Petronas Twin Tower Landmark Negeri Jiran Favorit Turis Indonesia

Petronas Twin Tower Landmark Negeri Jiran Favorit Turis Indonesia

Last updated:

Siapa yang tidak mengenal Petronas Twin Tower? Kemegahan dan keunikannya sudah sangat akrab di telinga para pelancong, termasuk para turis asal Indonesia. Merupakan suatu keniscayaan bagi pelancong negeri seberang ini untuk melongok Petronas Twin Tower ketika mereka berkunjung ke Malaysia.

Petronas Twin Tower atau biasa dikenal juga dengan Petronas Tower merupakan dua menara kembar setinggi 451.9 meter. Lokasinya yang berada di jantung Kuala Lumpur membuat Petronas Tower menjulang sebagai landmark Malaysia. Bukan hanya tinggi menaranya, tetapi skybridgenya yang sangat memukau juga membuat Petronas Tower memiliki banyak pengagum dari berbagai belahan dunia.

Ketenaran menara kembar ini bahkan memunculkan istilah ‘belum ke Malaysia kalau belum ke Petronas Tower’. Lihat saja di galeri atau sosial media para turis Indonesia dan negara lainnya. Mengabadikan momen dengan latar Petronas Tower adalah hal wajib ketika melancong ke Negeri Jiran ini.

Apa tepatnya yang membuat menara ini menjadi destinasi wisata incaran para turis? Ada apa saja di Petronas Tower? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Petronas Twin Tower

Petronas Twin Tower Landmark Negeri Jiran Favorit Turis Indonesia
Logo Petronas Twin Tower

Menara Petronas Twin Tower Malaysia ini tidak hanya sebuah bangunan tinggi saja, tempat ini merupakan landmark kebanggaan bangsa Malaysia. DIbangun dengan mengacu pada visi Tun DrMahathir bin Mohamad akan bangsa Malaysia yang besar ke depannya membuat bangunan ini menjadi salah satu cita-cita bangsa yang tercapai di negeri ini.

Petronas Twin Tower merupakan menara yang pernah menduduki peringkat menara tertinggi di dunia. Peringkat tersebut diraih setelah berhasil menggusur Wilis Tower atau Sears Tower di Chicago, Illinois setinggi 442 meter. Enam tahun lamanya sejak tahun 1998 hingga 2004, Petronas Tower kokoh di peringkat teratas. Namun, pada tahun 2004, kedudukan landmark Malaysia ini digeser oleh Taipei 101 yang dibangun setinggi 508 meter.

Terdapat total 88 lantai di Petronas Tower. Lantai-lantai di menara ini dihuni oleh berbagai perusahaan raksasa dunia. Salah satu menara dijadikan kawasan perkantoran secara utuh oleh perusahaan minyak asal Malaysia, Petronas, beserta anak-anak perusahaannya. Sementara menara lainnya dijadikan markas oleh perusahaan-perusahaan internasional seperti Al-Jazeera, Accenture, Bloomberg, IBM, Barclays Capital, Boeing, McKinley & Co., Microsoft, Reuters, dan perusahaan besar lainnya.

Selain itu, menara yang dibangun oleh Cesar Pelli dan rekan-rekan lainnya ini memiliki 40 lift di masing-masing menara. Jumlah yang cukup banyak, bukan? Namun, mengingat menara ini memiliki 88 lantai dan merupakan kawasan perkantoran sibuk, wajar saja jika sang perancang gedung menaruh lift sebanyak itu di Petronas Tower.

Petronas Twin Tower Landmark Negeri Jiran Favorit Turis Indonesia
Suasana Siang Petronas Twin Tower

Petronas Tower tidak hanya memiliki daya tarik dari tinggi bangunannya saja. Menara ini juga memiliki daya pikat signifikan melalui skybridgenya. Jembatan ini seolah mengapung di udara di ketinggian 175 meter demi menghubungkan dua menara Petronas Tower. Membentang sepanjang 58 meter, skybridge Petronas berada di lantai 41 dan 42 menara. Ya! Skybridge ini merupakan jembatan dua lantai. Hingga kini, skybridge Petronas Tower memegang rekor jembatan dua lantai tertinggi di dunia, lho!

Berada di skybridge Petronas akan memberikan pengalaman baru bagi Anda. Bagaimana tidak? Anda akan mengapung di jembatan dengan ketinggian lebih dari 100 meter. Mata Anda pun akan dimanjakan dengan pemandangan indah Negeri Jiran dari ketinggian.

Jika Anda ingin melihat atau bahkan mencicip tingginya lantai Petronas Twin Tower dan melihat Malaysia dari ketinggian, pergilah ke Kuala Lumpur City Center(KLCC)Menara ini berada di dekat pemberhentian monorail Hotel Concorde, di antara Jalan Ampang dan Jalan Raja Chulan. Anda juga bisa bertanya pada warga lokal. Dijamin, mereka akan dengan lancarnya menunjukkan lokasi menara ini pada Anda.

Tips dan Triks

  • Datang lebih awal : Pastikan Anda datang lebih awal dari jadwal yang tertera di tiket skybridge Anda. Kunjungan skybridge merupakan destinasi utama para wisatawan. Jika Anda datang bertepatan dengan jam buka operasional, Anda akan bertemu dengan antrian panjang.
  • Patuhi segala peraturan yang ditetapkan : Anda akan melalui petugas detektor logam sebelum memasuki skybridge. Maka, bersabar dan tertiblah agar semua menjadi kondusif.
  • Rekam momen ini : Jangan lupa membawa gadget terbaik Anda untuk merekam momen selama di Petronas Tower. Pemandangan dari ketinggian tentunya akan menambah koleksi foto terbaik Anda.

Tiket Masuk ke Petronas Tower?

Bolehkah saya masuk Twin Tower Petronas? Tentu saja boleh! Meskipun kedua menara di Petronas Tower dijadikan kawasan perkantoran, namun menara kembar ini juga terbuka untuk umum. Siapa pun boleh mengunjungi menara ini asalkan memiliki akses masuk yang sah.

Baca Juga :  Bus Go KL : Bis Gratis Favorit Wisatawan di Kuala Lumpur

Tiket adalah kunci Anda untuk bisa masuk ke Petronas Tower. Tentu saja untuk mendapatkan tiket tersebut Anda harus lebih dulu mengetahui waktu operasionalnya. Petronas Twin Tower dibuka untuk umum dari hari Selasa sampai Sabtu dimulai dari pukul 09.00 hingga 21.00 waktu setempat. Khusus di hari Jumat, pada pukul 13.00 sampai 14.30 waktu Malaysia, menara akan ditutup karena bertepatan dengan waktu shalat Jumat.

Pihak menara menyediakan 2 jenis paket wisata yang dapat pengunjung pilih. Yang pertama yaitu tiket untuk berkunjung ke lantai 86 Petronas Twin Tower. Paket yang kedua yaitu bundling kunjungan ke lantai 86 yang ada di menara beserta akses menuju skybridge Petronas Tower.

Berikut adalah daftar harga tiket masuk Petronas Twin Tower dengan sistem tanpa antre yang kami dapatkan dari situs penjual tiket wisata online :

UsiaPemegang Paspor MalaysiaPemegang Paspor Non-Malaysia
Lansia di atas 61 TahunRp 132,876 Rp 85,177Rp 228,274 Rp 197,610
Dewasa 13 – 61 TahunRp 214,645 Rp 143,097Rp 391,813 Rp 323,672
Anak 3 – 12 TahunRp 132,876 Rp 85,177Rp 197,610 Rp 160,132
Di Bawah 3 TahunGratis Gratis

Jika Anda ingin merasakan skybridge Petronas yang tersohor, Anda harus merogoh kocek dan mengeluarkan Ringgit Malaysia Anda. Tarif yang ditetapkan variatif tergantung dari usia Anda, harganya pun berbeda untuk pemegang paspor Malaysia dan pemegang paspor non Malaysia. Untuk pengunjung berusia di atas 61 tahun, harga per orangnya adalah Rp 197,610.

Pengunjung berusia 13 sampai 60 tahun diharuskan membayar Rp 323,672 . Untuk pengunjung dalam rentang usia 3 sampai 12 tahun, harga per tiketnya adalah Rp 160,132. Sementara untuk anak-anak di bawah 3 tahun tidak diharuskan membayar alias gratis. Tiket skybridge dapat ditemukan di beberapa situs penjual tiket online dan juga di situs resmi Petronas Twin Tower.

Destinasi Lain di Sekitar Petronas Tower

Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Itulah peribahasa yang tepat jika Anda mendarat di Petronas Twin Tower. Bukan hanya menara dan skybridgenya saja yang dapat dinikmati, tetapi beberapa tempat menarik lainnya pun dapat Anda sambangi.

Suria KLCC

Suria KLCC merupakan pusat perbelanjaan terkenal di Malaysia. Lokasinya tepat di bawah Petronas Twin Tower. Berbagai merk-merk ternama dunia dijajakan di sini. Jika Anda adalah kolektor Channel, LV, atau Guess, Anda boleh mencoba peruntungan dengan berbelanja di sini. Selain itu, Suria KLCC juga memiliki galeri seni dan aquarium bawah laut yang bisa Anda kunjungi. Pusat ilmu pengetahuan pun ada di sini. Area ini merupakan galeri yang menunjukan perkembangan perusahaan Petronas dalam bidang perminyakan.

Baca Juga :  Dataran Merdeka : Ruang Terbuka Hijau Penuh Sejarah Kemerdekaan Malaysia

Dewan Filharmonik Petronas

Dewan Filharmonik Petronas juga berlokasi tepat di bawah Petronas Twin Tower. Area ini merupakan tempat dimana berbagai pertunjukan musik klasik berkualitas ditampilkan. Dewan Filharmonik Petronas juga merupakan markas besar Malaysian Philharmonic Orchestra.

Taman KLCC

Canggih dan modernnya bangunan Petronas Tower rupanya diimbangi dengan area hijau di sekitar menara. Taman KLCC atau KLCC Park merupakan taman asri dengan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati masyarakat umum. Jogging tracks, walking path, dan kolam bermain kecil untuk anak-anak tersedia di sana. Air mancur yang indah pun akan menemani saat santai Anda di Taman KLCC.

Tanya Jawab

Kalau kita membeli tiket secara online apakah tetap harus membawa printout ataukah e-tiket saja cukup?

Ya sebaiknya kamu membawa print-out tiket kamu karena harus memperlihatkan tiket tersebut ke petugas tiket.

Apakah antriannya panjang untuk skybridge?

Di sini terdapat 2 macam antrian, yang pertama adalah antrian tiket dan yang satu lagi adalah antrian untuk naik ke atas. Untuk antrian kami bisa mengatakan bahwa tidak terlalu panjang dan melelahkan karena semua tiket sudah diatur jam berkunjungnya. Contoh kamu membeli hari kamis jam 2 siang sampai jam setengah 3 siang maka kamu hanya antri dengan pengunjung yang mendapat jatah waktu yang sama, intinya kamu tidak harus berdiri dan menunggu terlalu lama di dalam antrian.

Apakah perlu paspor untuk membeli tiket on the spot atau untuk naik ke skybridge?

Tidak kamu tidak harus memperlihatkan paspormu, tapi sebaiknya paspormu tetap dibawa karena itu adalah dokumen penting yang tidak boleh tercecer dimanapun terutama di negara asing.

Berapa jam waktu yang diberikan untuk mengelilingi dan melihat-lihat?

30 menit adalah waktu yang biasanya diberikan untuk setiap grup traveler berfoto dan mengabadikan kenangan di Petronas Tower

Kapan saya harus membooking tiket? apakah sebulan sebelumnya ataukah sehari sebelumnya?

Hal ini tergantung apakah kamu sudah memiliki jadwal untuk itinerary travel kamu pada hari tersebut. Jika kamu sudah yakin kamu bisa booking dari jauh-jauh hari, namun kalau kamu masih bimbang bisa saja booking dari sehari sebelumnya. Akan tetapi semakin dekat kamu memesan tiket ke hari h tersebut maka slot tempat akan semakin terbatas karena sudah terjual ke orang lain.

Kesimpulan

Sebagai salah satu tempat yang paling sering muncul di instagram traveler Indonesia maka tidak ada salahnya kamu mengunjungi menara ini dan berfoto untuk kenang-kenangan dan di post di media sosial. Untuk dapat foto baguspun kamu tidak harus masuk ke dalam karena berfoto dari luar dengan pemandangan menara ini di belakang juga

Berita Menarik Lainnya
Onsen khas Jepang : Budaya Berendam di Pemandian Air Panas ala Orang Jepang
Onsen khas Jepang : Budaya Berendam di Pemandian Air Panas ala Orang Jepang
error: Kontent dilindungi !!