Petaling Jaya : Kota Satelit Kuala Lumpur yang bisa jadi Alternatif Wisata Malaysia

Petaling Jaya : Kota Satelit Kuala Lumpur yang bisa jadi Alternatif Wisata Malaysia

Apakah kamu cukup akrab dengan nama Petaling Jaya? Bagi kamu yang sudah sering bolak-balik Negeri Jiran, nama ini pastinya sudah tidak asing lagi, bukan? Ya, Petaling Jaya merupakan nama sebuah kota di Malaysia. Tepatnya, kota ini berada di negara bagian Selangor.

Mengenal Petaling Jaya

Petaling Jaya dikenal juga dengan sebutan ‘PJ’ oleh para warga lokal. Kota di sebelah barat Kuala Lumpur ini merupakan salah satu kota maju di Selangor. Terdapat berbagai fasilitas dan akomodasi yang lengkap di sini. Tak mengherankan jika kota ini menjadi tujuan wisata juga layaknya Kuala Lumpur.

Meskipun lokasinya agak sedikit menepi dari ibu kota, Petaling Jaya merupakan kota yang lengkap. Pusat perbelanjaan modern dan berbagai restoran hadir di sini. Kuil-kuil tradisional pun turut melengkapi kota ini. Budaya modern dan tradisional memang hadir berdampingan di Petaling Jaya.

Kota dengan jumlah penduduk sekitar 450.000 jiwa ini hanya berjarak kurang lebih setengah jam perjalanan dari ibu kota. Jika kamu ingin merasakan suasana kota maju tapi tidak sepadat Kuala Lumpur, maka Petaling Jaya adalah tempatnya. Kota ini layak kamu jadikan destinasi wisata di Malaysia karena memiliki banyak hal menarik yang bisa dikunjungi. 

Ada Apa Saja di Petaling Jaya?

Petaling Jaya punya sederet daftar tempat yang akan memberimu pengalaman liburan berharga selama di Negeri Jiran. Mulai dari mall modern yang besar, taman bermain, hingga kuil yang sarat akan nilai budaya, semua dimiliki Petaling Jaya. Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga :  Baju Tradisional Malaysia : Pakaian Wujud Keragaman Etnis dan Ras di Negeri Jiran

Wisata Belanja

Bukan hanya di Kuala Lumpur kamu bisa melakukan wisata belanja. Kamu pun bisa membeli merk-merk pakaian, sepatu, ataupun tas favorit kamu di sini. Terdapat mal-mal megah dan besar di Petaling Jaya, diantaranya Sunway Pyramid dan 1 Utama.

Sunway Pyramid merupakan mall yang paling terkenal. Mall ini hadir dengan arsitektur yang unik, seunik namanya. Fasad bagian depannya dihiasi ukiran kepala singa raksasa dengan nuansa Mesir yang sangat kental. Dibelakangnya, bangunan piramida pun berdiri tegak. Lebih dari 900 toko ada di dalam mall ini dan hadir dengan berbagai tema, misalnya Oasis Boulevard, Asian Avenue, dan Marrakesh

Sunway Lagoon

Sunway Lagoon adalah sebuah taman bermain super besar di Petaling Jaya. Taman bermain ini berdiri di lahan seluas lebih dari 88 akre atau 35 hektar. Terdapat total 80 wahana yang dapat menghibur kamu dan seluruh anggota keluarga. Sesuai motonya, usia 8 maupun 80 tahun, semuanya akan terhibur di taman bermain ini.

Sunway Lagoon didominasi oleh wahana bermain air. Meskipun demikian, kamu juga dapat menikmati permainan go-kart di sini. Selain itu, ada juga wahana roller coaster bagi kamu yang ingin menguji adrenalin. Bungee jumping, ATV, paintball pun semua ada di Sunway Lagoon.

Wat Chetawan

Jika kamu ingin menikmati wisata budaya di Petaling Jaya, maka datanglah ke Wat Chetawan. Kuil ini merupakan kuil Buddha Thailand yang ada di Malaysia. Arsitektur kuil ini sangat indah, khas dengan detail seperti kuil-kuil di Thailand. Berada di kuil ini, sesaat kamu akan lupa bahwa kamu sedang berada di Malaysia dan bukan di Negara 1000 Pagoda.

Wat Chetawan masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah. Namun, kamu tetap dapat datang dan melihat-lihat kuil ini. Kamu juga bisa menikmati Thai Tea di komplek kuil ini. Terdapat sebuah café kecil dengan atmosfer Thailand yang kuat di sini dimana kamu bisa bersantai sambil memenuhi perut kamu. 

Baca Juga :  10 Oleh-oleh Malaysia, dari Dodol Malaysia hingga Kain Batik Lokal

Kelana Jaya Sports Complex

Petaling Jaya memiliki komplek olahraga terbesar di kota ini yang bernama Kelana Jaya Sports Complex. 2 kolam renang standar Olympic, lapangan tenis, badminton, dan jogging track semua lengkap ada di sini. Taman rindang dengan 7 danau buatannya pun bisa kamu nikmati. Bersantai sore atau berolahraga, kawasan ini siap memfasilitasi kamu.

Cara Menuju Petaling Jaya

Menuju Petaling Jaya dari Kuala Lumpur tidaklah sulit. Kamu bisa menggunakan berbagai modal transportasi untuk menuju kota ini. Jika kamu ingin ke Petaling Jaya begitu kamu mendarat di KLIA, kamu dapat menggunakan bis bandara dengan membayar RM 17. Dalam 1.5 jam, kamu akan tiba di Petaling Jaya. Kamu juga dapat menggunakan kereta dari Kuala Lumpur dan turun di stasiun Taman Jaya. Dengan hanya RM 5 dan 22 menit perjalanan, kamu akan sampai di tujuan kamu.

Kesimpulan

Petaling Jaya memang bukan ibu kota. Tapi kota yang satu ini memiliki banyak surga tersembunyi yang dapat kamu nikmati dalam liburan ke Malaysia. Akses transportasi dan akomodasi yang mudah akan sangat mendukung perjalananmu ke kota ini. 

Berita Menarik Lainnya
Harajuku : Pusat Perbelanjaan yang Serba Kawaii, Imut, Lucu, dan Menarik di Tokyo
Harajuku : Pusat Perbelanjaan yang Serba Kawaii, Imut, Lucu, dan Menarik di Tokyo
error: Kontent dilindungi !!