11 Oleh-oleh Khas Jepang : Ragam Buah Tangan dari Tokyo Banana hingga Origami

11 Oleh-oleh Khas Jepang : Ragam Buah Tangan dari Tokyo Banana hingga Origami

Last updated:

Salah satu hal yang paling sulit ditinggalkan dari bepergian ke luar negeri adalah pulang dengan membawa oleh-oleh. Indonesia sendiri merupakan negara yang sangat kental dengan budaya tersebut. Tak lengkap rasanya pulang ke rumah setelah bepergian jauh tanpa membawa buah tangan, apalagi jika Jepang merupakan negara yang disinggahi.

Jepang merupakan negara yang terkenal akan kulturnya yang kuat. Tak mengherankan, banyak sekali barang-barang unik dan menarik yang menjadi ciri khas negara ini. Bahkan dengan melihat secara sekilas saja, mayoritas orang sudah tahu bahwa barang tersebut adalah barang khas Jepang.

Ada banyak sekali barang yang dapat dijadikan buah tangan dari Negara Sakura ini. Apa sajakah barang tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

Makanan dan Minuman

Terdapat banyak sekali makanan dan minuman lezat dari negara ini yang aman untuk kamu jadikan oleh-oleh ke tanah air. Aman di sini maksudnya makanan tersebut tidak akan hancur jika kamu membawanya dalam pesawat. Meskipun demikian, bagi kamu umat Muslim, kamu harus mengecek terlebih dahulu kandungan dalam makanan atau minuman yang akan kamu beli sebelum membayarnya.

Tokyo Banana

11 Oleh-oleh Khas Jepang : Ragam Buah Tangan dari Tokyo Banana hingga Origami
Foto: www.shutterstock.com

Tokyo Banana merupakan makanan yang sangat populer di Jepang. Makanan ini tampak luar dan rasanya sama seperti buah pisang. Sesungguhnya, Tokyo Banana adalah sponge cake. Namun, kue ini memiliki isian puree pisang asli. Tak mengherankan rasa pisang kue ini sangat kuat dan nyata. Makanan yang satu ini dapat kamu temukan di banyak department store di Jepang.

Wagashi

11 Oleh-oleh Khas Jepang : Ragam Buah Tangan dari Tokyo Banana hingga Origami
Foto: www.shutterstock.com

Wagashi adalah cemilan manis dan merupakan makanan tradisional khas Jepang. Kue ini memiliki tampilan yang sangat menarik berupa replika buah-buahan, bunga, dan kue Jepang. Pilihlah wagashi dalam bentuk kue kering karena lebih tahan lama sebagai buah tangan.

Baca Juga  Gala Yuzawa Snow Resort : Main Ski dan Snowboard di Jepang

Matcha

11 Oleh-oleh Khas Jepang : Ragam Buah Tangan dari Tokyo Banana hingga Origami
Foto: www.freepik.com

Siapa yang tak kenal matcha? Bubuk teh hijau khas Jepang ini sudah sangat mendunia. Kamu dapat menjadikannya oleh-oleh lho untuk teman atau keluarga. Sesuaikan budget yang kamu miliki dengan jenis matcha yang ingin kamu beli. 

Tsukemono

11 Oleh-oleh Khas Jepang : Ragam Buah Tangan dari Tokyo Banana hingga Origami
Foto: www.shutterstock.com

Tsukemono merupakan acar khas Jepang. Acar ini banyak sekali macamnya, misalnya acar lobak, terong, kubis, dan masih banyak lagi. Di Jepang, acar ini dimakan sebagai pendamping nasi. Pilih tsukemono dengan kemasan terbaik ya agar tidak tumpah selama perjalanan pulang.

Senbei

11 Oleh-oleh Khas Jepang : Ragam Buah Tangan dari Tokyo Banana hingga Origami
Foto: www.shutterstock.com

Senbei adalah cemilan berupa cracker beras. Bentuk, rasa, dan ukuran senbei sangat bervariasi. Kamu dapat memilih senbei dengan rasa unik sebagai oleh-oleh, misalnya senbei dengan rasa udang.

Kit-Kat Aneka Rasa

11 Oleh-oleh Khas Jepang : Ragam Buah Tangan dari Tokyo Banana hingga Origami
Foto: www.allabout-japan.com

Kit-Kat memang sudah banyak ada di Indonesia, namun varian rasanya terbatas. Jika sanak keluarga atau kerabatmu merupakan fans berat cokelat, kamu dapat menjadikan kit-kat dengan rasa unik sebagai oleh-oleh. Jepang merupakan negara dengan koleksi rasa kit-kat sangat banyak, misalnya sakura, wasabi, sweet corn, dan lainnya.

Non-makanan

Jika oleh-oleh makanan tidak menjadi pilihan utama kamu, maka kamu bisa membeli hal lain untuk para sahabat dan keluarga di rumah. Jepang memiliki sangat banyak pilihan jika kamu ingin membawa pulang oleh-oleh. Berikut ini daftarnya.

Pakaian Tradisional Jepang dan Kelengkapannya

Jika kamu memiliki budget banyak untuk cinderamata khas Jepang, tak ada yang lebih tepat selain membeli pakaian tradisional khas negara ini. Terdapat beberapa pilihan baju tradisional Jepang yang bisa kamu beli. Kimono, Yukata, Hakama, Jinbei, ataupun Hanten bisa kamu pilih dengan menyesuaikan karakter sahabat atau kerabat yang ingin kamu beri.

Harga pakaian tradisional ini sangat ditentukan oleh kualitas bahannya. Untuk bahan premium, sutra adalah pemenangnya. Jika budget kamu tidak terlalu banyak, kamu dapat memilih baju tradisional dengan bahan polyester atau katun.

Baca Juga  Sanrio Puroland Jepang: Rumah Hello Kitty Dengan Atraksi dan Wahana Seru

Alternatif lainnya yaitu dengan memberi oleh-oleh kelengkapan baju tradisional Jepang. Kamu bisa juga membeli obi sebagai oleh-oleh. Obi di Jepang memiliki varian warna yang sangat menarik. Jangan salah, harga obi yang berkualitas bisa mendekati harga kimono lho.

Kamu juga bisa memberikan tsuge gushi sebagai cindera mata. Tsuge gushi adalah sisir yang biasanya digunakan sebagai aksesoris ketika mengenakan baju tradisional Jepang. Harga tsuge gushi cukup ramah di kantong dibandingkan perlengkapan baju tradisional Jepang lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan bakiak khas Jepang. Geta namanya. Geta merupakan sandal tradisional Jepang dengan bahan kayu dan tali yang terbuat dari bahan pakaian. Biasanya, sandal ini dikenakan dengan yukata atau kimono.

Kipas khas Jepang juga dapat kamu hadiahi pada keluarga di tanah air lho. Motif yang cantik pada kipas Jepang ini tentunya sangat indah dipandang mata. Selain itu, kipas juga sangat sesuai dengan iklim Indonesia yang tropis, bukan?

Alat Makan dan Minum

Oleh-oleh non-makanan lain yang bisa kamu beli sebagai buah tangan dari Jepang adalah perlengkapan bekal. Kotak bento merupakan benda yang sangat populer di negara ini. Nah, kamu dapat menjadikan barang ini sebagai oleh-oleh bagi mereka yang senang membawa bekal ke kantor maupun sekolah.

Kamu juga bisa menjadikan sumpit sebagai cindera mata. Terdapat banyak set sumpit yang dijual di Jepang. Warna dan motif sumpit di negara ini sangat bervariasi.

Benda Keberuntungan

11 Oleh-oleh Khas Jepang : Ragam Buah Tangan dari Tokyo Banana hingga Origami
Foto: www.canva.com

Apakah kamu pernah melihat patung kucing yang mengangkat satu tangannya lalu menggerakkannya maju dan mundur? Kucing tersebut disebut dengan maneki neko di Jepang. Maneki neko bukanlah sembarang patung. Di Jepang, patung ini dipercaya membawa keberuntungan. Tak ayal, banyak pelaku bisnis yang memajang patung ini di depan toko mereka. Nah, ide yang bagus bukan untuk membawa maneki neko sebagai oleh-oleh?

Baca Juga  Pilihan Transportasi di Jepang untuk Kamu yang Doyan Traveling

Pilihan benda keberuntungan lain sebagai oleh-oleh khas Jepang adalah boneka daruma. Boneka ini tidak memiliki mata saat awal kamu membelinya. Mata di boneka ini harus kamu gambar sendiri saat kamu sudah memiliki tujuan atau goal dalam hidup. Mata satunya harus kamu gambar jika tujuan tersebut sudah tercapai. Unik, bukan?

Kain dan Kertas

Jika kamu ingin membawa oleh-oleh yang tidak memakan tempat namun tetap berkesan, kamu dapat membeli tenugui. Tenugui adalah handuk kecil yang biasa digunakan orang Jepang untuk mengelap keringat atau mengelap tangan. Handuk ini memiliki motif yang sangat lucu dan menarik sehingga sangat unik untuk dijadikan oleh-oleh.

Kamu juga bisa menjadikan kertas origami asli dari Jepang sebagai oleh-oleh. Jika kamu memiliki teman atau kerabat yang hobi dengan kerajinan tangan atau prakarya, mereka pasti senang di oleh-olehi origami. Terdapat berbagai macam motif dan origami di Jepang yang bisa kamu pilih.

Set Pisau Jepang

11 Oleh-oleh Khas Jepang : Ragam Buah Tangan dari Tokyo Banana hingga Origami
Foto: www.katsuracutlery.com

Kalau kamu ingin mencari oleh-oleh yang tidak biasa, kamu dapat pergi ke ‘Tower Knives Tokyo’ dan membeli set pisau untuk dibawa pulang ke Indonesia. Pisau di sini terkenal memiliki kualitas sangat baik. Di toko ini kamu pun akan diajarkan bagaimana cara memotong yang benar sehingga masakan yang dihasilkan pun akan lebih berkualitas.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah kamu sudah memutuskan oleh-oleh apa yang akan kamu beli dari Jepang untuk para kerabat dan sahabat di tanah air? Jika kamu membeli makanan, jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsa dan juga komposisinya ya. Untuk oleh-oleh non-makanan, pastikan pihak toko mengemas dengan aman untuk perjalanan lintas negara.

Berita Menarik Lainnya
Beragam Transportasi Umum di Kuala Lumpur Malaysia untuk menjelajah kota
Beragam Transportasi Umum di Kuala Lumpur Malaysia untuk menjelajah kota
error: Kontent dilindungi !!