card kamu ketika sampai di stasiun tujuan.

Baca Juga :  Don Quijote : Toko Diskon Favorit Wisatawan Yang Murah Banget
Berita Menarik Lainnya
10 Oleh-oleh Malaysia, dari Dodol Malaysia hingga Kain Batik Lokal
10 Oleh-oleh Malaysia, dari Dodol Malaysia hingga Kain Batik Lokal