Panduan Wisata Malaysia : Surga Pecinta Makanan dengan Budaya yang Unik

Panduan Wisata Malaysia : Surga Pecinta Makanan dengan Budaya yang Unik

Malaysia merupakan salah satu negara tujuan wisata yang terletak di Asia Tenggara. Berdekatan dengan Thailand, Singapura, dan Indonesia, negara ini memiliki beberapa landmark wisata yang sudah tak asing lagi ditelinga para pelancong. Sebut saja Petronas Twin Tower. Hampir tidak ada orang yang tidak mengetahuinya.

Meskipun Malaysia mungkin tidak setenar negara tetangganya, Thailand, namun Malaysia memiliki daya tarik yang cukup kuat bagi para wisatawan. Merupakan rumah bagi beberapa budaya dan etnis, Negeri Jiran ini memiliki segudang budaya yang patut kamu tengok. Malaysia juga punya banyak sekali pilihan makanan tradisional yang sangat memanjakan lidah.

Segala surga wisata yang ditawarkan Malaysia dapat dinikmati dengan harga yang relatif masuk akal di kantong. Untuk beberapa lokasi, kamu memang akan harus merogoh kantong kamu lebih dalam. Tapi jika dibandingkan dengan wisata di negara Eropa, budget wisata yang harus kamu siapkan di Negeri Jiran ini sangat jauh lebih murah.

Jika kamu berencana liburan ke Malaysia, pastikan kamu mengetahui beberapa detail tentang negara yang kamu tuju tersebut. Tak perlu repot-repot mencari. Di bawah ini terdapat ulasan yang lengkap tentang panduan wisata untuk liburan ke Malaysia yang bisa kamu tengok. 

Sekilas Pandang tentang Malaysia

Siapa yang tak kenal dengan Malaysia? Negara yang beribu kota di Kuala Lumpur ini memiliki cukup alasan bagi para pelancong untuk menyambangi kota-kota terbaiknya. Berpopulasi kira-kira 32 juta orang, Malaysia dihuni oleh beberapa kelompok etnis yang membuatnya menjadi negara multikultural.

Sudah bukan rahasia lagi jika Malaysia merupakan negara percampuran beberapa budaya. Budaya melayu, China, dan India bercampur jadi satu di Negeri Jiran. Semuanya hidup berdampingan dalam harmonisasi yang epik.

Malaysia memang terkenal sebagai negara muslim di dunia. Namun, jauh sebelum Islam memasuki Malaysia, negara ini sudah mengenal paham Hindu dan Buddha yang sudah lebih dulu masuk ke tengah-tengah kehidupan warga. Tak aneh, banyak sekali aspek kehidupan di negeri ini yang dibumbui paham Hindu dan Buddha, seperti konsep upacara pernikahan dan juga pembagian wilayah ala kerajaan.

Malaysia merupakan negara yang wilayahnya tidak seutuhnya menyatu. Ada beberapa wilayah di negara ini yang terpisah perairan. Secara umum, dapat dikatakan bahwa Malaysia terbagi menjadi 2: Malaysia Barat dan Malaysia Timur.

Yang dimaksud dengan Malaysia Barat adalah bagian dari Malaysia dimana ibu kota negara ini berada. Malaysia Barat dikenal juga dengan sebutan “Peninsular Malaysia”. Sementara Malaysia Timur mencakup wilayah Sarawak dan Sabah. Wilayah Timur ini berbatasan langsung dengan Indonesia di Pulau Borneo atau Kalimantan. Tak heran, wilayah Timur ini sering juga disebut dengan “Malaysian Borneo”.

Lokasi yang banyak dijadikan destinasi wisata kebanyakan berada di Malaysia Barat. Transportasi yang lengkap didukung dengan modernisasi tata kota membuat banyak wisatawan merasa nyaman di bagian barat Malaysia ini. Banyaknya pilihan akomodasi pun menjadi alasan para pelancong memilih Malaysia Barat untuk mereka sambangi. Selain itu, Malaysia Barat juga berbatasan langsung dengan negara tetangga, Singapura. Hal tersebut memudahkan para wisatawan yang ingin pergi ke beberapa negara dalam waktu singkat.

Malaysia Timur terkenal akan kekayaan seni dan budaya khas Malaysia. Orang asli Malaysia pun berada di wilayah ini. Selain itu, jika kamu mencari lokasi wisata dengan atmosfer alam yang kuat, Malaysia Timur ini adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa menjelajahi hutan Borneo di sini. Namun, beberapa pelancong mengeluhkan tingginya biaya yang harus dikeluarkan untuk plesir ke wilayah Malaysia Timur ini. Kurang lengkapnya akomodasi dan transportasi di sini menjadi sebab utama tingginya budget yang harus dikeluarkan para wisatawan.

Jangan meninggalkan Malaysia tanpa mencicipi kulinernya yang kaya akan rempah. Kuala Lumpur dapat dikatakan markas bagi puluhan makanan tradisional Malaysia. Mulai dari restoran mewah hingga jajaran kaki lima semuanya ada di ibu kota ini. Nasi lemak, sate, dan laksa hanyalah sebagian makanan lezat yang wajib kamu coba di Malaysia.

Data Fakta Malaysia

Nama Resmi : Malaysia

Ibukota : Kuala Lumpur

Mata Uang : Ringgit Malaysia

Zona Waktu : GMT+98

Kode Telepon : +60

Alamat Kedutaan Indonesia di Jepang : 233, Jalan Tun Razak, Imbi, 50400 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia

Nomor Telepon Kedutaan Indonesia di Jepang: +60 3-2116 4000

Nomor Telepon Darurat :

  • Polisi : 999
  • Ambulans : 999
  • Pemadam Kebakaran : 999

Kebijakan Visa di Malaysia

Banyak sekali para turis yang memuji kemurahan hati Malaysia mengenai kebijakan visa yang ditetapkan negeri ini. Ya, banyak warga negara dunia tidak perlu repot-repot mengurus ijin tinggal jika mereka berencana berliburan di Malaysia dalam kurun waktu maksimal 30 hari. Liburan kamu menjadi lebih mudah, bukan?

Bahkan, bagi banyak negara di Eropa dan Amerika Utara, Malaysia memberikan ijin tinggal maksimal selama 90 hari sejak kedatangan mereka di negeri ini. Jika mereka ingin tinggal lebih lama dari itu, mereka hanya harus keluar sejenak dari Malaysia dan masuk lagi untuk 90 hari ijin tinggal selanjutnya. Para turis ini, baik Asia, Eropa, maupun Amerika, hanya harus memastikan paspor mereka masih berlaku setidaknya 6 bulan sebelum masa berlakunya habis.

Akan tetapi, peraturan yang agak berbeda ditetapkan di Sarawak. Masa kunjungan para turis di wilayah bagian timur Malaysia ini biasanya lebih pendek dibandingkan di Malaysia Barat. Jadi, pastikan kamu menyusun jadwal liburan kamu dengan bijak di Malaysia ya.

Mata Uang Malaysia

Mata uang yang digunakan di Malaysia adalah Ringgit Malaysia. Biasanya, mata uang ini ditulis RM dan diletakkan sebelum angka mata uang. Satu Ringgit Malaysia sama dengan 100 sen. Pecahan sen ini tersedia hanya dalam bentuk koin.

Baca Juga :  Bus Go KL : Bis Gratis Favorit Wisatawan di Kuala Lumpur

Jika kamu menghabiskan liburanmu di Malaysia, tidak perlu khawatir mengenai alat tukar yang berlaku di sini. Money changer banyak tersebar di lokasi-lokasi wisata. ATM pun terdapat dimana-mana. Biasanya, Ringgit Malaysia yang terdapat di ATM tersedia dalam pecahan RM1, RM5, RM10, RM20, RM50, dan RM100.

Selain itu, visa dan mastercard pun dapat digunakan di negara ini. Kamu bisa memanfaatkan transaksi non-tunai ini di beberapa lokasi seperti hotel besar atau pusat perbelanjaan. Akan tetapi, traveler’s checks sudah tidak umum digunakan di Negeri Jiran ini.

Bahasa yang Digunakan di Malaysia

Bahasa resmi yang digunakan di Malaysia adalah Bahasa Melayu, atau orang menyebutnya dengan ‘Bahasa’ saja. Bahasa Melayu ini merupakan bahasa yang tergolong mudah untuk dipelajari. Penulisannya tidak menggunakan simbol seperti Bahasa Thailand, Jepang, atau Korea. Pengucapannya pun persis seperti yang dituliskan. Bahasa Melayu ini sangat mirip dengan Bahasa Indonesia.

Malaysia juga memiliki Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua yang banyak digunakan di negara ini. Jika kamu menguasai Bahasa Inggris, maka besar kemungkinan kamu tidak akan menemui hambatan bahasa selama kunjungan kamu di sini. Akan tetapi, banyak supir taksi di Malaysia tidak mahir berbahasa Inggris. Sehingga, kamu disarankan menggunakan Bahasa Melayu untuk berkomunikasi dengan mereka.

Keamanan Berwisata di Malaysia

Malaysia merupakan negara yang menaruh perhatian serius terhadap keamanan para wisatawan. Mereka menyediakan polisi khusus yang menangani sektor pariwisata yang dinamakan Tourist Police. Polisi ini sudah dilatih untuk dapat memberikan pelayanan prima pada para turis yang datang ke Malaysia.

Tourist Police sangat mudah dikenali. Mereka menggunakan seragam polisi berwarna biru tua dengan huruf “I” (informasi) yang tertera di lencana biru dan merah saku bajunya. Atau kamu juga bisa menghubungi nomor 999 jika membutuhkan pertolongan darurat di Malaysia.

Walaupun terdapat polisi di titik-titik tertentu wisata populer Malaysia, kamu tetap harus berhati-hati. Malaysia, seperti negara lain, juga rawan akan copet. Oleh karena itu, kamu harus tetap waspada akan barang pribadi yang kamu bawa.

Hari Raya dan Hari Libur di Malaysia

Malaysia merupakan rumah bagi banyak etnis dan agama. Rumpun Melayu, China, penganut Hindu, Buddha, Islam semua membentuk Malaysia yang heterogen. Tak heran, Malaysia pun kaya akan hari raya, festival, dan hari libur nasional demi menghormati banyak etnis dan golongan tersebut. Berikut ini adalah beberapa hari raya dan libur nasional yang terdapat di Malaysia.

Hari Raya

Hari Raya merupakan hari besar umat agama Islam. Terdapat 2 hari raya: Aidil Fitri dan Aidil Adha. Hari raya Aidil Fitri merupakan perayaan setelah satu bulan lamanya umat muslim berpuasa. Mereka biasanya balik kampung ke daerah-daearah asal di mana sanak keluarga besar mereka berkumpul. Sementara hari raya Aidil Adha merupakan perayaan untuk menghormati Nabi Ibrahim. Hari raya ini ditandai dengan menyembelih sejumlah hewan kurban untuk dibagikan kepada orang yang berhak.

Deepavali

Deepavali merupakan festival cahaya yang dirayakan oleh para umat Hindu. Festival ini bertujuan merayakan kemenangan cahaya atas kegelapan, kebaikan atas keburukan. Biasanya, festival ini diadakan di bulan Oktober atau November. Komunitas India di Malaysia biasanya akan meramaikan kota dengan cahaya-cahaya terang dan warna yang cerah. 

Lunar New Year

Lunar New Year atau dikenal juga dengan Tahun Baru China merupakan penanda dimulainya awal yang baru dalam kalender China. Perayaan ini biasanya ada di bulan Januari atau Februari. Di Tahun Baru China, Kuala Lumpur biasanya akan berubah menjadi lautan merah, warna dominan dari perayaan ini. Petasan juga akan ikut meramaikan perhelatan festival ini.

Thaipusam

Thaipusam merupakan festival umat Hindu yang biasanya berlangsung di bulan Januari. Festival ini merupakan persembahan kepada Subramanium atas kemenangannya melawan iblis kuat bernama Surapadman. Thaipusam merupakan simbol kemenangan dari kebaikan atas kejahatan dan kebenaran melawan kebohongan.

Di festival ini, para umat Hindu akan melakukan prosesi dimana mereka membawa seserahan di atas altar yang dipakukan ke tubuh mereka. Altar seserahan tersebut akan diarak berjalan kaki sejauh 15 kilometer dari kuil Sri Maha Mariamman di Kuala Lumpur ke Batu Caves.

Vesak Day

Vesak merupakan hari raya penting bagi umat Buddha. Festival ini diadakan untuk merayakan kelahiran, penurunan wahyu, dan kematian Buddha. Hari raya ini tidak semeriah dan seheboh Tahun Baru China. Namun, pada hari Wesak, kuil-kuil akan bermandikan cahaya dan biasanya diadakan festival makanan vegetarian di jalanan.

Destinasi Wisata Malaysia Teristimewa

Kamu pasti sudah tidak asing dengan kepopuleran beberapa wisata Malaysia. Bahkan mungkin kamu sudah pernah berkunjung ke salah satu destinasi yang terkenal di sana. Terlebih Malaysia merupakan salah satu negara tetangga Indonesia yang memiliki jarak cukup dekat dan memiliki bahasa yang tidak berbeda jauh dengan Indonesia.

Namun tahukah kamu? Malaysia memiliki deretan destinasi wisata populer yang mampu memikat hati para wisatawan. Siapkan saja budget dan jadwal liburanmu lalu segera kemas kopermu. Malaysia dijamin akan membuatmu ketagihan untuk datang lagi dan lagi. Simak beberapa daftar lokasi wisata populer yang harus kamu masukkan ke daftar liburanmu ini.

Menara Kembar Petronas

Ketika kamu berkunjung ke Malaysia kamu wajib datang untuk mengunjungi objek wisata Malaysia satu ini. Hal ini disebabkan menara Kembar Petronas adalah salah satu ikon dari negara Malaysia yang sangat terkenal dan teristimewa. Bahkan menara ini pernah menjadi menara tertinggi di dunia pada tahun 1998 sampai 2004. Sebelum gelar tersebut direbut  oleh India dengan Burj Khalifa di Dubai.

Belum ke Malaysia tanpa berkunjung ke landmark yang satu ini. Letaknya yang berada di jantung kota Kuala Lumpur akan sangat memudahkan kamu mengunjunginya. Skybridge Petronas Twin Tower yang menggantung cantik di lantai 41 dan 42 menara tersebut wajib kamu coba. Dari sana, kamu akan dapat melihat pemandangan Malaysia dari ketinggian. Kamu juga bisa ke lantai 86 untuk pemandangan yang jauh lebih menakjubkan.

Baca Juga :  Panduan Wisata Thailand : Serunya Liburan di Negeri Gajah Putih

Selain itu, di sekitar bangunan setinggi 170 meter ini terdapat Mall Suria KLCC yang memiliki taman dengan air mancur yang instagramabel. Bahkan jika kamu datang pada malam hari, kamu dapat menikmati keindahan gemerlap lampu yang menghiasi gedung berlantai 88 ini. Menara Kembar ini juga menjadi salah satu destinasi wisata tahun baru terfavorit di kawasan Asia Tenggara.

Kuil Kek Lok Si

Destinasi wisata Malaysia teristimewa selanjutnya adalah Kuil Kebahagiaan Agung  atau yang biasa disebut sebagai Kuil Kek Lok Si. Kuil yang berada di Penang ini merupakan bangunan berwujud pagoda dengan 7 lantai. Bangunan ini tampak besar dan megah. Saking besarnya bangunan ini dinyatakan sebagai kuil Budha terbesar di Asia Tenggara.

Keistimewaan dari kuil ini, selain ukurannya yang besar adalah karena desainnya yang sangat unik. Desain dari Kuil Kek Lok Si ini, merupakan perpaduan budaya dari tiga negara ( Burma, Cina dan Thailand ). Di dalam kuil juga terdapat 10 ribu patung Budha yang sangat indah. Bahkan ada patung Dewi Kwan Im dengan tinggi sekitar 30,2 meter.

Untuk menikmati keindahan Kuil Kebahagiaan Agung ( Temple of Supreme Bliss ) ini, kamu tak perlu merogoh kocek yang dalam. Ini dikarenakan biaya masuk kuil hanya 2 Ringgit Malaysia. Untuk sampai ke kuil ini juga mudah. Kamu bisa menaiki taxi atau bus tujuan Penang.

Langkawi Cable Car

Kamu belum bisa dikatakan liburan ke Malaysia dengan lengkap,  jika belum mengunjungi tempat wisata Malaysia satu ini. Langkawi Cable Car merupakan puncak gunung tertinggi kedua di Langkawi. Gunung ini berada pada ketinggian 709 meter di atas permukaan air laut. 

Langkawi Cable Car ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Kamu juga akan melewati hutan hujan tropis serta air terjun yang sangat menawan saat perjalanan ke atas pegunungan. Bahkan saat cuaca sedang cerah wisatawan yang berkunjung dapat melihat Indonesia di bagian barat daya dan Thailand di bagian Utara.

Untuk menempuh perjalanan ke puncak kamu bisa menaiki kereta gantung. Sehingga perjalanan sejauh 2,2 KM ini, bisa ditempuh hanya dalam waktu 20 menit. Mungkin awalnya akan sedikit tegang saat kamu menaiki kereta gantung ini. Namun di pertengahan perjalanan kamu akan dapat menikmati keindahan dari pemandangan yang tersaji.

Langkawi Cable Car buka setiap hari. Dengan jam operasional, hari Senin, Selasa, dan Kamis buka pukul 10.00. Sedangkan hari Jumat, Sabtu dan Minggu buka pukul 09.30 dan hari rabu buka dari pukul 12.00. Namun jam operasional ini juga menyesuaikan kondisi cuaca. Jika cuaca tidak bersahabat, maka pengoperasian kereta gantung bisa diberhentikan total.

Legoland Malaysia

Kamu pencinta permainan lego? Sedang berlibur ke Malaysia? Jangan lupa untuk mengunjungi Legoland Malaysia. Legoland Malaysia merupakan taman wisata anak-anak bertemakan lego pertama di Asia. Taman wisata ini didirikan di Johor, Malaysia.

Di kawasan Legoland Malaysia ini terdapat dua bagian wahana permainan utama dan satu bagian untuk hotel. Tempat wahana permainan ini diberi nama Legoland Theme Park dan Legoland Water Park. Sedangkan kawasan hotel diberi nama hotel Legoland. Tempat wisata ini, merupakan salah satu taman wisata terbaik dan terbesar yang ada di Malaysia. Sehingga kamu wajib datang berkunjung, jika sedang liburan ke Malaysia.

Legoland dikategorikan sebagai tempat wisata istimewa di Malaysia karena keunikan desain bangunan yang sengaja dibangun mirip dengan tumpukan permainan lego. Tempat wisata Malaysia ini juga memiliki banyak fasilitas yang terfavorit. Walaupun harga tiket masuk Legoland ini cukup mahal ( sekitar 190 ringgit Malaysia sampai 289 ringgit Malaysia), namun harga itu sangat sebanding dengan kesenangan serta beragam fasilitas wisata yang akan kamu dapatkan.

Batu Caves

Destinasi populer satu ini juga merupakan landmark khas Negeri Jiran. Batu Caves sebenarnya merupakan kuil yang masih aktif digunakan sebagai tempat peribadatan umat Hindu. Namun, indahnya pemandangan dari kuil ini menjadikannya tempat ibadah sekaligus sebagai tempat wisata. Terdapat 272 anak tangga yang harus kamu daki untuk menuju kuil ini.

Objek wisata ini menjadi tempat favorit dan istimewa karena menjadi salah satu tempat suci bagi umat Hindu. Oleh karenanya jika kamu akan berkunjung ke objek wisata paling istimewa ini, kamu harus memakai pakaian yang sopan dan rapi. Apabila kamu memakai pakaian yang agak terbuka, maka kamu bisa menyewa kain yang disewakan di depan objek wisata.

Batu caves atau yang biasa disebut dengan nama gua batu merupakan gua kapur yang memiliki tiga gua utama serta beberapa gua kecil. Gua yang menjadi salah satu ikon dari kota Selangor ini juga memiliki beberapa jenis patung. Salah satu yang paling terkenal adalah patung Dewa Murugan setinggi 42,7 meter. Patung ini dilapisi dengan emas murni.

Untuk masuk ke dalam gua kamu harus melewati 272 anak tangga yang cukup curam. Namun jangan takut. Walaupun curam anak tangga ini di cat warna-warni. Sehingga dapat menjadi spot foto yang instagramable. Namun saat menaiki tangga kamu harus berhati-hati. Karena di sana ada banyak monyet-monyet nakal yang berkeliaran. Apalagi mereka juga suka mengambil barang-barang milik pengunjung.

Satu hal yang sangat penting dan perlu kamu bawa. Kamu harus membawa air minum yang cukup. Ini dikarenakan perjalanan naik menuju batu caves cukup melelahkan. Tapi tak perlu ragu untuk berkunjung ke tempat wisata ini, sebab pemandangan di tempat ini, sangat menakjubkan.

Batu caves ini memiliki jam operasi mulai pukul 7 pagi sampai jam 9 malam. Untuk mencapai tempat ini juga banyak transportasi yang dapat digunakan. Seperti halnya kereta, bus maupun taksi. Hal ini dikarenakan berdasarkan panduan wisata Malaysia, batu caves terletak sejauh 13 KM dari kota Kuala Lumpur.

Iklim di Malaysia

Malaysia beriklim tropis. Sehingga, musim yang terdapat di negara ini adalah musim panas dan penghujan. Akan tetapi, Malaysia Barat dan Malaysia Timur biasanya mengalami perbedaan musim dan cuaca yang cukup signifikan.

Musim hujan biasanya terjadi antara bulan November atau Desember hingga pertengahan Februari di Malaysia Timur. Sedangkan di Malaysia Barat, musim hujan biasanya datang di bulan April hingga Oktober. Musim hujan di Malaysia Barat cenderung lebih bersahabat di banding di bagian Timur sehingga tidak begitu memengaruhi jadwal liburan para wisatawan.

Baca Juga :  Kasino Genting : Wisata Hiburan Judi Legal di Malaysia

Transportasi Menuju Malaysia

Jika kamu ingin berkunjung ke Malaysia, jalur udara adalah salah satu transportasi yang dapat kamu manfaatkan. Kamu akan disambut oleh hangatnya udara Malaysia di bandara internasional Kuala Lumpur. Banyak maskapai yang melabuhkan tujuannya ke sini dengan harga yang bervariasi.

Jika kamu sudah di Malaysia, banyak pilihan transport yang bisa kamu gunakan ke destinasi wisata yang ingin kamu tuju. Pesawat, bis, taksi, LRT, transportasi online semua ada disini. Kamu hanya tinggal memilih yang sesuai budget dan kenyamanan yang kamu kehendaki. 

Tips dan Trik Berwisata di Malaysia

Berwisata ke Malaysia terbilang tidak susah. Sudah banyak informasi yang tersedia di laman online maupun offline tentang negara ini. Namun, di bawah ini ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu perhatikan dan dapat berguna dalam kunjungan kamu ke Malaysia.

  • Berpakaian sopan : Walaupun Malaysia merupakan negara dengan warga yang heterogen, namun mayoritas warga di sana adalah muslim. Oleh karena itu, Malaysia terkenal sebagai negara konservatif. Pastikan kamu memasukkan pakaian yang sopan ke dalam koper liburanmu ke Malaysia. Jangan sampai kamu mendapat lirikan pedas dari warga di sana karena salah kostum ya.
  • Pakai baju yang nyaman : Siapkan pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat untuk liburanmu di Negeri Jiran ini. Cuaca Malaysia yang cenderung panas dan lembab dapat mengganggu liburanmu jika kamu memakai pakaian yang salah.
  • No Alkohol : Jangan sembarangan membawa alkohol ke tempat penginapan. Di beberapa wilayah Malaysia, aturan mengenai konsumsi alkohol sangat ketat.
  • Ketahui musim dan cuaca : Ada baiknya kamu mencari tahu cuaca atau musim yang sedang terjadi di Malaysia sebelum menyusun jadwal liburan. Kamu pastinya tidak mau kan jadwal berjemur kamu di Langkawi tidak maksimal karena rintik hujan?
  • Bawa recehan : Siapkan pecahan Ringgit Malaysia dalam jumlah kecil untuk memudahkan transaksi kamu selama di Malaysia.
  • Pakai sepatu nyaman : Walking shoes sangat direkomendasikan untuk menemani hari liburanmu di Negeri Jiran. Selain lebih nyaman, sepatu jenis ini juga memudahkan mobilitas kamu saat berliburan, bukan?
  • Sedia payung : Tidak ada salahnya melindungi diri dari terik matahari Malaysia dengan menyiapkan topi dan payung di koper atau ransel kamu.
  • Pastikan jadwal liburanmu : Jika kamu tidak suka keramaian, pastikan jadwal liburanmu tidak bentrok dengan berbagai hari raya atau festival yang diadakan di Malaysia. Pada tanggal-tanggal dimana festival diadakan, biasanya suasana dan jalanan kurang kondusif untuk berwisata. Namun, jika kamu ingin merasakan euforia festival di Malaysia, sah-sah saja berkunjung di tanggal yang sama dengan tanggal festival.
  • Mempersiapkan Peta Wisata dan peta transportasi umum : Hal pertama yang perlu kamu  lakukan adalah dengan mempersiapkan peta wisata dan juga peta untuk transportasi umum. Hal ini dilakukan agar kamu tidak tersesat dan tetap dalam pengontrolan, mengingat kamu sedang berlibur di negeri orang. Ada baiknya untuk tidak terlihat sok tahu, karena tentunya ada hal yang mungkin masih tidak kamu ketahui tentang Malaysia. Selain itu, jangan lupa kamu  untuk membawa terus peta transportasi umum, agar kamu tidak salah jalan saat sedang bepergian menggunakan kendaraan umum, tentunya berlibur di negara orang tidak akan semudah berlibur di negara sendiri bukan dimana kamu bisa mengendarai mobil sendiri.
  • Tidak Adanya Kartu Imigrasi : hal yang perlu kamu perhatikan adalah sehubungan dengan tidak adanya kartu imigrasi, saat kamu sedang berlibur di Malaysia ini. nantinya, setelah kamu turun dari pesawat, kamu perlu untuk menuju imigrasi sebagai pengganti dari kartu imigrasi yang tidak ada tersebut. Nantinya, paspor kamu akan di stempel oleh pihak imigrasi Malaysia. Hal ini tentunya agak sedikit berbeda jika dibandingkan dengan negara – negara asing lainnya.

Tanya Jawab

Apakah aman meminum langsung air keran?

Pada umumnya air keran di kota-kota besar aman untuk dikonsumsi dan kamu dapat meminumnya langsung tanpa harus dimasak dahulu. Akan tetapi karena air keran di murnikan dengan menggunakan klorin maka sebaiknya bila kamu hendak meminum langsung maka kamu harus mendiamkan air tersebut selama beberapa menit agar zat klorin yang terdapat di dalam air menguap dan air lebih aman untuk dikonsumsi.

Apakah ada airport tax?

Jika kamu meninggalkan Malaysia akan ada airport tax sebesar RM 5 untuke penerbangan domestik dan RM 40 untuk penerbangan internasional.

Bagaimana cara menghindari kesalahpahaman yang dapat membuat tersinggung masyarakat tuan rumah di Malaysia?

Untuk menghindari ketersinggungan budaya berikut ada sejumlah tips. Lepas sepatu ketika masuk ke dalam rumah, berpakaian yang sopan di tempat-tempat keagamaan, ketika mengambil makanan usahakan hanya menggunakan tangan kanan saja, jangan berbicara dengan nada tinggi karena bisa dianggap menantang lawan bicara.

Bagaimana soal tip pelayan di Malaysia? apakah wajib dan berapa biasanya?

Memberikan tip bukan budaya di Malaysia, hal ini sebenarnya tidak perlu karena hotel dan restoran telah mengenakan service charge sebesar 10% dari nilai tagihan. Kecuali pelayanannya sangat luar biasa memuaskan sebaiknya anda tidak memberikan tip.

Apakah saya perlu di vaksinasi sebelum berangkat ke Malaysia?

Negara dengan teknologi dan pelayanan kesehatan sebagus Malaysia tidak mewajibkan anda mendapatkan vaksinasi sebelum memasuki negara ini, Lain halnya jika kamu berasal dari wilayah yang ditandari oleh pemerintah Malaysia sebagai wilayah rawan penyakit menular, maka kamu harus mendapatkan vaksinasi terlebih dahulu.

Kesimpulan

Sebagai negara serumpun dengan Indonesia, Malaysia menawarkan tempat-tempat wisata yang cukup mirip dengan tempat wisata di Indonesia namun tempat wisata ini dibungkus dengan cukup professional dan menarik. Di negeri ini kamu juga dapat menemukan perpaduan budaya yang unik dari berbagai ras dan suku bangsa.

Berita Menarik Lainnya
Panduan Wisata Malaysia : Surga Pecinta Makanan dengan Budaya yang Unik
Grand Palace Bangkok, Pesona Wisata Thailand Bertabur Sejarah Masa Lalu
error: Kontent dilindungi !!