Museum Fujiko F Fujio : Kembali ke Masa Kecil dan Bertemu Doraemon

Museum Fujiko F Fujio : Kembali ke Masa Kecil dan Bertemu Doraemon

Jika mendengar nama Jepang, hal apa saja yang akan muncul di pikiran kamu? Apakah Doraemon termasuk salah satunya? Kartun asli Jepang ini sangat terkenal sedari dahulu hingga kini. Banyak orang mengidolakan tokoh-tokoh dalam kartun ini. Bukan hanya warga Jepang saja yang menjadi penggemar Doraemon, namun warga dunia pun banyak yang menjadi fans kartun ini.

Anak-anak era 90an sangat menantikan hari Minggu untuk menonton Doraemon. Pada jam tayangnya, mereka pasti akan sudah duduk rapih menanti Doraemon dan alat-alat ajaibnya muncul di layar kaca. Karakter tokoh-tokohnya yang lucu pun menjadi daya tarik utama kartun ini.

Di Jepang, terdapat sebuah museum yang berisi banyak sekali hal tentang kucing robot dari masa depan itu. Bagi para penggemar berat Doraemon, museum ini merupakan tempat wajib dalam kunjungan ke Jepang. Berikut ini ulasan mengenai museum tersebut.

Mengenal Museum Fujiko F Fujio

Kartun Doraemon merupakan buah karya Fujiko F. Fujio. Kartunis asli Jepang ini telah menelurkan banyak karya yang dinikmati berbagai kalangan di berbagai belahan dunia. Doraemon merupakan salah satu karya emasnya yang sangat terkenal dan memiliki basis fans yang kuat dimana-mana.

Museum Fujiko F. Fujio merupakan suatu bentuk penghormatan kepada sang kartunis. Fujiko F. Fujio dinilai memiliki kontribusi yang besar kepada negara. Lewat manga yang ditulisnya, budaya dan kehidupan warga Jepang dikenal dunia. Museum ini merupakan rumah bagi karya-karyanya semasa hidup hingga beliau tutup usia di tahun 1996.

Doraemon bukan merupakan karya Fujiko F. Fujio satu-satunya. Beliau juga menciptakan anime-anime lain seperti Mojacko, P-Man, Kitaretsu, 21-Emon, dan masih banyak lagi karya lainnya. Semua karya-karyanya tersebut turut hadir di Museum Fujiko F. Fujio.

Masyarakat umum banyak yang menyebut Museum Fujiko F. Fujio sebagai Museum Doraemon. Padahal, museum tersebut tidak seutuhnya berisi hal-hal mengenai si kucing robot. Namun, karena isi museum didominasi oleh Doraemon dan kawan-kawannya, maka wajar saja jika banyak yang menyebut museum ini sebagai museum Doraemon.

Baca Juga :  Nanta Show Thailand : Teater Musikal Persembahan dari Crazy Chef

Museum Fujiko F. Fujio diresmikan pada 3 September 2011. Museum ini merupakan bangunan 3 lantai yang berada tak jauh dari pusat kota Tokyo. Tepatnya, museum ini berada di Kawasaki. Museum ini sangatlah menarik dan ramah anak. Bahkan, bisa dibilang lebih dari setengah area yang ada di museum ini didedikasikan untuk anak-anak.

Lantai 1 museum ini merupakan ruang ekshibisi. Di sini, semua ilustrasi karya Fujiko F. Fujio dipajang. Pengunjung museum dilarang mengambil foto ilustrasi-ilustrasi yang ada di sini. Proses kreatif yang menunjukkan bagaimana kartun tersebut berubah dari gambar menjadi film juga ada di sini. Lantai 1 juga merupakan rumah bagi replika meja kerja sang maestro yang merupakan tempatnya mengeluarkan karya-karya emas.

Di lantai 2, kamu akan menemui ruang teater. Di sini, akan diputar film Doraemon yang tidak pernah ditayangkan di tempat lain di luar museum. Namun, jangan kaget karena film ini akan penuh berbahasa Jepang tanpa ada teks terjemahan bagi para pengunjung. Di lantai ini juga terdapat ‘Kikori no Izumi’ (Sumur Sang Penebang Pohon) yang banyak dijadikan spot foto oleh para pengunjung. Manga Corner pun terdapat di lantai 2 ini.

Jika berkeliling di museum membuat perutmu keroncongan, tak perlu khawatir. Di lantai terakhir dan teratas, terdapat kafetaria dan restoran yang menjual berbagai macam makanan. Kamu dapat memilih makanan favorit kamu di sini. 

Museum Doraemon ini tidak terbatas hanya dalam lingkup indoor. Jika kamu bosan berada di dalam ruangan, kamu dapat pergi ke bagian luar museum dan tetap dapat menikmati dunia Doraemon, Nobita, dan kawan-kawan lainnya. Pohon-pohon yang rindang akan menemani kunjungan kamu di bagian luar museum ini.

Data Fakta Museum Fujiko F. Fujio

Negara : Jepang

Kota : Kawasaki

Alamat : 2 Chome-8-1 Nagao, Tama Ward, Kawasaki, Kanagawa 214-0023, Japan

Nomor Telepon : +81 570-055-245

Jenis Wisata : Museum

Website : http://fujiko-museum.com/english/

Dibuka : 3 September 2011

Hal yang Bisa Dilakukan di Museum Fujiko F Fujio

Mengunjungi Museum Fujiko F. Fujio, kamu akan diajak berpetualang ke dunia si kucing ajaib. Ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan di museum ini. Jika biasanya museum sangat identik dengan benda-benda sejarah, di museum ini kamu akan menyaksikan sentuhan teknologi yang cukup kental.

Baca Juga :  Taman Burung Kuala Lumpur Bisa Jadi Alternatif Wisata Kamu di Malaysia

Di museum Doraemon, kamu akan dapat bertemu tokoh-tokoh favorit kamu di kartun tersebut dalam bentuk patung. Namun, ada lebih banyak hal yang bisa kamu lakukan di sana daripada hanya sekedar melihat figur terkenal tersebut. Apa sajakah hal itu?

Bermain di taman yang sama dengan Doraemon dan teman-temannya

Museum ini memiliki bagian luar yang merupakan taman bermain. Desain taman ini persis sama dengan taman dimana Doraemon dan Nobita serta teman-teman lainnya dalam kartun sering bermain. Figur tokoh-tokoh kartun ini pun ada juga di taman.

Kamu dapat sepuasnya merekam momen kamu di taman ini. Pintu kemana saja yang sangat khas dengan Doraemon juga dapat kamu jumpai di sini. Taman ini pun dilengkapi dengan tumpukan gorong-gorong yang menjadi landmark taman bermain para tokoh kartun tersebut.

Menikmati makanan yang ada di komik Doraemon

Jika kamu fans berat komik dan film Doraemon, kamu pasti tahu beberapa makanan yang sering disebutkan para tokohnya. Nah, di museum ini kamu dapat menyantap makanan unik tersebut. Agar-agar suneo, dorayaki, dan makanan lainnya dapat kamu pesan di restoran dan kafetaria museum.

Belanja oleh-oleh unik khas Doraemon

Museum Fujiko F. Fujio juga memiliki toko souvenir yang menjual benda-benda bernuansa Doraemon. Benda yang dijual di sini unik dan langka. Beberapa benda bahkan hanya dapat kamu temui di toko souvenir ini karena tidak dijual di tempat lain.

Cara Menuju Museum Fujiko F Fujio

Museum Fujiko F. Fujio dapat kamu kunjungi dengan akses yang mudah. Museum ini terletak hanya sekitar 20 menit dari Stasiun Shinjuku. Dari stasiun ini, kamu dapat menggunakan kereta Osakyu-Odawara untuk menuju ke stasiun Noborito.

Jika kamu sudah berada di Stasiun Noborito, kamu memiliki 2 pilihan untuk menuju museum. Yang pertama yaitu berjalan kaki selama kurang lebih 20 hingga 30 menit. Yang kedua yaitu dengan menggunakan shuttle bus. Bis yang digunakan untuk menuju museum sangat mudah dikenali karena memiliki gambar Doraemon yang menempel pada badan bis. Kendaraan yang satu ini berangkat setiap 10 menit sekali.

Cara Membeli Tiket Museum Fujiko F Fujio

Jika kamu berencana berkunjung ke museum Doraemon, pastikan kamu sudah memiliki tiketnya. Tapi, tiket ini tidak bisa dibeli di lokasi. Kamu harus membelinya di minimarket Lawson yang tersebar di berbagai penjuru Jepang. Terdapat mesin otomatis “Loppi” di minimarket tersebut dimana kamu bisa memesan dan membeli tiket masuk ke museum. Sayangnya, mesin ini hanya beroperasi menggunakan Bahasa Jepang. Jadi, kamu harus banyak mencari tahu terlebih dahulu tentang pengoperasian mesin ini jika kamu berniat mengunjungi Museum Fujiko F Fujio tersebut.

Baca Juga :  10 Baju Tradisional Jepang yang Bisa Kamu Sewa Untuk Pemotretan

Museum Doraemon ini merupakan destinasi yang sangat tepat jika kamu pergi ke Jepang dengan membawa serta anak-anak. Seluruh anggota keluarga akan dapat menikmati kunjungan tersebut. Namun, jika kamu berkunjung ke museum ini, perhatikan, hormati, dan patuhi segala aturan yang berlaku. Beberapa bagian di museum ini tidak mengijinkan pengunjung untuk mengambil foto. Selain itu, makanan dan minuman pun dilarang masuk ke dalam museum. 

Tanya Jawab

Kira-kira berapa lama yang seorang pengunjung butuhkan untuk mengeksplorasi seluruh bagian museum Doraemon?

Tergantung seberapa detail anda ingin menikmati museum ini, pada umumnya Museum Fujiko F Fujio bisa dijelajahi dalam waktu sekitar 1 hingga 2 jam saja. Anda juga dapat menikmati kafe bertema Doraemon yang tersedia di sana dan menghabiskan waktu beberapa jam di kafe ini.

Apakah ada cara lain membeli tiket ke Museum Fujiko F. Fujio selain lewat mesin Lawson?

Ya ada cara lain membeli tiket selain lewat sistem Lawson. Kamu bahkan bisa membeli tiket di Indonesia karena terdapat beberapa seller yang menjual tiket Museum Doraemon baik perusahaan travel agent maupun platform travel online.

Apakah bisa membeli tiket di tempat?

Sayangnya Museum Fujiko F. Fujio membutuhkan reservasi terlebih dahulu, sehingga tidak memungkinkanmu untuk membeli tiket di tempat. Hal ini dikarenakan pengelola Museum ingin agar pengunjung dapat menikmati keseluruhan isi Museum dengan nyaman.

Kesimpulan

Bagi kamu yang masih termasuk kaum millenials menjelajahi museum ini bagaikan menyusuri lorong waktu dan kembali ke masa kecilmu saat Doraemon ditayangkan pukul 9 pagi hari minggu di TV Swasta nasional. Kali ini ajak pasanganmu dan anak-anakmu dijamin tidak hanya kamu yang akan menikmati kunjungan ke Museum Fujiko F. Fujio yang menyenangkan ini.

Berita Menarik Lainnya
Colmar Tropicale : Suasana Pedesaan Perancis di Pahang - Malaysia
Colmar Tropicale : Suasana Pedesaan Perancis di Pahang – Malaysia
error: Kontent dilindungi !!