Mata Uang Thailand Baht Dengan Kode THB dan Simbol ฿

Berlibur di Thailand menjadi keinginan banyak orang. Kulinernya yang unik, kuil-kuilnya yang cantik, pantai-pantainya yang memanjakan mata, dan wisata belanjanya yang sangat ramah di kantong menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tapi, sebelum menikmati semua surga dunia tersebut, kamu tentunya harus menyiapkan Baht alias mata uang Thailand yang cukup terlebih dahulu.

Ya, Baht merupakan mata uang Negeri 1000 pagoda ini. Alat tukar inilah yang berlaku jika kamu berwisata di seluruh penjuru Thailand. Tanpa membawa Baht, jangan harap kamu dapat dengan mudah melenggang menikmati segala tempat wisata dan kuliner di sini.

Mata Uang Thailand Baht
Ilustrasi Mata Uang Thailand

Sering sekali orang salah menuliskan mata uang yang satu ini dengan ‘bath’. Kesalahan ini dikarenakan ejaan Baht yang memang sangat mirip dengan kata ‘mandi’ dalam Bahasa Inggris. Padahal, arti dari kedua kata tersebut berbeda jauh.

Jika kamu berencana pergi ke Thailand, tak ada salahnya mengenal lebih dulu mata uang yang berlaku di sana. Dengan begitu, kamu tidak akan bingung ketika sampai di Negeri Gajah Putih tersebut. Berikut ini ulasannya.

Mengenal Mata Uang Thailand Baht

Baht merupakan mata uang yang memiliki kode ISO THB. Singkatan tersebut merupakan kependekan dari Thailand Baht. Kode ISO ini sama saja seperti Rupiah dengan IDR nya dan Singapore Dollar dengan SGD nya.

Baht sendiri merupakan mata uang tunggal negara ini, sama seperti Rupiah bagi Indonesia. Hal ini berbeda dengan mata uang Dolar yang digunakan bukan hanya di Amerika, tapi juga di negara-negara lain seperti Singapura, Australia, New Zealand, Zimbabwe, dan negara-negara lainnya. Meskipun Baht hanya dimiliki oleh Thailand, tapi negara-negara tetangga Thailand seperti Burma, Laos, dan Kamboja pun secara tidak resmi menggunakan Baht di perbatasan negaranya.

Baca Juga :  Asiatique The Riverfront Bangkok : Open Air Mall yang keren di Pinggir Sungai Chao Phraya

Layaknya semua mata uang negara di dunia, Baht pun memiliki simbol bagi mata uangnya. Jika Indonesia menjadikan Rp sebagai simbol Rupiah, maka Baht diwakili dengan simbol ฿. Simbol ini ditaruh sebelum nominal angka mata uang tersebut, misalnya ฿ 1.

Peredaran uang di suatu negara merupakan hal yang sangat penting untuk diawasi. Tanpa pengawasan yang baik akan pembuatan, penerbitan, hingga pengedarannya bukan tak mungkin kondisi keuangan suatu negara bisa kolaps. Bank of Thailand merupakan bank sentral yang diberi wewenang serta tanggung jawab akan hal-hal tersebut. Dengan kata lain, Bank of Thailand merupakan Bank Indonesia-nya Thailand.

Nilai Tukar Baht ke Rupiah

Baht memiliki nilai tukar yang sedikit lebih kuat daripada rupiah. Berikut adalah simulasi nilai tukar 1 baht terhadap rupiah yang di update setiap hari dengan dukungan teknologi live currency conversion API, kamu dapat menggunakan kalkulator mata uang baht ke rupiah dengan cara mengubah angka pada kolom di bawah ini untuk mulai menghitung.



Pecahan Mata Uang Thailand Baht

Mayoritas mata uang di seluruh dunia beredar dalam 2 bentuk, yaitu lembaran kertas dan koin. Begitu pula halnya dengan Thailand Baht dimana alat tukar ini hadir dalam 2 bentuk tersebut. Koin merupakan alat tukar untuk nominal Baht yang lebih kecil, sementara uang kertas merupakan alat transaksi dengan nominal Baht yang besar.

Uang Koin Baht Thailand

Untuk Baht dalam bentuk koin, pecahannya terdiri dari ฿ 0,01, ฿ 0,05, ฿ 0,10, ฿ 0,25, ฿ 0,50, ฿ 1, ฿ 2, ฿ 5, dan ฿ 10. Pecahan dalam bentuk sangat kecil seperti ฿ 0,01 sama saja seperti pecahan sen dalam Rupiah pada zaman dahulu. Hanya saja, di Thailand namanya bukan sen melainkan satang. ฿ 1 di negara ini sama saja dengan 100 satang. Meskipun satang merupakan alat tukar resmi, namun kebanyakan toko-toko di Thailand tidak mau menerima transaksi dengan satang.

Baca Juga :  Panduan Wisata Thailand : Serunya Liburan di Negeri Gajah Putih

Uang Kertas Baht Thailand

Sementara itu, Thailand Baht dalam bentuk kertas hadir dalam pecahan ฿ 20, ฿ 50, ฿ 100, ฿ 500, dan ฿ 1.000. Jika kamu berbelanja di Thailand, pastikan kamu menyiapkan pecahan uang yang tidak terlalu besar. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah bertransaksi.

Keunikan Mata Uang Thailand

Thailand Baht memiliki satu keunikan yang mungkin tidak ada di mata uang negara lain. Baik di mata uangnya yang berbentuk koin dan juga kertas, Baht dihiasi dengan gambar pemimpinnya, Paduka Raja Bhumibol Adulyadej, di salah satu sisi Baht. Kamu pasti akan melihat foto pemimpin Thailand tersebut di hampir semua Baht yang ada di sana.

Meskipun sudah tidak menjadi raja di Thailand, Paduka Raja Bhumibol Adulyadej sangat dihargai dan dicintai rakyatnya. Raja yang terkenal dengan julukan Raja Rama IX ini merupakan raja yang sangat pintar, bijaksana, dan telah membawa banyak kebaikan bagi rakyat Thailand. Mengabaikan fotonya pada alat tukar negeri ini merupakan salah satu bentuk penghormatan rakyat dan negara padanya.

Menaruh gambar pemimpin negara di seluruh mata uang merupakan hal yang cukup unik. Banyak negara memang menaruh gambar orang yang berjasa bagi negara atau pahlawan di mata uangnya seperti Indonesia. Tapi, di Indonesia sendiri, pahlawan yang diabadikan bukanlah 1 individu saja. Bahkan dalam 1 pecahan mata uang saja, pahlawan yang ditaruh di atasnya bisa lebih dari satu.

Paduka Raja Bhumibol Adulyadej memang memiliki tempat khusus di hati rakyat Thailand. Bagi siapa pun yang berani menginjak Baht dengan gambar sang raja di atasnya akan dikenai sanksi oleh negara. Bahkan, mengepalkan uang tersebut pun bisa membawa seseorang berurusan dengan polisi Thailand. Aturan ini berlaku bukan hanya bagi warga asli Thailand, namun juga bagi seluruh wisatawan asing yang ada di sana.

Baca Juga :  Menyaksikan Ladyboy Thailand dari dekat di Alcazar Show Pattaya

Menyiapkan Thailand Baht Sebelum Berliburan Ke Sana

Jika kamu sudah menyiapkan rencana dari jauh hari untuk mendarat di Bangkok atau kota lainnya di Thailand, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan Thailand Baht. Jangan sampai kamu keluar dari bandara di sana dengan masih memegang Rupiah. Hal tersebut akan menyulitkan akomodasi kamu selama berada di sana.

Cara pertama untuk menyiapkan Thailand Baht yaitu dengan pergi ke Money Changer. Tempat penukaran mata uang asing ini biasanya terdapat di banyak kota besar di Indonesia. Kamu dapat menukarkan Rupiah dengan Baht. Sebelum menukarkan uang, kamu lebih baik melakukan survey terlebih dahulu akan nilai tukar mata uang yang berlaku sehingga kamu akan mendapatkan harga yang terbaik.

Jika kamu tidak mau repot pergi ke Money Changer, maka kamu dapat melakukan cara lainnya, yaitu mendapatkan Thailand Baht melalui mesin ATM. Kamu dapat melakukan penarikan begitu kamu tiba di bandara internasional di Bangkok. Sebaiknya, ketika melakukan penarikan, ambillah uang dalam jumlah besar sekaligus karena semakin sering melakukan penarikan, maka biaya administrasi yang harus ditanggung tentu akan semakin besar.

Ada juga alternatif cara lain untuk menyiapkan Baht sebelum kamu berwisata keliling Thailand. Kamu dapat menukarkan terlebih dahulu mata uang kamu ke mata uang yang lebih terkenal seperti USD atau SGD. Selain lebih mudah menukarkan ke dalam Baht ketika tiba di bandara, kamu juga bisa diuntungkan dengan selisih kurs mata uang Dolar tersebut ke Thailand Baht.

Kesimpulan

Mengenal mata uang sebagai alat transaksi utama di suatu negara wajib hukumnya. Tanpa mengenal hal tersebut atau mengetahui pecahan mata uang yang ada, kamu mungkin akan menemui kendala saat bertransaksi. Setelah mengetahui tentang Thailand Baht, kini kamu bisa lebih menyiapkan diri untuk berlibur di Negeri 1000 Pagoda tersebut. 

Berita Menarik Lainnya
Menyaksikan Ladyboy Thailand dari dekat di Alcazar Show Pattaya