Cara Membuat Paspor Baru Serta Syarat dan Biayanya

Cara Membuat Paspor Baru Serta Syarat dan Biayanya

Paspor merupakan hal pertama yang harus dimiliki sebelum bepergian ke luar negeri. Anda memiliki cukup banyak dana dan tiket pesawat, namun jika tidak memiliki paspor maka Anda tetap saja tidak bisa pergi berlibur ke luar negeri meski sudah memiliki kelengkapan lainnya. 

Buat apa sih Paspor?

Paspor adalah adalah sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan pejabat berwenang di satu negara (Imigrasi) dan di dalamnya memuat identitas pemegang yang berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Setidaknya menginjak usia 20-an, seseorang disarankan untuk segera membuat dan memiliki paspor. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi keperluan mendadak seperti pengumuman penerimaan beasiswa yang diumumkan h-3 dari tanggal keberangkatan atau hal-hal lainnya yang menyebabkan Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat paspor.

Minimnya informasi mengenai pembuatan paspor, membuat sebagian orang beranggapan jika membuat paspor itu rumit dan sulit. Padahal cukup dengan datang ke kantor Imigrasi terdekat atau melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui aplikasi paspor online dan membayar biaya administrasi, Anda sudah bisa memiliki paspor 24 halaman atau 48 halaman yang berlaku selama 5 tahun. 

Tips dan Triks

  • Berpakaian Rapih : Saat datang ke kantor imigrasi, pastikan Anda mengenakan pakaian rapi dan bersepatu. Beberapa kantor imigrasi menolak pemohon paspor yang datang menggunakan celana pendek dan sandal. Selain itu, pastikan Anda sudah berdandan dan menata rambut dengan rapi karena foto paspor akan berlaku selama 5 tahun. 
  • Siapkan dokumen beserta fotokopinya : Di banyak kantor imigrasi memang terdapat tempat fotokopi berbayar namun alangkah baiknya kalau kamu sudah menyiapkan dari rumah semua kebutuhan dokumen beserta fotokopi dari dokumen tersebut. Dijamin proses pembuatan paspor kamu akan lebih ringan dan tidak melelahkan.
  • Antri secara online : Dunia udah makin canggih maka dari itu antrian juga sekarang sudah makin modern. Tidak perlu datang dari pagi untuk mengantri cukup dengan mendaftar dari aplikasi dan namamu akan dipanggil di jam yang telah ditentukan.

Persyaratan membuat paspor

Berikut ini ada beberapa dokumen persyaratan yang harus dilengkapi untuk melakukan permohonan pembuatan paspor:

Paspor Baru / Perpanjangan

  1. KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku.
  2. KK (Kartu Keluarga).
  3. Akta kelahiran/ijazah/buku nikah atau akta perkawinan/surat baptis/surat pewarganegaraan Indonesia bagi WNA yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia dengan pewarganergaraan atau penyampaian surat untuk memiliki kewarganegaraan sesuai ketentuan Undang-Undang. 
  4. Surat penetapan penggantian nama (bagi yang telah melakukan pergantian nama).
  5. Paspor lama (untuk yang sudah memiliki paspor)
Baca Juga :  Perbedaan Paspor 24 Halaman dengan 48 Halaman

Dokumen yang dimaksudkan di atas haruslah dokumen yang memuat nama, tanggal lahir, tempat lahir dan nama orang tua. 

Paspor Anak

Ada sedikit perbedaan pada permohonan paspor untuk anak di bawah umur, berikut kelengkapan yang harus dipenuhi:

  1. KTP (Kartu Tanda Penduduk) ibu atau ayah yang masih berlaku. 
  2. KK (Kartu Keluarga).
  3. Akta kelahiran/surat baptis. 
  4. Akta/buku nikah orang tua. 
  5. Bagi yang telah mengganti nama wajib melampirkan surat penggantian nama yang dikeluarkan oleh pejabat setempat.
  6. Paspor lama (untuk yang sudah memiliki paspor).

Paspor Hilang

Untuk permohonan paspor hilang/rusak ada persyaratan tambahan yang harus dipenuhi sebagai berikut:

  1. Surat bukti lapor kehilangan yang dikeluarkan oleh kepolisian setempat (untuk permohonan paspor karena hilang).
  2. Surat keterangan dari Pemerintah Daerah setempat (untuk permohonan paspor karena rusak akibat bencana alam).  

Kelengkapan dokumen-dokumen tersebut harus di fotocopy ukuran A4 dengan tetap menyertakan dokumen asli saat datang ke kantor imigrasi. Selain itu Anda juga disarankan untuk membawa materai 6000 ketika datang ke kantor imigrasi terdekat. 

Langkah-langkah Membuat Paspor

Membuat paspor dapat dilakukan secara manual dan online. Berikut ini beberapa panduan langkah untuk membuat paspor secara manual:

  1. Datang ke kantor imigrasi setempat

    Datanglah ke kantor imigrasi setempat dan membawa semua dokumen persyaratan secara lengkap. Usahakan untuk datang sebelum pukul 12 siang karena ada pembatasan jumlah pemohon setiap harinya. Pembatasan kuota pemohon yang diberlakukan biasanya menggunakan skema:
    – Pemohon prioritas sebanyak 30 orang.
    – Pemohon walk-in sebanyak 100 orang.
    – Pemohon online sebanyak 200 orang. 

  2. Ambil nomor antrian yang sudah disediakan

    Nomor antrian hanya diberikan kepada mereka yang sudah membawa persyaratan lengkap, sehingga pastikan Anda sudah membawa persyaratan di atas secara lengkap. 

  3. Isi formulir permohonan paspor

    Yang tersedia di loket. Pastikan Anda mengisi semua data sesuai dengan informasi yang tertera pada dokumen resmi. 

  4. Serahkan Formulir

    Selesai mengisi, serahkan formulir pada loket pembuatan paspor untuk mendapatkan jadwal pengambilan foto dan sidik jari serta tanda terima. 

  5. Wawancara dengan petugas imigrasi

    Tahap selanjutnya yang harus dilalui adalah wawancara, dalam proses ini seluruh dokumen dan data yang diberikan akan diverifikasi. Pertanyaan selanjutnya adalah seputar alasan mengapa Anda harus memiliki paspor. 

  6. Pembayaran biaya administrasi

    Tahapan terakhir adalah melakukan pembayaran administrasi (bisa dilakukan di kantor pos atau ATM). Paspor yang sudah dibuat tidak bisa langsung selesai dan diambil pada hari yang sama, setidaknya membutuhkan waktu 4-7 hari kerja hingga paspor jadi dan bisa diambil. 

Baca Juga :  Tidak Sulit Kok Memperpanjang Paspor, Berikut Cara Dan Biaya Yang Harus Kamu Bayarkan

Mendaftar antrian online

Di era digital ini, berbagai kemudahan menempuh prosedur birokrasi pun semakin berkembang. Kini hadir aplikasi paspor online yang membuat Anda tidak perlu datang pagi-pagi dan antri lama di kantor imigrasi. 

  1. Langkah pertama untuk bisa membuat paspor secara online adalah dengan mendownload aplikasi paspor online yang tersedia di android play store atau apple app store. Aplikasi ini gratis dan dapat didownload kapanpun Anda mau. Setelah mengunduh aplikasi, Anda akan melalui beberapa tahapan sebagai berikut:
  2. Masukkan email dan nomor telepon, lalu tunggu konfirmasi yang masuk melalui email.
  3. Masukkan kode yang masuk ke dalam email dan isikan data sesuai yang tertera pada identitas dan dokumen resmi. Pastikan Anda mengisi semua data tersebut dengan benar kemudian klik lanjut. 
  4. Pilih menu yang terdapat pada pojok kiri atas halaman baru. Menu tersebut berisikan pilihan kantor imigrasi terdekat yang ingin dituju untuk melakukan permohonan pembuatan/penggantian paspor. 
  5. Pilih jadwal datang ke kantor imigrasi dengan mengisi kolom tanggal dan jam. Pada menu jam hanya terdapat pilihan pagi atau siang. Sebaiknya pilih pilihan jam pagi agar Anda tidak terlalu antri untuk pengambilan foto dan sidik jari. 
  6. Isi jumlah pemohon kemudian klik lanjut. 
  7. Setelahnya Anda akan menerima file berformat PDF yang harus didownload. 
  8. Cetak dokumen tersebut sebagai persyaratan untuk datang ke kantor imigrasi. Dan jangan lupa juga untuk membawa seluruh kelengkapan dokumen yang sudah disebutkan pada bagian persyaratan.
  9. Datang ke kantor imigrasi

Aplikasi Antrian Paspor Online

Menurut deskripsi dari pembuat aplikasi yaitu Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI aplikasi yang terdaftar di masing-masing marketplace apps tersebut adalah :

Aplikasi reservasi antrian paspor secara On-Line adalah aplikasi yang menggantikan mekanisme pengantrian secara manual menjadi antrian berbasis internet. Dimana masyarakat tidak perlu lagi mengantri dari pagi, melainkan tinggal pilih tanggal, pilih cluster pagi/siang, Lalu isi data dengan sesuai dan valid.

Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI

Di sini kita dapat menyimpulkan bahwa fungsi aplikasi ini adalah untuk mendaftar antrian saja dan di sini kamu dapat memilih cluster waktu yang tersedia sehingga tidak perlu lagi mengantri dari pagi di kantor imigrasi.

Baca Juga :  Siapa Bilang Mengganti Paspor Hilang Itu Ribet? Begini Caranya

Terdapat dua aplikasi yang akan membantu kamu mendaftar antrian secara online. Aplikasi pertama terdapat di sistem operasi android yang terdapat di link di bawah ini :

https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.imigrasi.layananwni

Cara Membuat Paspor Baru Serta Syarat dan Biayanya
Tampak halaman Google Playstore Layanan Paspor Online Android

Aplikasi kedua ada di apple app store dan dapat diunduh dengan gratis juga

https://apps.apple.com/id/app/layanan-paspor-online/id1453138219?l=id

Cara Membuat Paspor Baru Serta Syarat dan Biayanya
Tampak halaman app store Layanan Paspor Online iOs

Demikian daftar aplikasi yang dapat kamu download dari marketplace aplikasi dan kamu gunakan untuk mendaftar antrian paspor secara online.

Tetap Harus datang ke Kantor Imigrasi

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi online ini hanya digunakan untuk mempersingkat proses pendaftaran sehingga setelahnya Anda harus tetap datang ke kantor imigrasi yang sudah dipilih pada aplikasi. Proses yang harus dilalui adalah verifikasi data, pengambilan foto dan sidik jari serta wawancara.

Wawancara disini berisikan pertanyaan standar mengenai alasan membutuhkan paspor. Selesai wawancara, Anda akan diminta untuk menyelesaikan pembayaran administrasi baik melalui ATM atau kantor pos. Sama seperti paspor manual, paspor yang dibuat dengan mendaftar pada aplikasi pun baru bisa diambil setelah 4-7 hari kerja. 

Akan ada sms notifikasi yang masuk setelah paspor selesai dan bisa diambil. Saat melakukan pengambilan jangan lupa untuk membawa tanda bukti pembuatan paspor. Selain membuat paspor dalam bentuk buku, Anda juga bisa membuat paspor dalam bentuk elektronik (e-paspor). Namun sayangnya pembuatan e-paspor belum bisa dilayani di semua daerah. E-paspor baru bisa dilayani di DKI Jakarta, Batam dan Surabaya. 

Harga Pembuatan Paspor Baru

Jenis PasporBiaya
Paspor Biasa 48 HalamanRp 350.000
Paspor Elektronik 48 HalamanRp 650.000

Tanya Jawab

Apakah paspor itu milik kita?

Paspor itu pada dasarnya adalah dokumen milik negara, jadi sebaiknya kamu tidak memindahtangankan ke orang lain dengan alasan apapun.

Bolehkah memakai jilbab dalam pengambilan foto paspor?

Boleh tetapi pastikan alis dan mata kamu terlihat cukup jelas

Apa saya boleh memakai kacamata ketika foto paspor?

Tidak boleh, pada saat pengambilan foto paspor kacamata harus kamu lepas agar wajah terlihat jelas.

Berapa lama paspor saya selesai?

Rata-rata waktu pembuatan paspor dihitung dari waktu kamu datang ke kantor imigrasi adalah sekitar 4 sampai 7 hari

Kesimpulan

Membuat paspor sendiri itu tidak sulit namun membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Pemerintah sendiri telah berusaha mempermudah dan membuat pelayanan secepat mungkin. Maka dari itu hindarilah calo karena membuat paspor dengan melalui jasa calo hanya akan menghabiskan uang kamu yang seharusnya bisa dipakai untuk jalan-jalan ke luar negeri.

Berita Menarik Lainnya
Menyusuri Sungai Singapura yang Bersih dan Menarik Minat Wisatawan Mancanegara
Menyusuri Sungai Singapura yang Bersih dan Menarik Minat Wisatawan Mancanegara
error: Kontent dilindungi !!