Madame Tussauds Thailand : Museum Patung Lilin dengan Berbagai Kejutan

Madame Tussauds Thailand : Museum Patung Lilin dengan Berbagai Kejutan

Bagi sebagian orang, kunjungan ke museum merupakan hal yang kurang menarik untuk dilakukan. Kesan kuno yang melekat erat dengan museum menjadikan tempat ini bukan sebagai tujuan utama, apalagi jika kita pergi melancong ke luar negeri. Banyak sekali wisatawan yang lebih memilih destinasi alam atau berbelanja dibandingkan pergi ke museum.

Tapi, sepertinya salah satu museum terkenal di dunia bernama Madame Tussauds memiliki pengecualian besar akan stigma negatif tersebut. Museum yang satu ini memiliki banyak penggemar yang rela antri untuk masuk ke dalamnya. Harga tiket yang tidak murah pun dibeli demi dapat berkunjung ke museum ini.

Madame Tussauds kini sudah hadir di Thailand. Bagi kamu yang tinggal di Asia dan sudah lama dihantui rasa penasaran akan museum ini, kamu bisa mengunjunginya di negeri gajah putih. Kamu tak perlu jauh-jauh terbang ke Eropa untuk mencicipi pengalaman masuk ke museum ini.

Apa yang membuat Madame Tussauds sangat terkenal? Apa saja yang bisa kita lihat di Madame Tussauds Thailand? Jika kamu penasaran, kamu harus menyimak artikel di bawah ini dengan seksama.

Sejarah Singkat Museum Madame Tussauds

Madame Tussauds merupakan museum yang menyimpan koleksi patung lilin dari banyak tokoh terkenal di seluruh dunia. Thailand merupakan negara kedua di benua Asia yang menjadi rumah bagi patung-patung hebat ini. Sebelumnya, Singapura telah lebih dulu menambahkan destinasi wisata di negaranya dengan menghadirkan museum yang satu ini.

Museum Madame Tussauds adalah museum yang pada awalnya berdiri di London, Inggris. Marie, istri dari Francois Tussauds, merupakan wanita sangat berbakat yang memahat banyak patung hebat. Museum Madame Tussauds pertama yang didirikan di Inggris merupakan rumah bagi banyak karyanya tersebut.

Pengalaman Marie dengan patung lilin bermula saat ia belajar memahat patung pada Dr. Phillippe Curtis yang merupakan atasan kerja ibunya. Pada tahun 1777, atas didikan Dr. Curtis, Marie berhasil menyelesaikan pembuatan patung lilin pertamanya. Patung tersebut merupakan patung filsuf terkenal Perancis Francois Marie Arouet de Voltaire.

Baca Juga :  Krabi Thailand : Indahnya Gugus Kepulauan Wisata andalan Thailand

Marie terus belajar dan membuat lebih banyak patung. Pada tahun 1974, Dr. Curtis meninggal dan lantas mewariskan seluruh patung lilin buatannya pada Marie. Saat itulah, Marie merasa yakin bahwa jumlah patung lilin yang dimilikinya cukup untuk dijadikan koleksi museum.

Dengan mengambil nama panggilan dan belakang Marie, museum Madame Tussauds yang pertama resmi dibuka di Baker Street, London pada 1835. Kala itu, Marie berusia 74 tahun. Hingga kini, museum Madame Tussauds sudah dibuka di banyak negara dan Thailand merupakan salah satunya.

Data Fakta Madame Tussauds Museum Bangkok

Negara : Thailand

Kota : Bangkok

Alamat : สยามดิสคัฟเวอรี่ 989 Rama I Rd, Pathum Wan, Pathum Wan District, Bangkok 10330, Thailand

Nomor Telepon : +66 2 658 0060

Jenis Wisata : Museum

Website : https://www.madametussauds.com/bangkok/en/

Ada Apa Saja di Museum Madame Tussauds Thailand?

Berkunjung ke Madame Tussauds Thailand, kamu akan dapat bertemu dengan banyak tokoh terkenal di dunia. Jika pada dunia nyata kamu bahkan akan kesulitan untuk bertemu dengan mereka, di Madame Tussauds kamu akan mampu menyentuh dan berfoto dengan mereka. Bahkan, kamu dapat memeluk mereka.

Ada banyak sekali patung lilin yang bisa kamu saksikan di Madame Tussauds Thailand. Koleksi tersebut terbagi ke dalam beberapa kategori, yaitu selebriti, atlet, pemimpin dunia, seniman, musisi, ilmuwan, karakter fiksi, dan tak ketinggalan figur raja dan ratu Thailand pun hadir di museum ini.

Jangan kaget jika kamu pun melihat berbagai tokoh yang sudah meninggal dunia hadir di sini. Kamu tidak sedang bermimpi. Michael Jackson dan Presiden RI Pertama, Bapak Ir. Soekarno, misalnya berdiri tegak di museum ini. Mereka memang dihadirkan di sini.

Patung yang dibuat di museum Madame Tussauds dibuat sangat mirip dengan figur aslinya. Dari mulai tinggi badan, kerutan pada wajah, hingga ekspresi semuanya dibuat persis. Pakaian yang dikenakan patung-patung tersebut pun disamakan dengan pakaian yang pernah dikenakan para tokoh terkenal tersebut.

Baca Juga :  Mata Uang Thailand Baht Dengan Kode THB dan Simbol ฿

Bukan hanya itu, aspek dekorasi pun dibuat sangat detil di museum ini. Pada ruangan mantan orang nomor 1 Amerika, Barack Obama, misalnya, dari mulai meja, kursi, hingga peletakannya dibuat semirip mungkin dengan kondisi aslinya. Hal tersebut menjadikan tokoh-tokoh dunia ini tampak sangat nyata.

Memasuki museum Madame Tussauds Thailand, kamu pasti akan mengenali banyak wajah di sana. Brad Pitt, Johnny Depp, Jet Li, Katy Perry, Jackie Chan, dan Oprah Winfrey hanyalah segelintir nama yang bisa kamu temui. Masih banyak lagi tokoh-tokoh terkenal lainnya yang bisa kamu temui di museum ini.

Tokoh-tokoh tersebut dapat kamu ajak foto dengan menggunakan kamera pribadi kamu. Tak ada pungutan biaya untuk hal tersebut. Bahkan, pihak museum menyediakan properti yang dapat menunjang gaya kamu dalam berfoto. Tongkat, topi, mahkota, dan jubah terdapat di sekitar patung untuk kamu gunakan secara cuma-cuma.

Semua tokoh dalam bentuk patung lilin tersebut dapat kamu temui di lantai 1 museum. Sementara di lantai 2, kamu dapat menyaksikan proses pembuatan patung lilin tersebut dan juga sejarah lengkapnya. Selain itu, di lantai ini juga terdapat toko yang menjual berbagai souvenir khas Madame Tussauds.

Mengunjungi Madame Tussauds Thailand, kamu tak melulu melihat banyak patung lilin. Di sini, terdapat juga berbagai fasilitas permainan yang dapat kamu manfaatkan. Fasilitas ini menggunakan teknologi grafis modern. Beberapa contoh permainan tersebut yaitu permainan tendang bola di kotak penalti dan permainan bertinju. Oleh karena itu, berkunjung ke museum ini dijamin tidak akan membuat kamu bosan.

Harga Tiket dan Jam Operasional Museum Madame Tussauds Thailand

Memasuki museum ini, ada tiket yang sebelumnya harus kamu beli. Tiket ini tersedia di loket pintu masuk museum. Harganya memang lumayan mahal. Per orangnya kamu akan dikenai biaya 800 baht untuk menjumpai para patung lilin dalam museum ini.

Harga tiket museum Madame Tussauds Thailand ini bisa lebih murah jika kamu menggunakan tiket early bird. Caranya yaitu dengan memesannya secara online melalui situs resmi museum. Dengan begitu, harga tiketnya akan dipotong hingga 50% dari harga biasa. Namun, tiket jenis ini hanya bisa dipesan maksimal 24 jam sebelum kamu memasuki museum.

Baca Juga :  Menyaksikan Ladyboy Thailand dari dekat di Alcazar Show Pattaya

Museum Madame Tussauds Thailand dibuka untuk umum setiap hari. Kamu dapat mengunjungi museum ini mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 10.00 malam waktu setempat. Sediakan setidaknya 2 jam untuk dapat mencicipi pengalaman yang maksimal di dalam museum. 

Tips Ketika Mengunjungi Museum Madame Tussauds

Jika kamu mengunjungi museum Madame Tussauds Thailand, jangan lupakan beberapa hal dalam kunjungan tersebut. Berikut tips yang dapat kamu simak untuk kunjungan yang menyenangkan di museum patung lilin Madame Tussauds.

  1. Bawalah perlengkapan kamera dengan resolusi tinggi. Tentunya kamu ingin agar dokumentasi kamu terekam dengan baik, bukan? Nah, gadget yang mendukung untuk itu harus kamu siapkan.
  2. Ajak teman atau pasangan kamu ke museum. Mengunjungi museum akan terasa lebih menyenangkan jika mengajak teman, pasangan, atau keluarga. Sesi foto pun akan menjadi lebih mudah dilakukan.
  3. Jangan lupa membawa baterai cadangan atau power bank untuk berjaga-jaga.
  4. Datanglah ke museum lebih pagi agar kamu tidak perlu antri lama untuk berfoto bersama tokoh idola kamu.

Akses Menuju Museum Madame Tussauds Thailand

Museum Madame Tussauds Thailand terletak di dalam Siam Discovery Mall. Untuk menuju mall tersebut, kamu dapat menggunakan BTS (Bangkok Mass Transit System) dan turun di Siam BTS Station, lalu menuju Exit 1. Dari situ, kamu harus turun ke bawah stasiun dan berjalan kaki menuju mall. Lalu, kamu hanya harus naik menuju lantai 6 dimana museum tersebut terletak.

Kesimpulan

Berwisata ke Thailand dan mengunjungi museum Madame Tussauds akan meninggalkan kesan tersendiri bagi kamu dan keluarga. Museum yang menyimpan karya-karya brilian ini hadir semakin dekat dan mudah untuk kamu datangi. Dimana lagi kamu bisa berwisata sembari belajar banyak hal mengenai patung lilin kalau bukan di museum Madame Tussauds? Akan sangat saying rasanya jika destinasi satu ini terlewatkan dalam kunjungan kamu ke negeri 1000 pagoda. 

Berita Menarik Lainnya
Pulau Penang : Negara Bagian Terkecil Malaysia dengan Potensi Wisata yang Keren
Pulau Penang : Negara Bagian Terkecil Malaysia dengan Potensi Wisata yang Keren