Kuil Meiji : Kuil Shinto Tempat Pernikahan Pengantin di Jepang

Kuil Meiji : Kuil Shinto Tempat Pernikahan Pengantin di Jepang

Meskipun tidak memiliki nama lain ‘negara 1000 kuil’ seperti Thailand, Jepang memiliki cukup banyak kuil di negaranya. Kuil-kuil di sana, selain aktif digunakan sebagai tempat beribadah, juga tak sedikit yang dibuka bagi wisatawan asing untuk dikunjungi. Kuil Meiji merupakan salah satunya.

Jepang dan Kaisar Meiji merupakan dua entitas yang tak terpisahkan. Tak mengherankan, popularitas kuil Meiji yang didedikasikan untuknya pun sudah sangat akrab di telinga warga Jepang, bahkan para wisatawan asing. Simak ulasan tentang kuil yang dicintai di Jepang tersebut di bawah ini.

Mengenal Kuil Meiji

Kuil Meiji merupakan kuil Shinto yang besar di tengah Tokyo. Kuil ini dikelilingi oleh pohon-pohon tinggi dan rindang. Lebih dari 120 ribu batang pohon dari 365 jenis pohon tumbuh di kawasan kuil ini. Tak mengherankan, kawasan kuil Meiji membuat banyak orang betah berada di dalamnya.

Kuil ini merupakan kuil yang dipersembahkan warga Tokyo bagi Kaisar Meiji dan permaisurinya. Kaisar yang memerintah di era tahun 1867 hingga 1912 ini sangat dicintai rakyat Jepang. Di bawah pemerintahannya, Jepang tumbuh dan berkembang sebagai negara modern. Kuil ini dibangun sejak 1915 hingga 1920 untuk menghormati jasa-jasanya.

Kuil Meiji : Kuil Shinto Tempat Pernikahan Pengantin di Jepang
Torii : Gerbang Kuil Meiji

Kuil Meiji memiliki sebuah gerbang raksasa yang sangat ikonik. Di Jepang gerbang ini disebut dengan torii. Gerbang yang terletak di pintu masuk kuil in bukanlah gerbang biasa. Rakyat Jepang memercayai bahwa gerbang ini merupakan batas antara tempat tinggal manusia dan dewa. Melewati gerbang ini menandakan bahwa kamu memasuki tempat yang sakral.

Torii di kuil Meiji berdiri setinggi 12 meter dengan lebar 17.1 meter. Diameter masing-masing tiang penyangganya adalah 1.2 meter. Torii ini merupakan torii kayu yang terbesar di seantero Jepang yang diberikan oleh pengusaha kayu Kawashima Yasushi. Torii yang kini berdiri merupakan generasi kedua setelah torii sebelumnya hancur tersambar petir. 

Baca Juga :  11 Oleh-oleh Khas Jepang : Ragam Buah Tangan dari Tokyo Banana hingga Origami

Ada Apa Saja di Kuil Meiji?

Berkunjung ke kuil Meiji, kamu tidak akan melulu melihat kuil. Terdapat banyak spot yang bisa dikunjungi dalam komplek kuil ini. Memasuki kuil ini, kamu tidak akan ditarik biaya apapun. Namun, memasuki beberapa wilayah di dalamnya, terdapat tiket masuk yang harus kamu bayar.

Inner Garden, atau dalam Bahasa Jepang Jingu Nai-en, merupakan salah satu kawasan indah di dalam kuil Meiji yang patut kamu sambangi. Di akhir Juni, Inner Garden ini ditumbuhi sekitar 150 spesies bunga iris yang mekar dengan cantik. Taman ini dikatakan merupakan persembahan kaisar Meiji bagi sang permaisuri. Tiket masuk ke sini adalah 500 yen per orang.

Kamu juga dapat mengunjungi Treasure House Annex di komplek kuil ini. Tempat ini merupakan rumah bagi koleksi barang-barang pribadi sang kaisar dan permaisurinya. Pakaian serta barang-barang lainnya di simpan di sini. Tiket masuk ke sini adalah 500 yen untuk tiap orang.

Festival dan Ritual di Kuil Meiji

Teradapat berbagai festival yang rutin diadakan di dalam kuil Meiji. Setiap tanggal 5 hingga 7 Januari, kuil ini mengadakan ritual dohyo-iri yang merupakan ritual bagi para pesumo level tertinggi (Yokozuna) untuk memasuki arena sumo. Melihat Yokozuna dalam jarak dekat merupakan hal yang jarang bisa terjadi di Jepang.

Selain itu, pada 11 Februari, kuil Meiji mengadakan Kigensai. Festival ini merupakan perayaan akan berdirinya negara Jepang. Puluhan ribu pengunjung biasanya memadati komplek kuil saat festival ini berlangsung.

Selain festival dan ritual bulanan, ada juga ritual harian di kuil ini. Setiap harinya dari pukul 8 pagi hingga 2 siang, Onikkusai diadakan di kuil Meiji. Ritual ini merupakan kegiatan yang mempersembahkan makanan kepada para dewa.

Baca Juga :  Universal Studio Jepang : Menjelajah Keajaiban Dunia Sihir Harry Potter
Kuil Meiji : Kuil Shinto Tempat Pernikahan Pengantin di Jepang
Ilustrasi Pengantin Jepang

Kuil Meiji juga menjadi tempat bagi para calon pengantin kaya Jepang melangsungkan pernikahan. Calon pengantin mengenakan pakaian tradisional dalam pernikahannya dan berjalan di bawah payung merah menuju kuil. Kamu beruntung jika kamu ke sini dan kebetulan menyaksikan pernikahan tradisional Jepang di kuil ini.

Kesimpulan

Pergi ke Jepang tidak melulu tentang wisata belanja dan mencicipi kehidupan serba modern dan canggih. Mengunjungi kuil Meiji dapat menjadi pilihan tepat dalam menghabiskan waktu kunjungan kamu di negara ini. Kuil tersohor ini sangat dekat dengan stasiun Harajuku maupun Meiji Jingu. Cukup 2 menit berjalan kaki dan kamu dapat mencicipi rimbun dan teduhnya kuil Meiji. 

Berita Menarik Lainnya
Perbedaan Paspor 24 Halaman dengan 48 Halaman
Perbedaan Paspor 24 Halaman dengan 48 Halaman
error: Kontent dilindungi !!