Pasar Chatuchak : Berburu Barang Seni di Weekend Market Bangkok

Pasar Chatuchak : Berburu Barang Seni di Weekend Market Bangkok

Last updated:

Sudah bukan rahasia lagi jika Thailand merupakan surga belanja di Asia. Aneka barang unik dan menarik dijual dengan harga yang sangat kompetitif di negara ini. Pasar Chatuchak merupakan salah satu tempat yang tidak diragukan lagi untuk dikunjungi bagi para pecinta belanja.

Pamor pasar Chatuchak sebagai pusat belanja di Thailand sudah terdengar kencang di telinga para wisatawan asing. Tidak sah rasanya ke Thailand tanpa mengunjungi pasar yang satu ini. Jika kamu memiliki rencana mengunjungi pasar ini, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pasar Chatuchak: Pasar Tradisional Primadona di Thailand

Jika kamu mengira kamu akan menemukan pendingin ruangan dan melenggang dengan bebas di pasar Chatuchak, kamu salah besar. Pasar terkenal di Thailand ini merupakan pasar tradisional dimana angin alami akan menemani saat-saat belanja kamu. Selain itu, kamu juga kemungkinan besar akan harus berdesak-desakan dengan orang jika kamu ke pasar ini.

Pasar Chatuchak merupakan pasar tradisional terbuka yang terbesar di Asia, dan bahkan salah satu yang terbesar di dunia. Sekitar 400 ribu orang datang ke pasar ini meskipun pasar ini hanya buka 2 hari dalam seminggu. Ya, Chatuchak merupakan weekend market alias pasar akhir pekan. Pasar ini hanya buka setiap Sabtu dan Minggu dari pukul 10 pagi hingga 6 sore.

Meskipun merupakan pasar tradisional, pasar Chatuchak merupakan kawasan yang cukup bersih. Jadi, kamu tidak pelru khawatir akan bau sampah basah jika kamu berkunjung ke sini. Tak mengherankan, banyak wisatawan asing yang menyengajakan diri datang ke Thailand saat akhir pekan demi bisa datang ke pasar Chatuchak.

Baca Juga :  Pertunjukan Kolosal Siam Niramit yang Spektakuler

Yang membuat pasar Chatuchak tidak pernah sepi pengunjung adalah variasi barang yang dijual di sini. Layaknya toserba, pasar ini memiliki segala hal yang kamu butuhkan. Barang-barang tersebut tentunya dijual dengan harga murah sehingga menarik banyak pengunjung. Pasar Chatuchak biasanya dijadikan tempat bagi para wisatawan yang mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Data Fakta Chatuchak Weekend Market

Negara : Thailand

Kota : Bangkok

Alamat :  สวนจตุจักร Kamphaeng Phet 2 Rd, Chatuchak, Bangkok 10900, Thailand

Jenis Wisata : Belanja

Dibuka : 1982

Ada Apa Saja di Pasar Chatuchak?

Ada banyak sekali hal yang bisa kamu lihat dan beli di pasar yang satu ini. Mulai dari perabot, kerajinan tangan, pakaian, buku, perhiasan, hingga hewan dapat kamu temukan di sini. Bahkan, pasar Chatuchak juga menjual aneka keramik dan dekorasi rumah lainnya. Segala yang kamu cari di Thailand dapat kamu temukan di sini.

Hal lain yang mungkin tidak kamu duga sebelumnya namun ada di pasar Chatuchak adalah karya seni kreatif para seniman Thailand. Ya, di sini terdapat sektor tertentu, tepatnya di sektor 7 dekat Gate 2, yang menjadi area bagi galeri dan kios para seniman tersebut. Berbagai bentuk seni mulai dari modern, kontemporer, atau pop art semua hadir di sini dalam berbagai bentuk.

Terdapat banyak lukisan cantik dan menarik yang bisa langsung kamu bawa pulang di sektor 7 ini. Namun, jika kamu memiliki permintaan kustom akan hasil karya tertentu, para seniman di sini siap membuatkannya untukmu. Kamu juga dapat menyaksikan para seniman bekerja menghasilkan karya terbaik mereka mulai dari lukisan hingga pahatan.

Tips Mengunjungi Pasar Chatuchak

Jika kamu sudah mengepak tas kamu dan bersiap-siap terbang ke Thailand lalu mengunjungi pasar Chatuchak, sempatkan membaca sederet tips di bawah ini terlebih dahulu ya. Mengunjungi pasar Chatuchak akan lebih menyenangkan jika kamu sudah memiliki persiapan terlebih dahulu, bukan? Berikut ini tipsnya untuk kamu.

  1. Siapkan uang Thailand Baht kamu karena seperti di sini maka alat tukar yang dominan digunakan masih berupa uang kertas dan koin
  2. Pastikan kamu mengenakan sepatu atau alas kaki yang nyaman untuk pergi ke pasar Chatuchak karena pasar ini sangatlah luas.
  3. Untuk meminimalisir keramaian pasar ini, datanglah sebelum pasar Chatuchak dibuka. Kamu bisa datang ke sini di pagi hari dan merasakan sarapan di tenda makanan yang sudah buka sedari pagi hari sembari menunggu pukul 10.
  4. Pastikan kamu menawar sebelum bertransaksi. Kamu dapat menggunakan kalkulator untuk membantu proses tawar menawarmu.
  5. Carilah peta pasar Chatuchak terlebih dahulu sebelum kamu berkeliling pasar agar belanjamu di sana lebih mudah. Peta ini bisa diperoleh di petugas di sekitar pasar secara gratis.

Kesimpulan

Jangan sampai kamu meninggalkan Thailand tanpa pernah mengunjungi pasar Chatuchak-nya. Pengalaman berbelanja di pasar ini beda dari pasar tradisional lain yang pernah kamu kunjungi. Namun, karena pasar Chatuchak dapat dipastikan ramai pengunjung, maka jangan lupa untuk selalu menjaga barang-barang kamu saat berbelanja di sana ya. 

Berita Menarik Lainnya
Kabukicho : Red Light District ala Jepang yang Mendunia
Kabukicho : Red Light District ala Jepang yang Mendunia
error: Kontent dilindungi !!