Orchard road : Tujuan Wisata Belanja Legendaris di Singapura

Orchard road : Tujuan Wisata Belanja Legendaris di Singapura

Singapura sebagai negara maju memiliki citra yang sangat harum di berbagai belahan dunia. Tata kotanya yang sangat rapi memiliki nilai lebih yang membuat banyak orang untuk datang. Belum lagi berbagai destinasi wisata di Negeri Merlion ini yang sangat menggoda hati.

Berbicara mengenai Singapura sebagai negara destinasi wisata tentunya tak akan bisa lepas dari nama Orchard Road. Jalan tersohor ini tentunya bukanlah jalanan ramai yang biasa. Orchard Road memiliki tempat yang istimewa di hati para pelancong yang megunjungi Singapura. Bahkan, tak berlebihan rasanya jika menyebut Orchard Road sebagai jalan paling terkenal di negara ini.

Pamor jalan ini sudah sangat tersebar luas ke penjuru dunia. Para pelancong yang merencanakan perjalanan atau kunjungan ke Singapura tidak mungkin tidak mengenal jalan yang satu ini. Bahkan rasanya belum lengkap pergi ke Singapura tanpa menginjakkan kaki di Orchard Road.

Sebenarnya apa yang membuat Orchard Road begitu istimewa? Mengapa jalan ini bisa sangat populer? Simak ulasan mengenai Orchard Road Singapura di bawah ini.

Sejarah Singkat Orchard Road

Jika menyimak sejarah Orchard Road, kamu mungkin akan sedikit terbelalak dengan cerita jalan terkenal ini dahulu kala. Jangan bayangkan jalanan yang mulus dan apik. Orchard Road dahulu kala bahkan bukan merupakan jalan.

200 tahun yang lalu, sekitar tahun 1800-an, Orchard Road merupakan kawasan perkebunan. Merica, pala, dan berbagai perkebunan buah dahulu mendominasi wilayah ini. Hanya terdapat jalan setapak yang menjadi sarana di perkebunan buah dan rempah ini. Bisa dibilang, wilayah ini merupakan kawasan yang sederhana dengan kehidupan pertanian dan perkebunannya.

Namun, seiring berjalannya waktu, pada tahun 1850-an, wilayah ini mulai agak ramai. Pasar, pusat jajanan kuliner, kuil, dan pemakaman hadir di wilayah ini. Kegiatan yang terus berlangsung ini rupanya meningkatkan nadi kehidupan di sini.

Baca Juga :  Pilihan Transportasi Singapura Untuk Jalan-jalan Seru Keliling Singapore

Toko-toko pun akhirnya mulai bermunculan di sekitar tahun 1903 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Bahkan, pada tahun 1958 toko serba ada (toserba) pertama di wilayah ini dibuka untuk umum. C.K. Tang, seorang saudagar kaya di wilayah ini, yang mendirikan toserba tersebut. Pembangunan terus dilakukan terhadap toserba pertama itu. Pada 1982, toserba tersebut diratakan dengan tanah dan digantikan oleh Tang Plaza yang memiliki pasaraya lokal dan hotel di dalamnya.

Seiring dengan semakin berkembangnya pembangunan di wilayah ini, bangunan-bangunan lain pun mulai bermunculan. Tempat bermain boling bahkan bioskop dan pusat perbelanjaan besar pun hadir di wilayah ini. Tak ayal, kawasan ini lambat laun terkenal sebagai pusat hiburan di Singapura.

Perombakan kawasan yang dulunya hanya lahan perkebunan, pertanian, dan bahkan kuburan itu membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit. Kurang lebih 40 juta dolar Singapura dihabiskan untuk mengubah kawasan ini menjadi cantik dan menarik. Dana tersebut digunakan untuk mengurus penerangan jalan, kotak-kotak tanaman, ruang hijau, serta perbaikan area untuk para pejalan kaki.

Namun, lihatlah jalan itu sekarang. Jalan yang namanya diambil dari nama perkebunan yang dahulu berada di kawasan ini, sekarang sudah menjadi magnet kuat bagi para pelancong. Orchard Road dulu dan kini memang sungguh jauh berbeda.

Ada Apa di Orchard Road?

Orchard Road merupakan surga dunia bagi para penikmat belanja. Jalan yang terbentang sejauh 2.2 kilometer ini dipenuhi jajaran mall-mall mewah yang dapat menipiskan jumlah uang di rekening kamu. Berbagai merk ternama dunia hadir di sini untuk memenuhi hasrat belanja para fashionista.

Dari ujung ke ujung, kamu dapat melihat pilihan barang yang tidak terhitung jumlahnya di Orchard Road ini. Jalan ini memang menjadi tujuan utama para penggila belanja. Tak jarang, mereka datang ke Singapura hanya untuk membeli barang-barang dengan brand ternama di Orchard Road.

Baca Juga :  Gardens By The Bay Singapura Keajaiban Dunia Botani di Negeri Singa Putih

Coba saja sebutkan berbagai nama merek tingkat dunia. Michael Kors, Max Mara, Louis Vuitton, Jimmy Choo, dan masih banyak merek ternama lain hadir di kawasan sini. Desainer-desainer ternama lain juga mempercayakan karyanya untuk ditaruh di Orchard Road karena luasnya cakupan konsumen di kawasan ini.

Namun, jika kamu merupakan pelancong kelas menengah dan ingin tetap berbelanja di jalan ini, kamu tak perlu khawatir. Orchard Road tak melulu berisi barang-barang berharga selangit. Kamu dapat memilih beberapa merek seperti Uniqlo, HnM, zara, ataupun Giordano untuk kamu bawa pulang.

Selain pusat perbelanjaan, hotel dan juga berbagai restoran hadir di Orchard Road. Pilihannya pun bervariasi. Jika kamu ingin makan sambil duduk santai ala anak muda, kamu dapat mengunjungi [email protected] Mall. Food court di lantai teratasnya memiliki banyak pilihan menu yang dapat memuaskan perut dan lidah kamu.

Atau, kalau kamu ke Singapura dengan uang berlebih, cobalah mampir ke ION Orchard. Gedungnya yang sangat futuristik dengan mayoritas bahan bangunan kaca, marmer, dan baja ini dijamin akan memukau kamu. Pusat hiburan yang satu ini terkenal sebagai tempat yang glamor di kawasan Orchard Road. Restoran mewah dan segala brand ternama dunia menghuni isi bangunan ION Orchard.

Jika kamu penikmat barang antik, unik, dan berbau seni, Far East Plaza adalah tempat yang wajib kamu sambangi di Orchard Road ini. Sekitar 800 toko berjajar di dalam bangunan 6 lantai ini. Perhiasan-perhiasan eksotis, tas handmade, hingga ikat pinggang cantik semua dapat kamu temukan di sini.

Orchard Road berada di jalur MRT. Oleh karena itu, akses menuju jalan ini cukup mudah bahkan bagi pelancong yang pertama kali berkunjung ke Singapura. Terdapat 3 pemberhentian MRT di Orchard Road, yaitu Doby Ghaut, Orchard, dan Somerset.

Baca Juga :  Kampong Glam alias Muslim Quarter : Wisata Budaya Melayu Islam di Singapura

Hal Lain yang Bisa Dilakukan di Orchard Road

Jika kamu bukan penggemar belanja dan pergi ke Orchard Road hanya karena penasaran, kamu masih tetap bisa menikmati jalan legendaris ini lho. Pohon-pohon besar dan rindang yang menaungi sepanjang jalan ini akan membuatmu terhindar dari sinar matahari langsung. Oleh sebab itu, jika kamu tak berniat belanja, berjalan menyusuri Orchard Road merupakan hal yang cukup mengasyikkan untuk dilakukan.

Lelah menyusuri lebih dari 2 kilometer jalanan Orchard Road, kamu bisa berhenti sebentar dan menikmati es krim Singapura yang terkenal. Biasanya pedagang es dan gerobaknya ini akan dengan mudah kamu temui di sepanjang Orchard Road. Gerobak kuningnya yang mencolok akan membuat sudut mata kamu menyadari keberadaannya.

Es krim Singapura ini merupakan es krim yang di taruh dalam roti. Semacam sandwich atau roti isi, namun dengan isian yang dingin menyegarkan. Cuaca Singapura yang tropis sangat cocok dipadukan dengan es krim ini. Selain hadir dalam varian rasa yang banyak, es krim Singapura ini juga murah meriah lho. Hanya dengan 1 dolar Singapura saja kamu sudah bisa mencicipi es ini.

Kesimpulan

Pusat hiburan di Singapura sangat identik dengan Orchard Road. Jalan yang bertaburan pusat perbelanjaan ini akan memanjakan kamu dengan ratusan bahkan ribuan pilihan barang-barang yang bisa kamu pilih untuk bawa pulang. Satu hal yang pasti, siapkan kaki kamu untuk melangkah jauh jika kamu mengunjungi Orchard Road. Sepanjang jalan ini memiliki daya pikat yang dapat membuat kamu terus melangkah hingga ke ujung jalan. 

Berita Menarik Lainnya
Mata Uang Malaysia Ringgit
Mata Uang Malaysia Ringgit dengan Kode MYR dan Simbol RM
error: Kontent dilindungi !!