Pulau Penang : Negara Bagian Terkecil Malaysia dengan Potensi Wisata yang Keren

Pulau Penang : Negara Bagian Terkecil Malaysia dengan Potensi Wisata yang Keren

Sudah menjadi pengetahuan umum jika Malaysia merupakan negara yang terpecah ke dalam beberapa pulau. Meskipun gugusan pulaunya tidak sebanyak dan sebesar negara tetangga, Indonesia, pulau-pulau di Malaysia sangat terkenal. Apalagi kalau bukan karena keindahan alam dan nilai historis yang ada di dalamnya.

Pulau Penang merupakan salah satu pulau yang banyak mendapat perhatian wisatawan. Banyaknya pilihan destinasi wisata yang ditawarkan pulau ini membuatnya banyak dilirik wisatawan asing. Bahkan, warga lokal Malaysia pun banyak yang menyempatkan datang ke pulau ini.

Dari wisata perairan hingga pegunungan, pulau Penang memilikinya. Akomodasi di pulau ini pun sudah lengkap. Berbagai hotel dan penginapan dapat dengan mudah ditemui di sini. Selain itu, pulau Penang juga memiliki akses transportasi yang sangat mudah. Kamu tidak butuh alasan lain untuk berkunjung ke pulau cantik ini.

Jika kamu memiliki rencana liburan ke Malaysia, pulau Penang layak dijadikan salah satu destinasi wisata kamu. Namun, sebelum mengepak koper, alangkah baiknya jika kamu mengenal pulau Penang terlebih dahulu untuk liburan yang lebih menyenangkan. Berikut ini ulasan tentang pulau Penang untuk kamu.

Mengenal Pulau Penang Lebih Dekat

Pulau Penang merupakan salah satu negara bagian Malaysia yang terletak di pantai barat laut semenanjung Malaysia. Pulau ini berbatasan langsung dengan Kedah di sebelah utara dan timur. Sementara di sebelah selatannya, pulau ini bertetangga dengan Perak. Dilihat dari besar wilayahnya, pulau Penang merupakan negara bagian terkecil Malaysia ke dua setelah Perlis.

Secara geografis, pulau Penang sangatlah dekat dengan Thailand. Bahkan, dari pulau ini menuju negeri 1000 pagoda dapat ditempuh dengan hanya menggunakan bis atau kereta. Jika kamu memiliki budget lebih, kamu bahkan dapat terbang langsung dari Penang menuju Bangkok. Oleh karena itu, pulau Penang sangat cocok menjadi salah satu negara tujuan bagi kamu yang ingin berwisata sekaligus ke beberapa negara di Asia Tenggara.

Baca Juga :  Batu Caves : Wisata Religi dan Alam di Selangor Malaysia

Pulau yang sangat terkenal hingga mancanegara ini terbagi menjadi 2 wilayah, yaitu Pulau Penang dan Seberang Perai. Pulau Penang terpisah dari dataran utama dan merupakan wilayah dimana ibu kota negara bagian, Georgetown, berada. Sementara, Seberang Perai menyatu dengan dataran utama Malaysia. Kedua wilayah ini dihubungkan dengan jembatan panjang. Nama ‘Pulau Penang’ sendiri dapat merujuk kepada wilayah Pulau Penang atau negara bagian secara keseluruhan.

Pulau Penang memiliki penduduk yang sangat heterogen. Suku bangsa, budaya, dan agama di pulau ini sangat bervariasi. Etnis Melayu, China, India, dan Arab semua hidup rukun dan bersatu di sini. Kayanya ragam etnis tersebut memengaruhi penggunaan bahasa serta arsitektur bangunan yang ada di pulau ini.

Georgetown sebagai ibu kota pulau Penang telah mendapat status World Heritage Site dari UNESCO. Perpaduan budayanya yang menarik membuat badan dunia tersebut menjadikan Georgetown sebagai laboratorium perkembangan sejarah pulau ini. Di kota inilah kamu dapat dengan jelas menyaksikan perpaduan arsitektur kolonial Inggris dengan Melayu, Arab, India, dan China. Dengan kata lain, pulau Penang merupakan rumah bagi perkawinan desain Timur dan Barat.

Destinasi Wisata Populer di Pulau Penang

Kondisi geografis pulau Penang yang dikelilingi perairan tak ayal membuatnya memiliki pantai sebagai destinasi andalan. Namun, kekayaan alam pulau Penang tak sebatas air saja. Pulau ini memiliki sederet tempat yang dapat memanjakan kamu dan membuat kamu selalu ingin kembali.

Dari bukit yang tinggi hingga kuil dan wisata sejarah semua dapat kamu temui di pulau Penang. Tak ada kata bosan untuk berlibur di salah satu negara bagian Malaysia ini. Apa saja destinasi populer yang wajib kamu kunjungi di pulau Penang? Berikut 6 daftar destinasi yang dapat menjadi rekomendasi kamu.

Penang Hill

Destinasi utama yang tidak boleh dilewatkan dalam kunjungan kamu di pulau Penang adalah Penang Hill. Destinasi yang satu ini terletak di ketinggian 821 meter di atas permukaan laut. Dari ketinggian ini, kamu akan dapat memanjakan mata dengan suguhan pemandangan apik pulau Penang. Udara sejuk dan segar khas pegunungan pun dapat kamu nikmati di sini.

Baca Juga :  Panduan Wisata Malaysia : Surga Pecinta Makanan dengan Budaya yang Unik

Di puncak Penang Hill, kamu bukan hanya akan kenyang dengan pemandangan. Kamu juga dapat mengunjungi taman kupu-kupu, taman bunga, dan juga taman burung mini. Penginapan pun tersedia di sini jika kamu memutuskan untuk bermalam. Untuk menikmati semua kesenangan ini, kamu akan diantar dengan kereta khusus menuju puncak Penang Hill.

Clan Jetties

Seperti sudah dibahas di atas, Penang merupakan daerah yang kaya akan ragam etnis. Etnis China merupakan salah satu penduduk yang cukup dominan di pulau ini. Hal ini dibuktikan dengan adanya pemukiman klan China di pulau Penang bernama Clan Jetties.

Clan Jetties merupakan suatu pemukiman yang sudah berdiri sejak abad ke 19. Yang unik dari pemukiman ini adalah arsitekturnya yang terbuat dari kayu dan terletak di atas perairan. Jika dilihat secara sekilas, bangunan di Clan Jetties ini mirip dengan rumah panggung. Kamu dapat berfoto-foto di sini dengan terlebih dahulu meminta izin kepada pemilik rumah.

Kuil Kek Lok Si

Kek Lok Si merupakan kompleks kuil Buddha yang sangat luas. Karena luasnya tersebut, kuil ini menyandang gelar kompleks kuil Buddha terbesar se-Asia Tenggara. Selain memiliki arsitektur sangat indah, kuil ini juga memiliki nilai historis tinggi karena sudah dibangun sejak ratusan tahun yang lalu. Di sini, kamu dapat menemukan pagoda 7 tingkat yang diberi nama ‘The Pagoda of 100 Buddhas’.

Pantai Batu Feringghi

Liburan kamu ke pulau Penang tidak sah tanpa mengunjungi pantai Batu Feringghi. Pantai ini terkenal akan pasirnya yang lembut serta berbagai macam olahraga air yang dapat dilakukan di sana. Parasailing dan banana boat hanya sebagian contoh olahraga air yang pantai ini miliki. Kamu juga dapat mengunjungi pasar malam di Batu Feringghi untuk lebih menikmati budaya sekitar.

Baca Juga :  Zoo Negara : Kebun Binatang Pertama di Malaysia

Yi Bin

Yi Bin merupakan salah satu kedai teh Cina di pulau Penang yang akan menawarkan pengalaman tersendiri buat kamu. Di sini, kamu akan belajar seni membuat, menyajikan, dan menikmati teh. Kamu juga dapat menikmati berbagai varian teh yang dimiliki kedai ini mulai dari teh Oolong, Pu-erh, hingga Rock.

Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Pulau Penang

Selain mengunjungi destinasi wisata di atas, kamu pun dapat melakukan kegiatan-kegiatan menarik di pulau Penang. Misalnya, kamu dapat menikmati mural-mural kreatif dan indah yang tersebar di banyak sudut kota di pulau ini. Jika kamu memiliki hobi fotografi, hal ini tentunya dapat memperkaya koleksi foto kamu.

Kamu juga dapat berjalan berkeliling Georgetown untuk menyaksikan kekayaan arsitektur yang menghiasi kota ini. Berkeliling Georgetown akan membawa kamu berpetualang pada sejarah pulau Penang di masa lampau. Bagi yang menyukai sejarah, kota ini tentunya merupakan surga wisata.

Selain itu, satu hal yang sangat rugi jika tidak dilakukan di pulau Penang adalah berwisata kuliner. Pulau Penang terkenal sebagai pusat makanan nikmat di Malaysia. Cita rasa makanan khas Malaysia yang hadir di pulau ini dipercaya banyak orang memiliki rasa paling enak. Assam Laksa, Hokkien Mee, dan es kacang adalah beberapa kuliner wajib yang harus cicipi di sini.

Kesimpulan

Ada banyak sekali hal yang menjadikan pulau Penang layak untuk kamu kunjungi. Destinasi cantik, nilai sejarah yang kaya, dan kuliner yang lezat semuanya dimiliki oleh pulau Penang. Berwisata ke sini pun kamu tidak perlu khawatir akan akomodasi. Pulau Penang punya pilihan hotel yang bervariasi. Dari mulai resor hingga hotel dengan gaya dan budaya Penang yang kental dapat kamu pilih di sini. Jadi, tunggu apa lagi? Segera jadwalkan liburan kamu ke pulau Penang.

Berita Menarik Lainnya
Floral Fantasy : Taman Bunga yang Membuat Fantasi Melanglang Buana di Singapura
Floral Fantasy : Taman Bunga yang Membuat Fantasi Melanglang Buana di Singapura
error: Kontent dilindungi !!