Kuil Sensoji (Asakusa Kannon Temple) : Kuil Paling Berwarna dan Ramai di Tokyo

Kuil Sensoji (Asakusa Kannon Temple) : Kuil Paling Berwarna dan Ramai di Tokyo

Jika kamu memiliki kesempatan untuk pergi ke Tokyo, Jepang, sempatkanlah datang ke salah satu kuil tertua di negara ini. Kuil Sensoji merupakan kuil yang didirikan pada abad ke 6. Hingga detik ini, kuil tersebut masih berdiri kokoh dan menjadi salah satu destinasi wajib para wisatawan yang datang ke Tokyo. Tak mengherankan, kuil Sensoji menjadi salah satu landmark ibu kota Jepang.

Mengenal Kuil Sensoji Jepang

Kuil Sensoji terletak di salah satu kawasan ibu kota bernama Asakusa. Kuil ini juga kerap disebut sebagai kuil Kannon Asakusa. Komplek kuil ini sangatlah luas dan tidak hanya terdiri dari bangunan kuil saja. Terdapat gerbang raksasa yang akan menarik bola mata kamu begitu kamu tiba di komplek kuil ini.

Kuil Sensoji (Asakusa Kannon Temple) : Kuil Paling Berwarna dan Ramai di Tokyo
Gerbang Kuil Sensoji, Sumber : Freepik

Gerbang yang akan menyambut kedatanganmu di kuil Sensoji bernama Kaminarimon atau gerbang halilintar. Fasad gerbang yang tinggi, megah, dan berwarna merah sangat mencolok dan kontras dengan bangunan di sekitarnya. Di gerbang tersebut, tergantung lampion sangat besar seberat 700 kilogram. Lampion ini menjadi ciri khas kuil Sensoji sehingga banyak orang berlomba-lomba mengabadikan momen ketika mereka berdiri di depan lampion tersebut.

Dari Kaminarimon, perjalananmu menuju bangunan utama kuil masih berjarak sekitar 250 meter. Sepanjang jarak ini, kamu akan menjumpai Nakamise Street Asakusa yang terkenal. Nakamise Street merupakan kawasan belanja yang sangat populer di Asakusa. 89 toko berjejer dari Kaminarimon menuju gerbang dekat kuil Sensoji. Banyak sekali pedagang makanan ringan, kipas, hingga kimono yang menjajakan dagangannya di sini.

Baca Juga :  Tokyo Sky Tree : Menara Tertinggi Di Dunia 2011

Di ujung Nakamise Street, kamu akan menemui Hozomon. Sama seperti Kaminarimon, gerbang yang satu ini juga berukuran raksasa. Di dindingnya, tergantung sebuah sandal jerami berukuran sangat besar. Sandal tersebut terbuat dari jerami dengan total berat 2.500 kilogram. Sandal jerami yang disebut waraji ini melambangkan Nio-sama yang merupakan dewa pelindung dari segala kekuatan jahat.

Mengelilingi kuil berwarna merah ini sendiri biasanya akan membutuhkan stamina yang cukup besar. Kompleknya yang sangat luas membutuhkan banyak energi untuk dapat menyapu seluruh bangunan yang ada di sini. Kuil Sensoji sendiri memiliki banyak spot populer yang harus kamu kunjungi di dalamnya.

Data Fakta Kuil Sensoji

Negara : Jepang

Kota : Tokyo

Alamat :  2 Chome-3-1 Asakusa, Taito City, Tokyo 111-0032, Japan

Nomor Telepon : +81 3-3842-0181

Jenis Wisata : Kuil

Dibuka : 645AD

Luas area : 400.000 meter persegi

Ada Apa Saja di Kuil Sensoji?

Layaknya kuil lain di Jepang, kuil Sensoji pun digunakan sebagai tempat beribadah penganut Sinto di negara ini. Namun, kuil tertua ini dapat pula dikunjungi oleh wisatawan asing pada umumnya karena tingginya nilai historis dan budaya kuil ini. Jika kamu datang ke kuil yang satu ini, terdapat beberapa sudut atau bangunan yang layak kamu singgahi.

Osuisha

Osuisha adalah sebuah tempat dimana kamu harus singgah sebelum memasuki aula utama kuil. Di dalam Osuisha, terdapat sebuah kolam dengan patung naga (ryushinzo) yang mengeluarkan air dari mulutnya. Orang-orang akan membasuh tangan mereka dan juga berkumur dengan air tersebut untuk menyucikan diri.

Jokoro

Jokoro merupakan tempat dupa yang ada tepat di depan aula utama kuil. Banyak orang berkumpul disini dengan harapan asap dupa akan membalur tubuh mereka. Asap dupa ini dipercaya dapat menyembuhkan bagian tubuh yang sakit.

Baca Juga :  11 Oleh-oleh Khas Jepang : Ragam Buah Tangan dari Tokyo Banana hingga Origami

Aula Utama Kuil Sensoji

Kuil Sensoji (Asakusa Kannon Temple) : Kuil Paling Berwarna dan Ramai di Tokyo
Plakat Doa di Kuil Sensoji, Sumber : Freepik

Aula ini merupakan tempat di mana orang-orang berdoa dan memohon kepada dewa Kannon-sama. Sebelum berdoa, mereka biasanya akan memasukkan uang ke dalam kotak. Lalu, mereka akan menyatukan tangan di depan dada dan mengucapkan ‘namukanze-onbosatsu’.

Shinboku

Tak begitu jauh dari aula utama, terdapat sebuah pohon Ginko besar yang sakral berusia 800 tahun. Berada di sekitar pohon ini, kamu dipercaya akan menerima energi positif dan kuat yang terpancar dari pohon tersebut. Pohon Ginko ini merupakan salah satu pohon yang bertahan selama terjadi perang di Jepang.

Hal Menarik di Sekitar Kuil Sensoji

Bukan hanya mengunjungi kuil Sensoji saja yang dapat memperkaya pengalaman kunjungan kamu ke Asakusa. Berkeliling di sekitar komplek kuil pun kamu akan dapat menemukan berbagai macam hal yang menarik. Misalnya saja kamu dapat mencicipi pengalaman menaiki jinrikisha, becak khas Jepang, berkeliling area sekitar kuil. Jinrikisha menggunakan tenaga manusia untuk dapat beroperasi. Jika becak dikayuh dari belakang, Jinrikisha ditarik dari depan oleh pengemudinya.

Kuil Sensoji (Asakusa Kannon Temple) : Kuil Paling Berwarna dan Ramai di Tokyo
Becak Jepang Jinrikisha, Sumber : Pixabay

Selain itu, kamu juga bisa belajar cara menyeduh teh ala warga Jepang di halaman depan kuil. Di sini biasanya diadakan seminar tentang praktek menyeduh matcha khas Jepang. Kamu juga bisa membeli bubuk teh berkualitas di sini.

Kesimpulan

Meskipun kuil Sensoji merupakan tempat ibadah, tapi kamu dapat menemukan dan melakukan banyak hal di kuil ini. Mulai dari mengabadikan momen di berbagai landmark kuil ini hingga berbelanja dan berwisata kuliner di Nakamisa Street. Siapkan saja stamina dan budget yang cukup untuk mengeksplor komplek kuil Sensoji dengan maksimal.

Berita Menarik Lainnya
Cicipi Makanan Singapura yang Unik dan Autentik
Trips Berikutnya, Pilih Koper atau Ransel? Kami Bantu Kamu Memilih Yang Terbaik
error: Kontent dilindungi !!