Cicipi Makanan Singapura yang Unik dan Autentik

Cicipi Makanan Singapura yang Unik dan Autentik

Singapura merupakan salah satu negara yang difavoritkan banyak traveler mancanegara, tidak terkecuali yang datang dari Indonesia. Nah, tahukah Anda jika salah satu kegiatan wajib yang harus Anda lakukan saat tiba di Negeri Merlion ini ialah mencicipi beragam makanan khasnya? Dijamin, lidah Anda benar-benar akan dimanjakan dengan kelezatan aneka makanan yang bercita rasa unik, autentik dan kental dengan olahan khas Asia.

Karakter Makanan Singapura

Di dalam budaya masyarakat Singapura, ada tiga macam bahan makanan penting yang menjadi pilar utama ragam kuliner setempat yaitu mie, nasi, dan seafood alias hidangan laut. Berangkat dari sejarah sentra perdagangan di selat Malaka, Singapura mengadopsi juga penggunaan bumbu dan rempah-rempah yang diperdagangkan pedagang dari Eropa dan Asia Timur.

Setidaknya kalau bicara soal makanan di Singapura kamu tidak akan menemukan keangkuhan.

Kevin Kwan – Penulis Novel “Crazy RIch Asian

Perpaduan budaya yang campur aduk dari berbagai macam sumber melahirkan masakan khas Singapura yang unik. Pedas, gurih, manis, asin, asam, semua berpadu menjadi satu melukiskan gambaran rasa budaya barat dan timur.

Ragam Masakan Singapura

Berikut ini kami merangkum daftar makanan khas Singapura yang unik dan autentik dan tentu saja wajib Anda coba!!

Yong Tau Foo

Cicipi Makanan Singapura yang Unik dan Autentik
Yong Tau Foo

Yong Tau Foo atau lebih dikenal dengan pelafalan Yong Tau Fu ialah salah satu makanan khas Singapura yang berbahan dasar tahu isian adonan daging babi atau daging cincang. Yong Tau Foo disajikan dengan beberapa jenis sayuran, kuah kaldu gurih dan jamu. Selain berkuah, juga ada Yong Tau Foo versi goreng lho, seperti pangsit goreng dan cakue yang biasanya cukup mudah ditemukan di Indonesia.

Untuk Anda yang penasaran mencicipinya, Yong Tau Foo paling enak jika disantap bersamaan dengan saus kecap asin yang khas tekstur tahu kering. Makanan lezat ini pada dasarnya berasal dari Hakka, suatu daerah yang termasuk bagian Tionghoa Han hingga kemudian penyebarannya sampai ke Singapura. Saat ini cukup mudah menemukan menu Yong Tau Foo di berbagai tempat, terkhusus di kawasan mall Singapura.

Baca Juga :  Art Science Museum Singapore : Museum Futuristik Dengan Gedung Ikonik

Laksa Singapore

Selanjutnya ada Laksa Singapore, makanan ini benar-benar membuat para traveler penasaran dengan cita rasanya. Meskipun menawarkan rasa yang hampir sama dengan Laksa khas Penang, Laksa Negeri Merlion faktanya memilki cita rasa yang sedikit berbeda.

Cicipi Makanan Singapura yang Unik dan Autentik
Laksa Singapore

Laksa Singapore dibuat karena terinspirasi dari makanan hidangan Tionghoa, tepatnya makanan khas daerah Katong. Biasanya satu porsi Laksa Singapore berisi kuah santan yang pedas dan berwarna merah, kerang, kacang, udang dan perkedel ikan. Laksa Singapore menyuguhkan cita rasa yang manis, asin sekaligus gurih sehingga dalam sesaat Anda akan langsung dibuat pangling nih guys. Untuk harganya sendiri, masih sangat bersahabat dengan isi dompet Anda lho.

Chili Crab

Cicipi Makanan Singapura yang Unik dan Autentik
Chili Crab

Chili Crab termasuk salah satu makanan khas Singapura yang sangat rekommended untuk Anda coba. Letaknya sangat berdekatan dengan Universal Studios Singapore sehingga Anda tidak perlu kebingungan mencari lokasinya. Makanan khas ini berbahan dasar kepiting soka atau lebih dikenal kepiting lumpur. Kepiting diolah menggunakan saus pedas ala Singapura yang cenderung lebih kental dan menawarkan cita rasa cuka beras, bawang putih dan salut telur tipis.

Anda akan menemukan kelezatan yang menakjubkan saat menyantap menu ini. Meskipun menawarkan cita rasa yang pedas, untuk Anda yang tidak suka dengan jenis makanan pedas rupanya Chili Crab juga bisa dinikmati lho karena dibuat dengan tingkat kepedasan yang berbeda. Bagaimana? Anda tertarik mencicipi menu terbaik Singapura ini? Salah satu kawasan terbaik untuk menikmati hidangan Chili Crab ialah daerah Geylang.

Nasi Lemak

Cicipi Makanan Singapura yang Unik dan Autentik
Nasi Lemak

Berada di kawasan Asia, tentu saja Anda sudah cukup sering mendengar tentang nasi lemak bukan? Untuk Anda yang belum tahu nih, nasi lemak merupakan nasi yang dicampur santan dan daun pandan. Nasi bercita rasa unik biasanya dikonsumsi dengan beberapa pelengkap lain seperti ayam, ikan, timun, ikan teri, irisan kacang, telur, tempe dan sambal pedas.

Hampir sebagian besar masyarakat Asia Tenggara sangat menggemari nasi lemak. Tidak hanya karena kelezatannya yang menggugah selera, namun juga berkat harga nasi lemak yang jauh terjangkau guys. Untuk Anda yang lagi liburan di Negeri Merlion, kabar baiknya nasi lemak menjadi salah satu menu khas yang cukup mudah ditemukan di sana lho.

Baca Juga :  Science Center Singapore : Wisata Edukasi Ilmu Pengetahuan dan Sains

Fried Carrot Cake

Cicipi Makanan Singapura yang Unik dan Autentik
Fried Carrot Cake

Belum lengkap rasanya berkunjung ke Singapura tanpa menikmati salah satu menu khas ini. Fried Carrot Cake atau nama lainnya Chai Tow Kway merupakan makanan khas yang sangat cocok dijadikan kudapan saat bersantai nih. Memang namanya Fried Carrot Cake, namun rupanya makanan ini tidak menggunakan bahan dasar wortel lho. Melainkan dibuat dengan olahan tepung beras, lobak kukus dan tambahan daun bawang plus telur yang digoreng layaknya omelet.

Ada dua jenis kudapan yang bisa Anda pilih sesuai selera, apakah Black Fried Carrot Cake atau White Fried Carrot Cake. Keduanya memiliki perbedaan dari segi warna, di mana Black Fried Carrot Cake menggunakan kecap manis. Khusus untuk Anda yang merasa penasaran dan ingin mencicipi Fried Carrot Cake, Anda bisa langsung berkunjung ke Hawker Central yang jaraknya sekitar 15 menit dari ArtScience Museum Singapore.

Hokkien Prawn Mee

Cicipi Makanan Singapura yang Unik dan Autentik
Hokkien Prawn Mee

Hokkien Prawn Mee ialah hidangan khas Singapura yang juga dikenal dengan nama Mie Hokkian. Untuk Anda yang belum tahu, Hokkien Prawn Mee dibuat dari olahan kaldu yang berasal dari tulang babi atau udang. Kemudian disiram ke ata mie goreng berukuran tipis dan akan dicampurkan beberapa bahan lain seperti cumi-cumi, udang, telur, daging babi dan lainnya.

Hokkien Prawn Mee biasanya akan dikonsumsi bersamaan dengan sambal plus perasan jeruk nipis sehingga menawarkan rasa manis, pedas sekaligus menyegarkan di lidah. Dari pada penasaran, langsung saja buru makanan lezat ini di Singapura. Di jamin, 1 porsi seduhan Hokkien Prawn Mee akan langsung membuat Anda ketagihan ingin mencoba lagi dan lagi.

Fish Soup

Fish Soup menjadi hidangan terbaik yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkesempatan datang ke Negeri Merlion Singapura. Tahukah Anda? Ternyata Fish Soup  berasal dari resep suku Teochew yaitu golongan Tionghoa yang datang merantau ke daerah yang jauh dari Tiongkok.

Cicipi Makanan Singapura yang Unik dan Autentik
Fish Soup

Sup lezat ini dibuat menggunakan bahan ikan anchovy atau bilis yang dimasak dengan tambahan sayuran segar. Semakin sempurna karena hidangan Fish Soup juga diberikan bihun dan udang plus tambahan susu (sesuai permintaan). Perpaduan semua bahan ini akan menghasilkan kaldu berwarna putih layaknya White Curry, dijamin lidah Anda akan benar-benar termanjakan dengan satu porsi hidangan Fish Soup di Singapura.

Baca Juga :  Mata Uang Singapura : Singapore Dollar dengan Kode SGD dan Simbol S$

Bak Kut Teh

Jika Anda termasuk salah seorang pencinta daging dan ingin menikmati makanan enak nan sehat, sudah seharusnya Anda menikmati Bak Kut Teh. Bak Kut Teh dibuat dengan olahan iga daging babi yang dimasak menggunakan rempah-rempah serta kaldu bumbu.

Cicipi Makanan Singapura yang Unik dan Autentik
Bak Kut Teh

Dalam satu porsi Bak Kut Teh, Anda akan dimanjakan dengan rempah-rempah khas seperti kayu manis cengkeh dan ketumbar. Meskipun tergolong salah satu makanan berat, Bak Kut Teh menjamin kelezatan yang tidak pantas Anda tolak begitu saja. Bak Kut Teh biasanya dikonsumsi dengan kembang tahu, mie, sayur asin dan bahkan menggunakan nasi sebagai teman makannya.

Kari Kepala Ikan

Cicipi Makanan Singapura yang Unik dan Autentik
Kari Kepala Ikan

Terakhir, ada kari kepala ikan sebagai salah satu makanan khas Singapura yang begitu populer berkat cita rasanya yang lezat. Untuk Anda yang belum tahu nih, kari kepala ikan ialah makanan khas India yang berasal dari kepala ikan yang dicampur gula, garam, cabai, rempah-rempah dan campuran beberapa bumbu lainnya. Anda akan merasakan cita rasa yang sangat khas saat menikmati hidangan satu porsi kari kepala ikan.

Tanya Jawab

Apakah makanan SIngapore itu halal?

Tidak semua masakan Singapore itu halal karena ada beberapa makanan yang menggunakan daging babi dan minyak babi sebagai bahan utamanya. Jadi sebaiknya anda berhati-hati dalam memilih makanan di Singapura.

Apakah harga makanan di Singapore itu mahal?

Ya makanan Singapura itu tergolong mahal apalagi bila anda memakannya saat berkunjung ke Singapore. Namun di beberapa tempat terdapat gerai-gerai yang menjual makanan dengan harga yang terjangkau.

Buah-buahan apa yang menjadi kekhasan negara Singapura?

Di negeri ini terdapat banyak varietas buah-buahan terutama buah tropis seperti manggis, nangka, mangga, rambutan, leci, lengkeng, dan nanas. Namun di antara sekian banyak buah tersebut yang paling terkenal di Singapore adalah Durian.

Kesimpulan

Rasa masakan Singapura biasanya cukup cocok di lidah wisatawan Indonesia. Bumbu yang tajam, penggunaan nasi di dalam makanan sehari hari, dan rasa pedas menggigit sangat mirip dengan apa yang dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Jadi pastikan Anda tidak melewatkan makanan terbaik ini saat berkesempatan datang ke Singapura ya! Simak daftar menunya dan selamat mencicipi!!

Berita Menarik Lainnya
Kabukicho : Red Light District ala Jepang yang Mendunia
Kabukicho : Red Light District ala Jepang yang Mendunia
error: Kontent dilindungi !!