10 Oleh-oleh Khas Singapura : Dari Popcorn Garret hingga Tiger Balm

10 Oleh-oleh Khas Singapura : Dari Popcorn Garret hingga Tiger Balm

Last updated:

Banyak wisatawan asing yang datang ke Singapura untuk wisata belanja, termasuk wisatawan asal Indonesia. Meskipun harga barang-barang di Singapura lebih mahal daripada di tanah air, euforia berbelanja di Negeri Merlion ini memang tidak ada duanya. Selain untuk konsumsi pribadi, momen wisata belanja ini juga biasanya dijadikan ajang untuk mencari oleh-oleh khas Singapura.

Terlepas dari fakta bahwa Singapura menjadi objek berbelanja favorit sebagian besar orang, banyak dari mereka yang masih dilanda kebingungan ketika harus membawa buah tangan khas negara ini. Tak sedikit wisatawan yang masih mencari-cari signature Singapura yang pas untuk dibawa pulang. Apakah kamu salah satunya?

Jika kamu berencana pergi ke Singapura namun masih tidak tahu akan membawa apa untuk sahabat dan kerabat, kamu ada di halaman yang tepat. Oleh-oleh Singapura bisa dalam bentuk makanan dan barang. Semuanya akan dibahas detail di bawah ini beserta tips berbelanja di negara ini.

Oleh-oleh Makanan Khas Singapura

Beberapa orang lebih memilih membawakan makanan dari negara yang disinggahi untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Makanan dari negara lain memang terkadang bisa memberi pengalaman tersendiri bagi lidah orang yang diberi oleh-oleh. Selain itu, oleh-oleh makanan pun tentunya memiliki nilai manfaat yang bisa dapat langsung dirasakan oleh para keluarga dan teman.

Sebelum memutuskan untuk membeli makanan khas Singapura sebagai oleh-oleh, kamu tentunya harus mengecek tanggal kadaluarsa dari makanan tersebut. Kemasan makanan pun tidak boleh luput dari perhatian kamu. Kemasan yang rapi dan aman tentunya akan membuat makanan tersebut tetap dalam kondisi baik ketika sampai di tanah air. Nah, berikut ini beberapa makanan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh dari Singapura.

Coklat Merlion

Siapa yang tidak jatuh cinta akan coklat? Rasanya sedikit sekali orang yang anti terhadap makanan ini. Oleh karena itu, membawa coklat merlion sebagai oleh-oleh merupakan pilihan yang tepat. Coklat ini dicetak menyerupai bentuk singa ikonik Singapura, Merlion.

Baca Juga :  Menyusuri Sungai Singapura yang Bersih dan Menarik Minat Wisatawan Mancanegara

Coklat Merlion ini dihargai sekitar SGD 5.5 hingga SGD 11. Selain harganya relatif terjangkau, coklat ini pun cukup mudah untuk ditemukan. Kamu dapat membeli coklat Merlion ini di pusat oleh-oleh, misalnya Mustafa Center, Chinatown, dan juga Bugis Street.

Popcorn Garrett

Popcorn yang satu ini merupakan produk asli Chicago, Amerika. Namun, perusahaan tersebut membuka cabangnya di Singapura. Dengan kemasan kalengnya, popcorn Garrett akan aman untuk kamu bawa terbang ke tanah air. Du Orchard Road, Citylink Mall, Vivo City, dan Wisma Atria Shopping Center merupakan beberapa tempat dimana kamu bisa membeli salah satu cemilan favorit Oprah Winfrey ini.

Teh TWG

Bukan hanya Jepang yang terkenal akan tehnya. Singapura pun memiliki teh andalannya sendiri. Teh TWG merupakan teh asli Singapura yang sudah berstandar internasional. Aroma teh ini akan tercium begitu kamu menuangkan air panas di atasnya. Wangi teh TWG ini dipercaya dapat merilekskan pikiran.

Bak Kwa

Bak Kwa adalah sejenis dendeng kering khas Singapura. Biasanya daging babi dan daging ayam dijadikan bahan utama untuk dendeng kering ini. Bagi warga muslim, kamu tentunya harus menanyakan terlebih dahulu kepada penjual varian Bak Kwa yang mereka jajakan.

Salah satu merk Bak Kwa yang populer di Singapura adalah Bee Cheng Hiang. Bumbu dendeng kering yang lezat dari merk ini menjadikannya idola banyak warga lokal dan wisatawan. Makanan yang satu ini bisa kamu temui di kedai-kedai makanan yang ada di bandara Changi. 

Selai Kaya

Pilihan lain untuk oleh-oleh makanan khas Singapura adalah selai kaya. Sebagian orang mengira bahan baku utama selai ini adalah buah srikaya. Faktanya, bahan utama di selai ini adalah santan, gula, dan telur. Selai ini sangat cocok dijadikan teman bersantap roti panggang. Ya Kun Kaya adalah salah satu merk selai kaya yang terkenal di Singapura.

Baca Juga :  Cicipi Makanan Singapura yang Unik dan Autentik

Royal Pudding

Puding yang satu ini bukan pudding biasa. Royal pudding merupakan makanan khas Singapura dengan sentuhan Perancis. Kelembutan pudding ini yang bagaikan sutra merupakan nilai jual utamanya.

Sayangnya, karena kualitas kesegarannya, pudding ini harus langsung dikonsumsi di hari yang sama saat kamu membelinya. Oleh karena itu, untuk dijadikan oleh-oleh, pudding ini harus dibeli sesaat ketika kamu akan meninggalkan Singapura. Paris Baguette Café di Wisma Atria (Orchard Road) merupakan toko yang menjual pudding ini.

Oleh-oleh Non-makanan Khas Singapura

Sebagian wisatawan merasa khawatir akan keamanan kemasan jika mereka membawa makanan sebagai oleh-oleh. Karena itu, tak jarang wisatawan yang lebih memilih membeli barang khas Singapura untuk dibawa pulang. Dengan membeli barang, mereka tak perlu khawatir akan tanggal kadaluarsa dan bisa membeli oleh-oleh tersebut jauh-jauh hari sebelum liburan mereka di Singapura berakhir. Berikut ini daftar oleh-oleh non makanan khas Singapura yang bisa kamu jadikan referensi.

Gantungan Kunci

Gantungan kunci adalah barang yang tepat jika kamu berniat untuk membagikan oleh-oleh kepada banyak orang. Harga oleh-oleh yang satu ini sangat ekonomis, yaitu sekitar SGD 2 hingga SGD 10. Kamu dapat memilih gantungan kunci dengan gambar-gambar ikonik negara ini seperti patung Merlion atau Marina Bay Sands.

Kaos Singapura

Membeli kaos dengan tulisan ‘Singapore’ atau ‘I love SG’ untuk oleh-oleh pun bukan pilihan yang buruk. Kaos ini cukup populer dan banyak orang yang menyukainya. Harganya pun cukup murah dengan kisaran SGD 5 sampai SGD 10. Tapi, pastikan kamu membeli kaos dengan bahan yang nyaman untuk dikenakan ya.

Tiger Balm

Tiger Balm merupakan balsam dengan berbagai manfaat. Balsam ini dapat mengurangi pegal-pegal, menghilangkan nyeri, dan menghangatkan tubuh. Oleh-oleh anti mainstream ini dibanderol SGD 5.5 di berbagai apotek di Singapura. Bukan hanya untuk orang tua, balsam berlogo harimau ini juga cocok untuk remaja yang aktif.

Parfum Anggrek

Jika kamu punya budget lebih untuk oleh-oleh, kamu dapat membeli parfum anggrek khas Negara Merlion. Terdapat berbagai jenis ukuran dan aroma yang dapat disesuaikan dengan anggaran kamu. Harga parfum dengan wangi bunga nasional Singapura ini berada di kisaran SGD 28 sampai SGD 170.

Baca Juga :  Art Science Museum Singapore : Museum Futuristik Dengan Gedung Ikonik

Dekorasi Rumah

Kamu juga bisa membeli berbagai dekorasi rumah dengan gambar-gambar khas Singapura sebagai buah tangan lho. Klosh merupakan toko yang menjual aneka dekorasi rumah unik di negara ini. Terdapat bantal dengan bentuk kue pandan Singapura, piring dengan desain Peranakan, dan masih banyak dekorasi lainnya.

Tips Berbelanja di Singapura

Untuk menghemat anggaran belanja kamu selama di Singapura, kamu dapat memanfaatkan pengembalian GST (Goods and Services Tax) yang berlaku di sini. GST kurang lebih sama seperti PPN di Indonesia. Kamu bisa dapat pengembalian pajak sebesar 7% dari total transaksi kamu selama di Singapura dengan memenuhi beberapa syarat di bawah ini.

  1. Kamu merupakan turis di Singapura dengan umur minimal 16 tahun.
  2. Berbelanja minimal SGD 100 di satu toko yang sama.
  3. Ketika berbelanja, kamu harus meminta struk GST. Jadi, kamu akan dapat 2 struk; struk pembelian dan struk untuk refund pajak.
  4. Ketika di inspeksi oleh bea cukai, barang tersebut harus ada (tidak habis dimakan atau digunakan selama di Singapura). Tiket wisata, hotel, dan sewa mobil tidak termasuk ke dalam barang yang bisa direfund. 

Untuk dapat pengembalian pajak sebesar 7%, kamu harus mengurusnya di konter GST ketika kamu baru tiba di bandara. Setelah mengisi data, kamu dapat langsung check in, dan masuk bandara. Setelah urusan dengan pihak imigrasi selesai, kamu dapat mengambil uang refund di konter GST di dalam bandara.

Kesimpulan

Kini, kamu tidak perlu lagi bingung membawa oleh-oleh khas Singapura untuk sanak keluarga dan sahabat, bukan? Pastikan kamu selalu mengecek kondisi oleh-oleh sebelum membeli agar tetap dalam kondisi prima ketika diberikan kepada kerabat di tanah air. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan refund GST demi kantong yang lebih hemat. 

Berita Menarik Lainnya
Mustafa Centre Singapura
Mustafa Centre Belanja Murah 24 Jam di Singapura
error: Kontent dilindungi !!