Kek Lok Si : Kuil Kebahagiaan Agung Yang Cocok untuk Meditasi dan Mencari Ketenangan

Kek Lok Si : Kuil Kebahagiaan Agung Yang Cocok untuk Meditasi dan Mencari Ketenangan

Jika libur pergantian tahun Anda belum sempat liburan ke mana-mana karena hampir semua tempat di seluruh negara tampak padat, Anda bisa mengganti jadwal tersebut sekarang.

Bingung akan ke mana? Malaysia bisa jadi pilihan Anda. Mungkin kemudian Anda bertanya-tanya, selain Kuala Lumpur untuk melihat Menara Petronas dan Bukit Bintang yang sudah sering dikunjungi, bisa ke mana lagi jika berkunjung ke sana?

Coba Anda berkunjung ke Penang, negeri termaju dan terkaya di Malaysia. Kemudian Anda bertanya lagi tentang objek wisata apa yang ada di pulau seluas 293 km2 ini.

Anda bisa memperbaharui konsep traveling melalui wisata bernuansa religius di sana. Mengunjungi sebuah kuil bernama Kuil Kek Lok Si, sepertinya ide bagus. Apalagi, ini mendekati momen Hari Raya Imlek/ Tahun Baru China, sangat pas untuk Anda. Pesan tiket pesawat sekarang juga!

Mengenal Kuil Kek Lok Si

Kuil penganut ajaran Buddha yang paling besar di Asia Tenggara ini lokasinya ada di daerah Air Hitam, dekat dengan Pasar Air Hitam. Lokasinya dekat dengan kota Penang, tidak sampai satu jam jam dari pusat kota jika sedang tidak macet, berjarak kurang lebih dua kilometer dari Penang Hill.

Kuil Kek Lok Si, atau Kuil Kebahagiaan Agung (Temple of Supreme Bliss), benar-benar mengikuti semua “aturan” dari “feng shui” yang akurat tepat untuk ukuran sebuah kuil. Nyatanya memang kuil ini amat terkenal sebagai tempat memanjatkan doa atau bermeditasi bagi pemimpin agama dan pemeluk Tao demi mencari hidup yang abadi.

Baca Juga :  Pulau Tioman Malaysia : Diving di Kepulauan Indah Negeri Jiran

Kuil Kek Lok Si mempunyai sejarah pendiriannya pertama kali dilakukan tahun 1893, terpengaruh dari kepala pimpinan agama Goddess of Mercy Temple yang ada di Pitt Street. Proyek ini mendapat sambutan baik dari Kaisar Manchuria, yang kemudian memberi hadiah berupa prasasti dan puluhan ribu Kitab Sutra Buddha Edisi Kekaisaran. Hadiah tak cuma datang Kaisar Manchuria, namun juga dari Dinasti Ching, yaitu Kaisar Kuang Xi dan Sang Permaisuri Cixi.

Pembangunan Kuil Kek Lok Si masih terus berlanjut, sampai yang terakhir adalah patung Dewi Kuan Im yang pertama kali dibangun sejak 2002 lalu.

Kek Lok Si : Kuil Kebahagiaan Agung Yang Cocok untuk Meditasi dan Mencari Ketenangan
Lampion Tahun Baru Cina Kuil Kek Lok Si

Saat yang paling pas untuk berkunjung ke Kuil Kek Lok Si, yang memiliki bangunan yang amat tinggi dan sungguh indah ini , yaitu pada saat perayaan Tahun Baru China, yang mana jika dihitung dari sekarang tidak lebih dari tiga minggu lagi. Saat itu, Anda akan terkesima dengan beberapa ribu lampion yang memancarkan cahaya. Sebenarnya keadaan Kuil Kek Lok SI tidak jauh berbeda dengan hari biasanya, hanya saja, lampion tidak berjumlah sebanyak itu.  Anda juga tetap bisa menikmati atmosfer tenteram melalui ruang untuk memanjatkan doa, pagoda yang bersusun-susun, menara lonceng, dan tak lupa juga kolam kura-kura.

Informasi yang bisa berguna bagi Anda, jika Anda punya rencana ingin mengunjungi Kuil Kek Lok Si, datanglah saat pagi, saat di mana udara dan badan Anda masih fit dan segar, sinar mataharinya pun belum menyengat. Karena untuk sampai di puncak kuil yang lokasinya memang di perbukitan, Anda harus mendaki banyak anak tangga.

Alasan Kuil Kek Lok Si Wajib Anda Kunjungi

Banyak orang menyetujui bahwa pesona pagoda yang bersusun-susun bernama Pagoda 10.000 Buddha yang terbuat dari batu alam (pualam) dan perunggu yang telah selesai dibangun sekitar tahun 1930 adalah suatu yang paling membuat para pengunjung terpesona. Pagoda ini merupakan gambaran harmonisasi Buddha Mahayana dan Buddha Theravada. Pagoda ini merupakan perpaduan mengesankan dari gaya bentuk bangunan 3 negara sekaligus: China, Thailand dan Myanmar. Patung yang terbuat dari perunggu yang menggambarkan Dewi Kuan Im, Dewi Welas Asih, dengan tinggi sekitar tiga puluh juga tak bisa luput dari decakan kagum.

Baca Juga :  Destinasi Belanja ala Sultan di Bukit Bintang Kuala Lumpur

Seperti yang tersebut di atas, Anda akan mendaki banyak anak tangga menuju puncak Kuil Kek Lok Si yang bisa jadi akan membuat Anda lelah. Estimasi waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai puncaknya adalah kurang lebih satu jam. Namun jangan kuatir, selama pendakian, akan Anda temui tak sedikit kios makanan, gerai souvenir tempat Anda bisa membawa buah tangan untuk yang terkasih, dan visualisasi puncak pagoda berwarna putih dan patung Dewi Kuan Im yang bisa sedikit mengalihkan rasa lelah Anda. Atau, Anda bisa gunakan lift untuk lebih cepat menuju ke puncak. Untuk naik lift, Anda perlu mengeluarkan biaya, tapi tenang, tidak mahal. 

kuil kek lok si

Saat menapaki langkah pertama di puncak kuil, segala lelah akan terbayar dengan keindahan bangunannya yang cukup luas, yang kaya akan ukiran-ukiran serta lukisan-lukisan yang unik.

Anda bisa langsung melihat patung Dewi Kuan Im yang kokoh. Belum cukup, segarkan mata Anda dengan indahnya pemandangan Kota Penang 

DI dalam kuil ini, tersedia  tempat-tempat khusus untuk memanjatkan doa dan menaruh harap pada Sang Pencipta. Ada satu yang menjadi ciri khas, yaitu tempat memanjatkan doa di sejenis tongkat yang diibaratkan sebagai sebuah pohon dengan menyelipkan semacam pita berisi pengharapan dan keinginan (karir, bisnis, studi, asmara dan lainnya). Tak terbatas untuk penganut ajaran Buddha, Anda juga bisa mencobanya. Satu keinginan yang disimbolkan satu pita, dihargai sangat terjangkau, yakni 1 Ringgit Malaysia. 

Kemudian saat Anda kembali berkeliling kuil, Anda akan temukan sebuah ada sudut cantik dengan hamparan bunga. Jangan lewatkan untuk mengabadikan momen Anda di situ, sembari menikmati irama pukulan genta yang dipukul pengunjung. Setelah ini, Anda juga bisa ke sumber suara pukulan genta tersebut dan ikut memukulnya. Nikmati sampai ke detail pesona Kuil Kek Lok Si yang mungkin tak bisa Anda dapat di tempat lain.

Baca Juga :  Berjaya Hills Malaysia : Resor Keluarga Bernuasa Perancis dan Jepang yang Unik

Jika Anda betah berkunjung sampai sore, jika beruntung, Anda akan mendapati matahari terbenam yang memesona. Saat di malam hari, Anda akan dimanjakan dengan gemerlap lampu Kota Penang.

Waktu Operasional dan Harga Tiket Masuk Kuil Kek Lok Si

Anda bisa berkunjung ke Kuil Kek Lok Si kapanpun Anda mau karena kuil ini buka nonstop, setiap termasuk saat hari raya. Waktu buka regular dari pukul 07.00 pagi hingga 18.00. Saat momentum Tahun Baru China, bisa ramai sampai tengah malam.

Kabar baik, Anda bebas bayar tanda masuk, kecuali karcis per orang untuk masuk ke pagoda dan lift menuju puncak kuil.

Cara Menuju Ke Kuil Kek Lok Si

Cara menuju Kuil Kek Lok Si tergantung arah kedatangan Anda, misalnya jika sebelumnya Anda dari arah pusat kota George Town Penang, Anda bisa naik bus kota no.204 dengan harga 1 ringgit. Jangan lupa untuk turun di Stasiun Pasar Air Itam, yang patokannya adalah sebelumnya melewati semacam pasar. Kalau tidak ingin capek berjalan di tangga, Anda bisa menaiki taksi bila menuju ke tempat ini karena terletak di puncak bukit.

Berita Menarik Lainnya
Kabukicho : Red Light District ala Jepang yang Mendunia
Kabukicho : Red Light District ala Jepang yang Mendunia