10 Oleh-oleh Thailand : Dari Thai Tea hingga Kosmetik

10 Oleh-oleh Thailand : Dari Thai Tea hingga Kosmetik

Pasti tak lengkap rasanya jika pergi ke luar negeri dan pulang dengan tangan hampa. Di Indonesia sendiri, oleh-oleh sudah menjadi salah satu bawaan wajib selepas berkunjung ke negeri orang. Jika Thailand merupakan negara yang kamu tuju, kamu memiliki banyak pilihan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Sudah bukan rahasia lagi jika Thailand merupakan salah satu surga belanja di Asia Tenggara. Banyak sekali barang-barang menarik dijual di negara ini dengan harga yang kompetitif. Tak mengherankan, wisatawan Indonesia yang berlibur ke Thailand biasanya memesan bagasi lebih saat pulang ke tanah air.

Dari mulai makanan hingga segala jenis kosmetik, Thailand memilikinya. Kamu hanya tinggal memilih dan menyesuaikan barang yang dibeli dengan kerabat yang akan diberi oleh-oleh. Daripada bingung memikirkan akan membeli oleh-oleh apa di Thailand, kamu lebih baik menyimak deretan daftar oleh-oleh khas dari Negeri 1000 pagoda tersebut.

Oleh-oleh Makanan Thailand

Beberapa orang di tanah air sudah sangat akrab dengan berbagai makanan dan minuman khas Thailand. Siapa yang tak mengenal Thai Tea dan Mango Sticky Rice? Rasanya hampir tidak ada. Nah, Thailand masih punya sederet makanan dan minuman lain yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Di bawah ini ulasannya.

Cemilan Thailand

Kalau kerabat kamu di Indonesia termasuk yang suka makan cemilan, maka tak ada salahnya memberi oleh-oleh cemilan khas negara ini. Ada banyak sekali cemilan yang bisa jadi pilihan kamu, misalnya permen tamarin, kacang mede, atau cracker wijen. Harganya pun bersahabat, sekitar 45 sampai 100 Baht. Kamu dapat memborong cemilan ini di Platinum Fashion Mall. 

Keripik dan Dodol Durian

Thailand terkenal dengan berbagai macam olahan durian. Keripik dan dodol durian merupakan beberapa makanan yang paling banyak digemari. Dengan kisaran Rp 40.000,- kamu sudah bisa membawa makanan-makanan ini pulang. Olahan durian ini banyak ditemui di pusat oleh-oleh Thailand.

Baca Juga :  10 Destinasi Wisata di Pattaya Thailand

Mango Sticky Rice

Sama seperti Thai Tea, Mango Sticky Rice pun mempunyai pamor yang tinggi, bukan hanya di Indonesia tapi juga di penjuru dunia. Ketan yang disajikan dengan irisan mangga ini sudah banyak memikat hati orang. Kini, makanan terkenal ini dapat kamu jadikan oleh-oleh karena sudah tersedia Mango Sticky Rice dalam bentuk kemasan. Siapa pun kini dapat membuat makanan ini di rumahnya dengan instan.

Thai Tea

Tidak sah rasanya kunjungan kamu ke Thailand tanpa membawa serta Thai Tea ke tanah air. Para kerabatmu pasti juga akan senang dengan oleh-oleh ini. Terdapat Thai Tea instan yang bisa langsung diseduh. Selain itu, terdapat juga kemasan teh kering yang memiliki aroma lebih kuat dan tentunya lebih awet. Ragam varian Thai Tea ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko oleh-oleh ataupun di Chatuchak.

Beras Melati

Beras sebagai oleh-oleh? Jangan salah, beras Thailand memiliki kualitas beras yang sangat baik. Bahkan, beras asal negara ini disebut sebagai salah satu beras paling wangi di dunia lho. Aroma khas melati dan pandan pada beras Thailand sangat terkenal. Selain itu, beras melati ini juga cenderung lebih lengket dibanding beras lain karena kandungan amilopektinnya yang tinggi. Jika kapasitas bagasimu besar, tak ada salahnya menjadikan beras melati ini sebagai oleh-oleh, bukan?

Oleh-oleh Non-makanan Thailand

Jika kamu ingin memberikan oleh-oleh yang dapat bertahan lama, maka buah tangan dalam bentuk barang dapat menjadi pilihan kamu. Barang-barang unik dan antik khas Thailand tidak perlu lagi diragukan keindahannya. Tak sedikit barang-barang di negeri ini yang padat akan nilai seni. Intip daftarnya di bawah ini.

Tas

10 Oleh-oleh Thailand : Dari Thai Tea hingga Kosmetik
Tas Kerajinan Thailand, Sumber : Freepik

Alternatif oleh-oleh Thailand lainnya yaitu tas. Ada banyak sekali macam tas yang bisa kamu beli; tas ransel, tas selempang, ataupun tas tangan. Mayoritas tas ini bergambar gajah yang mencerminkan hewan khas Thailand. Tak jarang, tas-tas tersebut dihiasi manik-manik hasil karya tangan warga Thailand. Harga tas di sini bervariasi, mulai dari 50 Baht. Chatuchak adalah tempat yang tepat untuk memborong tas khas Thailand.

Baca Juga :  Asiatique The Riverfront Bangkok : Open Air Mall yang keren di Pinggir Sungai Chao Phraya

Porselen 

Untuk kamu dengan budget oleh-oleh yang besar, porselen bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang tepat. Thailand memiliki porselen Benjarong sebagai porselen khasnya. Porselen ini memiliki perpaduan 3 hingga 8 warna sekaligus dengan bunga sebagai motif dominannya. Warna yang dihasilkan sangat unik dan berkelas.

Dulunya, hanya keluarga kerajaan dan orang-orang elit Thailand saja yang boleh memajang porselen ini di rumahnya. Kini, seiring perkembangan jaman, siapa pun dapat membawa pulang porselen Benjarong ke rumah. Porselen ini hadir dalam berbagai bentuk; vas, set alat minum, toples, dan lainnya.

Kain Sutra Thailand

10 Oleh-oleh Thailand : Dari Thai Tea hingga Kosmetik
Kain Sutra Thailand, Sumber : Freepik

Selain porselen, budget oleh-oleh yang tinggi pun dapat kamu alokasikan untuk membeli sutra Thailand. Kain sutra negara ini mayoritas memiliki warna dan corak cerah yang sangat menarik. Biasanya, kain ini dihargai sekitar 300 Baht atau kurang lebih Rp 135.000,- per meternya. Chatuchak, Jim Thompson House, Amarin Plaza, dan Mahboonkrong Mall adalah beberapa tempat dimana kamu bisa menemukan kain ini. 

Kosmetik

Tak kalah dengan Korea, Thailand pun memiliki segudang kosmetik yang menjadi idola para kaum hawa di Indonesia. Meskipun sudah bisa dibeli lewat online shop, tak ada salahnya kamu memberikan kosmetik asal Thailand ini pada para sahabat di rumah. Kamu bisa pergi ke daerah Siam atau Central Festival untuk memborong kosmetik ini.

Salah satu kosmetik Thailand yang terkenal adalah Snail White. Krim yang menggunakan lendir siput sebagai bahan utamanya ini digadang-gadang mampu mencerahkan kulit. Produk ini juga dipercaya bisa meregenerasi kulit pemakainya. 

Sabun Beras

Kamu juga bisa membawa sabun beras sebagai cinderamata khas Thailand. Sabun yang satu ini hadir dalam bentuk yang sangat cantik. Terdapat ukiran bunga yang seolah-olah terjebak di dalam sabun. Jika tidak tega memakainya di kamar mandi, sabun ini juga bisa digunakan sebagai pengharum ruangan lho. Bukan hanya cantik secara visual, sabun ini juga rupanya dapat mencerahkan dan menghaluskan kulit. Harga sabun ini cukup bersahabat, yakni sekitar Rp 10.000,-.

Baca Juga :  Wat Arun Bangkok : Komplek Kuil Terindah di Thailand

Pakaian

Thailand sebagai surga belanja tentunya memiliki banyak toko yang menjual bermacam-macam pakaian dengan harga miring untuk dijadikan oleh-oleh. Kaos Thailand dengan gambar gajahnya yang ikonik bisa jadi pilihan oleh-oleh untuk para kerabat di Indonesia. Untuk kaos dewasa dengan kualitas bagus, harganya dibanderol sekitar 150 sampai 200 Baht. Platinum Fashion Mall Bangkok adalah salah satu tempat yang direkomendasikan untuk belanja pakaian di Thailand.

Tips Berbelanja Oleh-oleh di Thailand

Membeli oleh-oleh terkadang sudah menjadi kewajiban bagi sebagian orang. Namun, kamu tentunya tetap harus memperhatikan kondisi dompet, bukan? Nah, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan jika kamu ingin belanja hemat di Thailand.

  • Menawar harga. Ini adalah hal yang wajib kamu lakukan jika berbelanja di Thailand. Bukan hanya di Chatuchak, di mall pun jika memang masih memungkinkan untuk menawar, tawarlah harganya sebelum bertransaksi.
  • Beli dalam jumlah banyak. Biasanya jika kamu hanya membeli barang tertentu sejumlah 1 buah, harga yang diberikan penjual lebih tinggi. Berbeda halnya jika kamu membeli dalam jumlah 3 buah. Mereka biasanya akan memberikan harga khusus.
  • Datang lebih awal. Dengan datang lebih awal, selain terhindar dari kepadatan wisatawan lainnya, kamu pun akan dengan leluasa menawar dan berpindah-pindah toko ketika berbelanja.

Kesimpulan

Berbelanja memang sangat menyenangkan bagi sebagian besar orang, apalagi berbelanja di Thailand. Akan ada banyak sekali pilihan barang yang bisa kamu jadikan oleh-oleh di negara ini. Tentukan pilihanmu dengan tetap mempertimbangkan harga serta kualitas barang ya. 

Berita Menarik Lainnya
10 Oleh-oleh Thailand : Dari Thai Tea hingga Kosmetik
Universal Studio Singapura : Taman Hiburan Bertema Film Paling Favorit di Asia Tenggara
error: Kontent dilindungi !!