Nakamise Street Asakusa : Belanja di Pusat Pertokoan Tertua di Jepang

Nakamise Street Asakusa : Belanja di Pusat Pertokoan Tertua di Jepang

Destinasi wisata di Jepang memang tak ada habisnya. Dari mulai wisata alam, budaya, hingga wisata belanja semua dapat kamu jumpai di Negeri Sakura ini. Dari sekian banyak spot menarik di negeri ini, Nakamise Street Asakusa merupakan salah satu destinasi yang patut kamu masukkan dalam daftar. 

Objek yang satu ini bukanlah pusat perbelanjaan bertingkat lengkap dengan elevatornya. Nakamise Street Asakusa bukan juga pusat pertokoan dengan brand megah layaknya Ginza. Jika kamu penasaran, simak ulasan tentang destinasi wisata belanja tersebut di bawah ini.

Nakamise Street Asakusa: Kawasan Belanja Ikonik Asakusa

Nakamise Street Asakusa merupakan suatu kawasan belanja yang sangat populer di Asakusa, Tokyo. Selain karena sudah ada sejak ratusan tahun lalu, yang membuat kawasan satu ini terkenal yaitu lokasinya. Nakamise Street Asakusa berada hanya selemparan batu saja dari kuil Sensoji, salah satu kuil yang sangat dihormati di Jepang.

Lokasi Nakamise Street Asakusa dapat dikatakan masuk dalam kawasan kuil. Kawasan belanja ini memang membentang sejauh 250 meter dari gerbang luar kuil, Kaminarimon, hingga gerbang dalam yang disebut Hozomon. Total 89 toko berjejer sangat rapi diantara kedua gerbang kuil ini.

Nama ‘Nakamise’ yang melekat pada kawasan ini sebenarnya berasal dari bahasa tradisional Jepang yang diberikan pada kawasan belanja di sekitar komplek kuil. Dengan kata lain, seluruh kawasan belanja di sekitar kuil-kuil yang ada di Jepang juga disebut dengan ‘Nakamise’. Namun, Nakamise Street Asakusa merupakan salah satu kawasan belanja yang paling terkenal dan tertua di Jepang.

Baca Juga :  Gala Yuzawa Snow Resort : Main Ski dan Snowboard di Jepang

Kawasan ini dipercaya sudah berdiri sejak awal abad ke 18. Pada saat itu, warga lokal Asakusa diijinkan untuk membuka toko di sekitar kuil dan sebagai balasannya mereka membersihkan dan memastikan kebersihan komplek kuil. Sejak didirikan, toko-toko di Nakamise Street Asakusa telah mengalami banyak perubahan. Kini, pertokoan tersebut dihiasi atap hijau dan deretan lampion cantik. 

Ada Apa Saja di Nakamise Street Asakusa?

Ada banyak hal yang dapat kamu jumpai dalam 250 meter perjalanan kamu di Nakamise Street Asakusa. Hal-hal berbau Jepang seperti kimono dan perlengkapannya dari kepala hingga kaki, kipas tangan khas Jepang, lampion, aneka kartu pos, dan banyak makanan ringan khas Negeri Matahari Terbit ini dijual di sini. Kawasan ini sangat tepat sebagai lokasi membeli souvenir Jepang.

Di kawasan ini, kamu juga dapat membeli maneki neko. Kamu pasti pernah melihat kucing imut di toko-toko atau restoran yang terus menerus melambaikan tangan maju dan mundur. Nah, kucing itu disebut dengan maneki neko di Jepang. Si kucing dipercaya dapat menarik konsumen untuk datang ke toko.

Selain itu, Nakamise Street Asakusa juga terkenal karena wisata kulinernya. Di sini, kamu tidak akan kelaparan karena banyak jajanan yang dapat kamu cicipi. Salah satu yang terkenal adalah imo yokan. Bahan dasar utamanya adalah ubi manis. Imo yokan biasanya hadir dalam berbagai warna. The Funawa merupakan toko populer yang menjual imo yokan di kawasan ini. Toko ini sudah berdiri sejak 1902.

Jajanan lainnya yang wajib kamu coba adalah ningyo-yaki. Jajanan ini merupakan sponge cake yang dipanggang dan diberi isian pasta kacang manis. Biasanya, ningyo-yaki hadir dalam bentuk ikan, burung, atau karakter kartun. Kimura-ya merupakan toko populer di Nakamise Street Asakusa yang menjual ningyo-yaki. Di sini, kamu dapat melihat proses pembuatannya juga lho.

Baca Juga :  Don Quijote : Toko Diskon Favorit Wisatawan Yang Murah Banget

Cara Menuju Nakamise Street Asakusa

Jika kamu tertarik mengunjungi Nakamise Street Asakusa, caranya sangat mudah. Menggunakan kereta dari lokasi awal kamu berada, kamu dapat turun di empat stasiun yang ada di Asakusa: Tokyo Metro Ginza Line, Toei Subway Asakusa Line, stasiun Tobu Asakusa, atau stasiun Tsukuba Express Asakusa. Tobu, Toei, dan Tokyo Metro Asakusa adalah tiga stasiun terdekat dari Nakamise Street Asakusa.

Dari stasiun-stasiun tersebut, kamu hanya tinggal mencari pintu keluar A3, A4, atau A5. Kemudian, cari petunjuk arah menuju kuil Sensoji. Kuil ini hanya berjarak 3 hingga 5 menit berjalan kaki dari ketiga stasiun terdekat tersebut.

Kawasan ini dapat kamu kunjungi dari pukul 10 pagi hingga 7 malam waktu setempat. Namun, beberapa toko buka lebih pagi sekitar pukul 8. Beberapa lainnya juga tetap beroperasi hingga pukul 10 malam.

Kesimpulan

Nakamise Street Asakusa merupakan lokasi menarik yang patut kamu kunjungi. Datanglah sepagi mungkin untuk menghindari kepadatan di kawasan ini. Jika saat kamu datang Nakamise Street Asakusa sedang penuh-penuhnya, kamu dapat berjalan-jalan di sisi luar kawasan ini. Biasanya sisi tersebut tidak sepadat sisi yang berada di dalam komplek kuil. 

Berita Menarik Lainnya
Colmar Tropicale : Suasana Pedesaan Perancis di Pahang - Malaysia
Colmar Tropicale : Suasana Pedesaan Perancis di Pahang – Malaysia