Monorail Kuala Lumpur : Moda Transportasi Massal Anti Macet di Malaysia

Monorail Kuala Lumpur : Moda Transportasi Massal Anti Macet di Malaysia

Monorail adalah salah satu alat transportasi massal Malaysia yang menjadi favorit banyak wisatawan asing maupun warga lokal. Bukan hanya anti macet, moda transportasi yang satu ini pun ramah di kantong. Tiket monorail dibanderol mulai dari RM 1.20 dan dapat dibeli di mesin khusus di dekat pintu masuk setiap stasiun.

Moda transportasi massal ini beroperasi mulai dari pukul 6 pagi hingga 12 tengah malam. Monorail ini melewati 11 stasiun yang tersebar di pusat kota Kuala Lumpur dengan total jarak sekitar 9 kilometer.

Rute Stasiun Monorail Kuala Lumpur

Jika kamu ingin mencoba menaiki monorail di Kuala Lumpur, tak perlu bingung karena di bawah ini akan diulas secara lengkap deretan stasiun yang ada di rute monorail.

Stasiun KL Sentral

Stasiun KL Sentral, seperti namanya, merupakan stasiun pusat dari segala moda transportasi di ibu kota Malaysia ini. Bukan hanya sebagai stasiun monorail, KL Sentral juga merupakan jalur pertemuan bagi berbagai moda transportasi berbasis rel lainnya di Kuala Lumpur seperti express train yang memiliki rute ke bandara internasional KLIA dan juga LRT.

Setiap harinya, sekitar 160 ribu orang memenuhi stasiun ini untuk menaiki berbagai jenis kereta ataupun sekedar singgah dan melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi lain seperti bis dan taksi. Di komplek stasiun KL Sentral, terdapat sebuah mall dimana kamu bisa berbelanja. Stasiun ini juga dekat dengan berbagai hotel bintang 5 seperti Hilton dan The St. Regis.

Baca Juga :  Cara Menggunakan JR Pass di Jepang untuk Menghemat Ongkos Transportasi

Stasiun Tun Sambathan

Stasiun Tun Sambathan merupakan stasiun yang terdekat dengan Little India di Malaysia. Kawasan ini sangat terkenal akan mayoritas penduduknya yang merupakan warga keturunan India. Di sini juga terdapat banyak restoran dan toko yang menjual sari dan bumbu-bumbu India.

Stasiun Maharajalela

Stasiun monorail yang satu ini melayang di udara. Jika kamu ingin berbelanja di Petaling Street yang terkenal, kamu harus turun di stasiun ini. Harga barang-barang di pasar ini terkenal murah lho sehingga sangat cocok sebagai tempat untuk berbelanja oleh-oleh khas Malaysia. 

Stasiun Hang Tuah

Stasiun Hang Tuah adalah stasiun pemberhentian bagi kamu yang ingin mengunjungi Ampang Park. Stasiun ini juga merupakan stasiun yang bersimpangan dengan jalur LRT. Dengan begitu, jika ada obyek wisata dalam daftar kamu dan hanya bisa dijangkau dengan LRT, kamu bisa turun di sini.

Stasiun Imbi

Imbi merupakan salah satu stasiun monorail yang sangat populer di Kuala Lumpur. Hal ini disebabkan oleh adanya pusat perbelanjaan raksasa Berjaya Times Square yang hanya berjarak selemparan batu dari stasiun ini. Mall yang satu ini merupakan rumah bagi banyak merk terkenal dan juga berbagai food court.

Selain itu, stasiun Imbi juga dekat dengan Sungei Wang Plaza yang merupakan salah satu pusat oleh-oleh di Malaysia. Berbagai hotel ternama pun ada di sekitar stasiun ini seperti Melia Hotel dan Berjaya Times Square Hotel. Bagi para pecinta belanja, stasiun ini biasanya menjadi pemberhentian favorit.

Stasiun Bukit Bintang

Tak kalah tenar dengan stasiun Imbi, stasiun Bukit Bintang pun merupakan stasiun monorail penting di Kuala Lumpur. Selain dekat dengan berbagai mall tersohor, Bukit Bintang juga merupakan stasiun pemberhentian bagi wisatawan yang ingin datang dan wisata kuliner ke Jalan Alor. Jalan ini merupakan surga kuliner karena sepanjang jalan dipenuhi oleh pedagang kaki lima dengan aneka menu makanannya. Bukit Bintang juga terkenal akan kehidupan malamnya. 

Baca Juga :  Naik Bis Jepang : Tata Cara dan Tips Agar Kamu Tidak Kagok

Stasiun Raja Chulan

Mirip dengan Bukit Bintang, kawasan di sekitar stasiun Raja Chulan juga terkenal akan kehidupan malamnya. Deretan bar, pub, dan restoran memenuhi kawasan ini. Pecinta dunia malam pasti tidak asing dengan stasiun yang satu ini.

Stasiun Bukit Nanas

Jika kamu ingin datang ke landmark Malaysia, Petronas Twin Tower dan juga KL Tower, maka stasiun Bukit Nanas adalah tempat dimana kamu harus turun dari monorail. Sangat dekat dengan pusat kota, stasiun ini merupakan stasiun yang penting dan juga terkenal. Terdapat juga Hard Rock café di dekat stasiun ini.

Stasiun Medan Tuanku

Stasiun Medan Tuanku adalah stasiun yang tepat untuk tempat pemberhentian jika kamu mencari berbagai restoran dengan cita rasa Asia yang nikmat. Kamu dapat menikmati malam malam tak terlupakan di kawasan sekitar stasiun ini. Quill City Mall juga terletak tak jauh dari stasiun Medan Tuanku. 

Stasiun Chow Kit

Stasiun Chow Kit merupakan stasiun terdekat dengan Chinatown. Penduduk keturunan Tiongkok mendominasi kawasan di sekitar stasiun ini. Kuil-kuil, pedagang kaki lima, galeri seni hampir semua menunjukkan dominasi warga Tiongkok. 

Stasiun Titiwangsa

Jika kamu ingin mengunjungi Lake Garden, stasiun Titiwangsa adalah pemberhentian kamu. Taman seluas 92 hektar tersebut memiliki banyak destinasi yang bisa dikunjungi, misalnya saja penangkaran kupu-kupu, taman rusa, taman anggrek, dan lainnya. Monumen Nasional dan Parliament House pun terletak di dekat stasiun ini.

Kesimpulan

Dengan mengetahui secara detail masing-masing pemberhentian monorail, kamu tidak perlu lagi ragu untuk menggunakan moda transportasi ini ketika berada di Kuala Lumpur. Selain hemat waktu, kamu pun bisa menghemat biaya perjalanan kamu di Negeri Jiran. Siapkan daftar destinasi wisata kamu di Malaysia dan monorail siap mengantarmu. 

Baca Juga :  Langkawi Malaysia : Sepotong Surga di Negeri Jiran
Berita Menarik Lainnya
Arab Street Singapura : Wisata Kuliner, Belanja, dan Religi Semua ada Disini
Arab Street Singapura : Wisata Kuliner, Belanja, dan Religi Semua ada Disini