Mata Uang Jepang Yen dengan Kode JPY dan Simbol ¥ atau JP¥

Mata Uang Jepang Yen dengan Kode JPY dan Simbol ¥ atau JP¥

Hal penting yang harus kamu ketahui ketika berkunjung ke Jepang adalah tentang mata uang negara yang kamu tuju. Pengetahuan akan mata uang Jepang menjadi sangat penting karena segala aktivitas yang kamu lakukan di negara matahari terbit tersebut akan berkaitan dengan mata uang yang berlaku di sana. Tanpa mengetahui dengan jelas segala hal tentang mata uang negara tersebut, kamu mungkin akan mengalami berbagai kesulitan.

Jepang merupakan negara yang memiliki mata uang resminya sendiri, seperti Indonesia dengan Rupiahnya. Kamu tidak bisa pergi ke sana dengan hanya berbekal Rupiah. Sebelum keluar bandara di Jepang, kamu sebaiknya sudah mengantongi mata uang resmi di sana agar segala kegiatan kamu di Negeri Sakura ini lancar.

Mata Uang Jepang
Mata Uang Jepang Yen

Jika kamu memiliki rencana berkunjung ke Jepang dalam waktu dekat ini, maka kamu berada di halaman yang tepat. Di bawah ini akan dibahas seluk beluk mata uang Negeri Matahari Terbit secara mendetail. Berikut ini ulasannya.

Mengenal Mata Uang Jepang

Nama mata uang Jepang adalah Yen. Nama ini resmi ditetapkan sejak Juni 1871. Jepang terkenal akan aksara khasnya yang disebut Hiragana, Katakana, dan juga Kanji. Mata uang Jepang pun tak luput dari penggunaan aksara asli Jepang tersebut. Yen dalam huruf kanji ditulis dengan aksara 円 yang dibaca ‘en’.

Meskipun dalam huruf kanji dibaca ‘en’, faktanya alat tukar resmi Jepang yang berlaku tidak dibaca demikian. Pengucapan ‘yen’ dibandingkan ‘en’ muncul akibat alih aksara pada era Keshogunan Takigawa. Pada saat itu, aksara ‘e’ dibaca ‘je’, sehingga ‘en’ pun berubah menjadi ‘yen’.

Nama Yen yang berasal dari bahasa asli Jepang ini berarti lingkaran. Nama ini dipilih berdasarkan 2 alasan. Yang pertama, dalam tradisi orang Jepang, mereka melambangkan uang dengan membentuk lingkaran dengan ibu jari dan telunjuk. Simbol ini sudah umum dikenal demikian.

Alasan lainnya yaitu karena bentuk uang logam yang memang berbentuk lingkaran. Dahulu kala, Hong Kong mencetak uang logam pertamanya dengan bentuk bundar. Jepang terinspirasi akan negara tersebut untuk ikut membentuk mata uangnya dengan bentuk yang sama, yaitu lingkaran.

Baca Juga :  Sanrio Puroland Jepang: Rumah Hello Kitty Dengan Atraksi dan Wahana Seru

Yen di Jepang memang dikenal dalam huruf kanjinya. Namun tidak demikian halnya di dunia ekonomi global. Lambang ¥ lebih banyak diketahui publik secara luas sebagai simbol mata uang Jepang. Meskipun demikian, keduanya sah diakui sebagai simbol yang mewakili Yen.

Simbol ini biasa ditaruh di depan nominal mata uang. Seperti halnya Dolar ($) di Amerika, Rupiah (Rp) di Indonesia, atau Ringgit (RM) di Malaysia, Jepang pun meletakkan simbol ¥ untuk menunjukkan nilai suatu barang atau jasa di negaranya. Misalnya, ¥ 100 menunjukkan bahwa nominal suatu benda adalah 100 Yen.

Dalam dunia ekonomi perbankan, kode ISO untuk menunjukkan mata uang suatu negara awam digunakan. Kode ini lebih banyak digunakan dibandingkan simbol mata uang masing-masing negara karena dinilai lebih mudah dan cepat untuk ditulis. Yen sendiri memiliki kode ISO JPY yang berarti Japan Yen.

Nilai Tukar Yen ke Rupiah

Yen memiliki nilai tukar yang cenderung stabil dan kuat terhadap rupiah, pada umumnya yen selalu berada di atas 100 rupiah. Berikut adalah simulasi nilai tukar 1 yen terhadap rupiah yang di update setiap hari dengan dukungan teknologi live currency conversion API, kamu dapat mengubah angka pada kolom di bawah ini untuk mulai menghitung.



Pecahan Mata Uang Jepang Saat ini

Seperti mata uang lain pada umumnya, Yen hadir dalam 2 bentuk mata uang, yaitu dalam bentuk kertas dan juga koin. Uang kertas mewakili Yen dalam nominal besar. Sementara itu, koin merupakan alat tukar dengan nominal yang lebih kecil.

Yen Dalam Bentuk Kertas

Yen dalam bentuk kertas terbagi ke dalam pecahan ¥ 1.000, ¥ 2.000, ¥ 5.000. dan ¥ 10.000. Masing-masing nominal memiliki ukuran kertas yang berbeda. Selain itu, potret wajah yang menghiasi tiap nominal pun bervariasi. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

¥ 1.000

mata uang jepang 1000 yen
Uang Kertas 1000 yen

Uang kertas ¥ 1.000 merupakan Yen dengan nominal paling kecil. Ukuran kertas uang dengan nominal ini adalah 76 x 150 mm. Uang ¥ 1.000 dihiasi dengan foto Dr. Hideyo Noguchi, seorang ahli bakteriologi dari Jepang. Sementara di sisi lain, uang kertas ini dihiasi bunga sakura berlatar belakang danau dan Gunung Fuji karya Koyo Okada, seorang fotografer Jepang.

¥ 2.000

mata uang jepang 2000 yen
Uang Kertas 2000 yen

Uang kertas ¥ 2.000 merupakan nominal yang baru dicetak pada tahun 2000. Uang ini sengaja diproduksi demi memeriahkan acara G8 yang ke 26 di Prefektur Okinawa. Ukuran uang ini lebih besar sedikit dari uang kertas ¥ 1.000, yaitu sebesar 76 x 154 mm.

Baca Juga :  Panduan Wisata Jepang : Paduan Budaya Tradisional dan Teknologi Modern yang Memanjakan Mata

Uang kertas yang satu ini memiliki gambar gerbang Shurei-mon milik kastil Shuri yang berlokasi di Naha, Okinawa. Sementara di sisi lainnya, uang kertas ini dihiasi sebuah adegan dari The Tale of Genji, yaitu Murasaki Shikibu. Uang kertas pecahan ¥ 2.000 tidak bisa digunakan dalam vending machine, jadi kamu harus lebih berhati-hati jika menggunakan uang ini.

¥ 5.000

mata uang jepang 5000 yen
Uang Kertas 5000 yen

Uang pecahan ¥ 5.000 berukuran kurang lebih 76 x 156 mm. Uang kertas berwarna ungu ini memajang potret seorang wanita Jepang bernama Ichiyo Higuchi. Beliau adalah seorang penulis cerita produktif yang terkenal pada era Meiji. Di sisi lain uang ini terdapat ilustrasi kakitsubata, salah satu bunga khas Jepang.

¥ 10.000

mata uang jepang 10000 yen
Uang Kertas 10000 yen

Uang dengan nilai tertinggi di Jepang ini berukuran 76 x 160 mm. Seorang samurai yang juga merupakan cendekiawan dan pendidik Jepang dipajang di salah satu sisi uang ini. Yukichi Fukuzawa merupakan sosok yang dipandang terhormat di Jepang. Beliau lah pendiri Universitas Keio. Di sisi lain uang ini terdapat gambar burung Phoenix.

Yen Dalam Bentuk Koin

Mata uang koin terbagi ke dalam 2 pecahan yang lebih kecil, yaitu sen dan juga rin. Meskipun masih sah, tetapi sen dan rin sudah tidak lagi dipakai di Jepang. Hal ini dikarenakan nilainya yang sangat kecil yaitu ¥ 1 setara dengan 100 sen dan ¥ 1 sama dengan 1.000 rin. Uang koin di Jepang yang masih berlaku yaitu pecahan ¥ 1, ¥ 5, ¥ 10, ¥ 50, ¥ 100, dan ¥ 500.

¥ 1

Mata Uang Jepang Yen dengan Kode JPY dan Simbol ¥ atau JP¥
Uang Koin 1 Yen

Koin dengan nominal ini terbuat dari alumunium seberat 1 gram. Biaya produksi koin ini adalah ¥ 3 sehingga memunculkan peribahasa ‘ichien wo warau mono wa ichien ni naku’. Artinya yaitu uang ¥ 1 pun sangat berharga.

¥ 5

Mata Uang Jepang Yen dengan Kode JPY dan Simbol ¥ atau JP¥
Uang Koin 5 Yen

Koin ¥ 5 terbuat dari seng dan tembaga dengan berat 3.75 gram. Koin ini memiliki lubang kecil di tengah. Dalam Bahasa Jepang koin ini disebut dengan ‘goen’ yang artinya penghubung manusia dengan takdir baik. Oleh sebab itu, koin ini dianggap koin keberuntungan di Jepang.

Baca Juga :  Cara Menggunakan JR Pass di Jepang untuk Menghemat Ongkos Transportasi

¥ 10

Mata Uang Jepang Yen dengan Kode JPY dan Simbol ¥ atau JP¥
Uang Koin 10 Yen

Uang koin ini terbuat dari seng, perunggu, dan tembaga seberat 4.5 gram. Uang nominal ini dihiasi dengan gambar kuil Byodoin di Kyoto yang merupakan situs warisan UNESCO. Di sisi lainnya terdapat nominal uang dan tahun produksi.

¥ 50

Mata Uang Jepang Yen dengan Kode JPY dan Simbol ¥ atau JP¥
Uang Koin 50 Yen

Uang yang satu ini dibuat dari tembaga dan nikel dengan berat sekitar 4 gram. Sama seperti pecahan ¥ 5, koin ini memiliki lubang kecil di tengahnya. Bunga krisan menghiasi salah satu sisi uang ini.

¥ 100

Mata Uang Jepang Yen dengan Kode JPY dan Simbol ¥ atau JP¥
Uang Koin 100 Yen

Koin satu ini berbahan sama seperti pecahan ¥ 50 namun dengan berat 4.8 gram. Bunga sakura yang mekar terpajang cantik di salah satu sisi koin ini. Pecahan ini merupakan Yen yang paling sering digunakan di Jepang.

¥ 500

Mata Uang Jepang Yen dengan Kode JPY dan Simbol ¥ atau JP¥
Uang Koin 500 Yen

Koin pecahan ini merupakan pecahan baru di Jepang. Terbuat dari nikel dan kuningan, koin ini memiliki berat kurang lebih 7 gram. Bunga paulownia yang merupakan salah satu logo resmi Jepang dipajang di koin ini. 

Keunikan Mata Uang Jepang

Yen tergolong ke dalam mata uang yang cukup unik di dunia. Jika negara lain memasang potret pemimpin atau para pahlawan dalam alat tukar resminya, tidak demikian dengan Jepang. Negara Sakura ini lebih memilih orang biasa yang bergerak di bidang pendidikan atau seni untuk menghiasi mata uang negara tersebut.

Selain itu, Yen juga terbilang unik karena jumlah pecahannya yang sedikit memudahkan para tuna netra untuk membedakan masing-masing nominal Yen. Untuk uang kertas, tersedia blind code yang dapat memudahkan mereka mengetahui nominal Yen. Sementara uang koin memiliki cetakan nominal menonjol di salah satu sisinya.

Meskipun merupakan mata uang negara Asia, Yen memiliki kedudukan yang paling kuat dan favorit dibandingkan mata uang Asia lainnya. Dalam forex, Yen biasa digunakan sebagai alat tukar terbanyak bersama dengan Dolar, Euro, dan juga Poundsterling. Jika dibandingkan dengan nilai Rupiah, Yen jelas jauh melampaui nilai mata uang negara kita di atas.

Kesimpulan

Jika kamu sudah memesan tiket pesawat ke Jepang, kini saatnya menyiapkan sejumlah Yen untuk menemani perjalanan kamu. Jangan lupa untuk terus memantau nilai tukar Yen terhadap Rupiah. Dengan begitu, kamu akan dapat memaksimalkan penukaran uang tersebut dengan harga terbaik. 

Berita Menarik Lainnya
Menyelami Indahnya Kehidupan Laut di Aquaria KLCC Malaysia
Menyelami Indahnya Kehidupan Laut di Aquaria KLCC Malaysia
error: Kontent dilindungi !!