Nuat Phaen Thai : Pijat Tradisional ala Thailand yang Diakui UNESCO

Nuat Phaen Thai : Pijat Tradisional ala Thailand yang Diakui UNESCO

Negeri seribu pagoda Thailand menjadi negara yang populer sebagai tujuan destinasi wisata Asia Tenggara. Selain objek wisata yang menarik, budayanya yang masih terjaga, dan tak ketinggalan adalah massage Thailand yang telah banyak diakui keistimewaannya di beberapa negara. Posisi Thailand yang dikelilingi oleh negara-negara lain, seperti Cina, Kamboja, dan India, sehingga tak mengherankan jika Thailand mendapatkan pengaruh dari budaya negara-negara tersebut.

Turis-turis yang datang ke Thailand bukan saja mengunjungi destinasi-destinasi terkenal saja, tetapi sepertinya kurang sempurna jika tidak merasakan sensasi dari pijat Thailand langsung di negara asalnya.  Menariknya, pijat khas Thailand ini telah mendunia dan bahkan Anda bisa menemui massage Thailand di beberapa negara tanpa harus berkunjung ke Thailand

Lebih Dekat Dengan Massage Thailand

Massage Thailand atau Thai Massage atau Pijat Thailand ini sebagaimana dengan namanya berasal dari negeri gajah putih, Thailand. Pijat Thailand telah menjadi bisnis besar di negara Thailand sendiri dan telah diatur oleh Departemen Kesehatan Masyarakat akan pendirian bisni pijat di Thailand. Sehingga tidak mengherankan bahwa sangat mudah untuk menemukan pijat Thailand jika Anda berkunjung di negara tersebut. 

massage thailand

Pijat yang telah banyak dikenal ini memang menawarkan sensasi yang berbeda dari pijat-pijat pada umumnya, sehingga kepopulerannya semakin mendunia. Pemijatan khas Thailand ini berpadu dengan relaksasi ala yoga. Dan keberadaannya pun sudah lama sekali, yaitu sekitar 2500 tahun yang lalu dengan dikembangkan oleh biksu dan mendapat pengaruh dari budaya negara Cina dan India. Tidak heran pijat ini begitu spesial bagi orang Thailand sendiri maupun turis-turis yang berkunjung di Thailand.

Baca Juga :  Mata Uang Thailand Baht Dengan Kode THB dan Simbol ฿

Di Thailand sendiri pijat Thailand lebih sering disebut dengan nama nuat phaen boran atau nuat phaen thai. Bahkan perlu Anda ketahui bahwa pijat Thailand telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO dan telah dimasukkan dalam daftar Cultural Heritage of Humanity pada tahun 2019. Hebat kan? Semakin percaya nih dengan keampuhan pijat khas Thailand ini.

Keistimewaan dan Keunikan Massage Thailand

Pijat Thailand atau Thai Massage ini memiliki metode pemijatan yang berbeda dengan pijat-pijat pada umumnya. Jika Anda biasanya merasakan pijat dengan menggunakan lotion maupun menggunakan minyak dan dianjurkan untuk tidak menggunakan pakaian, namun pijat Thailand ini justru sebaliknya. Di sini pasien diperbolehkan untuk tetap menggunakan pakaiannya dan pemijat juga tidak menggunakan lotion maupun minyak untuk memijat.

Nah.. hal unik lainnya yang tidak Anda temui pada pemijatan-pemijatan di Indonesia adalah bahwa massage Thailand memberikan Anda alas berupa matras. Tentu saja ini sangat berbeda dengan kebanyakan pijat di Indonesia yang menggunakan kasur. 

Ketika Anda tiba di tempat pemijatan Thailand, biasanya Anda akan dipersilahkan untuk berganti pakaian yang sudah disediakan. Sebelum memulai proses pemijatan, Anda akan terlebih dahulu melalui tahap terapi kaki. Di mana kaki Anda akan direndam dengan air garam yang bisa menimbulkan rasa rileks. Bukan sekedar direndam saja, tetapi juga kaki Anda akan dipijit. Setelah selesai, barulah Anda akan dibawa ke tempat di mana Anda akan melalui proses pemijatan.

Tak kalah menarik lagi, bahwa pijat massage Thailand juga memasukkan unsur-unsur Budha di dalam praktiknya. Dimana terdapat konsep cinta kasih yang merupakan bagian dari ajaran Budha dan menekankan adanya meditasi dan pengabdian di dalam pijat ini. Hampir mirip dengan yoga sebenarnya.

Baca Juga :  Bandara Don Mueang : Bandara Alternatif di Bangkok Thailand

Teknik Pijat Khas Thailand

Pijat yang menjadi kekhasan Thailand, yakni massage Thailand menekankan adanya teknik gentle stretching and pressure atau tarikan dan pijatan yang lembut ke seluruh tubuh. Saat Anda merasakan tubuh Anda sakit, hal tersebut menandakan bahwa adanya aliran energi Anda yang tersumbat.

Di sinilah teknik pijat Thailand menjalankan tugasnya dengan membantu Anda untuk melancarkan aliran-aliran energi di dalam tubuh. Tentunya dengan pijatan yang lembut, sehingga akan menimbulkan rasa nyaman pada tubuh Anda. Mengkombinasikan antara teknik pijat dan yoga, Anda akan mendapatkan efek yang merelaksasi bisa mampu melemaskan otot-otot Anda melalui stretching technique.

Dengan Massage Thailand, Apa Saja Yang Anda Dapatkan?

Memutuskan untuk melakukan massage Thailand adalah pilihan terbaik untuk memberikan kebugaran maksimal pada tubuh Anda. Banyaknya respon positif akan kemanjuran pijat Thailand, hal ini tentunya membuat Anda tak lagi khawatir maupun ragu untuk segera mencobanya. Lalu, apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan pijat Thailand?

Melancarkan Peredaran Darah Anda

Ada banyak gerakan yang diperagakan di dalam pijat Thailand. Anda biasanya akan diminta untuk menekuk-nekuk tubuh dengan instruksi dari terapis dan juga bangkit serta berbaring. Secara otomatis, tubuh Anda akan menjadi aktif dan menjadikan jantung Anda bekerja dan banyak mengalirkan darah beroksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Darah yang mengalir dengan banyaknya kandungan oksigen inilah yang sangat baik untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan bugar. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa, peredaran darah yang lancar sangat baik untuk keseimbangan tubuh Anda.

Mengobati Stres

Tumpukan pekerjaan yang membuat Anda sulit untuk beristirahat dan memaksa Anda untuk terus berpikir keras, tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan stres dalam diri Anda. Dan ketika stress hadir, biasanya emosi pun tak terkendali dan sulit untuk bisa berpikiran jernih. Hal tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan Anda.

Baca Juga :  Panduan Wisata Thailand : Serunya Liburan di Negeri Gajah Putih

Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa, dengan melakukan massage Thailand  ketika sedang stres dapat mengurangi kadar zat sAA. Zat sAA ini merupakan zat penanda stres yang terdapat di dalam air liur Anda. Jadi, jika Anda stres ada baiknya jika Anda pergi untuk melakukan pijat Thailand untuk bisa meredakan kestresan Anda sebelum mendatangkan penyakit yang lebih serius.

Tubuh Anda Menjadi Lebih Lentur

Melakukan pijat Thailand, Anda akan memperoleh peregangan yang dilakukan secara pelan-pelan dan lembut. Dengan melakukannya secara rutin, Anda akan memperoleh tubuh yang lebih lentur dan fleksibel.

Selain itu juga bisa meningkatkan sirkulasi cairan sinovial yang terdapat di antara persendian Anda. Cairan tersebut dapat berfungsi untuk mengurangi gesekan di antara sendi Anda.

Mampu Meningkatkan Stamina Anda

Stamina tubuh sering kali tidak menentu. Terkadang sedang dalam kondisi baik, namun juga bisa saja menurun sewaktu-waktu. Biasanya apa yang Anda lakukan untuk bisa mengisi stamina Anda kembali? Tidur, jalan-jalan, atau mengkonsumsi obat penambah stamina? Selain pilihan-pilihan tersebut, Anda juga bisa melakukan massage Thailand untuk meningkatkan stamina Anda.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa dengan melakukan pijat Thailand dapat lebih efektif untuk meningkatkan energi tubuh. Sehingga Anda dapat segera melanjutkan aktivitas Anda dengan kondisi tubuh yang lebih fresh.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah memutuskan kapan akan melakukan pijat Thailand? Segera luangkan waktu Anda untuk berelaksasi dan memanjakan tubuh Anda. Tidak mau kan pekerjaan Anda terhambat karena kondisi tubuh Anda yang tidak fit? Oleh karena itu segera lakukan massage Thailand dan rasakan sensasi pijat tanpa lotion maupun minyak, namun mampu membuat tubuh Anda kembali segar.

Berita Menarik Lainnya
Kereta Gantung Langkawi : Naik Gondola Untuk Menikmati Langkawi dari Ketinggian
Kereta Gantung Langkawi : Naik Gondola Untuk Menikmati Langkawi dari Ketinggian