Pulau Tioman Malaysia : Diving di Kepulauan Indah Negeri Jiran

Pulau Tioman Malaysia : Diving di Kepulauan Indah Negeri Jiran

Berwisata ke Malaysia rasanya seperti berwisata ke negara kita sendiri, karena banyak hal hal yang kita temukan di Malaysia tidak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia. Misalnya seperti kebudayaannya, bahasanya, dan banyak lagi. Jika berkunjung ke Malaysia ada satu tempat wisata yang sungguh sayang jika terlewatkan, namanya adalah Pulau Tioman.

Pulau Tioman merupakan sebuah pulau kecil di Malaysia. Walau kecil, pulau yang satu ini menyimpan berbagai keindahan yang tak kalah indah dengan wisata lainnya di Malaysia. Yuk simak artikel ini biar kamu tahu betapa indahnya Pulau Tioman Malaysia. 

Mengenal Pulau Tioman Malaysia

Pulau Tioman merupakan sebuah pulau kecil yang memiliki luas sekitar 136 km persegi, dengan rincian panjang sekitar 20 km dan lebar sebesar 12 km. Lokasi pulau ini berada di area Rompin Pahang, Malaysia, tepatnya pada 32 km lapas pantai timur Malaysia. Di Pulau Tioman terdapat delapan desa utama, dengan Kampung Tekek sebagai desa terbesarnya.  Hal menarik dari pulau ini adalah hutannya yang masih alami dan lebat, serta aneka terumbu karang yang sangat indah untuk dinikmati. 

pantai pulau tioman malaysia

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Pulau Tioman merupakan tempat peristirahatan dari seorang Putri Naga. Entah benar atau tidak, masyarakat percaya bahwa sang Putri Naga lah yang menjadikan pulau tersebut sangat indah dan menawan.

Menurut catatan sejarah sendiri, Pulau Tioman dikenal sebagai tempat persinggahan berbagai suku bangsa seperti bangsa Cina, Arab, dan kapal kapal dagang dari Eropa. Hal ini diketahui dari ditemukannya berbagai pecahan porselen atau keramik di Pulau Tioman. Pada jaman dahulu, keramik merupakan salah satu harta benda yang sering diperjual-belikan. Di Pulau Tioman juga terdapat berbagai peralatan sisa perang, yang menunjukkan bahwa Pulau Tioman pernah dijadikan sebagai tempat berlabuhnya pasukan Inggris dan pasukan Jepang pada saat perang dunia kedua. 

Baca Juga :  Destinasi Belanja ala Sultan di Bukit Bintang Kuala Lumpur

Saat ini Pulau Tioman merupakan salah satu destinasi wisata di Malaysia yang paling banyak dikunjungi wisatawan, karena selain keindahan alamnya, akses menuju Pulau Tioman juga semakin mudah. Selain itu, sudah tersedia juga berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan para wisatawan yang datang ke Pulau Tioman, seperti penginapan, restoran, dan fasilitas lainnya. 

Mengapa Pulau Tioman Wajib Dikunjungi

Jika berkunjung ke Malaysia, Pulau Tioman tidak boleh dilewatkan karena banyak sekali hal hal menarik yang akan membuat wisatawan takjub dan betah berlama lama di pulau ini. Berikut beberapa tempat menarik di Pulau Tioman. 

Kampung Tekek

Seperti telah disebutkan    di atas, bahwa Kampung Tekek merupakan desa terbesar dan paling banyak penduduknya di Pulau Tioman. Kampung Tekek juga merupakan pusat pemerintahan Pulau Tioman. Untuk menuju Pulau Tioman, wisatawan biasanya masuk melalui Kampung Tekak ini.

Di Kampung Tekek ini, pengunjung akan menemukan berbagai kesenian menarik dari masyarakat setempat serta aneka makanan tradisional. Fasilitas yang terdapat di Kampung Tekak juga cukup lengkap seperti sekolah, masjid, pelabuhan, rumah makan, bangunan kerajaan, dan bandara kecil. Menurut kabarnya barang barang yang dijual di Kampung Tekek bisa diperoleh dengan harga yang relatif murah, karena barang barang tersebut bebas dari bea cukai. 

Tioman Dive Center

diving di pulau tioman malaysia

Pulau Tioman merupakan tempat paling cocok untuk melakukan kegiatan diving, karena keindahan bawah laut Pulau Tioman, tak kalah indah dengan keindahan bawah laut pantai lain. Di Pulau Tioman terdapat aneka ragam terumbu karang yang sangat indah seperti karang Kipas, koral Staghorn, beserta ikan ikan laut seperti ikan Napoleon Wrasse besar, ikan Kuwe Bengali, sekawanan Fusilier, dan ikan ikan lainnya. Air yang terdapat di pinggiran pantai Pulau Tioman juga sangat jernih, sehingga sangat cocok dijadikan tempat menyelam. 

Baca Juga :  Dataran Merdeka : Ruang Terbuka Hijau Penuh Sejarah Kemerdekaan Malaysia

Juara Turtle Project

Salah satu tempat yang menarik di Pulau Tioman adalah Juara Turtle Project atau disebut juga sebagai Kampung Juara. Kampung Juara merupakan tempat rehabilitasi penyu yang hidup di perairan Pulau Tioman. Jadi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bisa menyaksikan langsung penyu penyu yang ada di Pulau Tioman. Jika beruntung, wisatawan juga bisa menyaksikan langsung penyu penyu yang sedang bertelur di Pulau Tioman. Biasanya penyu tersebut bertelur pada bulan Februari hingga bulan Oktober. 

Gunung Nenek Semukut

Pulau Tioman bukan hanya menawarkan keindahan pantai, tetapi juga menawarkan keindahan pegunungan. Di Pulau Tioman terdapat sebuah gunung yang sangat cocok dijadikan sebagai tempat berpetualang, namanya adalah Gunung Nenek Semukut. Gunung Nenek Semukut sudah sangat dikenal dengan kehijauannya yang sangat indah, beserta berbagai mitos dan misteri yang menyelimutinya.

Pada Gunung Nenek Semukut sendiri terdapat puncak berkembar berupa dua buah batu besar setinggi 700 kaki. Masyarakat setempat percaya bahwa batu tersebut merupakan tanduk dari Putri Naga sendiri. Terlepas dari berbagai mitos tersebut, Gunung Nenek Semukut merupakan tempat paling cocok melakukan aktivitas pendakian dan petualangan lainnya. Pemandangan yang disajikan dari puncaknya sangatlah indah dan menarik. 

Air Terjun Asah

Di Pulau Tioman juga terdapat sebuah air terjun yang sangat indah dan menakjubkan, namanya Air Terjun Asah. Air terjun ini merupakan yang terbesar di Pulau Tioman. Di sini pengunjung bisa menikmati segarnya air pegunungan, dan bisa melepas penat dengan mandi mandi dan berenang di air terjun ini.

Namun untuk mencapai Air Terjun Asah sendiri cukup sulit karena akses menuju air terjun ini hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki, yakni  sekitar 20 menit dari kampung Asah. Walau demikian rasa capek saat berjalan akan terbayarkan dengan keindahan dan kesegaran Air Terjun Asah. 

Baca Juga :  Pulau Penang : Negara Bagian Terkecil Malaysia dengan Potensi Wisata yang Keren

Pulau Tulai

Salah satu tempat wisata yang masih berada dalam kawasan Pulau Tioman adalah Pulau Tulai. Pulau ini sering juga disebut sebagai Coral Island. Pulau ini dapat dicapai menggunakan perahu yang disediakan di Pulau Tioman.

Pulau Tulai terkenal karena keindahan pantainya dan berbagai kegiatan olahraga air yang dapat dilakukan di pulau ini. Pasir pantainya sangat putih dan bersih. Selain itu juga airnya sangat jernih dan indah. Pulau Tulai cocok digunakan sebagai tempat snorkling karena pemandangan bawah lautnya sangat menawan.  

Cara Menuju Pulau Tioman Malaysia

Untuk dapat mencapai Pulau Tioman Malaysia, pengunjung bisa menempuhnya melalui dua cara yaitu pesawat terbang dan kapal Ferry.  Jika hendak menggunakan pesawat terbang, maskapai yang menyediakan perjalanan ke Pulau Tioman adalah maskapai Berjaya Air. Titik berangkat bisa melalui bandara di Singapura dan bisa juga melalui bandara di Kuala Lumpur. Pesawat akan mendarat di sebuah bandara kecil bernama Bandara Udara Tioman. 

Sedangkan cara kedua menuju Pulau Tioman adalah melalui jalur laut menggunakan Kapal Ferry. Kapal Ferry tersebut berangkat dari salah satu kota di bagian timur Malaysia, barnama kota Mersing. Waktu tempuh menuju Pulau Tioman dari Mersing menggunakan kapal Ferry kurang lebih 2 jam. Itulah beberapa sarana transportasi yang dapat digunakan menuju Pulau Tioman Malaysia. 

Berita Menarik Lainnya
Doi Inthanon : Wisata Alam Pegunungan Taman Nasional di Thailand
Doi Inthanon : Wisata Alam Pegunungan Taman Nasional di Thailand